big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pesona Pantai Tembeling Yang Masih Jarang Dikunjungi di Nusa Penida

Pantai Tembeling

Membahas keindahan alam di Pulau Bali memang tidak pernah ada habisnya. Pulau Dewata selalu memiliki lokasi-lokasi fantastis yang tersembunyi dari radar para wisatawan, dan Pantai Tembeling adalah salah satunya.

Bicara mengenai Nusa Penida, kebanyakan akan mengunjungi Pantai Kelingking yang terkenal dengan bentuk tebingnya yang unik. Namun belum banyak yang mendengar tentang Pantai Tembeling. Mau tahu seindah apa pantai tersembunyi ini? Simak artikel wisata Bali berikut!

Sekilas Mengenai Pantai Tembeling

Pantai Tembeling atau Tembeling Beach and Forest merupakan salah satu wisata pantai yang sampai sekarang masih belum banyak mendapatkan perhatian dari mereka yang berkunjung ke Nusa Penida. Berbagi garis pantai dengan Kelingking Beach, Pantai Tembeling tidak kalah indahnya dibandingkan pantai-pantai lain di Nusa Penida.

Pantai Tembeling sendiri terletak di sebuah ceruk hingga wilayah pantainya sendiri tidak lebar. Namun pesona pantai ini terletak pada natural pool atau kolam alami yang berbatasan langsung dengan pantai hingga memberi kesan seperti infinity pool alami. Airnya sangat tenang, jernih, dan sejuk hingga cocok digunakan untuk berendam, terlebih setelah menempuh perjalanan cukup terjal untuk mencapai pantainya.

Pantai Tembeling ini sering dilabeli Tembeling Beach and Forest. Kenapa ada embel-embel forest (hutan) di belakangnya? Karena akses yang harus dilalui melewati pepohonan yang rimbun seperti hutan. Suasana teduh langsung terasa begitu menuruni tangga yang akan membawa kamu ke pantainya. Disarankan untuk pergi ke sini pagi hari karena tidak ada penerangan di sepanjang akses menuju pantainya jika kamu datang terlalu sore.

Selain natural pool, di sisi kanan sebelum menuju ke pantai ada goa kecil yang bisa kamu jelajahi. Goa ini memiliki banyak bebatuan karang dan telinga kamu akan dimanjakan oleh kerasnya deburan ombak yang menghantam karang-karang di sekitarnya. Kamu akan merasa sangat dekat dengan pantai.

Lokasi Pantai Tembeling

Pantai Tembeling berlokasi di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, tepatnya di Desa Batumadeg. Jika melihatnya di Google Maps, Tembeling Beach and Forest berada di sebelah selatan Pulau Nusa Penida.

Karena berada di Nusa Penida, maka kamu harus menyeberang terlebih dulu dari pelabuhan Sanur atau Padangbai (jika menggunakan motor). Sesampainya di sana, kamu bisa menggunakan Google Maps dan mencari Tembeling Beach and Forest.

Akses ke Pantai Tembeling

Perlu diperhatikan bahwa jarak antara tempat parkir ke pintu masuk Pantai Tembeling sekitar 5 kilometer. Tergantung kecepatan kamu berjalan dan kondisi tubuh, rata-rata membutuhkan 30-45 menit untuk sampai di pintu masuk. Pastikan kamu membawa persediaan air yang cukup, ya?

Jika kamu jago naik motor dan biasa melewati medan-medan yang ekstrem, kamu bisa membawa sepeda motor kamu turun hingga ke pintu masuk sebelum menuruni tangga menuju ke pantai. Kemiringan tanjakan dan turunannya cukup curam dan licin, sementara jalannya juga tidak lebar hingga kamu wajib berhati-hati dan memastikan kondisi motor kamu dalam keadaan prima, terutama rem.

Namun jika kamu tidak membawa motor dan malas berjalan, ada jasa ojek yang bisa membawa kamu turun dan naik. Biayanya 60.000 Rupiah (bisa lebih murah kalau kamu pintar menawar) untuk dua kali jalan. Begitu sampai di gazebo, mereka akan menunggu sampai kamu siap untuk kembali naik ke area parkir.

Biaya Masuk ke Pantai Tembeling

Untuk menikmati Pantai Tembeling dan natural pool, tidak dikenakan biaya masuk. Hanya ada kotak donasi sebelum memasuki area Pantai Tembeling.

Daya Tarik Pantai Tembeling

Daya Tarik Pantai Tembeling
Foto instagram.com/deayuwcitraa_

Temukan beberapa alasan Pantai Tembeling ini wajib masuk ke dalam agenda perjalanan kamu ketika mengunjungi Nusa Penida:

1. Belum Terlalu Populer

Dibandingkan dengan Kelingking Beach, Diamond Beach, atau Broken Beach, popularitas Pantai Tembeling memang masih belum besar. Namun hal ini justru membuat Pantai Tembeling destinasi yang pas untuk kamu sambangi. Kamu bisa jadi yang pertama di antara teman-teman kamu yang mengunjungi pantai ini!

2. Pengunjung Yang Masih Sedikit

Jika Pantai Kelingking atau Diamond Beach sudah sangat penuh oleh pengunjung, Pantai Tembeling justru sebaliknya. Akses yang tidak mudah serta lokasi yang cukup jauh dari atraksi wisata lainnya di Nusa Penida menjadikan Pantai Tembeling cukup sepi. Hal ini tentu saja membuat kamu bisa lebih leluasa menikmati pemandangan alam di sini.

3. Natural Pool

Tidak banyak wisata di Nusa Penida yang memiliki natural pool seperti di Pantai Tembeling. Terlebih natural pool ini berbatasan langsung dengan laut hingga pemandangannya sungguh tidak terlukiskan. Airnya yang jernih dan sejuk akan membuat kamu betah untuk berendam berlama-lama

4. Alam Yang Masih Asri

Akses yang tidak mudah membuat alam di Pantai Tembeling masih sangat asri. Pohon-pohon besar dibiarkan tumbuh rindang hingga memberikan kesan teduh. Fasilitas yang ada pun sangat minim hingga kesan alami itu begitu terasa ketika mulai menuruni tangga menuju Pantai Tembeling.

Tips Liburan Nyaman ke Pantai Tembeling

Sebelum kamu menjadikan Pantai Tembeling sebagai salah satu destinasi saat mengunjungi Nusa Penida, simak tips berikut supaya liburan kamu jadi nyaman:

Pastikan Semuanya Terencana Dengan Baik

Karena letak geografis Nusa Penida yang terpisah dengan pulau utama Bali, penting untuk mengeck jadwal penyeberangan kapal ke Nusa Penida. Tentukan juga di awal apakah kamu akan naik motor atau tidak karena Pelabuhan penyeberangannya berbeda. Selain itu, pastikan juga jarak hotel ke Pelabuhan bisa ditempuh dalam waktu yang tidak terlalu mepet. Kamu bisa menggunakan onbali.com sebagai pedoman untuk menemukan penginapan dan juga rekomendasi lain yang kamu butuhkan selama berada di Bali.

Siapkan Uang Cash yang Cukup

Mesin ATM di Nusa Penida tidak tersebar secara merata hingga kamu perlu membawa uang cash yang cukup, setidaknya untuk membayar driver, parkir, guide, dan juga donasi yang diperlukan di Pantai Tembeling.

Segera rencanakan kunjunganmu ke Pantai Tembeling agar kamu bisa menikmati keindahan natural pool, alam yang masih asri, dan juga tujuan yang berbeda dari kebanyakan orang!

Avatar for Setapak Langkah
Setapak Langkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Setapak Langkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments