Kota Tua Padang, Keanekaragaman Budaya dengan Nuansa Tempo Dulu

Kota Tua Padang

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat di Ibukota bernama Kota Tua Jakarta. Atau bagi wisatawan yang pernah mengunjungi Semarang pasti pernah mampir ke Kota Lama Semarang. Padang juga tidak mau kalah, di Padang wisatawan akan menemukan tempat wisata bertema tersebut.

Bernama Kota Tua Padang, wisata di kota Padang yang cukup populer bahkan dijadikan sebagai tempat wisata andalan oleh masyarakat Padang. Dari namanya mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan konsep yang dimiliki oleh Kota Tua ini.

Kita bisa menemukan aneka bangunan yang menjadi peninggalan kolonial dan masih dijaga hingga saat ini. Tidak heran Kota Tua ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan terutama ketika akhir pekan dan juga libur panjang tiba. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana merupakan wisatawan luar. Itulah yang menyebabkan Kota Tua ini populer begitu saja di media sosial.

Daya Tarik Kota Tua Padang

Kota Tua Padang atau Padang Lama dikenal sebagai salah satu etnik keanekaragaman etnik dan juga budaya. Masyarakat yang tinggal di sana cukup beragam mulai dari India, Tionghoa, Jawa, Nias, Melayu, dan juga Minangkabau.

Berbagai bangunan khas dari suku tersebut bisa kita temukan di sini. Bahkan ada beberapa tempat yang memiliki koleksi barang-barang khas Minangkabau. Pada acara-acara tertentu, biasanya juga selalu diadakan pementasan seputar kebudayaan tersebut.

Selain itu, daya tarik utama dari Padang Lama ini terletak dari gaya arsitekturnya. Deretan bangunan tua yang begitu kokoh bisa kita saksikan. Bahkan beberapa pengunjung justru berburu spot foto di setiap sudut yang ada.

Bangunan Eropa Padang Lama
Bangunan Eropa Padang Lama

Bangunan yang ada di Kota Tua Padang memiliki nuansa Eropa yang begitu kental. Selain itu, wisatawan juga bisa berburu kuliner di kawasan wisata ini. Berbagai hidangan lezat bisa kita temukan dengan mudah seperti ayam pop, rendang, gulai, dengdeng, dan masih banyak lagi.

Untuk harga menu makanan yang ada di sana dibanderol mulai dari Rp 30.000 setiap makanan. Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan berupa toilet, gazebo, musala, taman, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kota Tua Padang

Untuk masuk ke kawasan Kota Tua Padang ini kita tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Tetapi untuk mampir ke beberapa objek wisata yang ada di dalamnya, kita akan dikenakan tarif masuk yang dibanderol mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja. Harga tiketnya yang terjangkau membuat wisatawan ketagihan untuk mengunjunginya lagi dan lagi.

Lokasi dan Jam Buka Kota Tua Padang

Wisatawan yang ingin melakukan liburan ke Padang, bisa mampir ke tempat wisata hits di Padang berupa Kota Tua Padang yang berlokasi di Kampung Pondok, Padang Barat, Padang, Sumatera. Google Maps.

Jika wisatawan datang dari lokasi Bukittinggi tepatnya Jam Gadang, wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 2 jam 12 menit perjalanan. Kita bisa melalui Jalan DR. Hamka menuju ke Jalan Nipah. Lalu dari sana kita hanya perlu mengikuti petunjuk jalan hingga sampai di kawasan Kampung Pondok.

Kota Tua Padang ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Tetapi ada beberapa objek wisata yang buka pada waktu-waktu tertentu.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar lokasi Kota Tua Padang bisa mampir ke salah satu hotel bernama Santika Premiere Hotel Padang yang berlokasi di Jalan Jend. A Yani No.20, Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Jarak tempuhnya dari lokasi Kota Tua Padang sekitar 12 menit perjalanan. Mengenai tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 729.000 per malam. Santika Premiere Hotel Padang ini merupakan salah satu hotel berbintang yang memiliki fasilitas super lengkap dan juga nyaman.

Wisatawan yang melakukan liburan di Padang, bisa banget menjadikan Kota Tua Padang ini sebagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments