Pantai Pangandaran, Detinasi Wisata Terfavorit 2024

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran masih menjadi salah satu destinasi wisata Pangandaran terfavorit tahun 2024 ini untuk mengisi liburan. Ketika musim liburan tiba para pengunjung dari berbagai kalangan akan memadati pantai yang eksotis ini dari pangi sampai sore hari.

Pengunjung yang memadati pantai ini kebanyakan adalah warga lokal yang datang dari daerah sekitar pangandaran maupun daerah lainnya. Bahkan menurut dinas Pariwisata Pangandaran sendiri pengunjung Pantai Pangandaran saat liburan jumlahnya akan meningkat hingga 50 persen dibanding hari biasa. Tertarik liburan kesini juga? Simak dulu ulasannya berikut ini!

Berkenalan dengan Pantai Pangandaran

d 1
Instagram.com/andy_yoes

Pantai Pangandaran adalah sebuah destinasi terfavorit sekaligus andalan kabupaten Pangandaran yang terletak di sebelah Tenggara jawa barat. Pantai yang satu ini sangat populer akan keindahan pasir putih dan pasir hitamnya.

Keindahan tersebut bahkan mampu membuatnya pernah dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik yang ada di provinsi Jawa Barat. Masyarakat yang tinggal disekitar pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Oleh karena itu dulunya pantai ini dijuluki sebagai Kota Nelayan Kecil.

Pantai Pangandaran ini mempunyai bentang pantai yang cukup luas. Pantai ini juga sudah menjadi sebuah objek wisata Pandangaran sejak tahun 2012 an. Pangandaran sendiri adalah bagian dari Selatan Pulau Jawa yang sudah dikenal karena ombaknya yang besar.

Akan tetapi pantainya landau dengan rentang waktu antara pasang lautnya yang relatif lama. Kawasan pantai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pantai Pangandaran Barat dan Pantai Pangandaran Timur. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh daratan yang menjorok jauh ke lautan atau yang umum disebut dengan teluk.

Teluk yang menjorok tersebut sekarang menjadi cagar alam atau hutan lindung yang dikenal dengan Cagar Alam Pananjung. Luas daric agar ala mini sendiri sekitar 530 hektar. Selain memisahkan kedua area pantai Pangandaran, teluk ini juga berfungsi mengurangi gelombang besar untuk sampai ke pantai.

Dengan begitu jarak antara pasang dan surut bisa lebih lama sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan aman. Di dalam teluk ini juga ada gua-gua yang terbentuk sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu.

Adapun didalam gua tersebut kamu juga bisa mendapati bebatuan stalagmite atau endapat berbentuk batuan keras dan stalaktit yang mengantung pada bagian langit-langitnya. Keadaan pantai Pangandaran yang menjorok ke laut membuat gelombang pantai ini cukup landau sehingga ada banyak nelayan dari wilayah lain yang datang. Disamping itu pada pantai ini ada pula Menara pengawas milik bay watch.

Fakta-Fakta Seputar Pantai Pangandaran

Sebagai salah satu objek atau destinasi wisata terfavorit, pantai Pangandaran memiliki sejumlah fakta menarik, apa saja? Berikut detailnya:

Menikmati Matahari Terbit dan Tenggelam di Satu Tempat

Di pantai ini kamu dapat leluasa menikmati indahnya momen matahari terbit dan tenggelam di satu area yang sama. Hal ini tentunya sangat memungkinkan karena bentuk pantainya yang memang mendukung. Dengan begitu kamu tak perlu repot berpindah ke area lain bila ingin menyaksikan moment harian ini. Untuk keindahannya tentu tak perlu kamu ragukan lagi.

Pantai Landai

Fakta menarik lain dari pantai Pangandaran ini adalah termasuk jenis pantai yang landai. Hal tersebut akan lebih memudahkan para pengunjung untuk bisa bermain di area pantai denga naman. Apalagi jarak pasang surut pantainya juga cukup laman sehingga area pantainya memang aman untuk bermain bersama anak.

Untuk keamanan ini tentunya tak perlu kamu ragukan lagi karena pantai ini juga sudah dilengkapi dengan regu penyelamat yang mumpuni. Regu penyelamat tersebut akan selalu siap mengingatkan saat waktu pasang air laut sudah tiba. 

Keindahan Pasir Putihnya

Fakta lain yang pastinya tak bisa dipungkiri adalah keindahan pasir putih yang dimiliki oleh pantai Pangandaran. Saat liburan ke tempat ini kamu bisa menikmati keindahan tersebut. Pemandangan luar biasa dengan komposisi yang indah tentunya akan mampu memanjakan matamu.

Akses yang Mudah

Wisata ini memiliki akses yang mudah. Adapun dikatakan demikian karena kamu dapat mencapai pantai ini dengan jalan yang sudah halus, penerangan jalan yang memadai dan berbagai fasilitas pendukung yang tergolong lengkap.

Sebenarnya hal tersebut memang cukup wajar jika mengingat wisata Pangandaran ini telah dikelola cukup lama. Dengan begitu semua fasilitas yang diperlukan oleh para pengunjung memang telah disediakan sedemikian rupa. Keberadaan fasilitas tersebut juga akan menjamin liburanmu menjadi makin seru.

Dekat dengan Lokasi Pantai Lainnya

Fakta menarik yang harus kamu tahu adalah lokasi pantai Pangandaran yang berdekatan dengan wisata pantai lainnya. Apabila kamu ingin ke pantai lain atau bahkan berselancar tinggal pergi saja ke pantai lainnya di area tersebut. Contoh pantai lain yang dekat dengan pantai Pangandaran adalah Pantai Batu Karas yang cocok untuk surfing.

Terbagi Menjadi Dua Zona

Jika pantai lain berada dalam satu zona maka Pantai Pangandaran ini berbeda karena terbagi dalam dua Zona yaitu Pangandaran Timur dan Pangandaran Barat. Menariknya lagi kedua zona tersebut juga mempunyai perbedaan langskap.

Akan tetapi dari kedua zona tersebut Pangandaran Barat lebih ramah dan populer. Hal ini karena pantainya yang lebih luas dan landai sehingga para pengunjung lebih nyaman liburan ke tempat ini.

Tapi untuk kamu yang suka dengan nuansa tenang maka zona Pantai Pangandaran Timur bisa menjadi pilihan terbaik. Pantainya memang cenderung tidak banyak pengunjung sehingga sangat nyaman untuk kamu yang ingin healing.

Pesona Pantai Pangandaran

Disamping mempunyai berbagai fakta menarik nyatanya pantai Pangandaran juga mempunyai pesona luar biasa yang mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Pesona tersebut diantaranya:

Kampung Turis

Salah satu pesona yang dimiliki oleh Pantai Pangandaran adalah keberadaan kampung Turisnya yang menjadi spot favorit para wisatawan karena suasananya sangat romantis. Apalagi saat malam hari suasanya akan semakin romantis.

Cahaya lampu dari bohlam unik yang ada di sekitarnya mampu menambahkan vibe romantic dengan cahaya temaramnya. Ornamen lampu ini sendiri juga terlihat estetik sehingga cocok untuk kamu manfaatkan sebagai spot foto yang keren.

Tak hanya itu saja, terdapat beberapa spot yang biasanya selalu ramai. Sebagian adalah restoran populer seperti Bamboo Bayu, Java Kitchen, Sagara, Bamboo Maya dan Saung Gawir. Di tempat ini kamu akan dengan mudah mendapati aneka kuliner nikmat, khususnya makanan khas Jawa Barat.

Selain makanan khas kamu juga bisa menjumpai beragam masakan seafood dan hidangan western serta Chinese foods. Menariknya setiap restoran tersebut juga memiliki desain yang unik dan khas. Namun kebanyakan menyediakan dining space dalam bentuk lesehan dan lainnya ada juga yang berupa bangku atau kursi.

Sunrise dan Sunset

412560929 287809787154993 846242584256396138 n
Instagram.com/hetisyt62

Pesona lainnya yang tak akan bisa kamu tolak dari wisata ini adalah sunrise dan sunsetnya. Pesona ini bahkan sangat populer dikalangan para wisatawan. Tak heran jika wisata ini selalu ramai.

Jika kamu ingin menyaksikan sunrise terbaik di Pantai ini maka kamu harus rela datang pagi. Waktu terbaik untuk datang adalah pukul empat pagi. Namun bila kamu tak bisa bangun pagi maka bisa juga datang pada sore hari.

Saat sore kamu bisa menyaksikan pesona keindahan sunset atau matahari tengelam di Pantai Pangandaran. Sunset ini tentunya juga tak kalah indah dari sunrise pagi hari.

Cagar Alam

Ketika kamu berkunjung ke pantai ini tentu kamu dapat melihat bukit hutan yang merupakan cagar alam. Hutan ini sendiri adalah tempat tinggal dari banyak fauna seperti monyet, rusa, kerbau dan lain sebagainya. Disamping itu ada juga gua alami dan gua buatan yang dibangin oleh Jepang selama perang dunia kedua untuk bunker.

Di kawasan Cagar Alam ini ada juga air terjun langsung yang mengarah ke Pantai Pangandaran. Bila kamu penasaran menyaksikan air terjun langsung ke pantai maka berkunjung kebukit ini adalah sebuah keharusan.

Surga Kuliner

Kawasan pantai Pangandaran timur merupakan surganya kuliner, terutama untuk para pecinta makanan laut. Ketika ke pantai Pangandaran yang sebelah timur kamu akan mendapati ribuan makanan olahan laut. Mulai dari restoran hingga warung makan dipinggir pantai bagian timur ini menyediakan aneka makanan laut yang lezat.

Beberapa contoh makanan menu makanan laut yang wajib kamu coba adalah ikan bakar dan kepiting saus telur asing. Selain menu makanan laut kamu juga perlu mencoba nasi kucing. Jika ingin yang segar-segar maka kamu juga harus mencoba es krim khas Pangandaran yang memiliki rasa unik dan pastinya menyegarkan.

Selain warung disebelah Selatan pantai Pangandaran timur kamu juga akan mendapati pasar ikan segar yang langsung didistribusikan oleh para nelayan. Jadi bila kamu ingin ikan yang mentah segar maka bisa mendapatkannya di pasar ikan tersebut.

Ronggeng Gunung

Pesona terakhir yang akan sulit untuk kamu tolak adalah Ronggeng Gunung. Ini adalah seni tradisional yang berasal dari kabupaten Pngandaran dan Ciamis yang dibawakan oleh sejumlah penari diiringi dengan musik gamelan. Para penari tersebut biasanya akan tampil dengan diiringi oleh lantunan berbagai tembang atau kawih sinden.

Si penari akan mengajak para penontonnya untuk menari bersama. Nantinya penonton bersama penari akan membentuk sebuah lingkaran dan menari bersama mengikuti suara ketukan gamelan dan nyanyian kawih dari sinden.

Pentunjukan seni yang satu ini biasanya memang digelar untuk memeriahkan berbagai acara. Dulunya pertunjukan ini hanya akan ditampilkan ketika ada acara khitanan atau pernikahan saja. Namun belakangan Ronggeng Gunung juga seringkali digelar untuk meramaikan acara pemerintahan.

Bahkan belakangan Ronggeng Gunung ini menjadi bagian penting dari pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran yang sebenarnya lebih populer karena keindahan pantainya. Oleh karena itu jika ke Pantai Pangandaran kamu tak boleh melewatkan pertunjukan yang satu ini.

Kegiatan Seru di Pantai Pangandaran

Secara umum ada banyak sekali kegiatan yang disuguhkan dan bisa kamu lakukan di sekitar pantai Pangandaran. Beberapa diantaranya:

Jalan-Jalan Menyusuri Pantai dan Hutan Mangrove

c 1
Instagram.com/mschie____

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Pantai Pangandaran adalah jalan-jalan santai menyusuri pantai. Dengan jalan-jalan kamu bisa mengeksplor dan menikmati keindahan panorama pantai dengan lebih dekat.

Setelah puas menyusuri pantai kamu juga bisa jalan-jalan mengeksplor hutan mangrove yang ada di sekitar Pantai Pangandaran. Hutan ini memiliki pemandangan yang indah dan bisa kamu jelajahi menggunakan perahu. Nikmati pemandangan alamnya yang menyejukan dan jangan lupa untuk bawa kamera untuk mengabadikan momen indahmu.

Berburu Kulit Kerang di Tepi Pantai

Sambil jalan-jalan kamu juga bisa sekalian mencari kulit kerang di tepi pantai. Kulit kerang ini biasanya cukup cantik untuk kamu jadikan sebagai cindramata.

Bermain Pasir

Apabila kamu liburan bersama anak maka bermain pasir bersama buah hati bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik. Kamu dan si kecil bisa membuat istana pasir atau lainnya dari pasir putih dan pasir hitam yang cantik di pantai ini.

Bermain Ombak di Bibir Pantai

Liburan ke pantai tentunya tak akan lengkap jika tak bermain ombak. Untuk itulah saat liburan ke Pantai Pangandaran kamu harus mencoba kegiatan bermain ombak di bibir pantainya. Kegiatan ini akan lebih seru jika dilakukan beramai-ramai bareng sahabat, keluarga atau orang terdekat.

Duduk Santai Menikmati Pemandangan

b 1
Instagram.com/destiana_manda

Jika kamu sedang mager alias malas gerak maka bisa juga mencoba kegiatan duduk santai. Dengan kegiatan ini kamu bisa termenung sambil menikmati pemandangan yang tersaji didepan mata.

Hunting Foto

a 1
Instagram.com/sooyoumay

Kegiatan lain yang tentunya tak boleh kamu lewatkan adalah hunting foto. DIpantai ini ada banyak sekali spot foto keren nan estetik di berbagai sudutnya. Kamu bisa memanfaatkan pesisir pantai dengan ombak lautnya yang indah sebagai latar belakang fotomu.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi kawasan perlindung satwa dan berfoto bersama satwa tersebut. Jangan lupa untuk berfoto di gua alami yang ada di area pantai ini agar fotomu lebih estetik.

Mencoba Watersport

Watersport tentunya kana menjadi kegiatan yang sangat seru sekaligus menarik untuk dicoba. Apalagi di Pantai Pangandaran ini tersedia berbagai wahana watersport yang bisa kamu coba. Mulai dari jetski, banana boat hingga paralayang semuanya ada.

Namun jika kamu memang ingin mencoba watersport ini tentu harus menyiapkan budget lebih. Hal ini karena kamu harus membayar atau mengeluarkan biaya tersendiri untuk bisa mencicipi watersport di pantai ini.

Untuk biaya yang diperlukan sendiri berkisar 30 ribu sampai dengan 300 ribu per orangnya. Jadi pastikan kamu menyediakan dana khusus agar bisa bermain watersport.

Berenang

Kegiatan yang tentunya tak boleh kamu lewatkan adalah berenang. Hal ini karena Pantai Pangandaran menghadirkan pengalaman berenang yang menyenangkan di air lautnya yang jernih dan menyegarkan. Air lautnya yang jernih dan pasir putihnya yang halus membuat wisata ini sangat populer di Jawa Barat.

Akan tetapi jika kamu memutuskan untuk berenang usahakan untuk tetap hati-hati. Sebelum berenang kamu harus memperhatikan keadaan cuaca dan arusnya. Selain itu pastikan untuk tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan perintah dari pengawas pantai.

Snorkeling

Jika kamu hobi menyelam dan ingin menikmati area bawah laut Pantai Pangandaran yang luar biasa maka wajib untuk mencoba kegiatan snorkeling. Terlebih biaya yang harus kamu keluarkan untuk mencoba kegiatan ini juga sangat terjangkau.

Dengan snorkeling kamu bisa lebih leluasa melihat beragam biota laut dan batu karang yang menakjubkan. Melalui snorkeling kamu juga pasti dapat menggunakan perahu wisata yang artinya sekaligus membantu warga setempat untuk mendapat penghasilan tambahan.

Surfing

Pantai Pangandaran merupakan surga untuk para peselancar karena ombaknya yang konsisten dan kuat sepanjang tahun. Tak heran jika pantai ini juga menjadi destinasi surfing yang sangat populer di Jawa Barat.

Apalagi keindahan pasir putih dan pemandangan lautnya juga sangat memukau. Jadi wajar rasanya bila banyak peselancar dari dalam maupun luar negeri yang datang ke pantai ini untuk menantang ombak dan memperoleh pengalaman surfing yang tak terlupakan.

Bersepedah

Menyusuri pantai menggunakan sepedah tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan bersepedah kamu bisa menikmati keindahan alam pantai Pangandaran yang eksotis dengan cara yang lebih intim.

Seperti yang diketahui jika pantai ini menawarkan panorama pantai yang spektakuler dengan hamparan pasir putih yang luas ditambah pohon kelapa yang tumbuh rapi serta ombak yang mengulung indah. Ketika bersepedah di sepanjang pantai kamu akan melewati berbagai tempat menarik seperti mercusuar, area konservasi penyu dan pasar ikan.

Jika kamu memang tertarik untuk mencoba kegiatan ini maka sebelum mulai pastikan sepedah yang kamu gunakan sesuai dengan medan yang ditempuh. Selain itu kamu juga harus menggunakan helm dan perlengkapan keselamatan lainnya. Jangan lupa untuk bersepedah yang aman dengan memperhatikan kecepatan dan kondisi jalan.

Memancing

Kegiatan memancing di Pantai Pangandaran sangatlah populer di kalangan pecinta memancing. Selain dapat menikmati keindahan yang disajikan oleh wisata ini memang ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari memancing di Pantai Pangandaran.

Keuntungan tersebut ialah bisa mendapat berbagai jenis ikan laut yang enak seperti ikan kakap, tenggiri, tuna dan cumi-cumi. Tak hanya itu saja, lokasi pantainya yang strategis akan memudahkanmu dalam memancing di berbagai daerah di sekitarnya.

Meski memancing ini sangat populer dan menyenangkan kamu tetap harus hati-hati. Demi keselamatan dan kenyamanan selama memancing pastikan peralatan memancing yang kamu gunakan memadai.

Selain itu pilihlah lokasi memancing yang aman. Perhatikan juga arus laut dan cuacanya dan mengikuti aturan yang berlaku dilokasi memancing seperti Batasan jumlah dan ukuran ikan yang diperbolehkan untuk ditangkap.

Camping

Camping di pegunungan mungkin sudah menjadi hal yang biasa kan? Untuk itulah kamu bisa coba berkemah di Pantai Pangandaran untuk mendapatkan pengalaman camping dengan sensasi yang berbeda.

Bayangkan saja birunya air laut menjadi pemandangan yang menemanimu saat bangun tidur dan menikmati hari-hari, tentunya seru bukan?. Ditambah lagi dengan segarnya angin laut yang semilir menambah kenyamanan tersendiri.

Berbelanja Ikan Segar

Berbelanja ikan segar tentu bisa menjadi kegiatan yang cukup seru. Di sekitar pantai Pangandaran ini ada banyak nelayan lokal yang berjualan dan menjajakan ikan tangkapannya yang masih segar.

Kamu bisa membelinya untuk dibawa ke tempat penginapan dan diolah menjadi hidangan barbeque yang nikmat. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Berburu Oleh-Oleh dan Souvenir Laut

Kegiatan belanja oleh-oleh dan aneka souvenir laut yang cantik menjadi rutinitas wajib saat mengunjungi destinasi wisata, tak terkecuali di Pantai Pangandaran. Kamu bisa mempertimbangkan aneka barang khas Pantai Pangandaran untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga atau orang terdekat dirumah yang pastinya akan bahagia diberi oleh-oleh.

Jenis souvenir maupun oleh-oleh ini sangat beragam sehingga kamu memiliki banyak pilihan. Harganya juga cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kantong. Namun sebagian besar harga souvenir yang dijual di pantai ini masih cukup terjangkau sehingga kamu tak perlu terlalu khawatir akan menghabiskan terlalu banyak uang.

Naik Kuda

Pantai Pangandaran
Instagram.com/nvarinur

Untuk liburan yang lebih seru jangan lupa untuk mencoba kegiatan naik kuda sambil menyusuri pantai. Nikmati pemandangan pantai yang indah dan angin laut yang menyegarkan sambil berkuda. Jika ingin mencoba kegiatan ini ada beberapa pemilik kuda yang menyewakan jasanya.

Membantu Nelayan Menarik Jaring

Jika kamu ingin pengalaman yang unik sekaligus menarik maka bisa mencoba kegiatan membantu nelayan menarik jarik. BIasanya pada malah hari nelayan yang tinggal di sekitar pantai akan memasang jarring untuk menangkap ikan. Paginya para nelayan akan melaut untuk menarik jaring tersebut.

Mengingat ukuran jaring yang dipasang memiliki ukuran besar maka akan butuh 6 hingga 10 orang lelaki untuk menariknya ke pinggir pantai. Nah saat itu kamu bisa sekali berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain membantu nelayan dengan kegiatan ini kamu juga akan memperoleh pengalaman baru yang belum tentu ada di tempat lain.

Selama kunjunganmu ke Pantai Pangandaran pastikan untuk mencoba berbagai kegiatan diatas. Dengan begitu kamu bisa mendapat pengalaman yang berkesan sekaligus tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Sistem pembayaran tiket masuk ke wisata yang satu ini termasuk unik. Hal ini karena besarnya harga tiket tergantung pada jenis kendaraan yang kamu gunakan. Meski begitu sistem ini termasuk sangat praktis karena bisa sekali bayar dan kamu juga tak perlu membayar lagi untuk parkir kendaraan.

Untuk lebih jelas mengenai harga tiket masuk ini terbaru dari wisata ini kamu bisa melihat daftarnya yang ada dibawah ini:

  • Tiket masuk untuk pejalan kaki Rp 10.000,00
  • Tiket Masuk untuk sepedah motor Rp 20.000,00
  • Tiket Masuk untuk kendaraan Jeep/sedan Rp 60.000,00
  • Tiket masuk untuk kendaraan jenis minibus Rp 90.000,00-Rp 135.000,00
  • Tiket Masuk untuk jenis kendaraan Bus Rp 205.000,00-515.000,00

Apabila melihat daftar tiket tersebut tentunya jalan kaki atau tidak membawa kendaraan saat masuk kearea wisata memang yang paling terjangkau. Metode jalan kaki ini juga cocok untuk kamu solo traveler yang ingin liburan hemat.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Pangandaran

Alamat pantai ini ada di Penanjung, Pangandaran, Ciamis provinsi Jawa Barat. Apabila dari pusat kota memang wisata ini tergolong cukup jauh karena jaraknya mencapai 89 km. Untuk rute yang bisa kamu lalui yaitu mengambil arah Selatan, tepatnya menuju ke jalan Nasional III. Tetaplah di Jalan tersebut hingga kamu menemukan belokan kearah Jalan Mayjen Didi Kartasasmita.

Setelah itu kamu bisa ikuti jalan raya Banjar-Pangandaran sampai tiba di bundaran. Selanjutnya kamu harus mengambil jalan keluar menuju ke lokasi wisata ini sesuai dengan petunjuk jalan yang ada.

Jam Buka Pantai Pangandaran

Liburan ke Pantai Pangandara tak perlu memikirkan masalah takut tutup. Hal ini karena wisata ini buka setiap hari mulai dari senin sampai hari minggu. Bahkan saat tanggal merah libur nasionalpun wisata pantai ini tetap buka. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 9 pagi sampai dengan 9 malam.

Pada akhir pekan biasanya jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan secara drastis bila dibanding hari-hari biasa. Untuk itulah jika kamu tak ingin terlalu ramai memang sebaiknya datang saat hari biasa agar lebih leluasa menikmati liburan. Selain itu sangat disarankan untuk datang pada pagi hari karena saat pagi kondisi pantai masih relatif sepi dan cuacapun tak terlalu panas.

Disamping itu kamu juga akan mempunyai waktu yang lebih panjang untuk berlama-lama di pantai ini jika datang saat pagi hari. Jika bosan maka siang atau sore harinya kamu bisa lanjut berkunjung ke wisata lainnya yang dekat dengan pantai Pangandaran.

Fasilitas yang Ada di Kawasan Pantai Pangandaran

Membahas mengenai fasilitas maka sebagai objek wisata yang populer pihak pengelola Pantai Pangandaran telah mempersiapkan semuanya dengan baik. Fasilitas yang bisa kamu temukan di tempat ini juga tergolong lengkap seperti toilet umum. Toilet ini dibuat terpisah antara pengunjung wanita dan pria sehingga lebih aman.

Fasilitas lain yang bisa kamu temukan di tempat ini adalah pusat wisata kuliner yang terdiri dari jejeran restoran. Semua restoran ini menyediakan aneka hidangan seafood yang lezat sehingga kamu pasti akan puas untuk wisata kuliner di tempat ini.

Apabila kamu ingin camping tentu bisa. Di Pantai Pangandaran tersedia sejenis camping ground yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu di Pantai ini juga tersedia pusat persewaan alat dan berbagai wahana. Misalnya saja alat untuk snorkeling, ban pelampung dan lain sebagainya. Sementara itu untuk wahana yang bisa kamu coba ada ATV, surfing dan banana boat.

Event Wisata yang Ada di Pantai Pangandaran

Di pantai Pangandaran juga terdapat event pada waktu-waktu tertentu yang bisa kamu nikmati. Event tersebut diantaranya:

  • Hajat Laut, event ini merupakan upacara atau syukuran yang dilakukan oleh para nelayan sebagai wujud rasa Syukur atas kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasanya diselenggarakan di Pantai Pangandara bagian timur pada bulan muharam
  • Festival Layang-Layang Internasional, disebut juga dengan nama Pangandaran International Kite Festival. Acara ini sangat menarik untuk disaksikan karena selain seru juga meriah. Kamu bisa menyaksikan event ini pada bulan juni atau juli tiap tahunnya

Perlu diketahui jika kamu ingin mengikuti atau menyaksikan event wisata diatas maka waktu liburanmu harus disesuaikan dengan jadwal acara tersebut.

Rekomendasi Tempat Menginap di Sekitar Pantai Pangandaran

Liburan ke pangandaran khususnya ke pantainya tentu tak akan cukup jika hanya sehari saja. Untuk itulah taka da salahnya jika kamu menghabiskan beberapa hari di kabupaten Pangandaran ini agar bisa mengeksplor wisata Pantai Pandaran dan lainnya.

Nah jika kamu berencana menginap maka bisa memilih salah satu penginapan yang ada di sekitar pantai Pangandaran. Ada banyak yang bisa kamu pilih mulai dari guest house hingga hotel.

Rekomendasi Guest House di Pantai Pangandaran

Untuk yang lebih terjangkau guest house memang bisa menjadi pilihan. Untuk rekomendasinya bisa kamu lihat daftar berikut:

1. Mambo Guest House Pangandaran

Alamat: Jl. Pamugaran Pantai Barat Pangandaran

Di guest house ini kamu dapat memilih kamar dengan standart fan yang bisa digunakan untuk dua orang. Harganya sangat terjangkau sekitar 150 ribuan saja. Jika beramai-ramai kamu juga bisa memilih bungalau dengan kapasitas 10 orang yang harganya sekitar 1 jutaan.

2. Sinar Rahayu Group

Alamat: Jl. Pramuka nomor 9 dan Jl. Sumardi Pangandaran

Penginapan yang satu ini memiliki dua tipe kamar yang bisa kamu pilih. Jenis yang pertama ada kamar dengan dua tempat tidur. Kamar jenis ini bisa digunakan untuk empat orang sekaligus. Fasilitasnya juga lumayan karena sudah dilengkapi dengan AC. Harga sewanya adalah sekitar 300 ribu permalam.

Jenis yang kedua ada kamar dengan dua tempat tidur. Kapasitasnya sama dengan jenis yang pertama yaitu bisa digunakan untuk empat orang. Hanya saja kamar jenis ini belum dilengkapi AC namun sudah ada Fan atau kipas angin. Harganya sendiri adalah sekitar 200 ribu per malam.

3. Pondok Wisata Abad Baru 1 Pangandaran

Alamat: Jl. Baru Pasar Wisata

Di guest house ini menawarkan kamar yang bisa digunakan untuk dua orang dengan satu tempat tidur. Kamar ini juga sudah ber AC. Harga permalamnya hanya 250 ribu saja.

Guest House ini dari segi harga sudah pasti terjangkau. Namun dari segi kenyamanan maupun fasilitas juga cukup memadai sehingga layak untuk menjadi pilihan.

Hotel Bintang di Pantai Pangandaran

Apabila kamu mencari penginapan dengan fasilitas yang lebih lengkap dan kenyamanan yang lebih terjamin maka hotel adalah pilihan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hotel yang bisa kamu pilih:

1.Sun In Pangandaran

Alamat: Jl. Kidang Pananjung Pangandaran

Meski tergolong hotel berbintang namun Sun In Pangandaran ini termasuk terjangkau. Selain itu pilihan kamarnya juga beragam. Untuk kamar tipe deluxe berkapasitas dua orang harganya hanya sekitar 426 ribu saja per malam. Adapun tipe deluxe suite yang berkapasitas empat orang bisa kamu dapatkan seharga 515 ribu per malam.

Sementara itu ada juga tipe kamar family suite untuk tiga orang dengan harga sekitar 649 ribu per malamnya. Terakhir adalah kamar time standart yang berkapasitas 237 ribu per malamnya.

2. Nyiur Indah Beach Pangandaran

Alamat: Jl. Pantai Barat Pangandaran

Hotel ini menyediakan kamar tipe deluxe dengan harga 675 per malamnya yang berkapasitas dua orang. Disamping itu ada juga tipe kamar super deluxe seharga 725 ribu per malam. Tinggal pilih saja mana yang sekiranya paling pas untukmu.

3. Arnawa Hotel Pangandaran

Alamat: Jl. Bulak laut nomor 12

Kamu bisa menginap di hotel ini dengan mengeluarkan biaya mulai dari 650 ribu sampai 875 ribu permalamnya. Untuk pilihan kamarnya ada yang satu tempat tidur muar dua orang dan ada juga kamar dengan dua tempat tidur berkapasitas empat orang.

Tips Aman Liburan ke Pantai Pangandaran

Sebagai wisatawan tentunya kamu ingin tetap aman. Untuk itulah agar liburanmu di pantai Pangandaran berjalan aman dan menyenangkan maka bisa menyimak dulu tips yang ada di bawah ini:

Memperhatikan Cuaca

Sebelum melakukan kegiatan di pantai Pangandaran sebaiknya kamu memperhatikan cuaca. Jangan terlalu lama berjemur di bawah terik matahari. Kamu juga harus membawa topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jika cuaca sedang buruk seperti angin kencang atau hujan kamu harus segera menjauh dari bibir pantai dan cari tempat berteduh.

Jagalah Barang Berharga

Meski dalam suasana liburan kamu harus selalu memperhatikan barang berharga. Jangan pernah meningalkan barang berharga di pantai atau dalam mobil tanpa pengawasan. Selain itu usahakan untuk menyimpan barang berharga di tempat yang aman.

Patuhi Aturan yang Ada

Mematuhi aturan yang ada di Pantai Pangandaran menjadi sangat penting demi keamanan diri kamu sendiri. Ingat jangan pernah merusak lingkungan pantai dengan buang sampah sembarangan atau melakukan kegiatan yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Mematuhi Petunjuk dari Petugas Pantai

Petugas yang ada di Pantai Pangandaran selalu siap membantu dan memberi petunjuk untuk pada pengunjung. Oleh karena itu kamu harus mematuhi dan mengikuti petunjuk tersebut. Apalagi dalam hal petunjuk keselamatan dan kenyamanan selama di area pantai.

Dengan menyimak dan mengikuti tips diatas maka kamu akan lebih menikmati liburan ke Pantai Pangandaran. Selain itu keselamatan diri juga akan lebih terjamin.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments