Berwisata Ke Masjid At-Thohir

Masjid At-Thohir

Alamat : Jl. H. Mohammad Thohir, kawasan Kompleks Podomoro Golf, Tapos, Kota Depok.
Map: Klik disini.
Jam Buka: 24 jam .
HTM: Gratis (hanya biaya parkir).

3 Filosofi Berdirinya Masjid At-Thohir

Keindahan Masjid At-Thohir yang memukau dan menjadi spot foto yang cukup instagramable. Masjid yang didirikan penuh dengan makna dan juga filosofi yang tersembunyi ini, ternyata membuat banyak pengunjung yang menyukainya.

Wisata religi satu ini bisa kamu pertimbangkan untuk mengunjunginya setelah mengetahui apa saja filosofi yang terkandung dalam Masjid ini.

– Amanat Dari Ayahnya

Masjid At-Thohir atau juga di kenal sebagai Masjid Raya At-Thohir. Masjid At-Thohir ini di dirikan oleh Menteri BUMN yakni Erick Thohir. Masjid yang dibangun dari permintaan almarhum sang ayah yakni Mochammad Teddy Thohir maka Erick dan Boy membangun masjid ini pada tahun 2018.

Masjid ini, penuh dengan dominasi warna putih, karena arti kata dari Thohir sendiri adalah suci, bersih. masjid At-Thohir mempunyai empat menara yang melambangkan 4 arah mata angin: utara, timur, selatan, dan barat dengan tinggi masing-masing tiang yakni 40m.

– Bentuk Masjid adalah Sebuah Filosofi Keluarga

Memiliki 29 kubah dari seluruh Kubah di masjid ini. Kubah yang paling besar terletak di bagian teratas merupakan simbol dari ayah dimana sebagai pemimpin keluarga.

Tiga kubah berukuran sedang serta kubah lain yang berukuran kecil di simbolkan sebagai anak dari Teddy Thohir, yakni Hireka Vitaya Thohir, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir, dan juga Erick Thohir dan cucu hingga cicit dari Alm. Mohammad Teddy Thohir.

simbol seorang ibu, di lambangkan dengan bangunan yang berbentuk kubus. Yang diwujudkan pada pondasi masjid, yang juga menjadi penopang bangunan. Dimana, dilambangkan sebagai pemersatu dalam anggota keluarga,

– Peletakan Batu Pertama dan Peresmian

Masjid At-Thohir ini di bangun dalam jangka waktu selama tiga tahun. Peletakan batu pertama, dilakukan oleh mantan Wakil Presiden Indonesia yakni Bapak Jusuf Kalla di tahun 2018. Masjid ini telah di resmikan beberapa bulan lalu, oleh Presiden yakni Bapak Joko Widodo pada 9 Maret 2022.

Wisata Menarik Lainnya :  Famoso Garden, Hangout Kulineran ke Negeri Dongeng di Bandung

Masjid yang arsitekturnya bernuansa Timur Tengah ini mengacu pada gaya arsitektur dari Abu Dabi, Uni Emirat Arab. Namun tetap indah karena dibalut dengan desain modern. Sedangkan desain interiornya, seperti di bagian mimbar masjid itu banyak di hiasi nama indah Allah yakni asmaul husna.

Taman yang ada di area masjid pun sengaja dibangun berupa undakan berbentuk setengah lingkaran yang di sebut dengan teater. Nantinya bisa di buat untuk acara petunjukan islami yang bisa meningkatkan wawasan umat islam, yang akan di selenggarakan oleh pengurus masjid.

Fasilitas Dari Masjid At-Thohir

at thohir2
by: Pixabay

Masjid At Thohir yang berada di daerah Cimanggis Kota Depok kini menjadi daya tarik wisata religi bagi masyarakat sekitar. Arsitektur bangunannya yang indah dan asri akan membuat umat muslim nyaman berlama-lama di sana, baik untuk beribadah maupun mengabadikan momen bersama keluarga tercinta.

Kamu juga bisa berkunjung ke Masjid At-Thohir ini pada malam hari. Pemandangan masjid yang cantik akan menambah kesan tersendiri yang bisa kamu kenang. Saat malam hari, masjid ini akan memancarkan cahaya lampu yang sangat indah. kamu juga bisa menikmati beragam fasilitas yang akan di berikan oleh masjid ini, diantaranya:

– Amphitheater

Erick Thohir membangun masjid ini untuk bisa dinikmati oleh masyarakan luas. Bukan hanya yang berada di sekitar area masjid, namun dari luar kota pun boleh berkunjung ke masjid yang indah ini. Sehingga beliau membuat sebuah tempat yang bisa di gunakan oleh berbagai kalangan, atau komunitas, yakni Amphitheater.

Amphitheater ini berada di luar ruangan. Tempat yang fungsikan sebagai wadah pertunjukan musik atau dakwah outdoor bagi para komunitas untuk menuangkan atau membagikan ilmu mereka kepada banyak orang lainnya.

– Baterai Charge

Bagi kamu yang tidak sengaja kehabisan baterai ponsel, saat berada di Masjid At Thohir, tidak perlu panik dan mencari colokan di sekitar masjid. Karena Masjid At Thohir telah menyedikan mesin penyewaan power bank (recharge balance). Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi recharge, kemudian top up, setelah itu tinggal mengikuti arahan yang diberikan dari mesin tersebut.

– Lampu Martin

Masjid At Thohir, akan terlihat cantik ketika memancarkan cahaya pada malam hari. Hal itu berkat adanya belasan lampu martin yang ada di setiap sudut masjid. Ketikai malam tiba, lampu-lampu akan diaktifkan kemudian  menembakkan cahaya warna-warni. Jika kita diamati dari jauh masjid At Thohir jadi akan terlihat bercahaya.

Wisata Menarik Lainnya :  Kongkow di Raya Food Garden dan Rasakan Kenyamanannya

– Video Maping/Videotron

Salah satu hal yang menarik dan belum ada di masjid manapun di seluruh Indonesia yaitu adanya video maping di Masjid At Thohir. Ada dua bangunan seperti gapura di sisi masjid, di dalam gapura tersebut kamu akan melihat proyektor yang menembakan sinar ke tembok masjid.

Video Mapping ini cukup unik karena diatur sedemikian rupa sehingga di setiap sudut bangunan akan terkena gambar. Meskipun bangunannya tidak berbentuk persegi, namun kamu dan para pengunjung lainnya dapat menikmati gambar utuh dan tidak terpotong.

– Aula

Terdapat juga aula yang cukup luas, yang ada di lantai dasar masjid. Aula ini bisa kamu gunakan untuk beristirahat, seperti makan bersama keluarga. Lampu-lampu di atas akan dipantulkan oleh lantai marmer hitam menjadi keindahan tersendiri aula ini.

– Nama Masjid Dihiasi Air Mancur

Keunikan yang satu ini biasanya dijadikan spot foto oleh pengunjung yang datang atau sekedar melintasi. Hal itu karena nama masjid At-Thohir dihiasi air mancur yang sangat strategis di pinggir jalan sehingga cukup menarik untuk objek berfoto yang bisa di upload di akun sosial seperti instagram.

– Spot Foto Dengan Taman

Selain bentuk bangunan masjid yang megah, kawasan di sekitar masjid juga sangatlah tertata rapi. Halaman dengan rerumputan hijau, selalu terawat dan juga bersih. Parkiran kendaraan para pengunjung seperti mobil dan motor juga terlihat rapi.

Jika kamu ingin bisa menikmati suasana bagian di dalam Masjid At-Thohir, di sarankan supaya datang ke sana menjelang jam shalat. Karena di luar jam shalat, para pengunjung tidak diperkenankan masuk.

Sebelum masjid di daerah Cimanggis, Depok ini, keluarga Erick Thohir juga telah berhasil menyulap sebuah bekas gereja menjadi sebuah masjid, dengan nama yang sama, yakni Masjid At-Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat.

Masjid di sana terletak di Kenmore Avenue, Los Angeles. Masjid At-Thohir yang telah diresmikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Demikian berbagai keindahan yang akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Masjid At-Thohir di Tapos, Cimanggis, Depok. Masyarakat kota Depok pasti sudah menjelajahi masjid ini. Lalu, bagaimana kamu yang berada di luar kota Depok? Yuk, segera berkunjung ke Masjid At-Thohir ini.

Rate this post
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.
Avatar for Tomi Kurniawan
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.