big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Kebun Raya Purwodadi, Wisata Alam Paling Terkenal di Pasuruan dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Kebun Raya Purwodadi

Nama Kebun Raya Purwodadi mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Wisata alam yang berlokasi di Pasuruan ini menjadi tempat piknik favorit keluarga Indonesia. Hampir setiap pekan kondisinya selalu ramai dengan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Khususnya dari Malang, Kediri, Surabaya, Blitar, dan Batu.

Sejarah Kebun Raya Purwodadi

Wisata Kebun Raya Purwodadi semakin dikenal oleh masyarakat semenjak kehadiran media sosial. Banyak postingan yang menunjukkan keindahan alam wisata ini dari beberapa akun milik para pejabat, artis, dan tokoh masyarakat. Hal itu sontak saja menarik perhatian masyarakat untuk datang berkunjung.

Wisata ini tidak semerta-merta ada begitu saja. Ada seorang tokoh terkenal bernama Dr. Lourens Gerhard dibaliknya. Beliau tidak lain dan bukan adalah orang yang mendirikan Kebun Raya Purwodadi pada tahun 1941.

Dulu kawasan kebun raya sering dijadikan tempat penelitian oleh beberapa ilmuwan. Namun pada tahun 1954 pihak pengelola baru membukanya untuk umum. Pengelolaannya sendiri berada di bawah naungan LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas 85 hektare membuat kebun raya ini mampu menampung puluhan hingga ratusan jenis tanaman. Kalau tidak salah koleksinya berjumlah 1.000 lebih yang terdiri dari bunga, pohon, dan tumbuhan lainnya.

Ragam Aktivitas Seru

Kebun Raya Purwodadi bisa jadi tempat paling pas buat menghabiskan liburan akhir pekan. Di sana kamu akan disuguhkan pemandangan indah berupa pepohonan rindang dan hamparan rumput hijau. Udara di sekitarnya juga terasa sejuk dengan embusan angin sepoi-sepoinya.

Suasana hening dan sunyi dari kebun raya sangat cocok sebagai tempat bersantai. Dijamin semua beban dalam pikiran akan hilang dengan sendirinya saat memandangi keindahan alamnya. Apalagi kawasan itu sangat bersih dan terawat sehingga membuat pengunjung merasa betah berada di sana.

Tidak hanya sekedar jalan-jalan atau duduk santai saja. Pengunjung bisa melakukan beragama aktivitas seru yang pastinya menyenangkan dan ada sisi edukasinya. Apabila kamu penasaran langsung saja simak penjelasan pada sub berikut ini.

Mampir Ke Taman Buah

Salah satu area favorit pengunjung di Kebun Raya Purwodadi adalah Taman Buah. Untuk mencari lokasinya tidak begitu sulit karena posisinya berdekatan dengan Lawn Bungur. Agar mempermudah pengunjung mencarinya, pihak pengelola telah menyediakan gambar denah di sekitar tempat wisata.

Di Taman Buah kamu bisa menemukan aneka macam buah lokal dari seluruh penjuru Indonesia. Pihak pengelola sengaja membudidayakan buah-buahan itu agar tetap lestari dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Mengingat ada sebagian buah-buahan asli Indonesia terancam punah.

Berkeliling Area Kebun Raya

IMG 20230830 170434
Sumber : Google Maps/Keandrarn

Liburan ke Kebun Raya belum lengkap rasanya jika tidak melihat-lihat pemandangan alamnya. Jalan-jalan santai bersama keluarga sambil menghirup udara segar tentunya menjadikan pikiran jauh lebih fresh. Akan tetapi kalau kamu tidak kuat jalan kaki bisa menggunakan alternatif lain.

Salah satu caranya dengan berkeliling area Kebun Raya Purwodadi dengan menaiki shuttle bus. Harga tiket per orangnya sangat murah sehingga tidak memberatkan pengunjung. Untuk mode transportasi ini kamu akan mengelilingi area wisata secara berkelompok.

Kalau mau berkeliling seorang diri bisa menyewa sepeda listrik, skuter listrik, sepeda tandem, motor listrik, dan sepeda keranjang. Setiap kendaraan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Tetapi kamu tentang saja, harganya masih ramah di kantong mahasiswa dan pelajar.

Kehadiran beberapa mode transportasi tadi sangat memudahkan para pengunjung. Tak perlu lagi capek-capek jalan kaki yang terkadang membuat tubuh terasa pegal-pegal. Apalagi wisata ini tergolong cukup luas. Kalau harus jalan kaki tentunya terasa melelahkan dan banyak menguras energi.

Melihat Keindahan Taman Bougenville

Kebun Raya Purwodadi memiliki sejumlah taman bunga yang cantik. Salah satu diantaranya ada Taman Bunga Bougenville. Saat berkunjung ke sana pengunjung sering kali mengambil beberapa foto selfie bersama teman atau keluarganya.

Dibandingkan taman lainnya yang ada di Kebun Raya, Taman Bougenville sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat. Banyak orang menyukai taman ini karena suasananya begitu sejuk dengan hiasan Bunga Bougenville berwarna cerah. Bunga tersebut tumbuh rimbun dan membuat area taman menjadi lebih indah.

Jalan-jalan Di Sekitar Menara Pandang dan Rumah Kaca

IMG 20230830 170554
Sumber : Google Maps/Dhanial Multazam

Ternyata Kebun Raya Purwodadi memiliki satu spot foto yang sangat unik. Pertama, ada menara pandang yang merupakan pusat segala aktivitas. Padang rumput luas berpadu dengan cerahnya langit biru sungguh mempesona dan cocok untuk background foto.

Spot kedua ada rumah kaca yang menyimpan berbagai macam koleksi tanaman. Sangat menarik menjelajahi area tersebut karena banyak spot menarik di setiap sudutnya. Daya tarik utamanya terletak dari rerimbunan tanaman yang tumbuh di sana.

Mengamati Koleksi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi

IMG 20230830 170504
Sumber : Google Maps/Richard Suryajaya

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal bahwa Kebun Raya Purwodadi menyimpan koleksi beragam jenis tumbuhan. Pihak pengelola telah menatanya sesuai dengan klarifikasi yang ada. Misalnya saja pada bagian dekat pintu masuk kamu akan menemukan koleksi palem. Posisinya tepat di sebelah kanan pintu masuk.

Di kawasan tersebut pengunjung bisa melihat palem tumbuh subur dan menjulang tinggi. Bentuknya yang indah mengundang perhatian wisatawan untuk berswa foto. Tidak hanya palem saja yang ada di sana. Kalau kamu menuju bagian belakang Lawn Kawisto akan terlihat sekumpulan tanaman air.

Kebun Raya ini juga mempunyai koleksi pohon bambu. Berbagai macam jenis bambu dari pelosok negeri bisa kamu temukan di sini. Utamanya dari daerah Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Pohon bambu dari luar negeri juga ada seperti Thailand, Jepang, dan Cina.

Menikmati Keindahan Taman Meksiko

Apakah kamu punya keinginan liburan ke luar negeri tapi belum kesampaian? Tak perlu khawatir datang saja ke wisata Kebun Raya Purwodadi. Di sana ada spot Taman Meksiko yang mana suasananya mirip sekali seperti negara aslinya.

Taman tersebut dihiasi aneka macam jenis tanaman khas Meksiko. Contohnya seperti lidah buaya, kaktus, sanseviera, dan masih banyak lagi. Ukuran tanamannya tergolong besar dan rata-rata bisa bertahan hidup cukup lama meski tidak ada air sama sekali.

Fasilitas Umum

Wisatawan yang datang berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi pasti merasa betah. Hal itu tidak terlepas dari peran pihak pengelola yang sudah menyediakan fasilitas umum memadai. Berikut beberapa fasilitas untuk para pengunjung Kebun Raya.

  • Lahan parkir luas
  • Toilet perempuan dan laki-laki
  • Mushola
  • Pusat Informasi
  • Peta lokasi
  • Tempat duduk
  • Gazebo
  • Kolam
  • Wahana permainan
  • Jalan setapak
  • Kafetaria
  • Sungai
  • Ruang pertemuan
  • Guest house
  • Layanan Perpustakaan

Tips Berkunjung

Apabila kamu ingin liburan berjalan lancar dan tanpa hambatan, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

  • Datanglah ke Kebun Raya Purwodadi saat pagi hari. Tepatnya di akhir pekan dengan cuaca yang mendukung.
  • Pastikan kondisi badan kamu baik-baik saja dan tidak sedang menderita penyakit apapun.
  • Siapkan beberapa barang keperluan selama liburan. Misalnya baju ganti, uang tunai, obat-obatan pribadi, dan surat-surat kendaraan.
  • Sebisa mungkin ajak teman atau keluarga agar liburan terasa lebih menyenangkan.
  • Taati semua peraturan dan jagalah kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana serunya liburan di sana? Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain di Pasuruan. Namun yang paling populer dari dulu hingga sekarang adalah Kebun Raya Purwodadi. Segera ajak keluarga liburan sebelum harga tiketnya naik.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments