Pantai Soge, Informasi Lengkap Surga Tersembunyi di Pacitan 2024

Pantai Soge Pacitan

Pacitan, sebuah kabupaten di Jawa Timur, menawarkan potensi wisata alam yang menakjubkan, terutama terkait dengan goa, sehingga diberi julukan Kota Seribu Goa. Selain dikenal dengan keindahan goanya, wisata Pacitan juga memiliki sejumlah destinasi wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi daerah ini.

Salah satunya adalah Pantai Soge, Pantai ini hampir mirip dengan Pantai Senggigi, dengan pasir putih yang luas dan air laut yang biru memikat, mengundang siapa saja untuk datang. Adapun hal yang paling menarik dari Pantai Soge ini adalah lokasinya yang berseberangan dengan jalan raya.

Alamat : Pantai soge berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps
Jam Buka : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Mungkin masih banyak yang belum mengenal pantai di Pacitan. Saat sedang dalam perjalanan, tiba-tiba menemukan sebuah pantai yang indah pasti terasa seperti menemukan harta karun. Itulah yang membuat banyak pengguna jalan raya berhenti sejenak untuk menikmati pesona Pantai Soge.

Penasaran tentang pantai Soge ini? Temukan informasi lebih lanjut di bawah ini.

Mengenal Singkat Tentang Pantai Soge

122970948 835590383876295 1779792736241991 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Walaupun Pantai Soge dapat terlihat dari jalan raya, masih banyak yang belum mengenal nama Pantai Soge ini. Menurut para wisatawan yang pernah berkunjung ke sini, pantai ini serupa dengan Pantai Senggigi di Lombok.

Pasir putih yang bersih dipadukan dengan air laut yang jernih berwarna biru, persis seperti pantai di Lombok. Karena lokasinya di tepi jalan raya, tak heran jika kamu melihat banyak pengendara berhenti sejenak, memarkirkan mobil mereka, dan mengambil foto di tepi jalan dengan pemandangan laut.

Itu karena salah satu spot foto favorit di pantai ini memang berada di tepi jalan raya. Dengan jalan raya sebagai batasnya, pantai ini hanya terhalang oleh pepohonan yang lebat, membentuk hutan kecil. Tentu saja, area ini mudah dilewati dengan berjalan kaki.

Tidak hanya pasir putih dan air yang jernih, kamu juga bisa melihat deretan bukit yang menjulang di kejauhan, memberikan latar belakang eksotis untuk pantai ini. Jika kamu ingin bermain di pantai yang masih sepi dan belum terlalu ramai pengunjung, pantai ini di Pacitan bisa menjadi pilihan.

Mungkin suasana di sini sedikit bising karena kendaraan yang melintas di jalan sebelahnya. Namun, pepohonan besar yang rimbun mampu meredam kebisingan tersebut.

Pesona yang Ditawarkan oleh Pantai Soge Pacitan

Berbeda dengan sejumlah pantai yang sudah terkenal luas, Pantai Soge masih belum begitu dikenal oleh wisatawan yang datang dari luar Pacitan. Akibatnya, kunjungan ke pantai ini masih jarang, menciptakan suasana yang lebih sepi dan tenang. Jika kamu mencari tempat wisata yang tidak terlalu ramai, pantai ini bisa menjadi pilihan kamu.

Keindahan Pantai yang Terlihat dari Pinggir Jalan

121318606 1030272157401345 2411482121693194817 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan melalui jalan dari Pacitan menuju Trenggalek pastinya sudah mengenal Pantai Soge. Pantai ini membentang sepanjang jalur lintas selatan dan menawarkan wisata bahari yang memikat, yang sayang untuk dilewatkan.

Meskipun pantai ini terletak di tepi jalan, kebersihannya tetap terjaga. Air laut yang biru luas, pasir putih yang membentang, dan suara ombak yang menghampar membuat siapa pun yang melewati pantai ini pasti akan terpesona dengan keindahannya.

Pantai dengan Pasir Putih yang Indah

Keelokan pantai ini akan semakin memukau begitu kamu menginjakkan kaki di objek wisata ini. Pantai ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman, karena memiliki pasir putih yang lembut dan memberikan perasaan yang menyenangkan saat kamu melepas alas kaki.

Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir Pantai Soge untuk merasakan pengalaman liburan yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di tempat wisata lainnya. Ditambah dengan air laut yang biru, pantai ini juga sering menjadi lokasi menarik untuk berfoto bersama teman atau bahkan untuk sesi pemotretan prewedding.

Suasana yang Tenang

120436095 1500623090132754 6895466084853332873 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Soge adalah salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini menciptakan suasana yang tenang dan cocok bagi kamu yang ingin melepaskan penat setelah seminggu beraktivitas.

Keberadaan Muara Sungai

Salah satu pesona sekaligus daya tarik utama pantai ini adalah adanya muara sungai. Muara sungai ini memiliki air yang cukup jernih dan pasir putih. Ini menjadi salah satu alasan mengapa para wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, betah bermain di muara sungai ini.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan mengelilingi hamparan pasir putih yang terletak di tengahnya. Pemandangan muara sungai yang berkelok-kelok ini semakin indah ketika dilihat dari ketinggian.

Keindahan Perbukitan di Sekitar Pantai Menambah Pesona Alamnya

Terdapat jajaran perbukitan yang memperindah kecantikan Pantai Soge, yang terletak di Dondong Sidomulyo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Apalagi perbukitan ini terhubung langsung dengan danau alami, yang pasti akan memberikan kesan yang kuat saat kamu berkunjung ke sini.

Dengan pemandangan tersebut, kamu dapat berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Bahkan kamu dapat mengabadikan momen dengan latar belakang laut dan perbukitan yang indah.

Kebersihan Air Pantai yang Menyegarkan

119553319 1461805117540769 1064719203732401359 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Air Pantai Soge yang bersih dan ombak yang relatif tenang menjadikan permukaan air laut cukup damai sehingga sangat indah untuk dinikmati. Pantai ini sendiri memang termasuk masih perawan karena belum terlalu dikenal.

Kebersihan air pantai yang dimiliki oleh pantai ini mampu memberikan kesan segar dan asri. Inilah yang menjadi daya tarik bagi siapapun untuk segera menjamahnya dengan berenang atau sekedar bermain air ditepi pantainya.

Oh iya pantai ini cukup ramah bagi para wisatawan yang ingin berenang di Pantai Soge. Bentuk pantainya yang sedikit cekung juga menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan keamanan bagi pengunjung yang ingin berenang.

Keindahan Jembatan Layang

Sungai yang bermuara di Pantai Soge dan melintasi jalan raya selatan dilengkapi dengan jembatan layang yang dapat dilalui oleh pengendara yang melintasi jalur lintas selatan. Dari atas jembatan tersebut, pengendara dapat menikmati pemandangan luas Pantai Soge. Jembatan ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto oleh pengunjung atau pengendara yang melintasi jalur selatan.

Deretan Gazebo yang Unik untuk Istirahat

Dikebanyakan pantai keberadaan gazebo memang sudah cukup umum. Namun cukup berbeda dengan yang ada di Pantai Soge karena jumlah Gazebonya yang termasuk banyak dibanding pantai lainnya hingga berderet-deret di sekitar pantai.

Gazebo-gazebo ini sendiri memang disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati Pantai Soge. Setelah memasuki kawasan Pantai Soge, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati fasilitas gazebo yang disediakan. Gazebo-gazebo ini juga merupakan tempat istirahat bagi pengunjung. Seringkali pengendara yang melintasi jalur selatan juga menggunakan gazebo ini sebagai tempat istirahat.

Akses yang Mudah di Jangkau

Salah satu daya tarik lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah kemudahan aksesnya. Jadi meskipun pantai ini belum populer namun jalannya cukup mudah dan tak sulit kamu jangkau. Hal ini karena Pantai Soge terletak di sebelah jalur Jalan Lintas Selatan.

Bahkan saat kamu masih dalam perjalanan ternyata sudah bisa lho melihat keindahan Pantai Soge, dengan pasir yang terbentang dan air laut biru yang terlihat jelas.

Namun melihat dan berfoto di tengah jalan dengan latar belakang Pantai Soge, meski menghasilkan foto yang indah, tetapi sangat berbahaya. Oleh karenanya memang akan lebih baik jika kamu langsung saja kunjungi pantai ini.

Keindahan Luar Biasa dari Danau Alami

Keindahan pantai ini tidak hanya terletak pada air atau pasirnya saja. Lebih dari itu Pantai Soge ini juga menyimpan surga tersembunyi di Pacitan. Yups perlu kamu tahu jika Pantai Soge memiliki danau alami yang airnya berasal dari laut. Dahulu danau ini merupakan bagian dari pantai yang kemudian terpisah oleh gundukan pasir yang membentuk danau kecil di tepi pantai.

Tidak hanya itu, danau alami ini juga memiliki muara sungai yang mengelilingi hamparan pasir putih pantai sejauh 150 meter. Keindahan alam ini akan membuat pengunjung betah untuk menikmati waktu di Pesisir Pacitan ini.

Lokasinya yang menarik jelas menjadi objek yang direkomendasikan untuk mengambil foto yang ciamik. Namun, penting untuk diingat bahwa saat menikmati danau, harus berhati-hati saat berenang karena arusnya cukup kuat. Untuk alasan ini, petugas sudah menandai lokasi ini dengan bendera merah agar pengunjung tidak melebihi batas yang ditentukan.

Keindahan Pemandangan Alam yang Menakjubkan

119461953 620125938874230 2343500866401479789 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Pantai Soge menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, menjadikan Pacitan sebagai surga pantai di Jawa Timur. Laut yang biru dipadukan dengan ombak yang memecah dengan kuat. Ditambah dengan kehadiran bukit-bukit yang memberikan rasa tenang dengan warna hijaunya.

Selain itu disepanjang tepi pantai ada bendera yang menambah kesan indah dari pantai ini. Adapun keberadaan bendera itu sendiri adalah untuk batas bagi pengunjung ketika bermain air. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan. Karena Pantai Soge memiliki ombak yang cukup kuat, terutama saat pasang, hal ini dapat sangat berbahaya.

Informasi Alamat dan Rute Menuju Pantai Soge

Bagi kamu yang berencana mengunjungi pantai yang indah ini dari pusat kota Pacitan, Jawa Timur, kamu perlu melakukan perjalanan sejauh sekitar 24 kilometer selama sekitar setengah jam menggunakan transportasi umum. Jika kamu berangkat dari Kota Surabaya, perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 jam.

Adapun jika dari Tulungangung kamu akan memerlukan waktu 3,5 jam dan sekitar 4 jam dari Kota Solo. Apabila dari Kota Pacitan, kamu dapat menuju kawasan Pantai Soge dalam waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Dari kota, kamu masih harus melanjutkan ke arah timur hingga mencapai Kecamatan Tulukan dan terus ke timur hingga mencapai daerah Ngadirojo.

Dari daerah Ngadirojo, kamu akan mengambil arah menuju Pasar Wiyoro hingga mencapai pertigaan. Setelah itu, belok ke kiri hingga kamu menemui PLTU dan ambil arah ke kanan. Selama perjalanan, kamu akan melewati beberapa pantai hingga mencapai Desa Sidomulyo. Sesampainya di desa tersebut, kamu akan melihat pantai yang luas membentang di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Soge Pacitan

123046567 370363890832094 5904275521093495731 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Seperti halnya memasuki kawasan wisata lainnya, para wisatawan yang ingin memasuki pantai ini diwajibkan untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk di pantai ini sangat terjangkau, yaitu 5.000 rupiah saja untuk orang dewasa dan 3.000 rupiah untuk anak-anak.

Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan ya jadi pastikan untuk membawa uang lebih. Meskipun pengunjung dapat memarkir kendaraan di tepi jalan, pihak pengelola pantai telah menyediakan area parkir sehingga keamanan kendaraan pengunjung tetap terjaga.

Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah 2.000 rupiah saja dan untuk kendaraan roda empat adalah 5.000 rupiah, termasuk terjangkau bukan?

Aktivitas Seru di Pantai Soge

Liburan ke pantai tentu akan lebih seru jika kamu juga mencoba beberapa aktivitas seru yang ditawarkannya. Nah apabila kamu ada kesempatan liburan ke Pantai Soge bisa coba beberapa aktivitas berikut:

Jogging Santai di Tepi Pantai

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Soge adalah berlari santai di sepanjang tepi pantai. Ini merupakan olahraga yang murah dan menyenangkan. Pantai ini sudah dibuka untuk umum pada pukul tujuh pagi, sehingga cocok bagi kamu yang ingin berolahraga sambil menikmati ketenangan pantai di pagi hari.

Bermain Air

Pantai ini memiliki air yang relatif jernih dan ombak memang cukup kuat. Meski begitu pantai ini cukup aman untuk pengunjung yang ingin bermain air atau berenang, terutama bagi anak-anak. Oh iya agar aman pastikan untuk tidak melewati bendera batas pantai saat bermain air.

 Selain bermain air di area pantai, kamu juga dapat menikmati serunya bermain di muara sungai Soge. Muara sungai ini memiliki air yang jernih dengan pasir putih di tengahnya. Muara sungai ini cukup panjang, memberikan ruang yang luas bagi pengunjung yang ingin bermain air atau bermain bola di tepi muara sungai.

Menelusuri Pantai

119698444 683694255831228 2927766782531632129 n
Instagram.com/pantaisogepacitan

Ada beberapa cara untuk menikmati pesona Pantai Soge. Pertama, berjalan menyusuri tepi pantai tanpa alas kaki. Dengan cara ini, kamu dapat merasakan lembutnya pasir putih dan sensasi air ombak yang menyapu kaki.

Cara kedua adalah menikmati keindahan pantai dengan berlayar menggunakan perahu nelayan. Kamu dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk berkeliling di sekitar Pantai Soge. Pastikan untuk menggunakan pelampung dan peralatan keselamatan lainnya untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Jika kamu ingin melihat keindahan pantai lebih dekat, pihak pengelola wisata menyewakan speedboat dengan harga sewa yang terjangkau, yaitu 15.000 rupiah per orang. Speedboat ini dimiliki oleh nelayan setempat, sehingga kamu dapat merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Bersantai di Gazebo

Para wisatawan yang mengunjungi Pantai Soge sering memilih untuk bersantai di gazebo bersama keluarga besar. Gazebo-gazebo ini disediakan oleh pengelola pantai khusus untuk para pengunjung. Kamu dapat duduk, menikmati makanan ringan yang telah di bawa dari rumah, berbincang-bincang, dan menikmati angin pantai bersama keluarga.

Berburu Foto Cantik

a
Instagram.com/pantaisogepacitan

Kunjungan ke suatu tempat wisata akan terasa kurang lengkap tanpa mengabadikan suasana dan aktivitas di lokasi tersebut. Pantai Soge, misalnya, menjadi daya tarik bagi pengunjung yang gemar fotografi. Kawasan pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau yang dapat memikat siapa saja.

Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih yang luas, air laut yang biru, pepohonan yang rindang, dan perbukitan di kejauhan. Terlebih lagi, pantai ini tidak terlalu ramai, sehingga kamu dapat mengambil foto bersama keluarga atau teman tanpa terganggu oleh keramaian wisatawan lain di sekitarmu.

Jam Operasional Pantai Soge

b
Instagram.com/pantaisogepacitan

Pantai Soge beroperasi 24 jam setiap hari. Namun, jika kamu ingin menggunakan fasilitas parkir, disarankan untuk datang selama jam operasional tempat wisata. Alternatifnya, kamu a juga bisa mengunjungi pantai pada pagi hari untuk menikmati matahari terbit atau sore hari untuk menikmati matahari terbenam.

Setelah menikmati waktu di pantai, jangan lupa singgah ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur terdekat untuk membeli suvenir. Karena liburan akan lebih lengkap dengan membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas yang Ada di Pantai Soge

Melihat keberadaannya yang terpencil dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, tampaknya pemerintah setempat belum sepenuhnya memperhatikan fasilitas yang tersedia di Pantai Soge, Pacitan. Hal ini karena di tempat ini hanya beberapa fasilitas yang dapat ditemui.

Fasilitas tersebut ialah area parkir yang cukup luas dengan tarif parkir yang sangat terjangkau. Selain itu, terdapat juga toilet umum yang dapat digunakan oleh pengunjung dan beberapa warung makan yang dikelola oleh penduduk setempat.

Penginapan Terjangkau di Dekat Pantai Soge

Jika kamu berencana mengunjungi Pantai Soge dan mencari tempat menginap, tidak perlu khawatir. Pacitan adalah kota wisata yang menawarkan berbagai pilihan penginapan yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kamu.

1. Penginapan Hello

Salah satu pilihan penginapan yang dapat kamu pertimbangkan sebelum mengunjungi Pantai Soge adalah Penginapan Hello. Terletak di Desa Sidoharjo, penginapan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pantai. Harga per malam cukup terjangkau, mulai dari 180 ribu rupiah. Fasilitas yang ditawarkan termasuk tempat tidur, kamar mandi, pendingin ruangan, Wi-Fi, dan area parkir.

2. Penginapan Mulya Asih

Penginapan ini terletak di Desa Ngadirojo, di mana Pantai Soge berada. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 11 menit atau sekitar 900 meter untuk mencapai pantai. Penginapan ini menawarkan harga yang ramah dikantong, terutama bagi para backpacker.

Mulya Asih adalah penginapan yang paling dekat dengan Pantai Soge di Pacitan, bahkan mungkin satu-satunya penginapan di lokasi tersebut. Kamu dapat mencapai pantai dengan berjalan kaki. Meskipun menjadi satu-satunya penginapan di daerah tersebut, harga yang ditawarkan sangat murah, terutama bagi para backpacker.

Harga per malam hanya sekitar 100 ribu rupiah, namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun fasilitasnya sederhana, penginapan ini menyediakan tempat parkir, spring bed, kipas angin, meja dan kursi mini untuk bersantai, serta fasilitas karaoke untuk hiburan tamu.

3. Harry’s Oceans House

Harry’s Oceans House adalah homestay yang populer di kalangan peselancar karena pemiliknya sendiri adalah seorang peselancar terkenal. Dengan tarif mulai dari 70.000 rupiah per malam, kamu dapat menikmati berbagai fasilitas lengkap di penginapan yang terletak dekat dengan pantai.

Agar lebih pasti sebelum ke salah satu hotel diatas alangkah baiknya bila kamu memastikan lagi dengan menghubungi hotel atau penginapannya langsung. Perlu diingat jika informasi mengenai penginapan dapat berubah seiring waktu. Disarankan untuk melakukan pengecekan terkini terkait harga dan ketersediaan penginapan sebelum melakukan perjalanan.

Wisata Dekat Pantai Soge

Selain liburan ke pantai Soge, sekalian jalan kamu juga bisa lho mengunjungi wisata yang ada didekatnya seperti:

Pantai Watu Papak

Salah satu destinasi wisata yang berdekatan dengan Pantai Soge adalah Pantai Watu Papak. Meskipun tidak sepopuler pantai-pantai lainnya, Pantai Watu Papak memiliki keindahan yang tidak kalah menarik. Pantai Watu Papak ini sendiri adalah salah satu destinasi wisata pantai terbaru di Pacitan.

Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai Private Beach karena masih jarang dikunjungi oleh pengunjung atau wisatawan. Karakteristik unik dari Pantai Watu Papak adalah kedua sisinya dikelilingi oleh tebing, dengan laut Pantai Selatan di tengahnya, dan di pinggir pantai terdapat pepohonan hijau yang memberikan suasana alami.

Pasir di Pantai Watu Papak juga sangat menarik, karena bersih dan berwarna kuning kecoklatan seperti pantai-pantai lainnya di Pacitan. Terdapat juga dua spot pemandangan indah di Pantai Watu Papak, yaitu pantai itu sendiri dan taman batu. Saat mengunjungi pantai ini, pengunjung akan terpesona oleh pemandangan bebatuan yang menyerupai kura-kura yang sering terkena hempasan ombak.

Selain itu, keberadaan rumput hijau di taman batu memberikan suasana alami yang khas di Watu Papak.Untuk mencapai pantai ini, kamu perlu melewati PLTU Sidomoro dan mengikuti jalan lintas selatan. Lokasi Pantai Watu Papak terletak di Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur.

Jembatan Soge

Selain itu, ada juga Jembatan Soge yang merupakan Jembatan penghubung jalur lintas selatan ke Pacitan. Jembatan Soge diresmikan pada tahun 2010, bersamaan dengan pembangunan jalan di daerah tersebut. Jembatan ini memiliki desain arsitektur yang unik yang mengingatkan kita pada Jembatan Harbour di Kota Sydney, Australia.

Jadi saat kamu berjalan di atas Jembatan Soge memberikan perasaan seolah-olah berada di atas Harbour Bridge. Dari atas jembatan ini, kita dapat melintas di atas sungai sambil menikmati pemandangan indah dari Pantai Soge. Jembatan Soge juga menjadi tempat favorit untuk berkumpul bagi anak muda maupun orang dewasa. Lokasi Jembatan Soge terletak di Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur.

Peralatan yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai Soge

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa barang yang penting untuk dibawa saat berlibur ke pantai Soge. Meskipun terlihat sepele, barang-barang ini akan sangat berguna nantinya. Agar tidak ada yang terlupakan, perhatikan dulu ulasan tentang 5 peralatan yang harus dibawa saat melakukan perjalanan ke pantai berikut ini!

1. Kamera

Momen berkesan di pantai tentu harus diabadikan dalam foto-foto agar bisa dikenang di masa depan. Meskipun saat ini kebanyakan smartphone sudah dilengkapi dengan kamera, membawa kamera tersendiri tidak ada salahnya untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Tetapi, perlu hati-hati untuk melindungi kamera dari cipratan air atau serpihan pasir yang dapat merusaknya.

2. Kacamata Hitam

Kacamata hitam sangat berguna untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terlalu terang, terutama saat cuaca cerah di siang hari. Ketika berjemur atau melakukan aktivitas di pantai pada siang hari, sinar matahari yang terang dapat mengganggu penglihatan. Jadi, tidak ada salahnya memprioritaskan kacamata hitam sebagai barang wajib saat berlibur ke pantai.

3. Sunblock

Sinar matahari yang terik adalah ciri khas dari liburan di pantai. Meskipun ingin bebas beraktivitas yang menyenangkan, penting untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membahayakan kulit. Oleh karena itu, gunakanlah sunblock atau tabir surya saat beraktivitas di pantai. Oleskan sunblock pada bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian, pilih sunblock yang aman dan memiliki SPF agar kulit tetap terlindungi.

4. Sandal

Sandal adalah peralatan yang penting untuk dibawa atau langsung digunakan saat berlibur ke pantai. Tinggalkan sejenak sepatu atau sneakers karena pasir yang masuk ke dalam sepatu dapat mengganggu kenyamanan. Selain itu, air asin laut dapat merusak sepatu kesayangan. Menggunakan sandal di atas pasir pantai yang halus akan membuat langkah menjadi lebih ringan. Pilih sandal yang tahan air agar mudah dibersihkan.

5. Peralatan Mandi dan Baju Ganti

Siapkan juga baju ganti saat berlibur di pantai. Meskipun tidak berniat untuk bermain air laut, kejadian tak terduga bisa membuat baju basah dan tidak nyaman. Peralatan mandi juga penting. Angin kering dan udara panas seringkali membuat tubuh berkeringat. Untuk tetap merasa nyaman, siapkan peralatan mandi seperti sabun, shampo, sikat gigi, dan pasta gigi dalam kantong yang tahan air.

Itulah berbagai peralatan yang harus dibawa saat melakukan perjalanan ke pantai. Jadi, pastikan tidak ada yang terlupakan!. Oh iya selama liburan jangan lupa untuk selalu hati-hati dan utamakan keselamatan agar tidak terluka.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments