website stat
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Kebun Raya Bali – Botanical Garden Terluas & Informasi Wisata Lengkap

Kebun Raya Bali Bedugul

Mungkin para wisatawan melakukan liburan ke Bali guna menikmati keindahan pantai yang ada di Bali. Seperti yang kita tau bahwa pantai di Bali begitu eksotis. Jernihnya air pantai dan keindahan lingkungan sekitar Bali membuat wisatawan semakin betah berlibur di sana.

Namun, Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan pantainya saja. Bali juga dikenal memiliki pesona keindahan hamparan hijau beserta kebudayaannya yang masih kental.

Ada tempat wisata di Bali yang cukup fenomena yang kita kenal dengan nama Kebun Raya Bali atau biasa juga disebut Kebun Raya Bedugul. Di Indonesia sendiri, wisatawan akan menemukan 5 Kebun Raya yakni Kebun Raya Cibinong, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bedugul Bali.

Kebun Raya Bali ini menjadi salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia dengan luas lahan hingga 157,5 hektar. Hal tersebut membuat Kebun Raya Bali populer di kalangan para wisatawan. Bahkan dijadikan sebagai wisata favorit para pelancong yang berasal dari luar Bali.

Selain sebagai tempat pariwisata andalan di Bali, Kebun ini juga berpengaruh besar terhadap pelestarian lingkungan. Tujuan didirikannya Kebun Raya Bali oleh seorang profesor bernama Kusnoto Setyodiwiryo yaitu melindungi beragam jenis tumbuhan secara ex-situ serta sebagai tempat pelestarian di luar habitat asli.

Kebun Raya Bali ini sudah ada sejak tahun 1959 di mana pada tahun tersebut Kebun Raya Bali ini dikenal dengan nama Eka Karya. Wisatawan yang melakukan liburan ke Bali, bisa banget merencanakan liburannya ke Kebun Raya Bali ini.

Daya Tarik Kebun Raya Bali

Karena berkonsep botani garden, pemandangan di Kebun Raya Bali Bedugul ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan alamnya yang hijau. Terlebih, suasana di kebun ini terkesan sejuk dan menyegarkan.

283932884 1000499917494466 627346965587538726 n.webp
Foto via Instagram.com/citra_cnst

Dari depan pintu masuk tempat wisata saja wisatawan sudah disambut dengan rindangnya pepohonan hijau. Beberapa wisatawan memanfaatkan tempat tersebut untuk melakukan kegiatan piknik yang asyik. Bahkan ada juga yang sengaja datang ke sana hanya untuk berburu foto di tengah keindahan alam Bali yang menawan.

Salah satu tanaman yang terkenal di Kebun Raya Bali ini merupakan bunga anggrek. Ada sekitar 290 jenis anggrek yang bisa kita temukan di Kebun Raya Bali. Koleksi anggrek tersebut dibagi ke dalam dua kategori yakni anggrek silangan yang diletakan di area outdoor dan anggrek liar yang diletakan di area indoor. Biasanya waktu paling cocok untuk menikmati keindahan anggrek di Kebun ini yakni pada bulan Maret hingga bulan Juni.

Koleksi anggrek yang bisa wisatawan temukan di Kebun Raya Bali ini cukup menarik. Ada jenis anggrek Vanda tricolor yang memiliki kelopak berwarna putih dengan merah tua yang memikat. Lalu ada juga jenis Paphiopedilum jabanicum yang termasuk ke dalam jenis anggrek langka, ada pula jenis anggrek calanthe baliensis dan Malleola baliensis yang termasuk ke dalam kategori anggrek khas Bali.

Wisata Menarik Lainnya :  Melihat Pesona Yogyakarta Dari Heha Sky View

Selain anggrek, wisatawan juga bisa mampir ke Taman Cyathea. Taman Chyathea ini memiliki lahan seluas 2 hektar atau 4 kali lebih besar dari area anggrek. Taman ini menyuguhkan 80 jenis tumbuhan paku. Tidak hanya tanaman paku yang berasal dari Bali saja, wisatawan juga bisa menemukan tanaman paku dari berbagai daerah seperti Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Masih berada di kawasan yang sama dengan Taman Cyathea, wisatawan akan menemukan Taman Begonia. Mungkin Taman Begonia yang ada di Kebun Raya Bali ini tidak sebesar Taman Bunga Begonia Lembang.

Namun koleksi yang ada di Taman Begonia ini tidak kalah beragam. Ada 94 jenis koleksi tanaman begonia yang bisa kita lihat di sana. Beberapa diantaranya yaitu Begonia Masoniana Iron Cross, Begonia Maculata Moccaa, Begonia Marmaduke, dan masih banyak lagi.

Jika di Kebun Raya Bogor terdapat Taman Meksiko yang dikenal sebagai area tanaman gurun, Kebun Raya Bali juga tidak mau kalah. Di sana wisatawan bisa menemukan koleksi kaktus di dalam sebuah rumah kaca. Rumah kaca berukuran 500 meter persegi tersebut menyimpan 68 jenis tanaman kaktus. Ada kaktus yang memiliki tinggi hingga 5 meter.

Bahkan yang menariknya lagi dari Kebun Raya Bali ini yakni area tanaman airnya yang cukup mencolok. Di tengah Kebun, wisatawan bisa melihat sebuah kolam bertingkat enam yang besar. Kolam ini dilengkapi dengan beberapa ornamen seperti bebatuan, air mancur, pot, dan lainnya. Ada berbagai macam tanaman air yang bisa wisatawan temukan di sana seperti teratai, monster, calla lily, tanaman bambu air, dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Bali ini tidak hanya dilengkapi berbagai tanaman hias saja, wisatawan juga bisa melihat berbagai jenis tanaman obat. Tanaman obat ini dikelompokkan dalam sebuah area yang diberi nama Taman Usada. Ada sekitar 300 jenis tanaman obat yang bisa kita temukan di Taman Usada. Kita bisa melihat koleksi kumis kucing, daun sirih, temulawak, kencur, jahe, dan masih banyak lagi.

288042425 436963361224020 4263160743544695307 n.webp
Foto via Instagram.com/stevenstph

Hanya di Kebun Raya Bali wisatawan bisa menemukan tanaman upacara agama Hindu. Tanaman tersebut berada di Taman Panca Yadnya. Yadnya sendiri memiliki arti sebagai tiga unsur yang tidak terpisahkan yakni bunga, api, dan air. Bunga melambangkan Dewa Siwa, Api sebagai Dewa Brahma, dan air sebagai simbol Dewa Wisnu. Ada sekitar 580 tanaman yang biasa dipakai untuk upacara agama Hindu seperti pohon dadap, pisang, paku sayur, dan sebagainya.

Wisatawan tidak hanya menemukan koleksi tanamannya saja yang begitu lengkap. Ada pula koleksi 79 jenis burung yang bisa wisatawan temukan di Kebun Raya Bali. Beberapa diantaranya yang akan kita lihat di sana yakni wallet sapi, burung isap madu Australia, tekukur, bondol jawa, kucica batu, sriganti, kepodang, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya melakukan kegiatan rekreasi saja, wisatawan juga akan mendapatkan beragam edukasi yang menarik yakni dengan mengenal lebih dalam seputar jenis tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bali dan juga melihat beragam kebudayaan Bali yang penuh seni.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Dusun Semilir - Eco Park Populer di Semarang

Masih berada di kawasan Kebun Raya Bali, wisatawan bisa menemukan beberapa tempat makan seperti resto hingga cafe. Berbagai makanan yang ada di sana sangat lengkap yakni mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Makanan tersebut merupakan makanan lokal khas Bali hingga makanan western. Untuk harga menu makanan yang ada di resto maupun cafe yang ada di Kebun Raya Bali ini ditaksir dengan harga mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 66.000.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bali

Untuk masuk ke Kebun Raya Bali, wisatawan perlu menyisihkan uang sebesar Rp 20.000 per orang untuk tiket masuk hari Senin hingga Jumat dan Rp 30.000 per orang untuk tiket masuk setiap hari Sabtu hingga Minggu.

Tarif masuk ke Kebun Raya Bali ini termasuk sangat murah dari wisata lainnya yang ada di Bali. Tidak heran jika Kebun Raya Bali selalu dipadati para wisatawan entah saat weekday maupun weekend.

Wisatawan yang ingin melakukan pemesanan tiket melalui online bisa menghubunginya melalui nomor 03682033211 atau melalui website www.krbali.lipi.go.id. Biasanya wisatawan yang melakukan pemesanan tiket banyak, akan mendapatkan potongan harga yang cukup tinggi.

Lokasi dan Jam Buka Kebun Raya Bali

Wisatawan yang ingin melakukan liburan ke alam terbuka dan menambah wawasan seputar berbagai tanaman yang ada di Indonesia, bisa mampir ke Kebun Raya Bali yang terletak di Jalan Kebun Raya, Batunya, Baturiti, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191. Map klik disini.

Wisatawan yang memusatkan tujuan dari Denpasar bisa melalui Jalan I. Gusti, Ketut Jelantik menuju ke Jalan Kebun Raya di mana lokasinya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan.

Berada di kawasan wisata menjadikan Kebun Raya Bali ini mudah ditemukan apalagi Kebun Raya Bali termasuk salah satu wisata popular di Pulau Dewata sehingga masyarakat Bali bahkan para wisatawan sudah tidak asing lagi dengan tempat tersebut.

Kebun Raya Bali ini beroperasi setiap hari sehingga wisatawan leluasa untuk menyempatkan waktunya berlibur di sana. Dan untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat dan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu.

Akomodasi

Penginapan di Bali selalu saja menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang ingin bermalam di sekitar lokasi Kebun Raya Bali bisa mampir ke Umah Lumbung Bedugul yang berlokasi di Jalan Intaran, Jalan Kebun Raya Bedugul, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191.

Jarak tempuhnya dari Kebun Raya Bali sekitar 8 menit perjalanan. Sementara untuk tarif penginapan di Umah Lumbung ini ditaksir dengan tarif Rp 321.000 hingga Rp 819.000 per malam sesuai dengan fasilitas yang kita dapatkan.

Liburan ke Bali tentunya selalu diidamkan oleh setiap orang. Dan wisatawan yang hendak liburan ke Bali atau sedang berlibur di Bali dan mencari rekomendasi wisata asyik di sana, wajib banget datang ke Kebun Raya Bali ini.

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *