setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

26 Tempat Wisata di Jepara Terkini, Nomer 17 Lagi Hits

Tempat Wisata di Jepara Terkini
Rate this post
Rate this post

Banyaknya gunung, air terjun, tepi laut, sampai gugusan kepulauan membuat tempat wisata di Jepara menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata Indonesia yang lain.

Pulau Jawa betul- betul menaruh seluruh keelokan alam yang masih murni serta natural, hingga dari itu banyak sekali tujuan tempat wisata yang ada. Sebut saja salah satu daerah di Jawa Tengah yang berbatasan dengan laut serta pula pegunungan, ialah Jepara.

Dikelilingi dengan gugusan kepulauan Karimunjawa, serta dibentengi salah satu gunung sangat populer, yaitu pegunungan Gunung Muria membuat kota kecil ini menaruh sejuta keelokan.

RagamTempat Wisata di Jepara

Di tahun 2021 ini, pemerintah Jepara meningkatkan sebagian obyek wisata menarik yang mempunyai bermacam- macam rupa tipe wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata air, wisata sejarah, sampai wisata yang mistis.

Berikut ini sebagian rangkuman dari tempat wisata di Jepara yang sangat menarik dari kota yang populer dengan ukirannya serta batiknya yang khas.

1. Akar Seribu Plajan

Tempat Wisata di Jepara Akar Seribu Plajan
foto: instagram.com/ayurhmwt05

Alamat Akar Seribu Plajan: Plajan, Pakis Aji
Jam Buka: Tiap hari jam 06:00 s.d 17:00
Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000

Tempat wisata di Jepara murah meriah ini dinamakan Akar Seribu Plajan sebab memanglah awal mulanya terdapat satu tumbuhan karet raksasa yang sangat besar sehingga akarnya menjalar kemana- mana. Tumbuhan tersebut telah berusia 86 tahun semenjak tahun 1931 ditanam, bagian akarnya sangat panjang serta merembet kesegala arah seolah jadi hutan akar.

Di dalam kawasan Akar Seribu Plajan ini terselip tebing yang dinamakan Tebing Kepodang serta Tebing Pria Macan. Terdapat semacam halaman bermain kecil yang dapat digunakan oleh tamu kanak- kanak bermain ataupun hanya istirahat. Pemandangan disini pula cukup indah serta masih sejuk asri.

2. Pantai Kartini

Tempat Wisata di Jepara Pantai Kartini
foto: instagram.com/pantaikartinijepara

Alamat Pantai Kartini: Bulu, Jepara
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Rp. 5.000,-

Pantai Kartini mempunyai wahana andalan yaitu Kura- Kura Ocean Park yang merupakan akuarium raksasa dimana wisatawan dapat menatap bermacam ragam kura- kura serta penyu. Tiket masuk ke akuarium raksasa ini dikenakan Rp. 17. 500 per- pengunjung, sebaliknya di pantainya sendiri, pengunjung bisa menyewa perahu, banana boat, serta bermacam wahana air yang lain.

Kura- Kura Ocean Park ini pula mempunyai halaman bermain serta wahana menarik spesial buat kanak- kanak yang terletak di lantai sangat atas. Tidak hanya berwisata edukasi disini, wisatawan luar negara ataupun pengunjung lokal dapat menikmati panorama alam indah dari matahari terbit dan terbenam secara langsung.

3. Pantai Bandengan

Tempat Wisata di Jepara Pantai Bandengan
foto: instagram.com/pantaibandenganjepara

Alamat Pantai Bandengan: Desa Bandengan, Jepara
Jam Buka: Tiap hari jam 06:00 s.d 18:00
HTM: Rp. 5.000,-

Tepi laut ini mempunyai pasir putih yang sangat jernih diiringi dengan sarana serupa perahu, tenda buat berteduh, sekian banyak tempat makan, serta sarana untuk wisatawan yang mau berenang. Tempat wisata di Jepara ini pula dapat menyewa banana boat ataupun sebagian atraksi game air yang lain, wisatawan bisa menyewa perlengkapan tersebut dengan kisaran harga yang berbeda- beda.

Terdapat pula tempat menginap serta hotel yang dapat disewa untuk para pengunjung ataupun wisatawan yang mau bermalam.

4. Kepulauan Karimunjawa

Tempat Wisata di Jepara Karimunjawa
foto: instagram.com/explorekarimunjawa

Letak Pulau Karimunjawa: Karimunjawa
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu objek wisata yang harus didatangi sebab keelokan alamnya yang memesona. Wisatawan bakal dimanjakan dengan panorama alam hamparan pasir putih, air laut yang jernih yaitu hijau kebiruan, sampai kekayaan total 90 tipe terumbu karangnya yang menjadikan kepulauan ini spot menarik buat bernang, diving, ataupun snorkeling.

Kepulauan Karimunjawa sendiri mempunyai jarak 4 sampai 5 jam memakai kapal motor cepat dari Jepara. Ada total 27 pulau- pulau kecil yang posisinya bersebelahan, total seluruhnya cuma terdapat 5 pulau yang ditempati oleh warga, sisa 22 pulau yang lain ialah pulau tidak berpenghuni.

5. Museum R.A Kartini

Alamat Museum R.A Kartini: Jalan. Alun- Alun Nomor. 1, Panggang
Jam Buka: Tiap hari jam 08:00 s.d 16:00
No telepon:+62 852 2584 1999
HTM: Rp. 3.000,-

Selayaknya namanya, tempat wisata di Jepara Museum R.A Kartini ini mempunyai sebagian koleksi aset sejarah jaman Raden Ajeng Kartini dulu. Tidak hanya itu, terdapat pula benda- benda peninggalan budaya Jawa sampai barang purbakala yang dulu sempat digunakan pada jaman prasejarah.

Menariknya, ada pula tulang belulang dari ikan purba yang fosilnya ditemui di kepulauan Karimunjawa sebagian waktu lalu. Museum R.A Kartini ini pula menyajikan barang aset kepunyaan kakak pria dari si pahlawan perempuan R.A Kartini, yaitu RMP Sosrokartono.

6. Teluk Awur

Tempat Wisata di Jepara Teluk Awur
foto: instagram.com/bedeal_carstensz

Alamat Teluk Awur: Jalan. Teluk Awur, Tahunan
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tempat wisata di Jepara yang satu ini terbilang murah meriah dengan panorama alam yang tidak kalah indah, ada kawasan hutan bakau yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Pantai Teluk Awur tidak sering jadi pemberhentian ataupun lalu lalang kapal, sehingga airnya sangat jernih serta murni disini.

Terdapat juga sebagian wahana air semacam flflying fifish boat, jet sky, banana boat, serta lain sebagainya buat pengunjung. Pantai Teluk Awur dipercaya sanggup mengobati penyakit kulit untuk wisatawan yang mandi di perairan sekitar, lebih- lebih di bagian pantainya yang sangat bersih. Di dekat tepi laut kerap pula diadakan event tradisional yang terbilang lumayan menarik.

7. Pulau Panjang

Tempat Wisata di Jepara Pulau Panjang
foto: instagram.com/pulaupanjangjepara

Alamat Pulau Panjang: Ujung Batu, Jepara
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau indah yang dapat ditempuh dari Tepi laut Kartini dengan memakai kapal motor. Pulau ini masih nampak hening sehingga kealamiannya terpelihara, tidak hanya itu, arus di pulau ini sangat dangkal serta tidak beresiko, sehingga sesuai buat berenang, diving, snorkeling, serta aktififitas air yang lain.

Buat menyebrangi pulau ini, dari Pesisir laut Kartini tersuguh penyewaan perahu dengan tarif sangat murah, yaitu cuma Rp. 13.000,- untuk kembali berangkat sekalian. Terumbu karang yang terdapat di pulau ini pula tidak kalah indah dengan pulau yang lain, dikelilingi pasir putih dengan panorama alam matahari terbenam yang luar biasa.

8. Benteng Portugis

Tempat Wisata di Jepara Benteng Portugis
foto: instagram.com/ahyarnrihsa

Alamat Benteng Portugis: Banyumanis, Donorojo
Jam Buka: Tiap hari jam 08:00 s.d 16:00
HTM: Rp. 3.500,-

Keunikan dari tempat wisata sejarah yang satu ini merupakan lokasinya yang terletak persis di atas bukit batu namun dekat dengan pinggiran pesisir laut. Benteng Portugis ini pula berhadapan dengan Pulau Mandalika, salah satu pulau yang pula jadi tempat tujuan wisata yang lain.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Lokasi Wisata Bandungan Semarang, Wisata Dataran Tinggi Yang Sejuk Yang Wajib Dikunjungi!

Ada koleksi 2 meriam kuno yang berumur ratusan tahun aset jaman kolonial Belanda. Di pinggir luar Benteng Portugis ada tepi laut dengan nama yang sama, yaitu Pantai Benteng Portugis yang dapat dijadikan obyek wisata serta mengambil gambar dengan panorama alam indah. Panorama alam hutan karet disini pula dapat dijadikan salah satu alasan wisatawan betah berada di tempat wisata di Jepara satu ini.

9. Pulau Mandalika

Tempat Wisata di Jepara Pulau Mandalika
foto: instagram.com/wisata_jepara

Alamat Pulau Mandalika: Keling, Jepara
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Apabila wisatawan bisa memandang Pulau Mandalika ini langsung dari Benteng Portugis, hingga mayoritas mereka hendak langsung menuju pulau ini dari Pesisir laut Benteng Portugis itu sendiri. Jaraknya sangat dekat karna cuma berkisar 500 m dari pesisir pantai dekat Benteng Portugis.

Pulau ini masih berbentuk hutan dan tidak berpenghuni, hingga dari itu, pantainya mempunyai pasir putih yang murni dengan air laut hijau kebiruan yang jua luar biasa. Pengunjung bisa memancing disini sebab banyak kumpulan ikan di sekitaran Pulau Mandalika, kayak ikan kerapu, ikan kakap, bahkan terkadang dapat ditemui ikan pari yang sangat jarang pula.

10. Air Terjun Songgolangit

Tempat Wisata di Jepara Air Terjun Songgolangit
foto: instagram.com/etika_dwilestari

Alamat Air Terjun Songgolangit: Bucu, Kembang, Jepara
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Rp. 2.000,-

Tempat wisata di Jepara berupa air terjun ini mempunyai tinggi kurang lebih 80 m dengan lebar 2 m, uniknya, di dekat air terjun ini banyak mempunyai pemandangan kupu- kupu yang indah. Sayangnya wisatawan dilarang buat berenang di zona dekat air terjun ataupun bagian bawahnya, dianjurkan buat bermain air di pinggirannya saja ataupun buat mengambil gambar.

11. Pantai Pungkruk

Tempat Wisata di Jepara Pantai Pungkruk
foto: instagram.com/apt.alfina

Alamat Pantai Pungkruk: Mororejo, Mlonggo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Apabila wisatawan telah merasa lumayan dengan panorama alam Pesisir laut Bandengan, hingga bergeser ke Pesisir laut Pungkruk ini yang cuma berjarak 2 Kilometer saja dari Pantai Bandengan. Apabila Tepi laut Bandengan dikelilingi pasir putih yang luas, sehingga Tepi laut Pungkruk lebih banyak mempunyai karang serta bebatuan yang terjal.

Ada tempat makan, sarana halaman bermain anak, serta jalanan buat para pejalan kaki ataupun sepeda disini. Pengunjung pula dapat menikmati panorama alam laut dari kejauhan tempat wisata di Jepara satu ini. Wisatawan memanglah dilarang merambah pinggiran tepi laut karena banyaknya batu karang yang tajam serta terjal. Namun panorama alam disini tidak kalah indah dengan pantai yang lain.

12. Pesisir Laut Ombak Mati

Tempat Wisata di Jepara Ombak Mati
foto: instagram.com/likhah___

Alamat Pesisir laut Ombak Mati: Bondo, Bangsri
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Dapat dikatakan kalau Pantai Ombak Mati ini memanglah tidak seterkenal Pantai Bandengan serta Pantai Kartini, tetapi pemandangan alamnya tidak kalah indah. Uniknya, pantai ini tidak mempunyai ombak sebesar pantai yang lain, ataupun dapat dibilang tidak mempunyai gelombang ombak. Sehingga dari itu masayrakat menyebutnya selaku Pantai Ombak Mati.

Pasir putih disini sangat bersih dengan airnya yang lumayan dangkal sehingga wisatawan bisa bermain air di sekitaran tepi laut. Di pinggiran tepi laut pula ada bermacam tipe tumbuhan, salah satunya merupakan tumbuhan ketapang yang banyak dijadikan tempat berteduh untuk para wisatawan.

13. Pantai Gua Manik

Tempat Wisata di Jepara Pantai Gua Manik
foto: instagram.com/jepara_foto

Alamat Pantai Gua Manik: Banyumanis, Donorojo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Rp. 5.000,-

Tempat wisata di Jepara Pantai Gua Manik terkadang diucap selaku Pantai Pecatu, cuma dipisahkan oleh sungai kecil dari Benteng Portugis. Pesisir laut ini mempunyai pasir putih yang pula bersih serta murni, panorama alam matahari terbit serta matahari terbenamnya sangat luar biasa. Dari sini wisatawan bisa memandang Pulau Mandalika serta Benteng Portugis dari kejauhan secara langsung.

Ada wahana game air yang disediakan selaku sarana wisatawan, terdapat pula sebagian tempat makan, arena motor cross, saung ataupun gazebo buat lesehan para pengunjung. Pantai ini dinamakan Gua Manik sebab konon mitosnya ada gua gaib yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

14. Goa Tritip

Tempat Wisata di Jepara Goa Tritip
foto: instagram.com/lingkar_muria

Alamat Gua Tritip: Ujung Watu, Donorojo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Gua Tritip menaruh kekayaan alam yang indah serta belum tersentuh oleh tangan manusia, sebab tidak terdapat yang mengelolanya. Namun tempat ini sanggup jadi salah satu tujuan wisata alam yang menarik, stalagtit serta stalagmit yang terdapat di dalam gua masih sangat natural.

Bebatuannya juga beragam, banyak warga yang masih mempercayai mistis tiba buat membagikan sesajen di gua ini. Uniknya, ada suatu perahu yang terdapat di zona gua buat menaikkan kesan misterius sebab letak gua ini sendiri cukup jauh dari zona pantai.

15. Danau Blingoh

Tempat Wisata di Jepara Danau Blingoh
foto: instagram.com/jeparakekinian

Alamat Danau Blingoh: Blingoh, Donorojo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Danau Blingoh ini tadinya merupakan tempat penambangan yang membentuk kubangan yang sangat luas. Setelah itu air hujan yang jatuh terus menjadi penuhi kubangan tersebut serta menjadikan tempat wisata di Jepara ini suatu danau yang indah. Menariknya, danau ini nampak sangat bersih dengan air yang bercorak biru jernih, meningkatkan kesan natural.

Sayangnya masih belum terdapat sarana mencukupi di danau ini, semacam wahana air, perahu, apalagi tempat makan sehingga pengunjung perlu membawa keperluannya sendiri. Butuh dicermati pula buat tidak membuang sampah sembarangan serta senantiasa melindungi kelestarian alam Danau Blingoh ini.

16. Pertapaan Ratu Kalinyamat

Tempat Wisata di Jepara Pertapaan Ratu Kalinyamat
foto: instagram.com/legaputri27

Alamat Hermitage Queen Kalinyamat: Tulakan, Donorojo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Jepara memanglah populer pula dengan wisata alam yang memiliki cerita mistis serta mitos tertentu, salah satunya merupakan Pertapaan Ratu Kalinyamat. Dapat dikatakan kalau tempat ini lumayan indah sebab dikelilingi dengan panorama alam alam yang masih asri serta natural. Ada juga sungai kecil di depan pertapaan tersebut yang airnya masih bercorak jernih serta bening.

Tempat Pertapaan Ratu Kalinyamat hendak lebih ramai didatangi pada hari Jumat, lebih tepatnya banyak peziarah yang melaksanakan doa serta berziarah disekitaran zona pertapaan. Tetapi tidak dapat dipungkiri kalau panorama alam alam dan kealamian daerah hutan disini jadi spot yang bagus buat difoto.

17. Lokatara Beach Front

Lokatara Beach Front
foto: instagram.com/heka21_

Alamat Lokatara Beach Front: Jl. Anton Soedjarwo, Mulyoharjo II, Mulyoharjo
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Rp. 35.000,-

Hadirnya Lokatara Beach Front Jepara ini referensi resort kekinian yang seru dan nyaman di Jepara semakin banyak, kamu bisa memilih tempat menginap yang nyaman sesuai kebutuhan dan pastinya budget. Lokatara Beach Front Jepara ini mempunyai opsi 5 kamar saja sehingga membuat kamu bisa membiasakan dengan kemauan. Mulai dari 3 unit deluxe room yang mana tiap deluxe room mempunyai kapasitas 2 orang saja, berikutnya 1 unit suite room yang mempunyai kapasitas 2 orang saja, serta 1 unit two bed suite room yang mana mempunyai kapasitas 4 orang saja.

Berikutnya catatan buat opsi kamar Lokatara Beach Front Jepara merupakan tidak seluruh kamar dapat diisikan extrabed. Tidak hanya itu butuh diingat Extrabed by request tidak dapat dadakan. Kamar Lokatara Beach Front Jepara pula tipe non smoking room, not pet allowed. Oh iya menikmati sarana kamar Lokatara Beach Front Jepara pula telah tercantum makan pagi.

Tidak hanya itu konsep unik dari Sans Hotel yakni mempunyai zona playgorund yang dilengkapi dengan darts, foosball, kartu UNO, Playstations, permainan boards serta signature artwork Sans Hotel yang Instagramable banget. Apalagi kamu seluruh dapat menginap dalam kamar unik nan asyik yang dilengkapi AC serta ruangan beraroma lavender serta chamomile. Pengalaman staycation yang aman penuh ketenangan, lebih relaks serta istirahat terus menjadi maksimal.

Wisata Menarik Lainnya :  2 Resep Jajanan Legendaris Kuliner Bogor Murah yang Khas

18. Masjid Mantingan

Tempat Wisata di Jepara Masjid Mantingan
foto: instagram.com/jeparahariini

Alamat Masjid Mantingan: Mantingan, Tahunan
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tidak hanya wisata alam, tempat wisata di Jepara religius ini pengunjung pula dapat berwisata religi di salah satu masjid yang dipercaya selaku masjid tertua di pulau Jawa kedua. Masjid Mantingan telah berumur ratusan tahun semenjak jaman penjajahan kolonial Belanda, lebih tepatnya semenjak tahun 1559. Sebaliknya di dalam Masjid Mantingan ini ada sebagian aset sejarah Islam jaman dulu di pulau Jawa.

Pendiri dari Masjid Mantingan ini merupakan suami dari Ratu Kalinyamat yang pertapaannya populer hingga saat ini, suaminya yakni merupakan salah satu penyebar agama Islam di pulau Jawa, Pangeran Hadiri.

19. Air Terjun Jurang Nganten

Tempat Wisata di Jepara Air Terjun Jurang Nganten
foto: instagram.com/noorkhanifah98_

Alamat Air Terjun Jurang Nganten: Desa Tanjung, Pakis Aji
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Air Terjun Jurang Nganten merupakan salah satu obyek wisata natural yang masih belum dikelola oleh penduduk. Namun panorama alam air terjun ini sangat menarik sebab debit airnya yang tidak sangat deras dibanding air terjun yang lain membuat tempat ini dapat digunakan buat bermain air serta mandi.

Sayangnya transportasi di tempat ini agak susah sebab wajib menanjak serta mendaki, mobil tidak bisa hingga di tempat ini. Tetapi wisatawan pula butuh berjaga- jaga dengan bebatuan licin yang terletak di zona dekat air terjun, sebab tidak adanya pengawasan keamanan tempat wisata di Jepara ini.

20. Candi Bubrah

Tempat Wisata di Jepara Candi Bubrah
foto: instagram.com/ikhaseptiana

Alamat Candi Bubrah: Desa Tempur
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Candi Bubrah merupakan satu dari sekian banyak candi misterius di Indonesia yang tidak dikenal asal muasalnya serta kapan candi ini didirikan. Candi ini berupa separuh belum jadi sehingga masih nampak seperti bebatuan yang ditumpuk saja. Umur Candi Bubrah sendiri diperkirakan oleh para periset ialah saat sebelum Candi Borobudur dibentuk, jauh lebih tua umurnya.

Terdapat 2 zona Candi Bubrah disini, ada pula satu candi utuh yang dinamakan selaku Candi Angin. Untuk wisatawan ataupun pelancong yang tertarik dengan wisata sejarah bisa mendatangi Candi Bubrah tanpa dipungut bayaran sepeser juga.

21. Tiara Park Waterboom

Tiara Park Waterboom
foto: instagram.com/waterboomtiarapark

Alamat Tiara Park Waterboom: Jalan. Kenari, Purwogondo, Kalinyamatan
Jam Buka: Tiap hari jam 07:30 s.d 17:30
No telepon: +62 29 175 4500
HTM: Rp. 20.000,- (Wahana wisata air), Rp. 50.000,- (Wahana wisata air, Flying Fox, ATV, serta Bioskop 3 Ukuran)

Tempat wisata di Jepara pula mempunyai destinasi wisata air yang populer, menarik, serta seru, yaitu Tiara Park Waterboom. Terdapat bermacam wahana spesial kanak- kanak yang lengkap antara lain merupakan Spray Ground, Water Playground, Seluncuran, serta lain sebagainya.

Sebaliknya buat orang berumur, ada wahana Kolam Arus, Lazy River, serta Outbound yang memacu adrenalin. Obyek wisata air Tiara Park Waterboom ini ialah tempat wisata regional namun dengan sarana nasional yang mencukupi.

22. Jepara Ocean Park

Alamat Jepara Ocean Park: Pesisir laut Mororejo, RT. 4/ RW. 2, Mlonggo, Bandengan
Jam Buka: Tiap hari 09:00 s.d 17:00
No telepon: +62 29 1426 0388
HTM: Rp. 60.000,- (Senin s.d Kamis), Rp. 75.000,- (Jumat s.d Minggu)

Jepara Ocean Park merupakan waterpark terbanyak serta terlengkap di Jawa Tengah yang mengusung tema istana Rusia serta Mediterania. Jepara Ocean Park ini total 36 seluncuran yang menarik terhitung buat wisatawan kanak- kanak ataupun orang dewasa. Yang menjadikan waterpark ini lebih populer yakni dengan lokasinya yang dekat dengan Tepi laut Mororejo.

Tidak cuma wahana air saja yang disediakan di tempat wisata di Jepara satu ini, namun pula wahana lain semacam balapan Go Kart, E- bike, Outbound, Golf Car, Touring with Mini Train, serta masih banyak lagi yang lain sebagainya.

23. Gunung Genuk

Alamat Gunung Genuk: Tempur, Keling
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Destinasi wisata Jepara Gunung Genuk pula banyak diucap selaku Gunung Donorejo, tumbuhan yang banyak berkembang disini salah satunya merupakan tumbuhan pepaya serta tumbuhan randu. Sebaliknya buat sebagian hewan semacam trenggiling yang unik hendak banyak ditemui di sekitaran gunung ini.

Gunung Genuk sendiri merupakan sallah satu anak pegunungan dari Gunung Muria, ada pula sungai kecil berasal dari Pertapaan Ratu Kalinyamat dengan kemurnian yang masih natural. Gunung Genuk ini masih diteliti oleh sebagian akademisi tentang proses terciptanya yang menggambarkan bentukan dari lava gunung berapi. Sebagian spot di Gunung Genuk ini sangat sesuai buat dijadikan tempat berfoto ria.

24. Gunung Muria

Alamat Gunung Muria: Desa Tempur, Keling
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Gunung Muria banyak didatangi selaku salah satu tempat wisata alam yang digemari oleh para pendaki. Saking luasnya, Gunung Muria ini dibagi jadi 3 daerah tercantum Kudus, Pati, serta Jepara. Gunung Muria dikisahkan dahulunya ialah tempat tinggal bangsa Le Muria di tahun 1650an, semenjak jaman kerajaan Demak.

Kenyataannya, dahulu tempat wisata di Jepara Gunung Muria tidaklah bagian dari Pulau Jawa, sebab sebagian ratus tahun kemudian, gunung yang aktif selaku gunung berapi ini tadinya terpisahkan oleh laut dangkal ataupun selat. Saat ini, wilayah dekat Gunung Muria ini masih banyak ditemui fosil hewan laut yang berumur nyaris ratusan ataupun ribuan tahun lalu.

25. Hutan Wisata Sreni Indah

Hutan Wisata Sreni Indah
foto: instagram.com/japunghidayat

Alamat Hutan Wisata Sreni Indah: Bategede, Nalumsari
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Untuk wisatawan yang mendaki Gunung Muria dapat menyempatkan diri buat mampir ke hutan wisata Wono Sreni Indah terlebih dulu. Hutan wisata ini terletak di kaki pegunungan Gunung Muria, tidak sedikit pula wisatawan yang mendirikan kemah di kawasan tempat wisata di Jepara satu ini.

Tumbuhan pinus banyak mengelilingi hutan ini sehingga atmosfer sangat sejuk serta masih asri hingga dari itu tempat ini dijadikan tempat berkemah nasional. Kawasan di Hutan Wono Sreni Indah ini meliputi sungai, persawahan, perbukitan, kebun, hutan, serta terdapat pula perkampungan warga disini. Wisatawan diharapkan tidak membuang sampah sembarangan dikala mendatangi tempat ini.

26. Hutan Pinus Setro Batealit

Alamat Wisata Pohon Pinus: Batealit, Jepara
Jam Buka: Tiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Hutan Pinus Setro Batealit ini ialah salah satu kawasan wisata hutan lindung yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan pinus. Pengunjung dapat mendirikan kemah di tempat wisata hutan lindung ini ataupun hanya mau mendatangi sebagian spot air terjun yang menarik disini.

Di dalam hutan pinus ini, menariknya, seluruh batang tumbuhan pinus bercorak hijau sebab nyaris totalitas tertutupi oleh lumut. Sayangnya, jalanan disini agak susah, paling utama buat dilalui mobil, sebab pada dasarnya Hutan Pinus Setro Batealit ini banyak dikunjungi oleh para backpacker yang mau berkemah ataupun para pendaki gunung serta penjelajah hutan.

Berikut kilasan tempat wisata di Jepara yang dapat menemani arah tujuan wisata kalian saat di Jepara. Masih adakah wisata di Jepara yang belum terlist dari daftar? Silahkan berkomentar…

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks