8 Restoran Solo Andalan Keluarga Cita Rasa Jawa

Restoran Solo

Bingung cari Restoran Solo untuk makan bareng kelurga? Yuk intip artikel dibawah..

Surakarta atau lebih lazim disebut Solo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Solo ini dijuluki sebagai Kota Batik, Kota Budaya, hingga Kota Liwet.

Seperti halnya Yogyakarta, Solo juga banyak diincar oleh para wisatawan. Sebab, di sana wisatawan akan menemukan banyak destinasi wisata menarik yang tidak kalah dengan wisata Jogja.

Rekomendasi Restoran Solo Bareng Keluarga

Tidak hanya destinasi wisatanya saja, aneka tempat nongkrong dan kulineran di Solo juga cukup menarik perhatian banyak orang. Wisatawan bisa mampir ke beberapa tempat makan alias Restoran Solo populer berikut ini.

Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto

30590510 432996463810704 1334348692785725440 n
Foto via Instagram.com/ecofitrian

Nama Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto cukup dikenal luas oleh para wisatawan terutama yang sering melakukan liburan ke Solo. Tempat ini termasuk penginapan berbintang yang bisa kita singgahi bersama keluarga.

Tidak hanya berperan sebagai tempat bermalam saja, Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto ini juga menyuguhkan konsep kulineran dengan tema tradisional Jawa untuk menciptakan nostalgia pada perkampungan khas Jawa di tengah kota Bengawan.

Restoran Solo ini memiliki luas sekitar 900 meter persegi yang mana dilengkapi dengan sebuah bangunan joglo yang cukup luas. Bahkan ada pula Bale Bojokrama yang dapat menampung sekitar 90 orang di dalamnya. Wisatawan juga bisa duduk di ruang limasan yang ada di lantai atas.

Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti Playground, taman, live musik, akses Wi-Fi, bioskop serba guna, musala, hiburan keroncong, toilet, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa menu makanan yang bisa kita temukan di Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto ini mulai dari ayam goreng sereh, garang asem bumbung, daging lombok ketok, nasi golong, dan lainnya. Salah satu menu andalan di Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto ini merupakan nasi golong lantaran dulunya menjadi makanan favorit para bangsawan.

Nasi golong ini terdiri dari satu porsi nasi, ayam goreng, lauk urap sayuran, potongan tahu dan tempe, telur rebus, dan sayur bening. Harga menu makanan yang ada di Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto ini ditaksir mulai dari Rp 28.000.

Wisatawan bisa mampir ke Omah Sinten Hermitage Hotel dan Resto ini di Jalan Diponegoro No.34-54, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Karena menjadi fasilitas hotel, resto ini buka selama 24 jam. Google Maps.

BaReLo

2019 09 18
Foto via Googlemaps/Ferri Ramlie

BaReLo merupakan sebuah singkatan dari Bar, Restaurant, dan Lounge. Restoran Solo ini kepunyaan dari salah satu hotel ternama di Solo yakni Swiss Belinn Saripetojo. Dengan konsep modern serta tradisionalnya, BaReLo berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Selain cocok untuk dijadikan tempat liburan, BaReLo juga bisa menjadi alternatif hangout bersama teman. BaReLo ini berada di lantai 5 hotel Swiss Belinn Saripetojo sehingga dari sana wisatawan bisa melihat landscape keindahan Solo secara langsung. Area indoor BaReLo bisa menampung hingga 400 orang dan area loungenya bisa menampung hingga 250 orang.

Karena tempatnya terkesan romantis, BaReLo seringkali dijadikan lokasi untuk melakukan beberapa acara seperti birthday hingga wedding. Beberapa menu makanan yang bisa kita temukan dk BaReLo ini seperti tumpeng ayam ingkung, nasi goreng BaReLo, iga bakar, dan lainnya. Harga menu makanan yang ada di BaReLo ini ditaksir mulai dari Rp 16.000.

BaReLo berlokasi di Swiss Belinn Saripetojo, Jalan Slamet Riyadi No.437, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147. Wisatawan bisa mampir ke sana kapan pun yang diinginkan lantaran buka selama 24 jam. Google Maps.

Goela Klapa

Restoran Solo Goela Klapa
Restoran Solo Goela Klapa

Goela Klapa memiliki konsep klasik dengan tersedianya berbagai spot instagramable. Saat sampai di Restoran Solo ini, wisatawan akan dibuat takjub oleh desain bangunannya yang minimalis namun tetap elegant. Dengan sentuhan warna putih, membuat Goela Klapa ini seolah rumah makan mewah.

Goela Klapa menyuguhkan area indoor dan outdoor yang cukup luas. Bahkan, hidangan yang ada di Goela Klapa juga tidak kalah menarik perhatian. Wisatawan bisa mencicipi sop konro, ayam betutu, nasi timlo, sate ayam, dan masih banyak lagi. Harga menu tersebut ditaksir mulai dari Rp 22.000.

Wisatawan bisa mengajak keluarga dan teman kulineran di Goela Klapa yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno No.3, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Google Maps.

Restoran ini memiliki durasi waktu operasional mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB.

Tiga Tjeret

2023 01 05 1
Foto via Googlemaps/ahmad thoric

Tempat nongkrong yang memiliki nama Cafe Tiga Ceret atau lebih dikenal dengan nama Tiga Tjeret ini merupakan tujuan para wisatawan terutama kawula muda.

Tiga Tjeret ini memiliki konsep angkringan yang mana lebih mengutamakan kenyaman para pengunjungnya. Tidak heran, ketika datang ke sana wisatawan akan disambut oleh suasana yang lebih kekinian.

Restoran Solo ini memiliki dua lantai bangunan yang terdiri dari area indoor serta area outdoor. Untuk area outdoornya sendiri berada di halaman depan dengan atap payung.

Sementara untuk area indoornya berada di lantai dua yang mana ketika masuk ke sana wisatawan akan disuguhkan oleh berbagai barang hasil daur ulang yang begitu ciamik.

Karena berkonsep angkringan, hidangan yang ada di Tiga Tjeret ini berupa sate-satean, nasi kucing, dan lainnya. Adapun menu minumannya seperti wedang, susu, dan kopi. Harga menu makanan serta minuman di Tiga Tjeret ini ditaksir mulai dari Rp 5.000.

Wisatawan bisa mampir ke Tiga Tjeret yang lokasinya berada di Jalan Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131. Jam buka Tiga Tjeret ini mulai dari pukul 11:00 WIB hingga pukul 00:30 WIB. Google Maps.

Double Decker

2023 05 19
Foto via Googlemaps/Nico Cerahati

Double Decker Casual Dining atau lebih diakrab disebut Double Decker merupakan tempat makan yang terbilang unik. Ketika pertama kali menginjakan kaki ke Restoran Solo ini, wisatawan akan disuguhkan oleh nuansa Amerika tahun 50-an.

Dengan desainnya yang vintage, ditambah sentuhan beberapa ornamen seperti televisi, radio, serta mural jadul membuat wisatawan seolah dibawa ke dimensi Amerika tahun 50-an.

Selain itu, Doubel Decker juga cocok bagi wisatawan yang datang bersama anak di bawah usia 12 tahun. Di sana si kecil bisa belajar banyak hal seputar memasak dan mengenal aneka makanan khas western.

Wisatawan bisa mencicipi beberapa makanan Western di Double Decker seperti Wagyu Meltique Steak, Spaghetti Bolognese, Beef Burger, Cream Soup, Strawberry Cheese Cake, Nachos Mexicano, Black Coffee, Cappucino, Milkshake, Chocolate, dan masih banyak lagi. Harga menu makanan serta minuman di Double Decker ini ditaksir mulai dari Rp12.000.

Wisatawan bisa mampir ke Double Decker yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno (Ground Floor Fave Hotel, Jalan Raya Solo Baru, Dusun I, Madegondo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552. Jam buka Double Decker ini mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 21:45 WIB. Google Maps.

Mang Engking Solo

Mang Engking Solo
Mang Engking Solo

Bagi wisatawan yang ingin menikmati aneka hidangan seafood paling lezat di Solo, wisatawan bisa datang ke Mang Engking. Restoran Solo ini mengusung konsep tradisional khas pedesaan yang mana wisatawan bisa menemukan deretan saung yang bisa ditempati untuk menikmati hidangan.

Di sekeliling Mang Engking juga terdapat kolam ikan dan aneka spot foto instagramable. Di sana juga wisatawan bisa menemukan beberapa wahana air berupa perahu, bebek air, bola air, dan lainnya.

Mang Engking ini menyediakan beberapa menu makanan seperti ikan gurame, kepiting, cumi, kerang, udang, karedok, capcay, iga bakar, dan lainnya. Untuk menu minumannya ada lemon tea, es teller, es cincau, wedang gula asem, dan masih banyak lagi. Harganya ditaksir mulai dari Rp 13.000.

Wisatawan bisa menemukan Mang Engking yang berada di Jalan Ahmad Yani KM 7 Pabelan, Dusun IV, Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57161. Mang Engking ini beroperasi mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Grandis Barn

Grandis Barn
Grandis Barn

Meskipun terbilang baru, Grandis Barn ini berhasil menarik perhatian para wisatawan Solo dan sekitarnya lantaran memiliki keunikan tersendiri. Diberi nama Grandis diambil dari bahasa latin jati dan Barn yang memiliki arti lumbung atau gudang.

Sesampainya di lokasi Grandis Barn, wisatawan akan melihat nuansa seolah berada di bar luar negeri. Sementara di area indoornya diperuntukan bagi wisatawan yang datang bersama keluarga. Di Restoran Solo ini wisatawan akan menemukan aneka spot instagrameble.

Sajian yang bisa kita temukan di sana seperti Iga Sambal Hijau Daun Mangkokan, sop iga, salmon miso, barn fried chicken, chicken meat ball, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut dibanderol mulai dari Rp 18.000.

Kita bisa datang ke Grandis Barn yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57174. Grandis Barn ini buka setiap hari mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Restoran Daegu Korean Grill

Daegu Korean Grill
Daegu Korean Grill

Dari namanya mungkin wisatawan sudah tau bahwasannya Restoran Daegu Korean Grill ini merupakan Restoran Solo yang menyajikan aneka hidangan khas Negeri Ginseng. Tak hanya masyarakat Solo saja, beberapa wisatawan sekitar Solo juga tidak mau ketinggalan untuk mencicipi aneka hidangan Korea di sana.

Beberapa menu seperti Jap Chae, Bulgalbi Bento, Khimchi Chigae, Sundubu Chigae, dan lainnya berhasil membuat pengunjung ketagihan. Selain itu, tempat makannya pun sangat nyaman dan bisa menampung banyak orang.

Wisatawan bisa menemukan Restoran Daegu Korean Grill yang berlokasi di Jalan Dr. Rajiman No.402, Penumping, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Restoran Daegu Korean Grill ini buka mulai dari pukul 11:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Wisatawan yang berencana melakukan liburan ke Solo, bisa banget mampir ke Restoran Solo best seller tersebut. Selain menu makanannya yang lezat, harganya pun sangat ramah di kantong.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments