setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Wisata Bukit di Jogja Paling Eksotis dan Populer

Wisata Bukit di Jogja Paling Eksotis

Siapa tak kenal Jogja, kota pelajar yang juga jadi bukti sejarah masa lalu Indonesia dengan berbagai tempat wisata budayanya.

Tapi jangan salah, landscape daerah ini indahnya maksimal membuat objek wisata bukit di Jogja juga tak kalah mempesona. Apalagi untuk Anda yang sudah lelah dengan rutinitas pada di kota besar.

Dulu, mungkin yang banyak dikenal dari Jogja itu Jalan Malioboro, sebagai pusat seni dan aktivitas warga lokal. Tapi, seiring waktu masyarakat mulai memaksimalkan pengelolaan berbagai kawasan asri yang ternyata dicari bagi pelancong. Berikut ini beberapa diantaranya yang patut Anda singgahi.

Wisata Bukit di Jogja

Sebagai referensi terkini untuk Anda, ada tujuh tempat wisata yang mengandalkan pesona perbukitan Jogja. Bahkan saat ini jadi tempat nongkrong kaum millennial yang ingin sesuatu yang beda dari biasa.

Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit
foto: instagram.com/ayodolan

Tidak selamanya melihat pemandangan matahari terbenam yang indah, harus berada di tepi pantai. Suguhan berbeda akan Anda lihat saat berada di bukit Paralayang. Disana terlihat jelas pantai Parangtritis yang fenomenal itu, lengkap dengan suara deburan ombak dan suasana pantai yang menyenangkan.

Dari atas wisata bukit di Jogja satu ini juga Anda bisa uji nyali, dengan mencoba main paralayang yang didampingi oleh instruktur handal bagi pemula. Jika Anda penasaran ingin coba, tinggal sewa perlengkapannya dan bayar sekitar ratusan ribu. Kemudian Anda akan dibawa berkeliling langit di atas kawasan Parangtritis dan sekitarnya.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
foto: instagram.com/bukitteletubbiesjogja

Jika ingin berada di dunia Teletubbies bersama buah hati tercinta seperti halnya bukit Bukit Teletubbies Bromo yang Instagramable, bukit yang landscapenya mirip dengan perbukitan di film Teletubbies itu memang terlihat unik. Banyak hal juga yang bisa dilakukan disana, seperti masuk ke rumah empat boneka raksasa itu.

Untuk memaksimalkan kunjungan, jangan lupa sempatkan datang ke Desa Wisata yang ada di sekitar bukit. Jadi, luangkan waktu libur keluarga Anda untuk mengeksplorasi keelokan wisata bukit di Jogja yang satu ini. Soal biaya masuk sangat murah, jadi tak masalah jika Anda membawa keluarga besar.

Bukit Bintang

Bukit Bintang
foto: instagram.com/bukitbintang_official

Tempat wisata Bukit di Jogja ini satu komplek dengan kebun Srimulyo, Patuk, Gunungkidul. Anda bisa melihat langsung gemerlap kota Jogja di malam hari yang seperti dipenuhi bintang.

Kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing, buat Anda yang sedang banyak pikiran. Tinggal cari spot menarik di cafe perbukitan, kemudian habiskan waktu menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi hangat dan cemilan khas Jogja. Dijamin hati akan terasa lebih tenang!

Wisata Menarik Lainnya :  10 Tempat Wisata Bandung Barat yang Keren dan Mengagumkan

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
foto: instagram.com/bukitpangukkediwung

Masuk dalam daftar objek wisata new normal yang langsung melejit. Wisata bukit di Jogja yang viral ini, Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, awan dan mentari dalam waktu bersamaan. Apalagi kalau memilih duduk di gardu pandang, yang dibuat eksotis menghadap ke jurang di depan bukit.

Jika Anda beruntung, akan banyak momen fotografi yang bisa diabadikan dengan background terbaik di sana. Mulai dari panorama Imogiri dan Dlingo yang sangat menyejukkan mata, hingga matahari terbenam dengan sketsa sempurnanya tanpa campur tangan manusia.

Untuk mencapai lokasi bukit yang terletak di Bantul ini, Anda tak perlu susah karena jalanannya sudah diperindah dan nyaman dilewati. Selama berada disana, Anda juga bisa sewa fotografer untuk mengabadikan momen indah bersama orang tersayang.

Watu Mabur

Watu Mabur
foto: instagram.com/watumabur_camp

Kalau Anda ingin menikmati keindahan alam Jogja dari ketinggian, sambil merasakan sensasi hidup di alam terbuka maka Tebing Watu Mabur ini adalah jawabannya. Terletak di dekat Hutan Pinus Mangunan, tebing ini mampu memberikan pesona wisata alam terbaik.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa tenda untuk camping di sekitar tebing. Dijamin aman dan tentunya memberikan kesan berbeda pada liburan Anda nanti. Suasana malam sambil bersenda gurau dengan teman atau kerabat, akan jadi momen spesial tak terlupakan saat melakukan aktifitas wisata bukit di Jogja ini.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen, di sejumlah spot fotografi yang instagramable disana. Dijamin hasilnya akan membuat banyak orang takjub, apalagi kalau Anda posting di media sosial.

Jurang Tembelan

Apa yang beda disini? Salah satunya adalah sensasi berada di kapal pesiar, karena pengelola membuat miniatur kapal yang bisa dijadikan spot foto. Pemandangan yang terlihat sebagai background juga sangat menakjubkan.

Jadi, tak sia-sia Anda menghabiskan waktu cukup lama dari Jogja menuju lokasi jurang wisata ini. Yang terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul. Sekali datang, pastinya akan membuat rindu untuk selalu mampir jika Anda melancong ke Jogja.

Pinus Pengger

Pinus Pengger
foto: instagram.com/pinuspengger

Jika ingin melihat sisi romantis dan eksotis Jogja di malam hari, Pinus Pengger bisa jadi pilihan. Wisata bukit di Jogja dengan tema hutan ini tersedia beberapa spot romantis dengan pemandangan alam di sekitarnya. Jika beruntung, Anda bisa menikmati duduk di “sarang burung” raksasa sambil menikmati indahnya malam Jogja khususnya daerah Bantul.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Rajekwesi Bojonegoro, Taman Asri Cocok Untuk Rekreasi

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda cukup bayar beberapa ribu saja untuk menikmati indahnya lokasi ini sepuas yang diinginkan.

Bukit Kosakora

Lain lagi destinasi yang satu ini, terletak di dekat Pantai Drini, Ngetisrejo, Tanjungsari, Gunungkidul memberikan nuansa panorama pantai yang bisa dilihat dari ketinggian. Dengan pengelolaan yang ciamik, Anda pastinya akan betah berlama-lama disana.

Wisata bukit di Jogja kali ini memiliki fasilitas tenda khusus untuk beristirahat, spot foto romantis bersama pasangan. Hingga fasilitas tenda jika Anda mau menghabiskan malam di sana, karena pastinya seru berada di alam terbuka yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Tips Wisata ke Bukit-Bukit Indah di Jogja

Untuk ber wisata bukit di Jogja, Anda perlu melakukan persiapan agar perjalanan lancar dan selama disana bisa benar -benar menikmati waktu semaksimal mungkin.

  • Pastikan Lokasi

Berhubung kebanyakan lokasinya butuh perjuangan untuk bisa dicapai. Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah tahu jalan menuju lokasi, jadi tidak akan tersesat saat menuju kesana. Bisa dengan searching rute tepatnya melalui internet atau bertanya kepada orang lokal.

Jangan lupa bawa peta lokasi atau aktifkan google map untuk menunjang kenyamanan perjalanan dari awal hingga sampai di lokasi bukit yang dituju.

  • Bawa Bekal

Pastikan untuk membawa bekal yang cukup, apalagi kalau jarak tempuh menuju lokasi terbilang jauh. Selain itu, bawa juga bekal untuk dinikmati selama berada di tempat wisata tersebut. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali kesana, tentu belum hafal dimana bisa membeli makanan dan minuman yang sesuai selera.

  • Bawa Perlengkapan Pendukung

Perlengkapan yang dimaksud mulai dari kantong kresek untuk tempat sampah, kamera untuk mengabadikan momen spesial selama disana. Hingga tenda sendiri dan semua alat pendukungnya, jika Anda ingin menghabiskan malam di area perbukitan. Akan lebih hemat ketimbang harus sewa tenda atau pakai jasa fotografer bukan?

  • Berangkat Pagi

Usahakan untuk berangkat pagi, supaya Anda punya waktu yang cukup untuk berwisata disana. Apalagi kalau Anda memilih perbukitan yang jaraknya jauh dari pusat Kota Jogja. Jika terlalu siang, tentu hanya beberapa jam saja yang bisa dimanfaatkan disana.

Sudah siap untuk berpetualang ke tempat wisata bukit di Jogja? Ayo pesan tiketnya, tetap patuhi protokol kesehatan dan nikmati liburan di alam yang tentunya menyehatkan dan akan memberikan pengalaman luar biasa bagi Anda.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks