Sumber Kletak, Wisata Pemandian Alami di Pakis – Malang

Sumber Kletak Pakis

Sesuai namanya, Sumber Kletak merupakan salah satu sumber mata air di Pakis yang hingga kini masih terjaga dengan baik dan dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang menghadirkan suasana asri nan alami.

Ramainya suasana di area perkotaan, hingga padatnya aktivitas sehari-hari terkadang membuat seseorang jenuh dan ingin menepi sejenak dari hiruk-pikuk keriuhan itu.

Hilir mudik kendaraan, bangunan-bangunan yang berdiri kokoh memenuhi setiap sudut kota terkadang juga membuat suasana di kawasan tertentu terasa padat dan melelahkan.

Untuk me-refresh sejenak pikiran dan hati kamu dari padatnya aktivitas sehari-hari, kamu bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di Malang yang ada di ujung timur.

Ya, lagi-lagi kawasan Tumpang selalu berhasil mempersembahkan destinasi wisata yang diilhami dari potensi alam yang dimiliki, sehingga menghasilkan objek wisata yang begitu asri dan menenangkan.

Kali ini, Setapak Langkah akan mengajak kamu mengintip salah satu destinasi wisata yang ada di Kecamatan Pakis yang bersebelahan dengan kawasan Tumpang Kabupaten Malang.

Terkenal dengan potensi alamnya, Pakis ternyata memiliki objek wisata yang masih sangat alami dan terjaga keasriannya hingga saat ini, sebut saja Sumber Kletak yang beralamatkan di Dusun Kletak Kecamatan Pakis.

Bagaimana tidak? Sungai yang biasa digunakan untuk aktivitas pemandian dibiarkan begitu saja tanpa balutan semen atau apapun yang membendungnya.

Alamat : Sumber, Kletak, Pakiskembar, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB (Jum’at Tutup).
Harga Tiket Masuk : Gratis

Di sekitar sungai juga masih nampak pemandangan alami yang begitu eksotis, yakni terdapat pepohonan serba hijau yang membentang luas di sepanjang mata memandang.

Tepat di tepian sungai terdapat pohon pisang yang berjajar rapi mengitari sepanjang area sungai. Sedangkan pohon kelapa juga tampak berdampingan dengan populasi pohon pisang itu, sehingga menambah serasi nuansa alam di sana.

Daya Tarik Sumber Kletak

Selain memiliki pemandangan alam yang begitu klasik dan menarik, wisata pemandian autentik yang satu ini ternyata juga kerap dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai medan gowes lho!

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Baru di Tawangmangu, Air Terjun Jumog Putri

Medannya yang cukup terjal ditambah lagi pemandangan di sekitarnya yang masih sangat alami membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai medan petualangan gowes bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Tak sedikit pengunjung yang datang dengan menggunakan sepeda gowes, serunya medan yang dilewati serta pemandangan alami di sekitarnya seakan mampu mengikis habis rasa lelah para goweser itu.

Jika kamu merasa lelah dan gerah setelah beraktivitas gowes, kamu bisa menyegarkan diri sejenak dengan menceburkan diri ke sungai yang arusnya tak begitu deras di sana.

Sumber Kletak Malang
Sumber Kletak Malang

Seakan flashback pada masa kecil, saat berenang di Sumber Kletak Pakis yang begitu alami itu kamu akan merasakan sensasi yang klasik, di mana biasanya anak-anak suka bermain air di sungai lantaran tak ada kolam renang modern seperti sekarang ini.

Apa kamu tidak bisa berenang? Jangan khawatir! Tempat ini sudah menyediakan penyewaan ban karet bagi pengunjung yang tidak bisa berenang atau untuk sekedar bersantai ria di atas air bersama ban pelampung.

Berenang di Sumber Kletak akan terasa semakin berkesan dengan pemandangan alam sekitar yang begitu asri. Di sekeliling sungai didominasi oleh pepohonan pisang yang berjajar rapi memenuhi kawasan Sumber Kletak.

Gemericik air sungai yang mengalir perlahan juga akan serasa mendatangkan ketenangan tersendiri bagi para pengunjung.

Yang tak kalah unik, saat memasuki kawasan Sumber Kletak kamu akan disambut oleh suara bambu-bambu kecil yang seakan bertepuk silih berganti.

Bambu-bambu itu sengaja dijadikan sebagai media yang mengalirkan air dari sumber mata air menuju sungai yang mengalir di bawahnya.

Alhasil, setelah terisi penuh bambu-bambu kecil itu secara otomatis akan berganti arah turun ke bawah dan membentur bambu-bambu di sekitarnya, sehingga timbullah bunyi kletak-kletak yang akhirnya menjadi ciri khas dari Sumber Kletak.

Untuk menikmati segala keindahan yang ditawarkan Sumber Kletak, kamu tidak perlu membayar biaya tiket lho alias gratis! Namun ada kotak amal yang telah disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung yang berkenan untuk mengisinya.

Wisata Menarik Lainnya :  Pantai Batu Bengkung Malang, Info Wisata dan Harga Tiket 2022

Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Kletak

Untuk berkunjung ke wisata alam Sumber Kletak pada saat ini tidak dikenakan biaya masuk dan parkir. Pengunjung hanya diminta untuk menata rapi kendaraan sendiri dan menjaga kebersihan.

Fasilitas di Sumber Kletak

Sesuai namanya, maka fasilitas utama yang kerap dimanfaatkan para pengunjung yakni sungai yang berasal dari sumber mata air Desa Kletak tersebut.

Sungai yang bersih dari pencemaran serta arusnya yang tak begitu deras membuat pemandian alami yang satu ini banyak menjadi pilihan masyarakat setempat untuk menyegarkan diri dan pikiran.

Selain untuk mandi, ternyata di salah satu sisi sungai Sumber Kletak ini juga kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk memancing ikan lho! Bahkan tak jarang pula diadakan lomba memancing di tempat tersebut.

Di sekitar area sungai juga terdapat beberapa gazebo yang tersusun dari material bambu dan beratapkan jerami, sehingga membuat suasana alam menjadi semakin terasa di sana.

Di beberapa titik juga terdapat taman-taman bunga yang sederhana namun terlihat begitu indah dengan warna-warni bunga yang tersusun dengan rapi dan eksotis

Saat perutmu mulai keroncongan, jangan risau! Di area Sumber Kletak juga telah disediakan beberapa warung yang menjual aneka menu makanan khas Malang yang lezat dengan harga yang bersahabat pula.

Dari makanan ringan seperti snack, gorengan, hingga menu makanan yang legendaris di Tumpang – Malang seperti nasi empok, nasi jagung, urap-urap, sayur lodeh, serta beberapa menu pelengkap lainnya.

Area parkir juga cukup luas di sana, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Lebih uniknya lagi, kamu bahkan tidak perlu membayar biaya parkir lho! Sangat hemat cuan bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera isi liburanmu dengan berkunjung ke Sumber Kletak Pakis yang masih sangat alami ini. Kapan lagi kamu bisa mendapatkan ketenangan sekaligus kesenangan jika bukan di Sumber Kletak Pakis.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.