Mengenal Rahmat International Wildlife Museum and Gallery Medan

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Salah satu tempat wisata edukasi berupa museum yang cukup unik Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan museum yang didirikan oleh Dr. H Rahmatsyah atas kecintaannya pada alam dan niat mencegah kepunahan hewan langka. Museum ini terletak di Kelurahan Petisah Hulu, Medan Baru, Kota Medan.

Perlu digaris bawahi bahwasanya sejak jaman kolonial, Medan sudah berhasil menarik perhatian orang-orang. Pada masa penjajahan, saat itu Medan termasuk salah satu kota yang modern dari kota-kota lainnya di Indonesia. Medan juga dijadikan sebagai jembatan penghubung antar negara di bagian barat.

Medan dikenal sebagai kota modern di mana jasa perdagangannya saat itu cukup maju. Tidak heran banyak orang yang terpikat untuk datang dan menyaksikan langsung Kota Medan. Saat ini, Medan juga mulai mengembangkan berbagai bisnis di bidang pariwisata.

Berbagai wisata menarik bisa kita temukan di Medan dengan sangat mudah. Ada wisata alam, wisata hiburan, wisata edukasi, dan masih banyak lagi. Pesona Medan berhasil menarik perhatian para wisatawan. Itulah yang membuatnya selalu dipadati para wisatawan entah ketika weekdays maupun weekend.

Biasanya wisatawan yang datang ke Medan tidak hanya sekedar melakukan liburan menyenangkan saja. Namun beberapa wisatawan juga memanfaatkan waktunya untuk menambah berbagai pengalaman dan edukasi.

Rahmat International Wildlife Museum memiliki konsep edukasi yang cukup menarik. Di sana terdapat berbagai jenis hewan yang diawetkan. Hewan-hewan yang diawetkan tersebut nampak seperti aslinya yakni terkesan hidup di habitat aslinya.

Rahmat International Wildlife Museum didirikan oleh salah seorang pemburu profesional yang tergabung dalan Majelis Kehormatan Asosiasi Museum Indonesia bernama Dr. H. Rahmat Syah. Tujuan didirikan Rahmat International Wildlife Museum guna agar masyarakat mengenal ragam satwa liar yang ada di dunia. Masyarakat juga diberi edukasi mengenai cara memelihara lingkungan dan menjaga ekosistem satwa dengan baik dan benar.

Sejarah Singkat Rahmat International Wildlife Museum

Rahmat Syah merupakan salah seorang pecinta alan yang memiliki hobi keliling dunia untuk menemukan berbagai macam satwa dari setiap daerahnya masing-masing. Awalnya, Rahmat Syah hanya memiliki 1.000 koleksi hewan yang diawetkan.

Lalu ia pun mendirikan Rahmat International Wildlife Museum pada tanggal 14 Mei 1991. Lantaran Rahmat International Wildlife Museum seketika langsung populer di Medan, banyak orang-orang yang antusias memberikan koleksinya untuk dipajang di sana. Saat ini, Rahmat International Wildlife Museum memiliki 3.000 koleksi hewan.

Gedung Rahmat International Wildlife Museum juga telah mengalami perluasan yakni menjadi tiga lantai dengan luas sekitar 2,9 meter persegi. Gedung Rahmat International Wildlife Museum dinilai unik dan juga nyaman.

Koleksi Rahmat International Wildlife Museum

Rahmat International Wildlife Museum ini memiliki daya pikat yang berbeda dari museum-museum lainnya yang ada di Indonesia. Di Rahmat International Wildlife Museum ada beberapa hal yang bisa kita temukan.

Berikut ini daftar koleksi Rahmat International Wildlife Museum.

Menyaksikan Jejak Petualangan Sang Pendiri

Hal pertama yang harus wisatawan tau tentunya tentang pendiri Rahmat International Wildlife Museum. Di lantai dasar tepatnya di sebelah barat, wisatawan akan menemukan biografi serta penghargaan miliki Rahmat Syah.

Penghargaan yang diterimanya dalam bentuk piagam, medali, hingga piala. Di sudut lainnya juga wisatawan akan menemukan koleksi foto petualangan Rahmat Syah. Foto tersebut menampilkan landscape aneka satwa liar dari setiap benua.

Menemukan Aneka Satwa Afrika

Masih di lokasi lantai dasar, wisatawan akan menemukan area African Big Five yang menampilkan sederet satwa yang bisa kita temukan di Afrika. Ada 5 satwa yang dikenal sebagai hewan paling besar dan menakutkan di Afrika. Hewan tersebut antara lain singa, banteng, cheetah, badak putih, dan juga gajah.

Hewan-hewan tersebut ditempatkan seperti pada habitat aslinya. Bahkan Rahmat International Wildlife Museum ini didukung dengan sistem suara yang membuatnya seolah seperti menjelajahi hutan belantara Afrika secara nyata.

Bertemu Dengan Hewan Pegunungan

Dengan nuansa ala pegunungan, wisatawan akan menemukan salah satu hewan yang cukup menarik perhatian yaitu kambing bertanduk melengkung. Ada sekitar 22 ekor kambing gunung yang bisa kita temukan di sana.

Surganya Pecinta Kucing

2020 01 28
Foto via Googlemaps/Nidatul Jamiati

Rahmat International Wildlife Museum juga menjadi surganya kucing. Di sana kita bisa mampir ke area Cats Of The World yang menyuguhkan aneka koleksi kucing. Kucing yang ada di Cats Of The World ini merupakan kucing besar dari berbagai pelosok dunia. Beberapa jenis kucing yang akan kita temukan di sana seperti harimau, singa, jaguar, macam tutul, puma, dan masih banyak lagi.

Jelajahi Safari Malam

Tidak hanya bisa dijelajahi kala siang, Rahmat International Wildlife Museum bisa kita kunjungi ketika malam. Suasananya terkesan asik sekaligus mencekam lantaran kita akan dibawa menjelajahi hutan.

Wisatawan akan disambut tatapan harimau yang menyeramkan hingga suara auman singa yang mendebarkan. Selain suara singa, wisatawan juga akan mendengar suara-suara hewan lainnya seperti burung hantu, serigala, dan lainnya.

Berburu Spot Foto di Dinding Serangga

2021 11 17
Foto via Googlemaps/Ayi Erdian

Ruangan yang ada di lantai dua diberi nama ruang Insects dan Skeleton. Ruangan ini identik dengan kumpulan serangga seperti kupu-kupu, semut, kumbang langka, nyamuk dan masih banyak lagi.

Serangga-serangga tersebut tersusun rapi dibalik lemari kaca. Beberapa wisatawan memanfaatkan dinding serangga tersebut sebagai spot foto instagramable.

Bertemu Satwa Asli Indonesia

Burung Mabruk merupakan hewan khas Indonesia yang bisa kita temukan di Papua. Burung Mabruk ini termasuk ke dalam jenis burung merpati dengan ukuran besar. Burung Mabruk identik dengan warna abu yang mana kakinya dilengkapi dengan sisik layaknya ayam. Burung Mabruk tersebut memakai hiasan kepala layaknya seperti mahkota.

Wisatawan juga akan menemukan Komodo, salah satu hewan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Komodo ini termasuk ke dalam jenis dinosaurus terakhir di dunia. Saat ini Komodo masuk dalam kategori hewan langka karena spesiesnya yang hampir punah.

Hewan Lainnya yang akan kita temukan di Rahmat International Wildlife Museum ini yaitu ular king kobra dengan panjang 5,5 meter, harimau Sumatera, dan masih banyak lagi.

Masih ditempat yang sama, wisatawan akan menemukan kerangka beberapa hewan seperti gajah Asia, kerangka kuda nil, kerangka orang utan, dan masih banyak lagi.

Ada Koleksi Pribadi Tokoh Ternama

Lantai tiga digunakan sebagai gedung serba guna yang mana salah satu ruangannya berisi aneka koleksi pribadi para tokoh ternama. Wisatawan akan menemukan piringan hitam yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik milik Michael Jackson.

Wisatawan juga akan menemukan foto Cristiano Ronaldo lengkap dengan tanda tangannya. Selain itu ada pula koleksi sarung tinju milik Muhammad Ali serta Mike Tyson.

Biasanya wisatawan yang datang ke Rahmat International Wildlife Museum secara beramai-ramai akan didampingi oleh seorang tour guide. Wisatawan akan diberikan informasi mengenai jenis, asal, dan spesifikasi dari setiap hewan yang ada di sana.

2023 01 05
Foto via Googlemaps/Retno Anggun Pramita

Wisatawan juga tidak boleh melewatkan kegiatan berburu spot foto di setiap sudut menarik yang ada di Rahmat International Wildlife Museum. Spot foto yang bisa kita coba yaitu latar hutan belantara, ornamen alam, hingga hewan yang diawetkan. Beberapa hewan juga bisa disentuh secara langsung. Tidak heran banyak jepretan keren yang bisa kita temukan di media sosial khususnya Instagram.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa kita temukan di Rahmat International Wildlife Museum. Bagi wisatawan yang ingin mengisi perut di waktu liburan, bisa mengunjungi salah satu resto yang dekat dengan lokasi Rahmat International Wildlife Museum.

Beberapa makanan yang bisa kita temukan di sana seperti lemang, sate padang Medan, soto Medan, mie gomak, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan dari hidangan tersebut yakni mulai dari Rp 10.000.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Rahmat International Wildlife Museum ini berupa tour guide, toilet, gazebo, aula, pusat informasi, musala, lahan parkir, pusat oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Rahmat International Wildlife Museum

Untuk harga tiket masuk pelajar dengan jumlah 25 orang ke atas, akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 per orang. Sementara untuk wisatawan umum, dikenakan tiket sebesar Rp 75.000 per orang.

Berlaku pula tiket parkir kendaraan yang dibanderol mulai dari Rp 3.000 setiap kendaraan. Wisatawan yang ingin menanyakan seputar kesediaan tiket serta pemesan online bisa mengubungi nomor (061) 4569964.

Lokasi dan Jam Buka

Wisatawan yang kebetulan sedang melakukan liburan di Medan bisa langsung datang ke Rahmat International Wildlife Museum yang berada di Jalan S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20152. Google Maps.

Wisatawan bisa melalui Jalan Gatot Subroto menuju ke Jalan Candi Mendut. Dari sana kita masuk ke Jalan S. Parman yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 8 menit perjalanan. Lokasinya yang berada di pusat Kota Medan membuat Rahmat International Wildlife Museum mudah ditemukan.

Rahmat International Wildlife Museum ini beroperasi setiap hari di mana durasi waktu operasionalnya mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Sementara untuk Safari Night mulai dari pukul 18:00 WIB hingga pukul 21:30 WIB.

Dengan durasi operasionalnya yang cukup panjang ini wisatawan bisa puas melakukan liburan di sana. Wisatawan perlu mengatur waktunya mengajak keluarga ke Rahmat International Wildlife Museum ketika sedang berlibur di Medan.

Ketika akhir pekan, wisatawan sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang pada loket masuk.

Akomodasi

Wisatawan luar Medan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Rahmat International Wildlife Museum ini bisa datang ke Cambridge Hotel Medan yang berlokasi di Jalan S. Parman No.217, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20152.

Jarak tempuhnya dari lokasi Rahmat International Wildlife Museum ini sekitar 3 menit perjalanan. Sementara itu, tarif penginapan di Cambridge Hotel Medan ini dibanderol mulai dari Rp 299.000 per malam sesuai dengan jenis paket yang kita inginkan.

Khususnya wisatawan Medan dan sekitarnya wajib banget mampir ke Rahmat International Wildlife Museum ini. Datang ke Rahmat International Wildlife Museum ini tidak hanya sekedar untuk liburan saja. Melainkan juga untuk menambah edukasi dan juga pengalaman berkesan.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments