setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

5 Wisata Jogja Malam Hari di Dalam Kota

Wisata Jogja Malam Hari
Rate this post
Rate this post

Ada beberapa tempat wisata Jogja malam hari yang menarik di dalam kota Jogja. Jika Anda tidak ingin bepergian jauh dari kota, cukup dengan menikmati beberapa pusat keramaian sebagai berikut untuk ber-wisata di Jogja:

Wisata Malam Hari di Jogja Kota

Malioboro

Spot Wisata Jogja Dekat Malioboro
Spot Wisata Jogja Dekat Malioboro

Terkenal sebagai tempat wisata paling hits di Jogja, Malioboro tidak hanya ramai wisatawan pada siang hari. Semakin malam, kawasan yang terkenal dengan wisata belanja dan kulinernya ini pun semakin memanjakan mata dan lidah para wisatawan yang datang. Oleh karena itu, Malioboro patut sebagai wisata Jogja malam hari yang paling rekomended.

Saat ini jalanan Malioboro telah direncanakan bebas dari kendaraan sehingga wisatawan dapat menikmati atraksi pertunjukan pentas seni hingga tari-tarian. Pemerintah kota juga telah melakukan penataan dengan memperlebar jalur pejalan kaki dan menambah bangku-bangku di pinggir jalan raya untuk membuat jalur yang ramah pejalan kaki.

Taman Pelangi

Taman ini merupakan bagian dari Monumen Jogja Kembali. Monumen tersebut merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuan didirikannya adalah untuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah mengorbankan jiwa raga dalam merebut kemerdekaan.

Yang unik di malam hari adalah taman pelangi dengan hiasan lampion berwarna warni dari merah, kuning, biru, ungu, dan lain sebagainya. Warna dari kerlap-kerlip lampu tersebut menambah semarak suasana taman dan kota Jogja. Banyak wisatawan yang datang pada malam hari untuk menikmati taman ini dan sekedar berfoto bersama kawan atau keluarga.

Kilometer Nol

Wisata Jogja Kota
Titik Nol Jogja by instagram.com/ferdie_uchiha

Selain Malioboro, titik kilometer nol juga sangat terkenal akan kehidupan malamnya. Kawasan ini terletak di persimpangan jalan K.H Ahmad Dahlan dan jalan Ahmad Yani. Di wisata Jogja malam hari yang selalu ramai ini, terdapat beberapa gedung bersejarah yang fungsinya digunakan sebagai Bank BNI 46, Kantor Pos, Gedung Agung, dan gedung yang lainnya. Kawasan ini biasa disebut loji.

Saat ini kawasan nol kilometer Jogja sering digunakan oleh para seniman jalanan lokal untuk mempertunjukkan kebolehannya kepada para pengunjung dan wisatawan yang berada di titik ini. Tidak jarang juga ada pagelaran seni dan budaya yang dapat dinikmati oleh wisatawan sebagai bagian dari wisata malam Jogjakarta.

Wisata Menarik Lainnya :  Telusur Jejak Peradaban Wisata Candi Prambanan

Plengkung Gading

Wisata Jogja malam hari Plengkung Gading merupakan sebuah pintu masuk yang sarat dengan mitos dan makna bagi keraton dan masyarakat Jogja. Arsitekturnya cukup unik dan menarik karena merupakan gabungan dari arsitektur Belanda dan Jawa. Sultan Jogja yang masih hidup tidak boleh melewati pintu ini karena akan membawa kesialan. Sultan dapat menggunakan plengkung atau pintu lainnya apabila ingin masuk ke dalam keraton.

Saat ini, banyak masyarakat berkumpul di depan plengkung gading karena merupakan titik yang menarik untuk berfoto. Gaya arsitektur yang khas dilengkapi dengan lampu-lampu pada malam hari menambah kesan artistik dan tempo dulu di kawasan ini.

Tugu Jogja

Tugu Jogja
foto: instagram.com/kabarjogja

Jangan bingung antara tugu Jogja dan titik nol kilometer. Tugu Jogja adalah monumen yang dibangun sebagai batas antara gunung Merapi, Keraton Jogja, dan pantai Kidul. Ketiga elemen ini sangat dipercaya membawa keseimbangan bagi kota Jogja. Maka dari itulah tugu ini juga merupakan ikon kota Jogja serta rekomendasi Wisata Jogja malam hari yang ikonik.

Kawasan tugu Jogja memang sangat ramai dan cenderung macet. Akan tetapi banyak wisatawan yang berjalan kaki di sekitar tugu ini dan berfoto dengan latar belakang tugu yang menjulang juga lampu-lampu jalan di malam hari. Di sekitar sini juga terdapat wisata kuliner berupa kopi arang dan jajanan lainnya sehingga memanjakan pengunjung yang datang.

Wisata Malam Hari di Luar Kota Jogja

Jika Anda bosan dengan suasana kota Jogja, ada baiknya pergi keluar kawasan kota dan menikmati udara segar di ketinggian. Ada beberapa alternatif wisata yang menarik yaitu:

Bukit Bintang

Adalah bukit yang terletak di arah timur dari pusat kota tepatnya di jalan raya antara Jogjakarta dan Wonosari. Bukit ini menawarkan wisata pemandangan kerlap kerlip lampu kota Jogja yang dipandang dari kejauhan di atas bukit. Udaranya juga lumayan dingin terlebih lagi di malam hari. Akan tetapi banyak pengunjung yang datang kesini untuk menikmati sejuknya udara pegunungan sambil berbincang dengan kawan ataupun keluarga.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

Tidak menawarkan pemandangan indah, disini Anda juga dapat memesan makanan seperti jagung bakar, kopi, wedang ronde, mie instant, roti bakar, dan makanan ringan lainnya. Banyak warung-warung yang menyediakan tempat duduk dan pemandangan indah yang menjorok ke tebing. Kawasan ini sering disebut dengan bukit bintang karena lampu yang berkelap-kelip dilihat dari kejauhan seperti bintang.

Pintu Langit Dahromo

Kawasan wisata ini terletak di wilayah kawasan Bantul yaitu ke arah selatan dari kota Jogja meski masih cukup dekat dengan wilayah kota. Di kawasan ini terdapat tebing tinggi dan dibangun spot selfie yang digunakan untuk berfoto. Selain itu juga terdapat beberapa aksesoris lain seperti piano, meja, kursi, dan yang lainnya.

Jika Anda berfoto dengan latar belakang matahari tenggelam atau kerlip lampu di kejauhan maka akan terlihat seperti pintu yang melayang seperti benar-benar berada di antara pintu langit.

Tebing Breksi

Kawasan tebing ini berada di sebelah timur kota Jogja dekat dengan candi Prambanan. Kawasan ini dulunya merupakan tambang batu breksi yang terbengkalai dan dijadikan kawasan wisata. Daerah ini juga sudah dijadikan cagar budaya Indonesia. Dari sini Anda dapat melihat kawasan candi Prambanan, gunung Merapi, dan kota Yogyakarta.

Pahatan seni dan arsitektur di tebing juga sangat menarik dihiasi dengan lampu-lampu malam sangat cocok untuk spot foto.

Hutan Pinus Pengger

Wisata ini juga berada di kabupaten Bantul yang menawarkan spot Instagramable bagi pengunjungnya. Kawasan hutan pinus seperti rumah hobbit, tumpeng ranting, telapak tangan raksasa, menjadi salah satu titik selfie Instagramable.

Dengan latar belakang pemandangan lampu kota di kejauhan, spot tumpeng dari ranting kayu merupakan spot paling populer yang dijadikan objek foto karena pemandangannya sangat menawan.

Puncak Becici

Berada di kawasan Bantul membuat puncak Becici juga digemari oleh wisatawan. Disini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dengan latar belakang gunung Merapi dan Merbabu. Selain itu juga terdapat area berkemah yang cukup luas, hammock, tempat untuk melepaskan penat dan mencoba lebih dekat dengan alam.

Itulah beberapa wisata Jogja malam hari yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks