setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Mengintip 7 Wisata Budaya di Bali yang Otentik dan Sangat Kaya Sejarah

Wisata Budaya di Bali

Berwisata di Bali tak melulu harus ke pantai Bali atau berbelanja di Bali, banyak objek wisata budaya di Bali yang bisa masuk daftar kunjungan kalian. Banyak wawasan baru yang akan didapat, ketika berkunjung ke objek wisata tersebut. Mau tahu apa saja objek wisata tersebut?

Ini Dia 7 Wisata Budaya di Bali yang Punya Cerita Menarik

Dari banyaknya objek wisata yang mengusung keragaman dan kelestarian budaya di Bali, tujuh diantaranya akan dikupas tuntas pada penjelasan berikut ini. Siapa tahu salah satunya membuat kalian penasaran, lalu menjadikannya destinasi wisata utama saat liburan nanti.

1. Desa Panglipuran

Panglipuran Village Bali
foto: instagram.com/vacationinbali

Bukan sekedar desa wisata di Bali yang dihuni masyarakat lokal saja, Desa Panglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali ini punya cerita dibalik eksistensinya. Jika kalian berkendara dari pusat kota Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi desa.

Desa wisata budaya di Bali ini dibagi atas tiga zona yang sudah dipatuhi turun temurun oleh para warganya. Zona paling tinggi lokasinya adalah tempat beribadah, dimana terdapat Pura Penataran disana.

Kemudian ada zona perumahan penduduk yang masih menjunjung beberapa adat terkait cara menjalankan hidup. Diantaranya, menghargai wanita dengan tidak bolehnya pria melakukan poligami, kemudian hukuman sesajen tertentu bagi pencuri di kawasan desa, serta masih banyak lagi budaya lainnya.

Zona ketiga adalah pemakaman, tempat warna desa yang meninggal akan dikebumikan dengan cara dikubur. Berbeda dengan adat mayoritas masyarakat Hindu, dimana orang yang meninggal akan melalui proses pembakaran mayat sebelum abunya ditabur ke laut atau mengikuti ritual lainnya.

Panglipuran menjadi salah satu desa paling bersih di Bali, karena menjaga kebersihan adalah hal utama yang harus dilakukan warga, bahkan untuk memaksimalkannya, kendaraan tidak diperbolehkan memasuki daerah desa.

2. Pura di Tanah Lot

Pura di Tanah Lot
foto: instagram.com/ilmiohotel

Ini adalah salah satu ikon Bali yang sudah mendunia, merupakan pura suci bagi orang asli Bali. Jumlahnya adalah dua pura, dimana salah satu terdapat di atas batu karang besar yang menjorok ke laut. Sedangkan satu lagi berada di tebing sekitarnya. Dulunya lokasi ini adalah tempat pemujaan dan masih digunakan hingga sekarang.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Jelajahi Kampung Batik Kauman Pekalongan

Berlokasi di Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Bali, wisata budaya di Bali ini terkenal dengan Pujawali atau hari raya yang disemarakkan di pura ini dilakukan sekali 210 hari. Jika kalian beruntung, akan melihat langsung bagaimana prosesi upacara keagamaan yang sangat sakral di kawasan ini.

3. Museum Semarajaya

Museum Semarajaya Bali
foto: instagram.com/inengah.sumerta.official

Museum yang dulunya adalah bangunan sekolah di zaman Belanda ini, menyimpan banyak benda sejarah masa lalu dari Bali. Dibuka sejak tahun 1992, ada tiga ruangan museum yang punya ceritanya masing-masing.

Bagi kalian yang ingin mengetahui sejarah perang puputan hingga pakaian adat raja di kawasan bali khususnya Klungkung di masa lalu, bisa melihat buktinya di museum ini. Semua tertata rapi termasuk dokumentasi berupa foto yang akan membawa kalian pada cerita masa lalu.

Bertempat di Jalan Untung Surapati Nomor 3 Semarapura, Museum sebagai wisata budaya di Bali ini juga bisa dijadikan tempat relaksasi dan wisata alam. Di sekitarnya udara masih sangat segar dan pemandangan alam yang menjadi potret alamnya juga sangat menakjubkan.

Jadi, tidak akan sia-sia perjalanan kalian sekitar satu jam dari Bandara I Gusti Ngurah Rai karena banyak hal yang didapat setelah sampai di lokasi museum.

4. Pura Besakih

Pura Besakih Bali
foto: www.instagram.com/elenka_bobkova

Pura yang satu ini terletak di dekat Gunung Agung, yang dipercaya masyarakat setempat sebagai gunung suci, tempat pusat pemerintahan dari para dewata. Terdiri dari satu pura utama dan 18 pura pendamping, pura ini merupakan yang terbesar di Bali dan selalu ramai dikunjungi warga yang ingin sembahyang.

Dibangun pada abad ke-8, pura ini juga dijadikan persembahan bagi tiga dewa yaitu Dewa Siwa, Brahma, dan Wisnu. Wisatawan diperbolehkan mengeksplorasi pura antara pukul 08.00 hingga 17.00, tapi harus menjaga sikap selama berada disana.

Pura ini merupakan pura yang letaknya paling tinggi di Bali, jika kalian kesana bisa mendengar langsung banyak cerita sejarah dibalik berdiri kokohnya pura berjarak 900 meter dari Gunung Agung ini.

5. Desa Trunyan

Desa Wisata di Bali - Trunyan Village
foto: instagram.com/gerrytaurus

Di sekitar Danau Batur, terdapat satu desa terpencil yang memiliki keunikan untuk menikmati wisata budaya di Bali. Namanya Desa Trunyan, disana terdapat kebiasaan menempatkan jasad orang meninggal di bawah pohon Menyan.

Jadi, jika kalian berkunjung kesana pastinya akan melihat banyak tengkorak manusia yang tersusun rapi di sekitar pohon. Masing-masing jasad akan diletakkan di dalam area pakar anyaman yang terbuat dari bambu, uniknya jasad tersebut tidak mengeluarkan bau sedikitpun.

Wisata Menarik Lainnya :  Green Bowl Beach, Surga Rahasia di Bali untuk Peselancar

Selain itu, ada juga beberapa budaya yang masih dilestarikan masyarakat di desa tertua yang ada di Bali tersebut. Diantaranya tarian sakral Barong Brutuk, yang hanya dipertunjukkan pada acara tertentu.

6. Bali Cultural Center

Bali Cultural Park Center
foto: instagram.com/rinamumtahanah

Objek wisata budaya di Bali ini lokasinya di Desa Mas, Ubud, Gianyar, Bali. Disana kalian bisa menikmati tarian Bali yang sangat melegenda, lengkap dengan cerita-cerita sejarah di balik setiap tarian tersebut.

Kalian juga bisa mengenal lebih dekat berbagai budaya dan adat yang masih ada sampai saat ini. Seperti tradisi turun tanah, kikir gigi untuk anak yang beranjak dewasa, hingga membakar ogoh-ogoh usai parade yang biasanya dilakukan sehari sebelum hari raya Nyepi.

7. Desa Tenganan

Satu lagi desa yang kaya budaya di Bali, disana orang masih mempertahankan cara hidup leluhur mereka. Seperti gaya berbusana pakai kain jenis gringsing atau tenun khusus, yang dipercaya bisa menjadi pelindung diri dari berbagai hal jahat.

Kalian juga bisa menyaksikan ritual khas dari masyarakat Desa Tenganan untuk menghormati Dewa Indra. Ritual yang dinamakan makare kare ini dilakukan sekali setahun dengan cara yang unik namun penuh kekhusyukan dari masyarakat yang mengikutinya.

Lakukan Juga Hal Ini Sambil Wisata Budaya di Bali

Sambil menikmati wisata budaya yang ada di Pulau Dewata, banyak hal menarik yang bisa dilakukan selama di Bali. Ibarat minum teh sore, perlu cemilan untuk melengkapinya bukan?

Kalian bisa melihat berbagai budaya, sambil mengabadikan berbagai momen lewat kamera. Percaya atau tidak, banyak spot fotografi yang rugi untuk dilewatkan termasuk di setiap destinasi wisata budaya yang kalian kunjungi.

Selain itu, kalian juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas bali di setiap objek wisata yang dikunjungi. Bali, juga terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang tak akan kalian jumpai di tempat lain. Rasanya juga sangat nendang di lidah karena dibuat dengan bumbu khas. Baik itu makanan manis maupun gurih dan pedas.

Wawasan juga akan bertambah tentang Bali, dari hal kecil hingga kebiasaan masyarakatnya. Alhasil, kalian bisa lebih nyaman saat berinteraksi dengan masyarakat disana. Keramahan masyarakatnya, juga patut diacungi jempol dan ditiru dalam kehidupan sehari hari.

Semoga informasi di atas memberikan ide bagi kalian , jika ingin liburan yang beda saat berkunjung ke Bali. Wisata budaya di Bali bisa jadi alternatif setelah puas mengunjungi destinasi populer yang ada disana. Happy holiday guys!

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks