10 Tempat Wisata di BalikPapan yang Paling Menarik untuk Dikunjungi

destinasi wisata di BalikPapan

Indonesia sangat luas dan setiap wilayah memiliki sesuatu yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut, termasuk Balikpapan. Area yang dikenal sebagai “Kota Minyak” ini tidak hanya terkenal karena industrinya tetapi juga memiliki alam yang indah.

Jika kamu berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, ada banyak destinasi wisata di BalikPapan yang dapat dikunjungi. Pilihan destinasinya mencakup danau, pantai, kota wisata, bukit, hingga waterpark. Untuk lebih jelasnya simak sepuluh tempat menarik di Balikpapan yang dapat kamu kunjungi. Supaya liburanmu lebih seru dan mengesankan pastikan untuk mempersiapkan semuanya dengan baik.

Daftar Tempat Wisata di Balikpapan

Salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur, Balikpapan menawarkan banyak tempat menarik untuk dikunjungi saat musim liburan. Berikut daftar lengkapnya:

Pantai Kemala

Siapa yang semalam beruntung lihat langsung gerhana bulan envy
Instagram.com/balikpapan_city

Balikpapan memiliki pantai yang indah, yang merupakan salah satu daya tarik destinasi wisata di BalikPapan. Selain itu, salah satu pantai yang bagus dan instagramable di Kalimantan Timur adalah Pantai Kemala Beach. Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan suasana yang hidup dengan banyak orang yang datang ke tempat ini.

Kamu juga dapat mecoba berbagai kegiatan menari di sekitar Pantai Kemala. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Misalnya saja seperti berjalan-jalan di tepi pantai, melihat matahari terbenam, beristirahat di beanbag, atau makan makanan lokal.

Agar lebih seru kamu juga bisa bermain pasir disekitar pingiran pantai. Untuk yang jago atau hobir renang maka bisa juga berenang di Pantai ini. Menariknya lagi kamu tidak hanya dapat bermain pasir dan berenang di pantai ini namun juga harus mencoba berbagai watersport yang ada.

Hal ini karena tempat wisata di Balikpapan ini juga menawarkan berbagai jenis watersport, seperti banana boat, jet ski, dan flying fox. Apalagi biayanya juga tidaklah mahal. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 25.000/orang saja untuk watersport ini.

Perlu diingat khusus flying fox hanya untuk anak-anak. Untuk banana boat hanya dapat diakses pada sore hari sekitar pukul 16:00. Dan tidak ada tempat khusus di mana kamu dapat membeli tiket banana boatnya. Kamu hanya perlu bertemu dengan orang yang membuat banana boat kemudian mendaftar sebagai penumpang.

Jika sudah mendaftar biasanya kamu perlu menunggu sampai yang lainnya terkumpul biasanya sekitar 6 orangan.Setelah enam orang menjadi penumpang maka kamu baru bisa menikmati petualangan di atas banana boat yang ditarik dengan speed boat di sekitar Pantai Kemala. Oleh karena itu kamu harus bersabar karena bisa jadi setelah mendaftar tak langsung bisa menikmati banana boat.

Pantai Lamaru

a
Instagram.com/the.tandjungs

Pantai Lamaru Balikpapan Timur adalah tempat wisata pantai populer lainnya. Pantai ini tenang dan tidak ramai karena berada di pinggiran kota Balikpapan Timur. Pantai Lamaru memiliki daya tariknya sendiri salah satunya yaitu keberadaan pohon cemara. Deretan pohon ini adalah salah satu pesonanya yang menakjubkan.

Di sepanjang pantai, pohon cemara hijau yang rindang dan menjulang memberikan suasana yang sejuk dan teduh. Ini menambah keindahan panorama pantai dengan hijau segar yang kontras dengan pasir putih pantai dan air laut yang biru. Pengunjung seringkali menggunakan pohon cemara ini sebagai tempat berteduh untuk menikmati pemandangan pantai yang menawan.

Pantai Lamaru juga memiliki pasir putih yang indah yang memikat. Pasir putihnya yang lembut dan halus sangat cocok untuk jalan-jalan atau berjemur di tepi pantai. Karena air laut Lamaru dangkal dan jernih, ini adalah tempat yang bagus untuk kamu yang suka berenang atau main air.

Kamu juga dapat mencoba wahana permainan yang ada di sini jika cuaca tidak memungkinkan untuk bermain di pantai. Banyak wahana yang menyenangkan, seperti kereta gandeng, ATV, car golf, dan wahana outbound, tersedia untukmu.

Selain itu hutan cemaranya sangat luas dan memiliki semua fasilitas yang diperlukan, sehingga sangat cocok untuk acara pertemuan keluarga atau karyawan. Untuk itulah tempat wisata di Balikpapan ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, orang terdekat maupun acara dengan rekan kerja.

Pantai Mentawai

b
Instagram.com/tadahlia

Pantai Melawai adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Balikpapan. Bahkan pantai yang satu ini Ini menjadi ikon bagi para pemuda yang tinggal di Balikpapan dan turis di pulau Kalimantan Indonesia. Tempat ini terkenal karena lokasinya yang mudah diakses dan pemandangan khas Balikpapan yang terlihat setiap hari, seolah-olah pantai ini adalah representasi langsung dari Kota Balikpapan.

Banyak aktivitas yang terjadi di sekitar pantai ini, serta berbagai fasilitas dan bangunan, membentuk cerminan itu. Jika melihat ke arah laut kamu akan melihat banyak kapal dari berbagai jenis dan ukuran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal tanker. Di Pelabuhan Semayang juga terjadi bongkar muat.

Sebaliknya jika melihat ke arah daratan kamu akan melihat ramainya lalu lintas yang melintasi Jalan Jendral Sudirman di mana pantai ini berada. Gedung-gedung dan kantor perusahaan tambang, hotel, kafe, dan bangunan lainnya tumbuh subur di sekitar pantai Melawai, membuatnya unik dan sulit untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Balikpapan ini sendiri memang tidak sepenuhnya berupa pantai dengan pasir putih dan landai. Sebaliknya, bibir laut pantai dibatasi oleh batu karang dan dinding beton yang terlintas di atas jalur transportasi darat. Meski begitu keberadaannya yang ada di teluk kecil membuatnya memiliki banyak pemandangan indah salah satunya adalah sunset.

Selain sunset yang indah di sekitar pantai inikamu akan melihat pulau kecil yang disebut Pulau Tukung atau Pulau Babi karena ada banyak bulu babi di sana. Kamu juga dapat berjalan kaki ke pulau ini jika air sedang surut karena letaknya dekat.

Apabila lapar kamu juga tak perlu khawatir. Hal ini karena ada banyak kafe di Pantai Melawai menawarkan berbagai makanan ringan hingga menu makan malam yang lengkap, yang membuat suasana malam menjadi lebih baik.

Danau Cermin Lamaru

c
Instagram.com/alrizza01

Selain eksotisme pantainya, terdapat danau mempersona yaitu Danau Cermin Lamaru yang bisa kamu kunjungi. Danau ini terletak di Lamaru Balikpapan. Dahulu danau ini adalah bekas tambang yang seiring waktu terisi oleh air hujan menciptakan suatu keindahan alam yang unik.

Saat ke Danau Cermin Lamaru kamu bisa menyaksikan kejernihan airnya yang memperlihatkan refleksi indah pohon-pohon di sekelilingnya. Tak heran jika destinasi ini begitu menarik untuk dikunjungi. Di tepi danau, terdapat bukit yang bisa diakses untuk menikmati panorama luar biasa dari danau dan hutan di sekitarnya.

Tempat wisata di Balikpapan juga menjadi habitat bagi beragam flora dan fauna sehingga mampu memberikan pengalaman eksplorasi yang kaya akan keanekaragaman hayati. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan wisata air seperti naik perahu, berenang, atau sekadar bersantai di tepi danau.

Untuk kamu yang memiliki hobi fotografi, tempat wisata ini juga bisa dijadikan latar belakang foto yang bagus. Ada banyak spot yang indah dan cocok untuk mempercantik fotomu. Demi kenyamanan para pengunjung wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Bahkan fasilitas tempat wisata di Balikpapan ini terbilang cukup lengkap. Adapun fasilitas tersebut meliputi tempat parkir, toilet, warung, restoran, serta area istirahat dan tempat duduk. Jika kamu berencana menginap, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang nyaman seperti Hotel Cermin Lamaru, Losmen Danau Cermin, dan Home Stay.

Bukit Batu Dinding

d
Instagram.com/mmh_photo_video

Apabila kamu bosan dengan wisata alam seperti pantai atau yang bernuansa air maka bukit Batu Dinding bisa menjadi pilihan. Bukit Batu Dinding, yang terletak di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, di Jalan Soekarno-Hatta Kilometer 45. Bukit ini memiliki panjang 150 meter dan tinggi 125 meter.

Pengalaman menakjubkan di atas bukit yang dikelilingi oleh hutan serta pemandangan hutan yang tenang dan menyenangkan tersedia di Bukit Batu Dinding. Menikmati pesona matahari terbit dan terbenam adalah kegiatan menarik yang wajib kamu coba saat berkunjung ke wisata ini.

Namun jika kamu memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata di Balikpapan ini maka harus memastikan dalam kondisi fisik yang baik. Hal ini dilakukan karena untuk menuju bukit ini butuh usaha dan kekuatan fisik yang ekstra layaknya mendaki gunung.

Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang tepat karena jalan menuju lokasi tersebut tergolong sulit dan agak licin, terutama setelah mendaki. Untuk itulah kamu juga harus ekstra hati-hati agar tetap aman. Sebagai informasi jika jarak dari pusat Kota Balikpapan ke Bukit Batu Dinding adalah 47 kilometer dan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Kampung Atas Air

e
Instagram.com/jelantah.id

Selain itu ada tempat wisata di Balikpapan yang unik lainnya. Ini adalah Kampung Atas Air, yang menarik karena tidak seperti kampung biasa. Seperti namanya lokasi tempat wisata di Balikpapan ini adalah mengapung di atas air. Kampung Atas Air tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan.

Kamu hanya perlu menempuh jarak 5 km saja dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit. Kampung Atas Air terletak di atas permukaan air laut, di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat. Luasnya sekitar 6,7 hektar.

Menariknya lagi kampung ini juga membantu Balikpapan mendapatkan penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) 2013. Meski berupa kampung namun wisata ini menawarkan berbagai kegiatan menarik yang patut dicoba.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu coba adalah melihat bakau atau keindahan kampung dari jembatan beton di belakang kampung. Jika hobi renang maka kamu juga bisa berenang. Adapun bila ingin sekadar berkeliling kampung sambil melihat pemandangan matahari terbenam yang indah juga bisa.

Terdapat gazebo dekat jembatan beton yang digunakan warga kampung untuk berjualan aneka kuliner khas. Jadi kamu juga bisa sekalian wisata kuliner dengan mencicipi makanan yang dijajakan oleh warga kampung ini.

Selain itu ada jembatan kayu ulin yang indah yang menjadi jalan utama kampung ini. Wisatawan sering mengambil foto di jembatan ini. Oleh karena itu kamu juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk berfoto di jembatan ini juga.

Taman Tiga Generasi

Raid Day
Instagram.com/eko_ferdi_09

Tempat wisata lain di Balikpapan adalah Taman Tiga Generasi. Taman tiga generasi dirancang untuk menarik pengunjung muda dengan tema yang lebih modern. Memenuhi kebutuhan warga lokal akan ruang hijau terbuka adalah tujuan utama pembangunan destinasi wisata ini. Namun, sarana dan fasilitas yang diberikan semakin berkembang seiring dengan waktu.

Lokasi ini memiliki banyak fasilitas tambahan selain tampilan taman yang tertata rapi. Taman bunga yang indah dengan banyak pohon rindang dan rumput hijau. Ada gazebo dan tempat beristirahat. Selain itu, Taman 3 Generasi Balikpapan memiliki Pustaka Buku yang dibuat oleh PT Sarana Multi Infrastruktur dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa.

Pustaka Baca terbuat dari kontainer berukuran dua puluh kaki yang dirancang untuk terlihat seperti perpustakaan. Setidaknya ada kurang lebih 200 buku di sini, yang mencakup berbagai genre, mulai dari buku bacaan hingga buku cerita. Di Taman 3 Generasi kamu dapat bersantai dan membaca buku dengan nyaman. Karena itu, kontainer Reading Library sudah dilengkapi dengan AC.

Tempat wisata di Balikpapan ini juga menawarkan ruang olahraga luar ruangan dengan peralatan olahraga untuk kamu yang suka berolahraga. Apabila kamu datang ke sini maka dapat memanfaatkannya dengan bebas. Rasakan sensasi berolahraga di lingkungan hijau dengan pepohonan dan tanaman yang menghasilkan udara segar.

Berolahraga di luar ruangan pasti sangat menguntungkan karena tubuh kita akan mendapatkan vitamin D dan cuaca panas akan membuat kita membakar lebih banyak kalori. Gym luar ruangan Taman Tiga Generasi di Balikpapan adalah pilihan lain untuk berolahraga bersama keluarga. Selain itu, ada jalur yang cocok untuk jogging atau jalan santai.

Khusus untuk anak, taman seluas 1,5 hektare ini memiliki taman bermain anak-anak dengan berbagai wahana. Jungkat-jungkit, ayunan, dan banyak lagi. Jika

kamu ingin mengajak anak untuk bermain di sini, lebih baik datang pada pagi atau sore hari agar mereka tidak terpapar panas matahari.

Carribean Waterpark

berbagai ornamen dan wahana peluncuran air caribbean waterpark 768x537 1
Google Maps/Nursam Mr.

Carribean Waterpark Balikpapan menawarkan konsep taman air unik. Wisata di Balikpapan ini adalah tempat rekreasi keluarga yang ideal dengan tema kepulauan Karibia. Berbagai wahana permainan air dan kolam menawarkan berbagai keseruan.

TEmpat wisata di Balikpapan ini juga memiliki konsep yang jelas dari berbagai wahana, struktur, dan dekorasi lainnya. Sehingga wisata ini mampu membuat orang merasa seperti berada di tengah pulau karibia dengan bajak laut. Tema ini pasti akan menarik anak-anak. Selain itu, lokasi ini menawarkan banyak wahana rekreasi.

Di antara wahana tersebut adalah Carribean Castel, yang merupakan wahana water slide atau perosotan spiral. Jika ingin menciba wahana ini maka kamu harus naik ke menara bertema bajak laut setinggi 12 meter untuk memulai perosotan, yang memiliki dua perosotan pipa yang sangat menantang karena selain tinggi juga sangat curam.

Ada juga Bowl Bucket. Apa yang membuat ember tumpah menjadi wahana yang sangat menarik adalah atraksinya. Orang-orang yang suka bermain di waterpark mungkin ingin mencoba wahana ini. Di Caribbean Waterpark Balikpapan, ada wahana ember tumpah yang terletak di antara dua menara Istana Karibia.

Efek tumpahan air yang kuat dari ember besar yang berada di ketinggian dua belas meter membuatnya lebih seru. Tak hanya itu saja, wisata ini juga memiliki wahana Sliding Race. Wahana ini terdiri dari tiga perosotan lurus yang berdekatan dengan jalur panjang yang bergelombang.

Kamu dapat mencoba meluncur dari ketinggian belasan meter. Karena meluncur dengan deras dan terombang ambing, itu pasti membuatnya lebih sulit. Di tempat ini kamu juga akan menemukan wahana Bola Air untuk melengkapi permainan yang ada.

Wahana ini memungkinkan pengunjung masuk ke dalam bola raksasa dan terapung di atas air kolam. Permainan ini sangat menyenangkan karena tidak hanya mencoba berdiri di dalam bola yang sulit, tetapi juga mencoba berjalan untuk menggerakkan bola.

Apabila kamu yang ingin menikmati bermain di water park ini tidak perlu khawatir akan membayar mahal. Hal ini karena tiket Caribbean Waterpark Balikpapan sangat terjangkau mulai dari Rp25.000 hingga Rp30.000 saja. Selain terjangkau waterpark ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kenyamanan. Misalkan fasilitas area parkir memiliki area yang luas dan aman yang dapat menampung hingga 300 mobil dan 750 motor. Waterpark ini menyediakan juga fasilitas tambahan dengan kondisi baik dan memadai, termasuk gazebo santai, toilet, kamar basuh, loker penyimpanan barang, ruang kesehatan, dan foodcourt.

Kampung Pinisi

193171506 318568693041613 6987829019547632496 n
Instagram.com/ysfkwn

Jika Malang memiliki Kampung Warna-warni, Yogyakarta memiliki Kampung Kode, dan Balikpapan tidak kalah. Ya, kota yang terkenal dengan minyaknya ternyata memiliki kampung warna warni yang dikenal dengan Kampung Pinisi.

Perlu kamu tahu jika kampung Pinisi yang sekarang menjadi tempat wisata baru di Balikpapan, dulunya adalah tempat yang kumuh. Bahkan pada tahun 2008 lalu, Kampung Pinisi sempat terbakar hingga semuanya hancur. Setengah warga pindah ke pemukiman setelah kebakaran, dan sebagian lainnya pindah ke tempat lain. Dan kesamaan nasib membuat penduduk kompak memperbaiki kampung.

Mereka awalnya berusaha menghindari pembuangan sampah, mendaur ulang sampah bekas, dan pada bulan Agustus lalu beberapa orang berinisiatif untuk mengadakan lomba kebersihan dan keindahan blok. Akhirnya, komunitas membuat komunitas warna sendiri. Masyarakat Balikpapan akhirnya memilih Kampung Pinisi sebagai salah satu tempat wisata favorit mereka.

Kampung Pinisi Balikpapan berbeda dari kampung warna warni lainnya. Perbedaan tersebut ada pada tema yang diusung oleh Kampung Pinisi yaitu biota bawah laut. Sebagian besar lukisan mural di tempat wisata ini bertema ikan dan laut. Hal ini tentunya wajar mengingat lokasinya di pinggir Pantai Klandasan.

Kendati demikian tidak semua gambar atau mural yang ada di kampung ini memiliki nuansa ikan maupun lautan. Jadi ada juga yang tema seperti sayap burung dan angkasa. Mereka menggunakan barang bekas untuk membuat hiasan yang menarik, yang merupakan satu hal lagi yang menarik. Itu juga yang membuat Kampung Pinisi lebih unik.

Tertarik untuk mengunjungi Kampung Pinisi yang terletak di Balikpapan ini? Alamatnya terletak di daerah Klandasan Ilir, yang berada di wilayah Balikpapan Selatan. Pemukimannya berada di pinggir Pantai Klandasan, jadi kamu bisa menikmati suasana pantai yang menenangkan sembari melihat warna-warna yang cantik.

Selain itu, tidak ada jam khusus atau operasional di destinasi wisata di BalikPapan ini. Dengan begitu kamu bisa datang berkunjung kapan saja. Namun jika ingin mendapat hasil foto yang lebih bagus sangat disarankan untuk datang saat siang.

Waduk Manggar

f
Instagram.com/gidget15

Bendungan atau waduk adalah kolam besar yang digunakan untuk menyimpan air ketika musim hujan datang. Selain berfungsi sebagai penampung air waduk juga dapat digunakan sebagai tempat rekreasi untuk bersantai dan melepas penat. Waduk Manggar adalah salah satu tempat wisata di Balikpapan favorit pengunjung.

Waduk ini tidak jauh dari pusat kota Balikpapan, sehingga suasana di sekitarnya lebih tenang dan tenang. Selain itu, lokasinya dekat dengan hutan, sehingga udaranya tetap sejuk dan bersih. Berbagai jenis tumbuhan hijau rindang mengelilingi waduk Manggar, menambah suasana alaminya.

Tidak diragukan lagi, bendungan ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Atmosfer wisata ini lebih asri dengan hembusan angin dan pepohonan di sekitarnya. Selain itu, gemercik air yang tenang dan pemandangan langit yang cerah dengan kicauan burung akan memberi pengunjung ketenangan tersendiri.

Selain memiliki tampilan yang memukau kamu akan disuguhkan dengan pesona waduk yang unik saat masuk ke dalamnya. Lokasi waduk yang tenang dengan pepohonan hijau di sekitarnya pasti akan menghilangkan stres. Untuk mengabadikan momen yang tak terlupakan bersama rombongan kamu bisa duduk dan melakukan swafoto di sekitar waduk.

Setelah kamu tiba di dekat waduk maka akan melihat air yang tenang dan luas. Namun, sayangnya, waduk ini cukup dalam sehingga pengunjung dilarang berenang di dalamnya untuk menjaga keselamatannya. Jadi, satu-satunya hal yang diizinkan untuk dilakukan di sini adalah hanya berdiri di sekitar waduk dan menikmati pemandangan dari kejauhan.

Selain itu, di sekitar waduk terdapat tempat camping dan tempat outbound yang seru yang sayang jika dilewatkan. Dengan demikian, tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama teman, keluarga, atau orang terdekat. Kamu juga dapat menikmati waktu dengan bermain permainan yang disediakan oleh pengelola yang dapat dimainkan dengan membayar sejumlah tarif.

Tips Liburan ke Tempat Wisata di Balikpapan

Sebelum kamu memutuskan untuk liburan ke salah satu tempat wisata di Balikpapan sebaiknya simak dulu tips liburan yang ada di bawah ini:

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Sebaik mungkin rencanakan liburan kamu ke Balikpapan. Jika bepergian ke Balikpapan kamu juga harus mempersiapkan diri. Adapun persiapan ini bisa berupa kondisi fisik, apa yang akan kamu bawa, dan kondisi kendaraan yang akan digunakan.

Kamu harus memiliki informasi sebanyak mungkin tentang Balikpapan selain menyiapkan perbekalan. Cari tahu tentang rute transportasi, tempat wisata, budaya, budget yang diperlukan dan hal lain yang mungkin menarik untuk diketahui.

Kamu dapat bertanya kepada teman atau keluarga yang berasal dari Balikpapan atau pernah pergi ke sana. Selain itu, ada banyak situs web yang dapat kamu akses untuk mendapatkan informasi akurat tentang Balikpapan.

Siapkan Uang Liburan

Jika kamu sudah mengetahui besaran budget yang diperlukan maka tips selanjutnya adalah mempersiapkan uangnya. Kamu bisa mulai menabung dari jauh-jauh hari. Sisihkan uang khusus untuk liburan ke destinasi wisata di BalikPapan.

Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Setelah uang liburan siap kamu bisa menentukan transportasi apa yang digunakan untuk menuju Balikpapan. Transportasi untuk menuju Balikpapan sendiri ada tiga opsi. Untuk opsi yang pertama adalah menggunakan transportasi udara yaitu pesawat.

Opsi ini juga termasuk pilihan sebagian besar turis karena merupakan cara yang lebih cepat dan mudah untuk sampai ke Balikpapan. Bandara Sepinggan adalah tempat semua penerbangan mendarat.

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menghubungkan Balikpapan ke kota-kota lain, seperti Batavia, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala, dan Sriwijaya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan transportasi lain yaitu naik kapal pelni.

Pelabuhan di Balikpapan adalah Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Karingau. Selain itu, waktu tempuh berkisar 25 jam, tergantung pada cuaca. Harga pelni dari Makasar adalah Rp.200.000 dan dari Surabaya adalah Rp.350.000.

Opsi terakhir yang bisa kamu pilih adalah jalur darat dengan mobil atau bus kota dari Samarinda, Bontang, dan Banjarmasin. Bus antar kota berhenti di terminal Batu Ampar di Balikpapan.

Dalam memilih transportasi yang digunakan ini tentunya tergantung dari preferensi pribadi dan harus disesuaikan dengan ketersediaan budget. Jadi antara satu orang dengan yang lainnya bisa berbeda.

Meski begitu tak bisa dipungkiri jika perjalanan liburan ke tempat wisata di Balikpapan akan menyenangkan. Bahkan bisa jadi liburanmu akan semakin berwarna jika berkunjung ke kota ini.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments