setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Keren! Inilah 6 Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Taman Nasional Baluran - Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Tempat wisata Indonesia yang mirip luar negeri akan kita ulas pada artikel kali ini. Tentu kita tahu, Indonesia yang merupakan negara kepulauan mempunyai banyak sekali tempat wisata. Berbagai tempat wisata ini memiliki keunikan masing-masing yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Bahkan, diantaranya ada yang mirip dengan tempat wisata yang ada di luar lho. Yuk, cari tahu di bawah ini!

Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Apakah kamu sedang ingin berwisata ke luar negeri? Berbagai tempat wisata di luar negeri memang terlihat menakjubkan. Rasanya pasti sangat menyenangkan bisa mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Eits, tunggu dulu. Kamu bisa menikmati nuansa yang hampir sama tanpa perlu ke luar negeri. Berikut ini adalah daftar tempat wisata mirip dengan luar negeri yang mungkin membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya.

Kawah Putih, Bandung (Danau Rotorua, Selandia Baru)

Kawah Putih Bandung - Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri
foto: instagram.com/cassiegallyot

Berlokasi di Jl. Raya Ciwidey Patengan Km 11 Bandung, Kawah Putih sebagai wisata Indonesia yang mirip luar negeri disebut-sebut mirip dengan Danau Rotorua yang ada di Selandia Baru. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari Gunung Patuha yang meletus pada abad ke-10 dan ke-12. Di sekelilingnya terdapat pasir putih yang berasap dan kadang-kadang terjadi letupan lumpur hidup.

Air yang bercampur belerang membuat ari danau kawah putih berwarna putih kehijauan. Namun, warna ini bisa berubah-ubah, kadang-kadang berwarna putih berkabut, coklat susu, kebiru-biruan, hingga hijau apel. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh kadar belerang, suhu dan cuaca di sekitarnya.

Untuk bisa memasuki kawasan kawah putih, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar 27.000 rupiah per orang. Di tempat ini terdapat beberapa spotmenarik yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto atau selfie. Salah satunya yaitu Sunan Ibu yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan melihat sunrise dari ketinggian.

Brown Canyon, Semarang (Grand Canyon, Amerika)

Brown Canyon Semarang - Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri
foto: instagram.com/potretbhinneka

Kamu pasti tahu, barisan tebing yang menakjubkan di Amerika. Ya, Grand Canyon. Di Indonesia ada lho, tempat yang mirip dengan Grand Canyon. Namanya Brown Canyon Semarang. Brown Canyon merupakan bekas pertambangan yang terbengkalai. Lokasi Brown Canyon berada di Semarang, tepatnya di Desa Rowosari, Tembalang.

Brown Canyon menyuguhkan pemandangan tebing dan bukit yang tinggi seperti Grand Canyon. Jika kamu datang pada saat musim hujan, kamu bisa menikmati pemandangan kolam alami yang terisi air hujan. Kolam ini menjadi primadona para wisatawan karena memang sangat indah dengan airnya yang berwarna kehijauan.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Sunrise dan Sunset di Gunung Gamping Tawangmangu

Untuk bisa masuk ke lokasi Brown Canyon kau hanya perlu membayar tiket masuk 5.000 rupiah saja. Murah sekali, bukan? Kemudian kamu bebas berfoto ria dengan pemandangan bebatuan yang menjulang tinggi. Jika beruntung, kamu bisa memperoleh foto dengan background sunset di antara tebing tinggi yang indah.

Pantai Ora, Maluku (Maladewa)

Pantai Ora Maluku - Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri
foto: instagram.com/victoriatravel8

Kota Maluku terkenal dengan pemandangan pantainya yang sangat indah dan menawan. Dari jajaran pantai yang dimiliki, Pantai Ora merupakan salah satu pantai yang paling cantik dengan air lautnya yang sangat jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat batuan karang dari atas. Sehingga kamu bisa dengan mudah melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Pantai Ora memiliki pasir putih yang bersih. Banyaknya terumbu karang dan biota laut membuat pantai ini menarik untuk diselami. Di tambah lagi, terdapat banyak penginapan yang memang sengaja dibangun di atas air. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang beranggapan bahwa Pantai Ora sebagai wisata Indonesia yang mirip luar negeri ini mempunyai nuansa yang hampir sama dengan Maladewa.

Lokasi Pantai Ora berada di Pulau Seram, Maluku Tengah. Untuk menuju ke tempat wisata ini memang tidaklah mudah. Kamu perlu berganti-ganti transportasi dan membutuhkan waktu yang agak alam pula. Meski begitu, pemandangan yang disuguhkan di Pantai Ora tidak mengecewakan. Bahkan, akan sangat menyenangkan bila menginap beberapa hari di sana.

Taman Nasional Baluran (Maasai Mara, Kenya)

Taman Nasional Baluran - Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri
foto: instagram.com/iselfricella

Taman Nasional Baluran terletak di Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Dengan luas wilayah mencapai 25 hektar, taman ini terdiri dari berbagai tipe hutan. Diantaranya seperti hutan pantai, hutan mangrove, hutan musim, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, serta savana. Di dalamnya terdapat banyak sekali hewan liar yang hidup dengan bebas.

Jika kamu mengunjungi Wisata Indonesia yang mirip luar negeri Taman Nasional Baluran, maka kamu akan seolah-olah berada di Afrika. Ya, Afrika yang terkenal dengan alam liar dan berbagai jenis binatang. Kamu bisa menemukan berbagai binatang liar yang hidup di Taman Nasional Baluran. Seperti rusa, kerbau, macan tutul, kucing bakau, ular, monyet ekor panjang, bahkan burung merak juga ada.

Di musim kemarau, kamu bisa menikmati hamparan savana luas yang ditumbuhi rumput mengering berwarna keemasan. Padang savana ini luasnya mencapai 10.000 hektar. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa menikmati kegagahan Gunung Baluran yang sangat jelas terlihat. Tidak mengherankan jika orang-orang menyebut tempat ini sebagai Africa Van Java.

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri (Arc De Triomphe, Paris)

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri
foto: instagram.com/radio_jayakatwang

Tak perlu pergi jauh-jauh ke Paris jika kamu ingin berfoto di Arc De Triomphe. Di Kota Kediri, ada kok bangunan yang mirip, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Sama-sama sebagai monumen, kedua bangunan ini memiliki tujuan yang berbeda. Atas perintah Napoleon Bonaparte, Arc De Triomphe dibangun untuk mengenang pahlawan dan peristiwa revolusi.

Wisata Menarik Lainnya :  Stonehenge Merapi Jogja, Wisata Ala Mancanegara

Sedangkan Monumen Simpang Lima Gumul dibangun untuk menyatukan lima wilayah yang ada di Kabupaten Kediri. Pembangunan monumen ini terinspirasi dari ramalan Jongko Jojoboyo dan diresmikan pada tahun 2008. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang, perekonomian dan perdagangan di Kota Kediri ikut berkembang pesat.

Tahukah kamu? Ukuran dimensi bangunan Monumen Simpang Lima Gumul dibuat berdasarkan hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu tanggal 25 bulan 3 tahun 804 Masehi. Monumen Simpang Lima Gumul mempunyai tinggi bangunan 25 meter dan terdiri dari 6 lantai. Selain itu, terdapat 3 tangga sebagai penumpu dengan tinggi masing-masing 3 meter dari lantai dasar.

Raja Ampat, Papua Barat (Phi Phi Island, Thailand)

Menyelam di Pulau Mioskon Raja Ampat
foto: instagram.com/sinagamikhaa

Raja Ampat disebut-sebut mempunyai pemandangan yang mirip dengan Phi Phi Island di Thailand. Bahkan, banyak orang yang menilai bahwa Raja Ampat lebih indah dari Phi Phi Island. Raja Ampat menyuguhkan pemandangan laut dengan gugusan bukit karang. Jika kamu datang ke tempat ini, pasti akan terpukau dengan keindahannya yang seperti surga.

Raja Ampat memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Sebanyak tigaperempat biota laut di dunia ada di pulau ini lho. Maka dari itu, kamu wajib menyelam di perairan ini jika mengunjungi Raja Ampat. Spot terbaik untuk menyelam dan snorkeling berlokasi di Desa Arborek. Pasti kamu akan betah berlama-lama menikmati pemandangan bawah laut ini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana perkampungan yang indah. Cobalah untuk berinteraksi secara langsung dengan warga sekitar di sana. Mereka sangat ramah dan murah senyum. Mereka akan  dengan senang hati menyambut kedatanganmu dengan tangan terbuka. Tentunya hal ini membuat perjalanan wisata kamu lebih berkesan.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata Indonesia yang mirip luar negeri. Sebenarnya, masih ada banyak tujuan wisata yang memiliki kesamaan dengan negara lain. Bahkan, beberapa diantaranya lebih indah dan telah dikenal banyak wisatawan asing. Dengan banyaknya tujuan wisata dalam negeri, kita tidak perlu kerepotan pergi jauh-jauh ke luar ngeri.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks