Taman Wisata Air Wendit – Fasilitas dan Harga Tiket Terbaru 2024

Taman Wisata Air Wendit

Pernahkah kamu berkunjung ke kawasan Pakis Kabupaten Malang? Di kecamatan seluas lebih dari 5.000 hektar itu ternyata banyak menyimpan objek wisata yang menarik dan digemari banyak orang. Selain Taman Gangsar, Taman Kenongo, ataupun Sumber Kletak, ternyata Pakis masih memiliki objek wisata air lainnya yang juga tak kalah seru lho!

Salah satunya yakni Taman Wisata Air Wendit yang merupakan taman wisata berupa kolam renang asik untuk berlibur bersama keluarga.

Alamat : Jl. Raya Wendit Tim, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps.
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp10.000 – Rp18.500,-

Malang seakan tak pernah kehabisan cerita tentang objek wisatanya yang ciamik dan selalu mengundang decak kagum para pecinta wisata.

Bukan Malang namanya jika tidak punya sejuta destinasi wisata yang asyik dan menarik. Baik objek wisata yang berkonsep alami maupun buatan.

Setelah menjelajahi beberapa objek wisata ciamik yang ada di Kota Malang, kini saatnya Setapak Langkah ajak kamu bergeser sedikit ke wilayah kabupatennya

Ya, Wendit merupakan salah satu taman wisata air di Malang yang berusia cukup tua dan memiliki banyak sekali fasilitas serta wahana seru di dalamnya.

Taman Wisata Air Wendit diyakini sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram di abad ke-X Masehi, yakni pada masa pemerintahan Raja Majapahit Prabu Hayam Wuruk yang konon kerap melakukan ritual di salah satu bangunan suci yang ada di Sungai Wendit tersebut.

Ya, Wendit sejatinya memanglah sebuah sungai dengan sumber air yang melimpah ruah kala itu, serta terdapat beberapa bangunan suci yang ada di beberapa titik lokasi sungai yang biasa digunakan sebagai tempat ritual kala itu.

Ada cukup banyak fasilitas yang tersedia di sana, mulai dari wahana kolam renang, playground, perahu bebek, dan masih banyak lagi wahana serta fasilitas menarik yang akan kamu dapatkan di sana.

Untuk lebih jelasnya, Setapak Langkah akan mengajak kamu mengintip sejenak mulai dari harga tiket masuk, jam buka, hingga beberapa fasilitas serta wahana yang seru di Taman Wisata Air Wendit. Simak baik-baik ya!

Jam Buka & Harga Tiket 2024

Taman Wisata Air Wendit beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB baik saat weekday ataupun weekend.

Namun yang sedikit membedakan adalah pada harga tiketnya, yakni mulai Rp 10.000 sampai Rp 18.500 saja tergantung pada usia serta hari berkunjung.

Biar kamu tidak bingung, berikut Setapak Langkah jabarkan list harga tiketnya!

  1. Weekday : Rp 15.000 (dewasa), Rp 10.000 (anak-anak).
  2. Weekend : Rp 18.500 (dewasa), Rp 15.000 (anak-anak)

Untuk harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah ya! Tergantung kebijakan dari otoritas setempat. Namun harga di atas bisa kamu jadikan sebagai bahan perkiraan untuk berkunjung ke taman wisata yang seru ini.

Wahana & Fasilitas Taman Wisata Air Wendit

Berdiri di atas lahan seluas 9 hektar, Wendit memiliki sejumlah wahana serta fasilitas yang akan membuat aktivitas kamu di sana jadi lebih nyaman dan seru. Simak baik-baik berikut ini!

Waterpark

Wendit Waterpark
Fenomena Waterpark Wendit dengan Seluncuran yang Fantastis dan Seru.

Berasal dari sumber mata air yang menaungi Sungai Wendit, Wisata Wendit memiliki beberapa kolam renang yang cukup luas lengkap dengan waterboom-nya.

Ada 2 pilihan kolam renang untuk anak-anak dan juga remaja dengan kedalaman yang tak begitu curam. Kedua kolam itu juga dilengkapi dengan aneka seluncuran yang seru dan fantastis.

Pada kolam anak-anak, kamu akan disambut hangat oleh 2 buah seluncuran berwarna hijau dan biru yang cukup panjang dan berliku, dilengkapi dengan anak tangga serta papan persegi dengan penutup di atasnya.

Tak jauh berbeda, di kolam yang sedikit lebih curam juga ada waterboom-nya lho! Lebih fantastis lagi, yakni sebuah seluncuran berwarna biru yang panjang dan berliku dengan ketinggian yang fantastis pula. Mau coba?

Di sekitar kolam juga terdapat kamar ganti ataupun kamar mandi yang bisa kamu manfaatkan untuk membilas diri usai bermain air. Gazebo-gazebo pun juga tersebar di sekitar kolam. Jadi, kamu bisa duduk santai sembari mengawasi si kecil bermain air.

Danau Buatan

Taman Wisata Wendit Malang Wahana Air Ratusan Tahun dari Masa Majapahit
Serunya Mengayuh Perahu Bebek di Danau Buatan Wendit.

Tak cuma kolam renang, di Taman Wisata Air Wendit yang berusia ratusan tahun ini juga ada semacam danau buatan yang sengaja dibendung dari Sungai Wendit yang menjadi wahana utamanya.

Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan dan keasrian danau tersebut dengan menaiki perahu-perahu bebek ataupun yang memang sudah disediakan untuk para pengunjung.

Wahana Bermain Anak

Kabar baik untuk anak-anak, karena selain waterpark yang seru, ternyata Taman Wisata Air Wendit juga memiliki beberapa wahana permainan anak yang dijamin tidak akan membuat si kecil bosan di sana.

Ada sejumlah ayunan beragam bentuk dan ukuran yang tersebar di beberapa sudut taman wisata. Sembari jalan-jalan, kamu bisa sesekali mengajak si kecil untuk singgah sejenak di beberapa ayunan yang ada di sana.

Spot Foto Menarik

area bermain anak taman wisata wendit handini3729 4 e1556529159895 640x480 1
Salah Satu Spot Foto Favorit Para Pengunjung terutama Anak-anak.

Di Taman Wisata Air Wendit juga tersedia beberapa patung-patung replika aneka binatang seperti jerapah, gajah, monyet, serta beberapa replika lain yang pastinya akan membuat si kecil sangat senang untuk berfoto bersama mereka.

Gazebo

Dengan area wisata yang begitu luas, Wendit juga menyediakan beberapa gazebo yang tersebar di setiap sudut kawasan wisata.

Ada banyak sekali gazebo ataupun tempat bersantai ria yang bisa kamu pilih baik berupa kursi-kursi taman yang panjang, hingga kursi-kursi permanen berbahan semen yang berdiri kokoh di beberapa lokasi taman wisata.

Monyet-monyet yang Lucu

1502502620X310
Monyet-monyet Lucu yang Berkeliaran Bebas di Lokasi Wisata.

Yang tak kalah menarik, di sana kamu juga akan disambut meriah oleh beberapa primata yakni monyet-monyet kecil yang berkeliaran bebas di sekitar kawasan wisata.

Tapi jangan takut ya! Karena monyet-monyet itu sudah jinak, kok! Malahan bisa sangat akrab dengan para pengunjung.

Kalau ingin berkomunikasi lebih dekat dengan para primata itu, kamu juga bisa membeli kacang yang dijual para asongan di sana dengan harga mulai dari Rp5.000 saja tiap bungkusnya. Sangat seru bukan?

Toilet Umum

Tak hanya di area kolam renang/waterpark, di beberapa sudut Taman Wisata Air Wendit juga tersedia beberapa toilet ataupun kamar mandi yang bisa digunakan secara leluasa oleh para pengunjung.

Tak perlu khawatir, karena kamu tidak akan kesulitan untuk mencari toilet di sana, karena hampir di setiap sudut lokasi wisata yang sangat luas itu telah disediakan toilet umum yang memadai.

Mushola

Tak perlu risau untuk menghabiskan waktu liburanmu seharian di sana. Karena mushola yang bersih dan nyaman juga tersedia di sana.

Lengkap dengan segala perlengkapan untuk shalat mulai dari mukenah, sajadah, tasbih, serta beberapa perlengkapan lainnya, kamu bisa dengan nyaman beribadah di sana.

Kedai Makanan dan Oleh-oleh

Saat perut kamu mulai keroncongan, kamu bisa mampir sejenak di beberapa warung makan yang ada di sana. Ada cukup banyak pilihan kuliner yang bisa kamu jajal di sana.

Mulai dari makanan ringan seperti snack, gorengan, cilok, hingga beberapa makanan berat seperti mie instan, bakso, ayam geprek, hingga aneka lalapan juga tersedia di sana.

Tak hanya itu, beberapa souvernir cantik untuk oleh-oleh pun juga bisa kamu dapatkan lho di sana! Seperti gantungan kunci, tas, hingga kaos-kaos khas Malang juga tersedia di beberapa kedai di sana.

Tempat Parkir

Tak perlu khawatir, karena tempat parkir yang sangat luas juga terbentang di sana. Mengingat tempat wisata yang satu ini memang sangat luas sehingga memiliki sejumlah fasilitas yang memadai pula.

Untuk biaya parkirnya sendiri juga tak jauh berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, yakni Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2, serta Rp5.000 saja untuk kendaraan roda 4.

Itulah beberapa wahana serta fasilitas yang bisa kamu nikmati di Taman Wisata Air Wendit yang beralamatkan di Kelurahan Mangliawan Kecamatan Pakis.

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi badan dan kendaraan kamu dalam kondisi yang prima sebelum berangkat. Siapkan juga segala perlengkapan yang diperlukan seperti baju ganti, baju hangat, serta minyak angin untuk menghangatkan badanmu usai berendam.

Ibarat menyelam sambil minum air, kapan lagi kamu bisa berwisata sembari bercengkerama ria bersama monyet-monyet lucu jika bukan di Taman Wisata Air Wendit yang penuh fantasi ini?

Yuk, segera ajak keluarga ataupun kerabat tercinta untuk berkunjung ke Taman Wisata Air Wendit yang seru dan murah meriah ini! Selamat berlibur!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments