Tirta Nirwana Songgoriti – Taman Wisata Unik Berbalut Sejarah

Tirta Nirwana Songgoriti

Di Kota Wisata Batu, berbagai tempat wisata dibangun dengan berlatar belakang sejarah yang menyimpan sejuta cerita di dalamnya.

Seperti tempat wisata yang satu ini, sebut saja Tirta Nirwana Songgoriti, yang beralamatkan di Jalan Songgoriti Kelurahan Songgokerto tepatnya.

Alamat : Jl. Songgoriti, Kel. Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65312.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 10.000 (weekday) & Rp 15.000 (weekend)

Ya, tempat wisata yang berjarak tak lebih dari 3 kilometer dari Alun-Alun Kota Batu ini memang terinspirasi dari lokasi bersejarah yakni Candi Songgoriti yang berada di sekitar lokasi wisata.

Candi Songgoriti merupakan simbol dari tiga titik sumber air, yang keberadaan sumber air tersebut sangatlah vital pada masa pemerintahan kerajaan Singosari, yakni sebagai sumber kehidupan dan mata pencaharian masyarakat setempat kala itu.

Sumber air tersebut terbagi menjadi tiga titik mata air dengan suhu yang berbeda-beda. Sumber mata air pertama adalah bersuhu dingin layaknya daerah pegunungan.

Sumber mata air yang kedua dan ketiga yakni berwujud air bersuhu panas dan air belerang yang bersumber dari pegunungan berapi sekitar kawasan yang masih aktif.

Ketiga jenis air inilah yang menjadi inspirasi berdirinya taman wisata Tirta Nirwana Songgoriti yang hingga kini cukup dikenal masyarakat lokal maupun luar daerah.

Wahana air dingin berada pada kolam renang, sedangkan air yang bersuhu panas bisa kamu temukan di kamar mandi yang memang disediakan untuk para pengunjung yang ingin melepas penat dengan mandi air panas.

Tempat wisata yang mulai dibangun sejak 1969 ini memang menyuguhkan aneka wahana dan pemandangan yang akan membuatmu serasa kembali ke masa pra-sejarah.

Di sepanjang jalan menuju pintu masuk, terdapat dinding-dinding batu yang telah dipahat sedemikian rupa menjadi patung-patung yang indah dan unik.

Ketika melewati pintu masuk, kamu akan disambut dengan gapura selamat datang yang berdiri kokoh menyambut kedatangan para pengunjung.

Kamu juga akan dimanjakan dengan aneka patung replika hewan seperti jerapah, serta hewan-hewan purba seperti dinosaurus, stegosaurus, dan hewan-hewan sejenisnya.

Sebuah danau buatan dengan tiga pulau kecil di dalamnya, disertai patung-patung replika yang memiliki cerita sejarah tersendiri juga bisa kamu nikmati dengan memanfaatkan fasilitas sepeda air yang telah disediakan.

Daya Tarik Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti

Tempat wisata yang berbalut sejarah ini menyuguhkan beragam wahana dan fasilitas menarik, yang menjadi destinasi utama ialah kolam renang.

Wisata Menarik Lainnya :  Spot Instagramable Puncak Bundu Malang, Lokasi dan Harga Tiket 2022

Selain kolam renang, kamu juga akan disuguhkan dengan danau buatan yang terdapat beraneka macam replika yang menggambarkan cerita sejarah di dalamnya.

Bukan hanya pemandangan yang unik, lahan di sepanjang kawasan yang cukup luas juga kerap kali dijadikan sebagai wahana outbond oleh para pengunjung.

Patung-patung replika dari jenis hewan dan buah-buahan juga bisa menjadi area spot foto yang kekinian dan Instagramable.

Tak heran jika tempat wisata yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan ini selalu ramai oleh pengunjung. Dengan pemandangan yang asri, penuh sejarah, serta wahana yang asyik menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri di mata para pengunjung.

Wahana dan Pemandangan Unik di Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti

Ketika memasuki taman wisata ini, kamu pasti akan dibuat betah untuk berlama-lama beraktivitas di taman wisata Songgoriti ini. Beberapa wahana dan fasilitas yang bisa kamu nikmati antara lain:

1. Kolam Renang

IMG 20220722 124806 COLLAGE
Kolam Renang Tirta Nirwana Songgoriti

Sebagai wahana utama di taman wisata Songgoriti, kamu akan disuguhkan dengan 2 buah kolam renang yang masing-masing memiliki kedalaman yang berbeda.

Yakni kolam renang kecil untuk anak-anak yang dilengkapi dengan waterboom mini. Serta kolam renang untuk dewasa dengan kedalaman lebih dari 80 sentimeter.

Di sekitar kolam juga telah dilengkapi dengan gazebo-gazebo sederhana untuk kamu beristirahat sejenak sambil menikmati camilan atau sekedar meletakkan barang-barang ketika melakukan aktivitas renang.

Di sekitar kolam renang juga tersedia tempat penyewaan perlengkapan renang, mulai dari baju renang, pelampung, dan perlengkapan lainnya.

2. Kolam Ikan

hqdefault
Kolam Ikan – Tirta Nirwana Songgoriti

Selain kolam renang, tempat wisata ini juga menyuguhkan kolam ikan dengan berbagai ikan hias yang cantik berlalu-lalang di dalamnya.

Kamu bisa menuju kolam ikan tersebut dengan menyusuri sebuah bangunan menyerupai goa yang akan membawamu tepat di depan kolam itu berada.

3. Area Outbond

IMG 20220722 125449 COLLAGE
Outbond Area

Lahan yang begitu luas di sepanjang kawasan taman wisata Songgoriti, bisa dijadikan sebagai media outbond seperti flying fox, paralayang, outbond air, jembatan tali tinggi, dan masih banyak lagi aktivitas outbond seru yang bisa kamu lakukan di sini.

4. Danau Buatan yang Unik

IMG 20220722 125918 COLLAGE
Danau Buatan dengan 3 Pulau Kecil

Di salah satu sudut kawasan wisata ini terdapat danau buatan yang cukup luas, yang tersusun dari tiga pulau-pulau kecil di dalamnya.

Unik, karena di masing-masing pulau terdapat replika dengan cerita tersendiri. Di pulau pertama, terdapat replika patung Sun Go Kong dengan teman-temannya yang terlihat menyeberangi sungai dengan kura-kura raksasa sebagai tunggangannya.

Di pulau kedua, kamu akan melihat patung replika seorang kesatria yang menaiki kereta dengan ditarik beberapa ekor kuda.

Sedangkan di pulau yang ketiga, terlihat replika patung berupa pohon tinggi yang diukir sedemikian indah menyerupai patung pada zaman Inca.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Lansia Bandung, Tempat Wisata Murah Menghabiskan Waktu Sore

Semakin menambah keindahan danau tersebut, pulau-pulau yang ada dihubungkan dengan sebuah jembatan yang melengkung indah berwarna merah.

5. Patung-patung Replika

IMG 20220722 125729 COLLAGE
Patung-patung Replika

Ketika memasuki taman wisata ini, kamu akan disambut dengan beraneka ragam patung replika dari jenis hewan, orang, hingga buah-buahan.

Beberapa spesies hewan purba seperti dinosaurus, stegosaurus, pretosaurus, dan sejenisnya turut berjajar memenuhi kawasan wisata, dilengkapi dengan nama/jenis hewan itu sendiri.

Semakin masuk ke dalam kawasan wisata, kamu juga akan menemukan beberapa replika buah-buahan seperti apel, stroberi, durian, salak, dan masih banyak lagi, dengan lubang di salah satu sisinya untuk kamu bisa memasuki dan melihat di dalamnya.

Beberapa replika patung anak-anak yang sedang bermain alat musik, punakawan, serta berbagai replika lainnya juga turut memperindah pemandangan di tempat wisata tersebut.

7. Ayunan

Selain patung-patung replika, kamu juga akan disuguhkan dengan beberapa ayunan yang tersebar di setiap sudut kawasan.

Kamu bisa mengajak buah hati untuk bermain atau sekedar bersantai di atas ayunan dengan menikmati pemandangan sekitar yang indah dan unik.

8. Sepeda Air

5ff40f64b16cd
Tirta Nirwana Songgoriti

Jika kamu ingin melihat-lihat dan mengelilingi danau buatan yang ada di taman wisata ini, kamu bisa menaiki sepeda air yang sudah disediakan bagi para pengunjung.

Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Hanya dengan uang 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa mengayuh sepeda mengelilingi pulau-pulau unik tersebut selama 15 menit.

Demikian beberapa wahana dan pemandangan unik yang bisa kamu nikmati di taman wisata Tirta Nirwana Songgoriti.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah pada weekday, dan 15 ribu rupiah pada weekend, kamu sudah bisa menikmati semua wahana itu lho! Sangat terjangkau bukan?

Fasilitas di Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti

Beberapa fasilitas yang akan mendukungmu beraktivitas di tempat wisata ini antara lain:

  • Kolam renang
  • Kamar Mandi air panas
  • Toilet Umum
  • Mushola
  • Gazebo
  • Spot
  • Hotel di sekitar tempat wisata
  • Pasar Songgoriti
  • Area parkir

Tips dan Saran Berlibur di Tirta Nirwana Songgoriti

Untuk berlibur ke tempat wisata ini, kamu bisa menaiki kendaraan apapun termasuk angkutan umum. Karena letaknya yang strategis dan mudah dilalui oleh kendaraan jenis apapun.

Satu hal yang perlu kamu tau, untuk memasuki wahana kolam renang, pengunjung diwajibkan untuk mengenakan baju renang. Tapi jangan khawatir, jika kamu tidak membawa baju renang, di area kolam sudah disediakan tempat penyewaan baju renang dan segala perlengkapannya.

Jangan lupa untuk membawa atau mengenakan baju hangat, karena suhu udara di Kota Batu cukup dingin dibandingkan kota-kota di area Malang pada umumnya.

Demikian beberapa saran yang bisa kamu terapkan ketika berkunjung ke taman wisata Tirta Nirwana Songgoriti. Semoga harimu di sana menyenangkan!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.