website stat
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Air Terjun Coban Cinde – Jelajahi 4 Air Terjun di Malang Sekaligus dalam Sehari!

Wisata Air Terjun Coban Cinde

Sebut saja Coban Cinde, yang beralamatkan di Desa Benjor Kecamatan Tumpang. Kawasan Coban ini memang terkenal dengan kealamiannya karena minim sekali akan campur tangan manusia di dalamnya.

Potensi alam yang begitu memukau membuat kota Malang memiliki berbagai destinasi wisata yang tersebar di beberapa wilayah, salah satunya yakni di Kecamatan Tumpang. Tumpang lagi-lagi ikut andil dalam menambah daftar panjang deretan destinasi wisata alam yang ada di Kota Malang ini.

Selain Coban Rondo, Coban Pelangi Tumpang, serta beberapa wana wisata fenomenal lainnnya, ternyata di daerah Tumpang ini juga terdapat sebuah wisata air terjun tersembunyi yang tak banyak orang tau. Tersembunyi, karena air terjun ini berada jauh di dalam kawasan hutan yang harus kamu tapaki sejauh 3 kilometer dari gerbang pintu masuk untuk menuju air terjunnya.

Alamat : Benjor, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur 65156.
Map : klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,00.

Berada di kaki wisata gunung Bromo membuat tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan alam yang begitu asri dan mempesona.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan perbukitan serba hijau serta pegunungan yang berjajar indah di setiap sudut kawasan.

Untuk memasuki wana wisata yang eksotis ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja lho! Murah meriah bukan?

Untuk akses jalan menuju kawasan wisata ini juga cukup baik dan tergolong mudah. Meskipun tempat wisata ini tidak terlalu ramai, tapi kamu sudah bisa mencari lokasinya di mesin pencarian google.

Daya Tarik Coban Cinde Tumpang – Malang

Untuk orang-orang yang suka petualangan rasanya sangat sayang jika tidak mencoba untuk berkunjung ke kawasan air terjun Coban Cinde ini.

Pasalnya, wisata air terjun ini memiliki jalur tracking yang cukup menantang dan membutuhkan stamina yang ekstra untuk menaklukkannya.

Jika di wana wisata air terjun pada umumnya harus melewati tracking antara 1 sampai 2 kilometer saja, namun di wisata Coban Cinde ini lebih ekstrim lagi!

Untuk menuju kawasan air terjun utama, kamu harus melakukan tracking sejauh 3 kilometer dengan medan yang cukup menantang pula.

Perjalananmu akan dimulai dengan jalan setapak yang cukup menanjak, yakni dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Di sini kamu harus ekstra hati-hati ya!

Wisata Menarik Lainnya :  9 Daftar Tempat dan Kegiatan Wisata Ungaran Semarang

Tak sampai di situ, di tracking selanjutnya kamu juga harus menaklukkan jalan turunan yang cukup terjal sepanjang 6 meter.

Bukan hanya jalur darat saja, ternyata untuk menuju air terjun utama Coban Cinde, kamu juga harus melewati beberapa anak sungai lho! Sangat seru bukan?

555db6a40423bd590f8b4568
Tracking Menyusuri Sungai Menuju Air Terjun Coban Cinde

Tapi jangan khawatir, sungai-sungai yang harus kamu susuri cukup dangkal dengan arus yang tidak terlalu deras pula. Jadi, kamu bisa tracking santai sambil menikmati jernihnya aliran air di sana.

Kabar baiknya lagi, di sela-sela perjalanan kamu akan dimanjakan dengan beberapa air terjun yang ada di sekitar kawasan Coban Cinde tersebut.

Tak jarang para wisatawan beristirahat dan melepas lelah di beberapa titik sambil menikmati indahnya air terjun yang berada beberapa meter dari air terjun utama Coban Cinde tersebut.

Fenomena tracking yang seru itulah yang kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke kawasan wisata Coban Cinde ini.

Kamu bisa berjalan santai sambil menikmati pemandangan yang begitu asri di kawasan air terjun tersebut. Juga merasakan segarnya air yang mengalir di sungai-sungai yang terbentuk dari reruntuhan air terjunnya.

Fasilitas di Coban Cinde Malang

Meskipun kerap dijuluki sebagai air terjun tersembunyi, namun nyatanya tempat wisata yang memiliki nama lain Coban Jodo ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai.

Apa saja ragam fasilitas yang akan menemani kamu di sana? Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Air Terjun Eksotis Sekitar Coban Cinde

Coban Arema
Air Terjun Indah Berkelok di Sekitar Coban Cinde

Saat melakukan tracking yang cukup panjang dan menantang, rasa lelahmu perlahan akan terkikis oleh keindahan air terjun yang akan kamu temui di beberapa titik sebelum menemukan air terjun utama.

Ada kurang lebih 4 air terjun yang ada di kawasan Coban Cinde dengan ketinggian yang beragam pula.

Pada tracking pertama, kamu akan dipertemukan dengan air terjun yang tak terlalu tinggi, hanya berkisar tak lebih dari 3 meter.

Namun demikian, air terjun ini tetap terlihat indah dengan arusnya yang cukup deras serta berada di antara sungai-sungai yang cukup dangkal.

Selanjutnya, kamu akan disambut pula oleh air terjun yang juga tak kalah eksotis. Air terjun yang satu ini tampak indah berkelok-kelok dengan ketinggian lebih dari 10 meter.

Setelah melanjutkan tracking berikutnya, barulah kamu akan menemukan lokasi air terjun utama yang kamu tunggu-tunggu, yakni air terjun Cinde yang berdekatan dengan 1 air terjun lainnya.

2 coban cinde
Air Terjun Eksotis dekat Coban Cinde

Kedua air terjun itu memiliki ketinggian masing-masing 50 dan 30 meter. Air terjun Cinde adalah yang paling tinggi dan memiliki arus yang paling deras di antara yang lainnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Coban Rondo - Air Terjun Indah Berbalut Sejarah di Pujon Malang

Tak heran jika para wisatawan rela berjalan berjam-jam dengan tracking yang tak mudah hanya untuk menyaksikan eksotisme air terjun Coban Cinde yang memukau ini.

2. Spot Foto Instagramable

Foto by instagram.comno leto 630x380 1
Gardu Pandang Berbentuk I Love U – Coban Cinde

Saat memasuki kawasan wisata Coban Cinde, kamu akan disambut pertama kali oleh pemandangan serba hijau serta beberapa gardu pandang dengan beragam bentuk.

Kamu bisa berselfie ria di atas gardu pandang berupa bangunan bambu bersusun, atau bisa juga memilih bergaya di atas gardu pandang berbentuk I Love U.

Selain itu, ada juga taman bunga berwarna-warni di salah satu sudut kawasan yang tak kalah menarik pula untuk kamu jadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Pemandangan yang asri serba hijau juga bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang begitu memukau.

Dijamin kamu tak akan sempat mematikan kamera ponsel saat berada di sana, lantaran sejauh mata memandang kamu hanya akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang tiada habisnya.

3. Kedai Makanan

Sebelum memulai tracking, sempatkan dulu sejenak untuk bersantap di kedai makanan yang ada di area pintu masuk Coban Cinde.

Karena nanti kamu akan melakukan tracking yang cukup melelahkan, kamu juga bisa membeli makanan untuk bekal perjalananmu nanti di sana.

Berbagai jajanan serta menu makanan khas Malang yang lezat tersedia dengan harga yang cukup bersahabat pula.

4. Toilet Umum

Seperti tempat wisata pada umumnya, Coban Cinde ini juga menyediakan fasilitas toilet umum yang bersih dan layak untuk digunakan para wisatawan.

5. Area Parkir

Mengingat tempat wisata ini berada di kawasan hutan, maka jangan pernah khawatir mengenai tempat parkirnya.

Di depan pintu masuk terdapat hamparan lahan yang cukup luas yang biasa digunakan untuk tempat memarkirkan kendaraan.

Tarifnya pun cukup murah, hanya 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Demikian beberapa informasi mengenai eksotisme Coban Cinde Tumpang – Malang. Di tempat wisata ini kamu bukan hanya bisa mengunjungi satu air terjun saja, melainkan 4 sekaligus air terjun yang eksotis. Sangat menarik bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ajak keluarga atau kerabat kamu untuk berpetualang di wana wisata air terjun yang memukau ini.

Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan dan tak akan terlupakan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kondisi kesehatanmu sebelum berangkat menuju Coban Cinde, karena memerlukan tenaga dan stamina yang ekstra untuk berpetualang di sana. Selamat mencoba!

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *