Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Surga Tersembunyi di Pulau Wangi Wangi Wakatobi

Pulau Wangi Wangi Wakatobi

Pesona keindahan dunia bawah laut yang megah, bisa kita saksikan di Pulau Wangi Wangi.

Pulau tersebut terletak di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bisa dibilang Wangi Wangi juga merupakan pintu gerbang utama dan pusat administrasi di Kabupaten Wakatobi.

Bahkan, nama Wakatobi sendiri adalah singkatan dari beberapa pulau yakni Wangi-Wangi. Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Deretan pantai di setiap pulau tersebut punya pemandangan yang cantik.

Tak heran jika Wakatobi punya visi Terwujudnya Surga Nyata Dibawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia. Memang pemandangan ekosistem dibawah lautnya sangat keren!

Untuk potensi ekowisatanya sungguh tak bisa diremehkan. Pantas saja jika Pulau Wangi Wangi selalu menjadi destinasi wisata bahari favorite para traveller.

1. Lokasi

Letak Pulau Wangi Wangi ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Luasnya cuma sekitar 23.359 km. Di sana Ada 14 desa dengan 6 kelurahan. Warganya pun terbilang sedikit, yakni sekitar 23 ribu orang.

Sementara itu, untuk rute menuju lokasi, ada beberapa cara. Pertama, gunakan penerbangan dari Makassar ke Bandara Matahora Wangi Wangi. Cara yang kedua adalah menggunakan kapal laut jurusan Kendari – Bau Bau – Wangi Wangi.

Nah untuk berjelajah ria ke pulau-pulau sebelahnya, kamu bisa gunakan speed boat atau bisa juga gunakan kapal kayu. Tak hanya itu, ternyata meski Wangi Wangi bukanlah kota besar, transportasi umum yang digunakan masyarakat juga ada taksi dan juga ojek.

2. Daya Tarik

Pulau-Wangi-Wangi-dilihat-dari-atas
foto: instagram.com/onemohutewakatobidive/
  • Sejarah Pulau Wangi Wangi

Pulau ini punya nama lain yakni Wanci. Namun, yang lebih terkenal adalah pulau Wangi Wangi. Nama itu disematkan lantaran di sana banyak ritual keagamaan dan adat istiadat. Yang disetiap ritualnya selalu membakar sebuah benda. Benda tersebut baunya wangi, dan dari situlah nama pulau ini diambil.

Terkenal dengan banyaknya pengrajin pandai besi juga membuat pulau tersebut diberi label pulau Tukangbesi.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Alam Bali yang Paling Tersembunyi

Memang, dahulu warga Wakatobi banyak yang memproduksi keris-keris tradisional. Tak heran jika nama Tukangbesi disematkan pada pulau tersebut.

Penduduknya berasal dari beberapa suku meski yang terkenal adalah suku Bajo. Ada suku Melayu, Butuni, Maluku, dan Bajo.

  • Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk ke Wakatobi, kamu cukup membayar Rp. 160.000,- saja. Kamu sudah bisa menikmati paket wisata yang lengkap di sana. Melihat keindahan alam ciptaan Tuhan yang tiada tara.

3. Deretan Pantai Cantik di Pulau Wangi Wangi

Salah-satu-pantai-cantik-di-Wangi-Wangi
foto: instagram.com/csoerjani/

Ada banyak tempat wisata bahari di Pulau Wangi wangi. Deretan pantainya punya pesona mewah yang khas dan tak kalah dengan pantai di pulau Bali. Ada beberapa rekomendasi tempat mantai yang hits di sana lho.

a. Gendi Waigetsa

Yang satu ini letaknya ada di sebelah selatan Wanci tepatnya di desa Wailumu. Berjarak 30 menit saja dari pusat kotanya. Pantai Gendi Waigetsa ini selalu ramai dengan para nelayan dan warga setempat.

Wisatawan yang datang ke sini juga bisa bertransaksi ikan-ikan segar. Sementara itu, pemandangan pantainya sangat indah dengan hamparan pasir putih yang luas.

b. Pantai Sousu

Traveller yang suka dengan pemandangan sunrise, pantai Sousu ini bisa jadi pilihan yang tepat! Sebab, pantai ini menawarkan keindahan matahari terbit terbaik di Wangi wangi.

Lokasinya ada di desa Matahora dan masih berada di wilayah Wangi Wangi Selatan. Keindahan dunia bawah lautnya juga tak bisa diremehkan. Cocok juga untuk kamu yang suka diving ya.

Dunia-bawah-laut-Wangi-wangi
foto: instagram.com/onemohutewakatobidive/

c. Kaluku

Jika Sousu punya pemandangan matahari terbit yang indah, nah pantai Kaluku punya pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Lokasinya ada di Panuto Resort dengan pamandangan laut lepas yang menakjubkan. Ada banyak batu karang yang menambah keunikan tersendiri dari lokasi wisata ini.

d. Melai One

Keunikan pantai Melai One adalah hamparan pasir putih yang panjang. Jika berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan pemandangan pulau Hoga dan Kaledupa di depan mata.

Pepohonan kelapa yang ada di sana juga menambah suasana wisata pantai yang menyenangkan.

Wisata Menarik Lainnya :  Info Lengkap Agrowisata Amanah Karanganyar

e. Moli’i Sahatu

Moli’i Sahatu berarti seratus sumber mata air. Di dasar laut pantai ini ada sumber mata. Ternyata air yang keluar dari sumber tersebut tetaplah air tawar.

Itulah salah satu daya tarik yang luar biasa di pantai tersebut. Oh ya lokasinya berjarak 10km dari kecamatan Wangi wangi.

4. Penginapan Terdekat

Kamu yang berencana untuk tinggal beberapa hari di Pulau Wangi Wangi, tak perlu khawatir. Ternyata sudah banyak fasilitas penginapan di wisata bahari pulau Wanci ini.

Ada beberapa hotel dan villa yang lokasinya ada di deretan pantai cantik pulau tersebut. Kamu tinggal buka aplikasi online saja dan pilih sesuai dengan bugdet yang kamu punya.

5. Ramahnya Suku Bajo

Jika berkunjung ke pulau Wangi Wangi, kamu akan bertemu dengan warga suku Bajo. Mereka memang sangat terkenal sebagai penakluk lautan. Karena banyak dari mereka yang tinggal di tepian pantai berprofesi sebagai nelayan.

Di pulau ini ada sekitar 16ribu orang suku Bajo. Rumah-rumah mereka menancap di tepian pantai. Tak ayal mereka sangat identik dengan kehidupan di laut.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan mereka. Orangnya sangat ramah-ramah dengan pengunjung. Ada pula yang berprofesi sebagai tour guide wisata bahari. Mereka akan menjelaskan tentang destinasi wisata di lokasi tersebut.

6. Tips Melancong ke Pulau Wangi-Wangi

Sebelum pergi liburan ke wangi wangi, kamu perlu beberapa tips harus benar-benar diperhatikan.

  • Untuk berkunjung ke destinasi wisata di kawasan Wakatobi ini, waktu yang paling tepat adalah bulan April – Juni. Karena pada saat musim kemarau tersebut, kamu akan melihat keindahan deretan pantai dengan pamandangan yang cerah.
  • Jangan lupa bawa sunblock. Wisata bahari pastilah identik dengan cuaca yang panas. Jadi jangan lupa bawa sunblock dan handbody jika kamu ingin diving atau sekedar berenang di tepian pantai.
  • Siapkan juga obat-obatan yang dibutuhkan tertutama obat anti mabuk. Karena 90% kamu akan menempuh jalur laut dan beradaptasi dengan transportasi laut jika berkunjung ke sana.

Nah itu dia sekilas informasi tentang pulau Wangi Wangi Wakatobi.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *