Taman Wisata Jlengut Indah, Liburan Sambil Menikmati Berbagai Macam Wahana Seru dan Menantang

Taman Wisata Jlengut Indah

Bingung akhir pekan nanti mau mengajak si kecil liburan kemana? Tenang, sekarang banyak tempat wisata ramah anak yang bisa ayah bunda kunjungi di destinasi wisata Klaten.

Salah satunya ada Taman Wisata Jlengut Indah yang berlokasi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di sana si kecil bisa jalan-jalan sembari menikmati berbagai macam wahana permainan seru sekaligus menantang.

Alamat : Jalan Jlengut Indah Barepan, Geneng, Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah.
Map : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000.
Jam buka : 08.00 – 16.30 WIB.

Aktivitas Seru di Taman Wisata Jlengut Indah

Taman Wisata Jlengut Indah belum lama berdiri karena baru saja diresmikan sekitar bulan November tahun 2020 lalu. Akan tetapi keberadaannya sudah mampu menyedot perhatian wisatawan lokal maupun luar Klaten. Dan kini menjadi salah satu wisata terpopuler dan banyak digandrungi semua kalangan. Khususnya anak-anak kecil yang masih sekolah.

Wisata ini sendiri mengusung konsep taman edukasi sekaligus hiburan bagi anak-anak. Di sini pengunjung tidak hanya jalan-jalan biasa. Melainkan akan diajak mengenal banyak hal tentang dunia flora dan fauna. Adapun wahana permainan untuk melengkapi kegiatan liburan agar semakin seru.

Dijamin selama seharian penuh anak-anak akan bersenang-senang dan menikmati segala aktivitas yang ada. Ayah bunda tak perlu khawatir karena petugas disana selalu siap sedia melindungi si kecil. Pasti penasaran aktivitas apa saja yang ditawarkan oleh Taman Wisata Jlengut Indah? Berikut ulasan selengkapnya untuk kamu.

Berinteraksi dengan Kumpulan Satwa

1688465971671
Sumber : Googlemap/nurul khasanah_sana2

Taman Wisata Jlengut Indah mempunyai fasilitas kebun binatang dengan berbagai macam koleksi binatang lucu dan menggemaskan. Kurang lebih jumlahnya ada sekitar 50 jenis. Mulai dari mamalia, unggas, hingga reptil. Bisa dibilang wisata ini semacam mini zoo untuk memperkenalkan anak-anak tentang dunia fauna.

Tidak hanya sekedar melihat dari jarak dekat. Anak-anak juga bisa berinteraksi secara langsung seperti membelai, menyentuh, memberi makan, bermain, atau berfoto bersama. Tetapi tidak semua hewan boleh disentuh. Hanya beberapa hewan yang memang aman dan sudah jinak saja.

Hewan-hewan yang bisa diajak interaksi langsung kebanyakan dari jenis mamalia. Seperti kelinci, kambing, kuda, kera, sapi, dan masih banyak lagi. Ke semua hewan tersebut mudah sekali beradaptasi dengan orang baru. Serta tidak canggung menerima makanan yang dibawa oleh pengunjung.

Sementara dari kalangan unggas ada merak, burung hantu, ayam, cendrawasih, dan angsa. Khusus hewan jenis reptil ada berbagai macam jenis ular, buaya, iguana, kura-kura, dan lain-lain. Apabila kamu mau berinteraksi dengan hewan reptil mintalah ditemani oleh petugas. Meski jinak tetap saja hewan tersebut sedikit berbahaya.

Naik Kuda

IMG 20230704 172125
Sumber : Googlemap/Siti aminah

Aktivitas seru berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menunggang kuda. Pihak pengelola menyewakan beberapa jenis kuda untuk digunakan pengunjung berkeliling area taman. Dengan begini kamu tidak perlu capek-capek jalan kaki yang mana banyak menguras energi. Mengingat Taman Wisata Jlengut Indah memiliki lahan yang terbilang cukup luas.

Bagi pengunjung yang ingin berkuda masih dikenakan biaya tambahan. Satu orang cukup membayar Rp15.000 untuk sekali keliling. Biaya tersebut termasuk murah dan tidak sampai menguras isi dompet kamu. Terlebih aktivitas satu ini bisa menjadi pengalaman liburan seru yang mungkin tak akan terlupakan seumur hidup.

Naik Perahu Bebek Kayuh

1688465709223
Sumber : Googlemap/Laila Sya’bani

Selain berkuda kamu juga bisa berkeliling area Taman Wisata Jlengut Indah dengan naik perahu bebek kayuh. Lokasinya ada di kolam terapi ikan dekat monumen patung durian. Di sana sudah tersedia bermacam-macam warna perahu bebek yang lucu dan menggemaskan. Ada yang berwarna kuning, merah, hijau, dan biru.

Ukuran perahu bebeknya tergolong besar hingga mampu menampung maksimal dua orang. Cara mengoperasikannya pun tidak terlalu sulit. Kamu tinggal duduk lalu taruh kedua kaki di atas pedal. Lalu kayuh ke depan dan belakang sekuat tenaga sampai perahunya bergerak.

Menariknya pada bagian atas perahu dilengkapi kain penutup yang berfungsi sebagai atap untuk berteduh. Pengunjung pun bisa berkeliling area kolam dengan tenang tanpa perlu khawatir terkena sengatan sinar matahari. Sayangnya fasilitas ini tidak gratis, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp10.000.

Bermain Di Playground

Liburan di Taman Wisata Jlengut Indah semakin seru dengan adanya taman bermain lengkap dengan wahana permainannya. Ada ayunan, perosotan, terowongan, lingkaran duduk memutar, dan masih banyak lagi. Selepas berkeliling bisa nih ayah bunda mengajak si kecil bermain sejenak sambil mengistirahatkan badan.

Berenang

1688465657076
Sumber : Googlemap/angie marina

Tidak hanya menyuguhkan hewan-hewan lucu dan wahana permainan. Taman Wisata Jlengut Indah juga punya kolam renang anak dengan wahana ember tumpah dan perosotan di bagian tengah. Anak-anak bisa berenang sepuasnya sambil sesekali bermain ria bersama teman-temannya.

Untuk ketinggian air di kolam ini tidak terlalu dalam sehingga masih aman digunakan anak-anak berenang. Warna airnya juga terlihat jernih dan tidak kotor sama sekali. Bahkan air kolam ini sangat menyegarkan layaknya sumber mata air pegunungan. Dimana terasa dingin dan menyejukkan.

Mencoba Wahana Terapi Ikan

Apakah kaki kamu terasa pegal setelah berkeliling seharian? Jika iya cobalah celupkan kaki kamu sejenak di kolam terapi ikan. Disana ada sekumpulan ikan kecil berwarna merah yang siap memberikan pijatan relaksasi guna menghilangkan rasa pegal-pegal di kaki kamu.

Aktivitas ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kaki. Selain jadi lebih rileks, berbagai penyakit yang membuat masalah pada kaki juga bisa dicegah. Sebenarnya ikan-ikan di kolam ini tidak sekedar melakukan pemijatan biasa. Melainkan tengah memakan sel-sel kulit mati yang merupakan penyebab masalah utama pada kaki.

Fasilitas Umum

Tak perlu kamu ragukan soal penyediaan fasilitas umum di Taman Wisata Jlengut Indah. Pihak pengelola telah berusaha sebaik mungkin memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan menyediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pribadi para pengunjung.

Lalu ada juga toilet umum lengkap dengan semua fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti air bersih, gayung, kloset, dan lainnya. Kondisi toiletnya juga benar-benar bersih dan terawat. Kamu pun bisa menggunakannya dengan aman dan nyaman.

Buat pengunjung muslim sudah disediakan mushola. Jadi kamu tidak perlu repot lagi keluar dari area wisata untuk mencari masjid jika sudah masuk waktu shalat. Meskipun desain mushola masih sederhana, tetapi sudah sangat layak dijadikan tempat ibadah.

Semisal ingin bersantai pun kamu tak perlu bersusah payah membawa tikar dari rumah. Pihak pengelola sudah menyediakan gazebo, joglo, dan tempat duduk di sekitar area wisata. Tak lupa juga disediakan fasilitas foodcourt untuk mengisi perut pada pengunjung ketika lapar.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan saat hendak liburan ke Taman Wisata Jlengut Indah.

  • Pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan sehat dan bugar. Dikarenakan perjalanan menuju tempat wisatanya lumayan jauh dan menguras energi.
  • Kemudian cek kendaraan yang akan kamu bawa. Apakah ada masalah atau tidak. Usahakan sebelum berangkat bahan bakarnya sudah terisi penuh.
  • Semisal kamu menderita penyakit tertentu jangan lupa membawa obat-obatan pribadi.
  • Datanglah saat cuaca sedang tidak mendung.
  •  Dan yang terpenting selalu patuhi aturan dan ikuti arahan petugas untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Taman Wisata Jlengut Indah sempat tutup selama pandemi kemarin. Namun kini semuanya sudah normal dan pihak pengelola telah menerima kunjungan wisatawan seperti sedia kala. Meski sempat terpuruk tetapi wisata ini mampu bangkit serta tak pernah berhenti berusaha. Terbukti, kini jumlah wisatawan yang datang terus meningkat setiap tahunnya.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments