10 Wisata Pangandaran Terpopuler 2024 untuk Liburan Keluarga

Wisata Pangandaran Terpopuler

Tempat wisata Pangandaran memang memiliki banyak pesona alam yang memukau yang cocok untuk liburan keluarga. Pada tahun 2024 ini Kabupaten Panderan di Jawa Barat baru berusia hampir 12 tahunan. Karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan, pangandaran juga dikenal sebagai “Kota Nelayan Kecil”.

Dengan pesona pantai yang menakjubkan kota ini bahkan dijuluki Hawaii Van Jabar. Kota yang tidak jauh dari ciamis ini memiliki pesona laut yang luar biasa. Jadi saat kamu mendengar kata “Pangandaran” maka bisa dipasti akan teringat pada pantainya yang sangat populer.

Kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata alam, terutama di pantai. Sebelum menjadi kabupaten, Pangandaran sudah terkenal karena pantainya yang indah yang sering dikunjungi turis. Namun kamu perlu tahu jika Pangandaran memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik selain pantai indahnya.

Saat pergi ke Pangandaran, terutama bersama keluarga maka kamu akan menemukan banyak tempat baru yang terpopuler dan menarik. Ingin tahu lebih jauh mengetahui apa saja wisata Pangandaran yang cocok untuk liburan bersama keluarga? Mari simak dulu pembahasannya hanya di sini!

Wisata Pangandaran Terpopuler untuk Liburan Keluarga

Jika membutuhkan rekomendasi destinasi wisata Pangandaran untuk liburan keluarga, berikut beberapa daftar tempat liburan terpopuler yang bisa kamu pertimbangkan:

Pantai Batu Hiu

298426177 1249136025839711 5803635348977853998 n
Instagram.com/cha_tica

Rekomendasi wisata Pangandaran pertama yang bisa kamu pilih untuk liburan bersama keluarga ada Pantai batu Hiu. Tempat ini benar-benar indah. Panorama alam yang ditawarkan membuat banyak pengunjung takjub.

Selain itu, masyarakat di sekitar tempat wisata Pangandaran yang satu ini juga sangat welcome pada turis baik lokal maupun asing. Lokasi dari wisata ini adalah Di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kabupaten Pangandaran. Pantai ini diberi nama “Batu Hiu” karena ada batu di laut yang menyerupai sirip ikan hiu.

Jika ingin melihat keindahan pantai Batu Hiu lebih jelas kamu bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itu kamu bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan angin laut yang sejuk, dan melihat Samudra Indonesia dari atas.

Namun uniknya adalah bahwa untuk naik ke atas bukit, kita harus melewati “gerbang” kecil, terowongan kecil berbentuk ikan hiu. Hal ini terasa seperti kamu akan masuk ke mulut ikan hiu. Di sebelah bukit kamu juga bisa bermain air laut. Namun, berhati-hatilah dengan banyaknya ubur-ubur yang berserakan di pasir pantai.

Agar lebih puas kamu juga bisa menikmati suasana pantai dengan berjalan-jalan di bukit yang teduh atau duduk santai bersama keluarga. Sayangnya kamu tidak dapat berenang karena ombaknya yang besar. Meski begitu kamu masih dapat berjalan-jalan di pantai dan menikmati busa butih yang mengalir bersama ombak Batu Hiu.

Tak hanya indah namun wisata pantai ini juga akan cocok untuk kamu yang menginginkan liburan hemat. Hal ini karena qisata pantai ini tidak membutuhkan banyak uang. Jadi jika kamu hanya memiliki budget minim untuk liburan, ini adalah pilihan yang baik.

Pantai Karang Nini

pantai karang nini
Instagram.com/pantaikarangnini

Salah satu tempat yang sangat disarankan untuk liburan keluarga di Pangandaran adalah Pantai Karang Nini.Pantai Karang Nini memiliki banyak batu karang yang menghiasi pantainya. Kehadirannya bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan pantai lainnya di Pangandaran.

Pantai Karang Nini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai Karang Nini memang wisata Pangandaran yang indah. Daya tarik utama pantai adalah keberadaan batu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Namun untuk kamu yang hobi atau ingin berenang maka tak akan bisa dilakukan. Hal ini karena deburan ombak yang sangat kencang di Pantai Karang Nini, berenang tidak aman. Meski begitu kamu masih bisa mencoba hal lainnya seperti healing.

Wisata Pantai Karang Nini menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk healing menenangkan pikiran dan tubuh. Kamu dapat menghilangkan rasa jenuh dan lelah yang disebabkan oleh beban pekerjaan dan tanggung jawab lainnya dengan cepat saat berkunjung ke wisata ini.

Tak hanya itu saja Pantai Karang Nini memiliki keistimewaan tersendiri karena berada di balik hutan rimbun. Hal tersebut seperti gabungan wisata pantai dan hutan yang unik. Apalagi pantai ini juga memiliki pasir pantai yang bersih, dan air laut yang jernih sehingga membuat liburan jadi makin menyenangkan

Selain itu ada Jembatan Cinta di sekitar Pantai Karang Nini. Untuk mencapainya kamu harus melewati jalan mendaki dan turun di antara pepohonan tebal. Hutan mangrove yang cukup lebat menghiasi jembatan. Oh iya kamu juga dapat bercamping di sini.

Ada tempat camping di sekitar bukit Pantai Karang Nini di mana kamu tidak hanya dapat menikmati keindahan Pantai Karang Nini, tetapi juga berburu foto yang indah. Beberapa spot foto yang bisa kamu manfaatkan ada menara pandang, ayunan, gazebo di atas bukit, dan banyak lagi.

Saat terbaik untuk mengunjungi Pantai Karang Nini di Pangandaran adalah pada pagi hari, karena suasananya luar biasa saat sunrise. Untuk menikmati sunrise kamu bisa memanfaatkan menara pandang. Disamping itu kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan sunset di pantai ini.

Pantai Karapyak

374678995 568427962015036 2864655149220589539 n
Instagram.com/galleryku_photography

Karapyak, salah satu tempat wisata pantai yang dikenal sebagai “Paradise Beach”, terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Tempat ini memiliki jarak sekitar 7,9 kilometer dari Tugu Emplak Kalipucang, atau sekitar 19,6 kilometer dari Bundaran Marlin Pangandaran.

Untuk pergi ke pantai, ada banyak papan petunjuk di sepanjang jalan dan banyak pilihan transportasi yang tersedia. Hamparan pasir putih yang indah dan bebatuan karang di sepanjang pantai menjadikan tempat ini menarik bagi pengunjung.

Pantai Karapyak menarik wisatawan dengan pemandangan alamnya yang indah dan suasananya yang sejuk yang diimbangi dengan semilir angin pantai yang tenang. Saat ke wisata Pangandaran ini maka kamu akan merasa nyaman dan ingin tinggal dalam waktu yang lama.

Terlebih tempat ini juga merupakan spot yang bagus untuk melihat terbit dan tenggelamnya matahari. Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga menawarkan banyak aktivitas wisata seperti berkemah, memancing, outbond, dan makan-makan.

Wisatawan juga dapat melihat ikan-ikan kecil berenang, mencari biota laut di antara bebatuan karang, atau hanya jalan-jalan menikmati pemandangan pantai. Jika ingin hunting foto di tempat wisata ini tentunya juga bisa.

Teras Kaca Karapyak Valley adalah lokasi foto unik di Pantai Karapyak. Tempat ini sangat bagus namun sekaligus menantang karena bentuknya yang memanjang dan menjorok ke pantai. Selain itu kamu juga bisa mengambil foto dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah di tempat ini.

Pemandangan utama yang menyejukkan adalah luasnya lautan dan pantai. Disamping itu pepohonan, bukit, dan hutan di pinggir pantai membuatnya tampak lebih asri. Saat ombak besar menghantam pantai latar belakang foto menjadi lebih indah.

Tak mengherankan jika Pantai Karapyak menjadi salah satu pilihan untuk menikmati liburan bersama keluarga setelah penat dengan rutinitas sehari-hari dan kesibukan pekerjaan. Apalagi kamu juga tidak perlu khawatir karena Pantai Karapyak memiliki banyak fasilitas wisata.

Fasilitas tersebut diantaranya ada hotel untuk menginap dan Pondok Wisata. Selain itu ada juga warung yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman, area rehat, kafe, Mushola, dan tempat untuk camping. Khusus untuk camping sebaiknya kamu membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Pantai Batu Karas

pantai batu karas
Instagram.com/hilman_winanjar17

Wisata Pangandaran lain yang cocok untuk liburan keluarga ada Pantai Batu Karas. Pantai Batukaras memiliki daya tarik pantai yang landai dan ombak yang bagus untuk berenang, berselancar, dan bermain air seperti banana boat. Tak hanya itu saja, pantai Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit.

Bagi kamu yang suka berpetualang, Batukaras memiliki beberapa tempat yang bagus untuk berkemah dan hiking. Salah satunya adalah Karangnunggal, pantai terpencil di wilayah Batukaras dengan bukit karang menjulang tinggi di bibir pantai.

Dari atas bukit Pantai Batukaras kamu juga dapat melihat Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pelabuhan Bojong Salawe, dan Pantai Madasari. Pantai Batukaras memiliki ombak yang landai. Karena diapit oleh teluk kecil, ombaknya tidak terlalu liar sehingga cocok untuk berselancar.

Pantai Batukaras terletak 33 kilometer dari Pangandaran dan dapat dicapai menggunakan mobil dengan waktu tempuh sekitar lima puluh menit. Pantai Batukaras juga memiliki banyak fasilitas tambahan. Fasilitas ini ialah tempat parkir, mushola, kamar mandi, restoran yang menyajikan makanan laut, penginapan, penyewaan papan selancar dan ban renang, serta permainan banana boat.

Harga tiket masuk ke pantai ini termasuk terjangkau. Hal ini karena hanya dengan membayar Rp14ribu saja kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan yang ada dipantai ini.

Pantai Penanjung

pantai penanjung
Instagram.com/awangmulya2013

Pantai Pananjung adalah salah satu tempat pantai di Pangandaran yang harus kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga. Tempat wisata keluarga di Pangandaran ini akan memanjakan aktivitas akhir pekanmu. Terlebih selain indah wisata Pangandaran ini juga sangat terjangkau.

Kamu dapat mengunjungi Pantai Pananjung Pangandaran dengan tiket masuk seharga Rp.5,000/orang. Lokasinya berada di Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat wisata pantai ini buka selama 24 jam full sehingga kamu bisa kesini kapan saja.

Selama berada di pantai ini kamu dapat menikmati keindahan pantai Pananjung dengan bebas. Karena pasirnya yang putih membuat pantai ini semakin mempesona. Perlu kamu tahu jika pantai ini memiliki ombak besar karena terhubung langsung dengan samudera Hindia.

Namun pantai ini sangat aman untuk tujuan wisata. Kamu dapat bermain pasir atau bermain air dengan teman-teman atau keluarga. Atau, jika kamu memiliki anak-anak bisa juga mengajak mereka bermain pasir atau berenang di pantai ini.

Anak-anak betah bermain di pasir dan bermain air di pantai yang bersih ini. Ada tempat menyewa perahu di pantai yang dapat digunakan bersama keluarga.Kegiatan naik perahu ini adalah salah satu hiburan yang paling disukai oleh wisatawan karena bisa berkeliling pantai.

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan kesempatan untuk berfoto bersama keluarga atau kerabat saat menaiki perahu wisata. Hebatnya lagi pihak pengelola Pantai Pananjung juga menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas air seperti diving, snorkeling, berenang, dan berselancar

Dengan begitu dapat menikmati pantai sambil melakukan snorkeling untuk melihat kehidupan laut yang sangat indah di sana. Namun perlu diingat jika peralatan diving, snorkling maupun berselancar ini tidak gratis. Jadi kamu harus membayar biaya sewa untuk bisa menggunakannya.

Grand Canyon Pangandaran

grand canyon
Instagram.com/titi.rahmawati.7547

Grand Canyon tak hanya ada di Amerika, Jawa Barat juga punya. Green Canyon Pangandaran pada awalnya diberi nama Cukang Taneuh oleh penduduk setempat.

Hal ini karena di sana terdapat jembatan tanah lebarnya lebih dari tiga meter yang terbentuk secara alami antara dua tebing Sungai. Nama ini berasal dari kata “jembatan tanah”.

Dengan air hijau dan dinding tebing yang penuh lumut, tempat wisata alam Pangandaran ini sangat indah. Apalagi wisata Pangandaran ini juga memiliki tinggi yang luar biasa.

Saat liburan kesini bersama keluarga kamu harua mencoba kegiatan menelusuri sungai untuk menikmati pemandangan yang sangat cantik. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan perahu tradisional yang tersedia.

Perahu akan berhenti di beberapa tempat yang indah untuk berfoto, berenang, dan bermain air yang jernih. Bahkan ada tempat di mana kamu dapat terjun bebas atau melompat dari ketinggian dan jatuh ke dalam sungai.

Untuk foto kamu dapat membuat formasi seperti melingkar bersama keluarga. Jika ingin kesini aksesnya juga sangat mudah. Kamu dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran ke terminal Cijulang.

Dari terminal kamu harus menempuh jarak ± 27 km dan dapat ditempuh ± 40 menit dengan kendaraan. Kemudian, dari terminal Cijulang, wisatawan dapat menggunakan ojek atau sewa mobil untuk menuju Dermaga Ciseureuh, yang memakan waktu ± 5 menit.

Angkutan umum dari terminal Pangandaran ke Cijulang beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB. Namun memang akan lebih nyaman jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Karena debit air sungai meningkat saat musim hujan, saat musim kemarau adalah waktu terbaik untuk melihat Green Canyon. Green Canyon buka setiap hari (kecuali hari Jumat), mulai dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Santirah River Tubing

Terima kasih kunjungannya Kak ke Santirah River Tubing
Instagram.com/santirahrivertubingofficial

Tempat wisata lain di Pangandaran adalah Santirah River Tubing. Tempat wisata tubing sungai ini menawarkan atraksi menantang dan keindahan area Sungai yang membedakannya dari tempat lain.

Jika Green Canyon ditutup atau jika pengunjung terlalu banyak maka wisata air River Tubing di tempat ini adalah opsi lain yang terbaik. Air sungainya dingin dan jernih.

Namun airnya tetap memukau bahkan saat musim hujan. Dengan seorang pemandu kamu dapat menikmati perjalanan menyusuri keindahan Sungai Santirah saat liburan kesini.

Untuk melakukan rafting kamu harus menaiki ban besar yang didorong aliran sungai saat mereka tidur terlentang. Menariknya lagi saat mengunjungi wisata ini kamu jugaakan menemukan beberapa lokasi dengan pemandangan yang menakjubkan.

Contohnya adalah lima air terjun alami dengan berbagai bentuk dan empat lorong gua yang terbentuk secara alami dari batuan karst. Ada juga area tebing batu di sepanjang sungai yang membuatmu merasa bak sedang ada di luar negri.

Tempat wisata ini cocok untuk solo traveling. Namun memang akan lebih seru jika liburan bersama keluarga. Hal ini karena Sesekali, pemandu akan membiarkan pengunjung bermain dan berfoto dengan berbagai formasi unik.

Dengan membuat lingkaran di atas air sungai, misalnya. Nah formasi tersbeut tentunya bisa dibuat jika kamu liburan bersama keluarga. Wisata Pangandaran ini sendiri terletak di Desa Selasari di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran

Santirah River Tubing terletak di tengah-tengah antara Green Canyon dan Pantai Pangandaran. Oleh karena letak wisata ini termasuk strategis dan sangat mudah dijangkau.

Pepedan Hills

Pepedanhills desa se
Instagram.com/berandapangandaran

Pepedan Hills adalah Tempat wisata baru di Pangandaranyang menawarkan keindahan alam luar biasa. Oleh karena itu wisata Pangandaran ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Di Pepedan Hills ada banyak tempat yang bagus untuk foto yang cocok untuk Instagram.

Terlebih tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp.10.000/orang. Meski terjangkau wisata ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas menarik, seperti area parkir wisata, toilet, spot foto yang menarik, warung wisata dan area camping.

Lokasi dari wisata ini sendiri ada di desa Selasari di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Untuk perjalanan dari Pangandaran memerlukan waktu sekitar 1,3 jam. Namun akses wisata yang baik membuat Pepedan Hills lebih mudah bagi pengunjung untuk melihatnya.

Pemandangan bukit Pepedan dengan hutan hijau dan pesawahan warga di sekitarnya akan memanjakan mata pengunjung. Selain itu kamu juga bisa menemukan bukit selfie berbentuk I LOVE U, yang menambah keindahan pemandangan Bukit Pepedan Hills, ini pasti akan membuatmu tidak ingin beranjak dari sana dengan cepat.

Apalagi kamu juga bisa menikmati indahnya sunset saat sore hari. Untuk itulah jika kamu ingin memiliki libur yang tak terlupakan di Pangandaran, Jawa Barat maka harus melihat tempat ini.

Curug Luhur Pangandaran

Curug luhur
Instagram.com/faqiih____

Curug Luhur adalah air terjun tinggi dalam bahasa Sunda. Air terjunnya bertingkat dan bercabang, membuatnya unik dan menarik dibandingkan curug lainnya di Pangandaran. Wisata Curug Luhur sangat sejuk dan dingin karena diapit oleh hutan lebat dan pepohonan tinggi.

Saat berada di Curug Luhur kamu juga akan banyak tempat yang bagus untuk mengambil foto Instagramable. Curug Luhur Pangandaran ini sendiri berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Tempat ini berada di ujung aliran Sungai Cicepok.

Untuk mencapai Curug Luhur Pangandaran kamu perlu menempuh jarak empat puluh kilometer dengan waktu tempuh sektar satu jam tiga puluh menit.Jarak dan waktu ini berlaku bila kamu berangkatnya dari Pantai Pangandaran.

Jalan menuju Curug Luhur Pangandaran dapat dengan mudah diakses oleh berbagai jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Jika membawa kendaraan sendiri pastikan untuk memberi perhatian ekstra saat parkir.

Hal ini karena di tempat wisata ini belum ada area parkir resminya. Perlu kamu tahu jika objek wisata Pangandaran ini memang masih tergolong baru. Oleh karena itu dari segi fasilitasnya masih terbilang minim.

Bahkan wisata ini juga belum memiliki kreasi lainnya. Kendati demikian Curug Luhur ini tetap memiliki daya pikat tersendiri. Bahkan wisata ini selalu berhasil mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Gua Sinjang Lawang

Goa Sinjang Lawang
Instagram.com/noverasari

Alternatif tempat wisata Pangandaran lainnya yang cocok untuk liburan bersama keluarga ada Gua Sinjang Lawang. Wisata Pangandaran ini terletak dialiran Sungai Cijulang. Alamat lengkapnya sendiri ada di Dusun Parinengan, Desa Jatimulya, Kec. Langkaplancar, Pangandaran.

Apabila kamu berangkat dari objek wisata Cimatupang Pangandaran maka harus menempuh jarak sekitar 12 kilometer. Untuk waktu tempuh yang harus kamu habiskan adalah 30 menitan, tergantung pada kondisi jalang.

Akses jalan ke Gua Sinjang Lawang tergolong mudah karena sudah bisa dilalui oleh kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Namun untuk kendaraan roda empat seperti bus atau yang berukuran besar lainnya memang belum bisa.

Adapun untuk tiket masuk ke Gua Sinjang Lawang umumnya tersedia dalam pilihan paket wisata yang berkisar di harga Rp 150.000,00. Harga ini mungkin sedikit mahal namun dijamin kamu tak akan rugi.

Hal ini karena wisata Pangandaran ini akan memberi kesempatan bagi kamu untuk menikmati pesona dan dyaa tarik luar biasa yang dimilikinya. Salah satu daya tariknya sendiri adalah adanya spot river tubing menyusuri aliran Sungai Cijulang.

Selama melakukan River Tubing kamu juga akan terus didampingi oleh tim khusus. Kamupun juga akan dilengkapi dengan berbagai peralatan keamanan seperti ban dan pelampung.

Trek dari river tubingnya sendiri cukup panjang sehingga kamu akan puas menikmati keindahan yang ditawarkan wisata Pangandaran ini. Pemandangan warna air dari gradasi warna hijau toska dan kebiru-biruan tentunya akan sangat memanjakan mata.

Tak jarang karena keindahan tersebut trek ini juga menjadi pilihan untuk spot selfie. Daya tarik lain yang tentunya juga tak kalah mempesona adalah keberadaan dari Gua Sinjang Lawang sendiri. Gua ini sangat indah sehingga bisa kamu jadikan sebagai spot instagramable yang alami.

Selain itu dari dalam gua kamu bisa menyaksikan sebuah orkestrasi alam yang berupa sinar matahari menembus lubang diatas gua. Gua ini sendiri mempunyai panjang sekitar 500 meter. Untuk bisa masuk ke area dalam Sudha termasuk dengan jalur trek river tubing.

Untuk kedalaman airnya cukup bervariasi. Ada yang dangkal dan ada juga yang dalamnya mencapai 3 meteran sehingga kamu tetap harus hati-hati agar tidak celaka.

Selama didalam gua nantinya kamu akan mendapati sebuah dinding yang bisa kamu jadikan lokasi untuk hunting foto kece. Umumnya waktu terbaik untuk berfoto di area tersebut mulai dari pukul 9 sampai 10 pagi.

Pada pukul tersebut matahari akan masuk dari sebuah lubang yang ada di atas. Efeknya kamu akan melihat sebuah cahaya dramatis yang mampu menghasilkan sebuah momen luar biasa.

Tips Liburan ke Wisata Pangandaran

Tertarik untuk liburan ke Pangandaran? Simak dulu tips dan panduan yang ada dibawah ini:

Memilih Transportasi yang Digunakan

Salah satu awal yang perlu kamu pikirkan untuk liburan ke wisata Pangandaran adalah dengan memilih transportasi yang digunakan. Paling tidak ada dua transportasi yang bisa kamu pilih.

Transportasi yang pertama adalah menggunakan bus. Untuk yang kedua kamu bisa menggunakan transportasi kereta api.

Menentukan Akomodasi yang Tepat

Tips liburan ke wisata Pangandaran selanjutnya adalah dengan menentukan penginapan atau akomodasi yang tepat. Dalam hal ini kamu harus memilih yang nyaman sekaligus memiliki lokasi yang strategi.

Kabar baiknya ada banyak pilihan hotel yang bisa kamu pilih. Jadi tinggal tentukan saja yang paling sesuai dengan preferensi pribadimu.

Memilih Destinasi Wisata

Liburan tentunya akan membingungkan jika tidak memilih dan menentukan destinasi wisata yang ingin dijelajahi. Apalagi Pangandaran sendiri terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata.

Namun agar lebih mudah kamu juga bisa menjadikan rekomendasi wisata Pangandaran yang dibahas diatas sebagai referensi. Kamu tinggal pilih saja salah satunya.

Mencicipi Kuliner Lokal

Jika kamu adalah orang yang suka kulineran maka mencicipi kuliner lokal menjadi sebah keharusan. Terlebih di Pangandaran sendiri terdapat banyak kuliner khas yang cocok untuk kamu cicipi selama berlibur ke tempat ini.

Jadi kapan kamu akan liburan keluarga di wisata Pangandaran? Segera saja Yuk jadwalkan agar liburanmu menjadi lebih seru dan tak terlupakan.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments