Coban Pelangi Tumpang – Berburu Siluet Pelangi di Malang

Coban Pelangi Tumpang Malang

Berada di dataran tinggi membuat kota Malang yang kerap dijuluki ‘kota wisata’ ini memliki begitu banyak destinasi wisata yang terbentuk dengan indahnya oleh kenampakan alam yang ada. Berlatar deretan pegunungan, persawahan, hutan, air terjun, hingga sungai-sungai yang indah membuat setiap tempat wisata Malang yang berada di sekitarnya terlihat begitu mempesona.

Tanpa terkecuali pada salah satu objek wisata air terjun yang berada di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang ini, sebut saja Coban Pelangi Tumpang.

Alamat : Dsn. Ngadas, Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur 65157.
Map : klik disini.
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 (weekday) & Rp 15.000 (weekend).

Mendengar namanya, mungkin kamu akan membayangkan keindahaan pelangi di dalamnya. Ya, tidak salah lagi! nama Coban Pelangi Tumpang memang diambil dari penampakan siluet pelangi yang kerap muncul di sekitar kawasan air terjun.

Saat cuaca cerah, kamu akan dapat melihat warna-warni pelangi yang membentang indah di sekitar kawasan air terjun.

Fenomena pelangi itu seakan menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Harga tiketnya pun juga sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos sebesar 10 ribu rupiah saja untuk menikmati keindahan dan keeksotisan air terjun yang satu ini.

Selain itu, jalur trekking dari pintu masuk menuju kawasan air terjun juga tidak begitu sulit, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer untuk sampai pada wahana air terjunnya yang eksotis.

Daya Tarik Air Terjun Coban Pelangi Tumpang

Coban Pelangi Gubuklakah Poncokusumo @sinandservice
Fenomena Siluet Pelangi di Sekitar Air Terjun Coban Pelangi

Seperti namanya, air terjun ini kerap menampakkan keindahan pelangi yang membentang indah di sekitar kawasan air terjun.

Fenomena langka itulah yang kerap diburu oleh para wisatawan. Jika beruntung, kamu akan bisa mendapatkan pemandangan yang menakjubkan itu saat cuaca sedang cerah.

Tapi jika tidak, jangan kecewa ya! Karena rasa kecewamu dijamin akan terkikis habis saat menyaksikan keindahan air terjun Coban Pelangi yang jatuh dari ketinggian sekitar 110 meter.

Wisata Menarik Lainnya :  Asyiknya Bermain Geo Tubing di Lava Bantal Sleman

Air yang berjatuhan dari ketinggian yang cukup fantastis itu terbilang cukup deras. Hingga mengalirkan anak-anak sungai yang mengalir indah di bawahnya.

Selain itu, kamu juga akan melihat beberapa keindahan alam yang tak kalah menarik lho! Karena di sepanjang kawasan, mata dan hati kamu akan dimanjakan oleh pemandangan deretan pegunungan yang indah.

Pohon-pohon yang rindang juga turut memenuhi kawasan air terjun tersebut, sehingga memberikan suasana yang sangat syahdu dan penuh ketenangan.

Ditambah lagi kicauan burung yang saling bersahutan akan semakin membuat syahdu suasana di sekitar kawasan air terjun Coban Pelangi Tumpang tersebut.

Tak sampai di situ, kamu juga bisa mengabadikan momen-momen indah di sana dengan berselfie ria di beberapa spot foto yang menarik seperti gardu pandang serta Rainbow Hill.

Rainbow Hill inilah yang juga kerap menjadi spot favorit para wisatawan, baik untuk sekedar berselfie ria ataupun untuk menikmati pemandangan air terjun yang ada.

Bagaimana tidak? Lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 10 meter membuat spot yang satu ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keeksotisan air terjun Coban Pelangi.

Dari Rainbow Hill ini, kamu dapat menyaksikan keeksotisan air terjun Coban Pelangi secara utuh dan sempurna.

Untuk menuju puncak Rainbow Hill, kamu perlu melewati jalan-jalan setapak yang telah dilengkapi dengan beberapa anak tangga yang akan mengantarkanmu pada puncak Rainbow Hill.

alam 5d7e9060097f3617e25cbd54
Jalan Setapak Menuju Kawasan Rainbow Hill

Fasilitas di Wisata Air Terjun Coban Pelangi Tumpang

Berbicara tentang fasilitas yang ada di wana wisata Coban Pelangi Tumpang, kamu tak perlu khawatir!

Di beberapa titik sepanjang jalur tracking telah disediakan toilet-toilet umum yang bersih dibarengi dengan tempat untuk melaksanakan ibadah shalat atau mushola.

Beberapa kedai makanan juga tersedia, mulai dari makanan ringan hingga berat turut berjajar di sepanjang jalur tracking menuju kawasan air terjun yang eksotis tersebut.

Bukan hanya itu, di sepanjang jalur tracking menuju kawasan air terjun juga terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk sejenak ketika lelah berjalan.

Kamu juga bisa memanfaatkan gazebo-gazebo yang ada untuk duduk santai sembari menikmati indahnya pemandangan kawasan air terjun Coban PelangiTumpang .

Wisata Menarik Lainnya :  Mampir Ke Istana Anak Anak Indonesia, Seolah Masuk ke Dunia dongeng

Tak jarang pula para pengunjung memanfaatkan gazebo-gazebo tersebut untuk berselfie ria dengan latar belakang deretan pegunungan serta perbukitan yang sangat indah.

Yang tak kalah menarik, tempat wisata ini ternyata juga menyediakan fasilitas camping dengan lahan yang cukup luas disertai beberapa perlengkapan camping yang cukup lengkap.

Untuk area parkir juga tersedia dengan hamparan lahan yang cukup luas, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jadi, kamu tak perlu khawatir untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di wana wisata air terjun yang satu ini.

Tips dan Saran Berkunjung di Wisata Air Terjun Coban Pelangi Tumpang

Sebelum memasuki kawasan wisata air terjun Coban Pelangi Tumpang, pastikan dulu kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat dan prima.

Mengingat nantinya kamu akan menempuh jalur tracking yang cukup melelahkan, yakni berjarak 1,5 kilometer dari area parkir.

Untuk mendapatkan fenomena pelangi di sekitar kawasan air terjun, alangkah lebih baik jika kamu berkunjung pada saat cuaca sedang cerah.

Jangan lupa juga untuk membawa atau mengenakan baju hangat. Karena udara di kawasan wisata ini cukup dingin, yakni berada di kisaran 19 – 23 derajat Celcius. Cukup fantastis bukan?

Untuk rute menuju kawasan wisata ini juga tidak terlalu sulit. Lokasinya cukup strategis yakni berada di jalur sebelum pertigaan Jemplang, yakni pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo.

Tempat wisata ini juga menjadi satu-satunya jalur yang harus dilewati Jeep ketika akan menuju arah Gunung Bromo.

Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, bahkan angkutan umum.

Tapi tetap berhati-hati ya! Karena setelah melewati desa Gubuk Klakah menuju arah pertigaan Jemplang, jalannya mulai menanjak dan berkelok-kelok.

Namun jangan khawatir, segala rasa lelahmu akan terbayar lunas ketika sampai pada keindahan air terjun yang jatuh dari ketinggian yang cukup fantastis.

Ditambah lagi fenomena pelangi yang kerap muncul di sekitar kawasan air terjun, dijamin akan mengundang decak kagum para wisatawan yang beruntung.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, ajak keluarga atau kerabat untuk refreshing sejenak di wana wisata air terjun Coban Pelangi Tumpang yang eksotis ini. Semoga liburanmu menyenangkan!

5/5 - (1 vote)
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.