setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Keindahan Penanjakan Bromo yang Penuh Tantangan

Penanjakan Bromo

Gunung Penanjakan atau biasa disebut dengan Penanjakan Bromo merupakan salah satu gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini identik disebut dengan Penanjakan 1, karena kerap kali dijadikan lokasi pandang untuk melihat bentangan alam wisata daerah Bromo, khususnya view Puncak Gunung Bromo.

Dari atas gunung penanjakan, terlihat lautan pasir yang luas beserta beberapa gunung yang berdiri gagah. Di destinasi tempat wisata Penanjakan 1 ini, pengunjung akan menyaksikan pemandangan tempat wisata terdekat lainnya seperti Gunung Bromo yang didampingi Gunung Batok, Gunung Semeru, dan Gunung Kursi.

Di Penanjakan Bromo, pengunjung akan melihat keindahan matahari tatkala terbit dini hari. Bromo sunrise merupakan sebutan untuk matahari terbit di Bromo, karena memang momen satu ini sangat wajib pengunjung saksikan saat berada di Penanjakan Bromo.

1. Lokasi Penanjakan Bromo

Tempat wisata Puncak Gunung Penanjakan memiliki ketinggian 2.770 m. Lokasinya persis di sebelah Barat Gunung Bromo.

Jika ingin menikmati keindahannya dengan santai, pengunjung bisa menyewa jasa angkutan berupa jeep atau Hardtop di sana. Apalagi mengingat medannya yang memang sangat sulit untuk ditaklukan dengan kendaraan biasa karena masih sangat ekstrim dan kurang luas.

2. Daya Tarik Penanjakan Bromo

Waktu terbaik untuk menjadikan puncak Penanjakan Bromo sebagai tujuan perjalanan wisata adalah pukul 02:00 – 03:00 dari tempat pengunjung menginap, atau dari daerah Desa Cemoro Lawang agar tidak ketinggalan menyaksikan sunrise di sana.

Keindahan Penanjakan Bromo
foto: instagram.com/shanyadevyna/

Ada baiknya pengunjung telah memesan jeep sebelum berangkat ya, agar tidak bingung ketika tour, apalagi mengingat waktumu yang sangat terbatas.

Tidak hanya ada Penanjakan 1 loh, ternyata ada juga Penanjakan 2. Memang, Penanjakan 2 tidak se-hits Penanjakan 1.

Penanjakan 2 biasa disebut juga sebagai puncak seruni ini sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai suasana sepi dan hening. Penanjakan 2 kerap menjadi pilihan ketika ternyata Penanjakan 1 sedang tutup, misal karena sedang ada tamu Negara yang berkunjung, atau bisa juga ketika ada event lainnya.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Alam Bali yang Paling Tersembunyi

Jika pengunjung menyukai tantangan, maka ke Penanjakan 2 adalah pilihan alternatif deh. Di penanjakan 2, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menarik yang tak kalah menyenangkan.

Medannya juga terbilang agak ramah, tidak sesulit Penanjakan 1. Ketinggian Penanjakan 2 ini adalah 2.400 mdpl. Puncak Penanjakan 2 merupakan puncak tertinggi ke dua di Kawasan Taman Nasional Tengger Semeru.

Di Penanjakan Bromo 1 maupun 2, pengunjung tetap bisa menyaksikan keindahan matahari terbit alias Bromo Sunrise serta keindahan bintang malam yang mengagumkan Bromo Milky Way.

Sunrise Penanjakan Bromo
foto: instagram.com/bromoijen.id/

Jadi, ketika pengunjung ke Penanjakan 1 ketika hari libur dan mendapati Penanjakan 1 dipenuhi pengunjung yang sangat banyak, pengunjung bisa menjadikan Penanjakan 2 sebagai pilihan, agar tetap bisa menikmati sunrise serta Milky Way lewat Puncak Seruni Point.

Penanjakan 2 terletak di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Penanjakan 2  ini awalnya tidak dikenal oleh pawa wisatawan karena sering tutup dan terjadi longsor. Hingga kemudian para warga dan pihak taman nasional memutuskan bekerjasama untuk memperbaiki jalurnya, hingga tempat ini sudah mulai dikunjungi kini.

Sebutan Penanjakan 2 diambil dari Suku Tengger yang pernah melakukan ekspedisi, karena berada dalam satu kawasan dengan Penanjakan 1, sehingga masyarakat sekitar memberinya dengan nama Puncak Seruni Point yang dikenal dengan Penanjakan 2.

3. Rute ke Penanjakan 1

Agar bisa sampai ke puncak penanjakan 1, pengunjung dapat melewati beberapa jalur.

Jika berangkat dari arah Pasuruan, pengunjung bisa melelaui Tosari. Jika dari Malang bisa melalui Tumpang, sementara jika dari Probolinggo bisa melalui Cemoro Lawang Sukapura.

Di antara ketiganya, pengunjung biasanya lebih memilih rute dari Probolinggo, karena memang aksesnya yang mudah dibanding rute lain.

Selain mudah, akases dari Probolinggo juga akan membuat pengunjung bisa menyaksikan keindahan pemandangan lereng Gunung Bromo.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Pringgodani Tawangmangu, Surga Tersembunyi Lereng Lawu

Terdapat cukup banyak homestay, hotel, villa, dan penginapan di sekitaran jalur ini.

4. Rute ke Penanjakan 2

Rute ke Penanjakan Bromo
foto: instagram.com/putra_nanda22/

Rute yang paling mudah ke Penanjakan 2 bisa dari Desa Cemoro Lawang. Medan jalannya menanjak, membutuhkan sekitar 30 menit untuk bisa mencapai wisata Penanjakan 2 ini. Kemudian, pengunjung bisa berjalan kaki dengan menelusuri anak tangga selama 20 menitan.

Tips agar bisa mencapai ke puncak Penanjakan Bromo, pengunjung harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Contohnya adalah masker yang berfungsi untuk melindungi saluran pernafasan, senter, penutup kepala dan telinga, jaket, sarung tangan.

Perlengkapan tersebut akan memudahkan perjalananmu menuju puncak Penanjakan Bromo. Jadi, siapkan dengan matang ya, agar perjalananmu menyenangkan dan penuh kesan.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *