Umbul Pelem Waterpark, Informasi Harga Tiket Terbaru & Ragam Aktivitas Seru di Tahun 2024

Umbul Pelem Waterpark

Umbul Pelem bisa menjadi alternatif tempat wisata Klaten untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama si kecil. Dijamin anak-anak akan merasa senang lantaran pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam wahana seru.

Apalagi nuansa sekitarnya begitu sejuk dengan dikelilingi pepohonan rindang. Dengan nuansa alam yang sejuk, kolam yang memiliki sumber alias umbul ini dapat merefresh kepenatan pekerjaan sehari-hari sebelumnya lho….

Alamat : Jalan Tegalgondo – Janti Dukuh, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp8.000 – Rp10.000
Jam buka : 05.00 – 16.00 WIB

Aktivitas Seru di Umbul Pelem Waterpark

Klaten selalu punya cara tersendiri untuk membuat wisatawan merasa senang saat liburan di kota ini. Salah satunya dengan menghadirkan wisata pemandian bernama Umbul Pelem. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari wisata Umbul Ponggok yang terkenal akan spot foto selfie underwater-nya.

Umbul Pelem termasuk pariwisata baru di Kabupaten Klaten. Pasalnya wisata ini baru saja diresmikan pada tahun 2018 lalu. Meskipun belum lama berdiri tetapi wisatawan dari luar kota begitu antusias saat mengunjunginya. Bahkan harus menempuh perjalanan berkilo-kilo meter pun tak jadi halangan.

Ada berbagai macam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disana. Seperti berenang, flying fox, bermain di sawah selada air, naik kano, dan bermain wahana pasir. Untuk informasi lebih lengkapnya akan dijelaskan pada sub bab berikut ini.

Bermain Flying Fox

IMG 20230709 153136
Sumber : Instagram/umbulpelemwaterpark

Buat kamu yang ingin menguji adrenalin cobalah bermain wahana flying fox di Umbul Pelem. Wahana ini tergolong cukup ekstrem karena pengunjung akan meluncur di atas tali dari ketinggian 150 meter. Memang terlihat menakutkan, tetapi kalau kamu sudah mencobanya pasti ketagihan.

Jangan khawatir soal keamanannya. Saat meluncur pengunjung akan dibekali beberapa alat pengaman. Diantara-Nya ada helm, sabuk pengaman, dan tali pengaman untuk bergelantungan di atas lintasan tali. Beberapa petugas juga siap membantu dan memberi arahan.

Sayangnya wahana flying fox ini tidak bisa kamu nikmati percuma. Ada biaya tambahan yang dibebankan oleh pihak pengelola. Dimana setiap orang harus membayar tiket seharga Rp25.000. Setelah menyelesaikan pembayaran baru bisa mencoba wahananya sepuas hati kamu.

Berenang

1688890995505
Sumber : Googlemap/kusuma adi

Dikarenakan Umbul Pelem adalah wisata pemandian otomatis kegiatan berenang adalah aktivitas utama yang akan sering kamu lihat. Bukan hanya anak-anak saja yang bisa menikmatinya. Orang dewasa pun juga tak mau kalah. Hampir semua umur sangat menyukai kegiatan satu ini karena ternyata mampu mengurangi tingkat stres berlebihan.

Pihak pengelola Umbul Pelem mempunyai banyak jenis pilihan kolam untuk para pengunjung. Pertama ada kolam renang anak dengan ketinggian air yang tidak terlalu dangkal. Menariknya di sekitar kolam tersebut juga dilengkapi wahana permainan seperti seluncuran dan ember tumpah.

Bahkan ada satu kolam khusus yang dibuat untuk kegiatan seluncuran. Di sana sudah tersedia wahana seluncuran beragam bentuk. Ada yang lurus, spiral, sampai berkelok-kelok seperti gerakan seekor ular. Anak-anak pasti betah mengingat air di kolam ini begitu menyegarkan.

Kedua, ada kolam renang khusus orang dewasa dengan luas sekitar 60 x 20 meter. Sementara untuk ketinggian airnya sendiri kurang lebih 1,6 meter. Tempatnya yang luas memungkinkan pengunjung bisa berenang secara lebih leluasa. Apalagi airnya juga terlihat jernih dan tidak mengandung kaporit sama sekali.

Satu lagi kolam yang tak kalah seru adalah kolam busa. Wahana ini masih tergolong baru di Umbul Pelem. Disini anak-anak bisa berenang sambil bermain busa yang memiliki warna seputih salju. Tenang saja, busa tersebut tidak mengandung zat berbahaya sehingga sangat aman dimainkan anak-anak.

Terakhir ada kolam terapi ikan, pijat refleksi, dan kolam arus. Khusus kolam arus letaknya dibuat mengelilingi area wisata. Bisa dibilang bentuknya mirip aliran sungai yang ada di area persawahan. Bedanya kolam ini punya ukuran cukup lebar dan bagian dasarnya menggunakan ubin berwarna pelangi.

Menjelajahi Area Persawahan

Semisal sudah bosan berenang bisa nih ikut kegiatan menjelajahi area persawahan di sekitar Umbul Pelem. Udara sejuk serta pemandangan alam serba hijau menjadi daya tarik tersendiri. Bukan tanaman padi yang akan kamu temui. Melainkan sekumpulan tanaman cenil atau sering disebut selada air.

Kehadiran tanaman cenil kian membuat area persawahan kian sejuk dan teduh. Pengunjung juga bisa melihat dan bermain bersama kawanan ikan cethul yang hidup di sekitar aliran sungai. Hal inilah yang terkadang membuat pengunjung merasa betah dan enggan pergi dari Umbul Pelem.

Bermain Pasir

Selain kolam renang dengan fasilitas airnya yang jernih. Umbul Pelem juga menawarkan taman bermain pasir untuk anak-anak. Melalui wahana ini si kecil bisa mengasah kreativitas dan kemampuan motoriknya sekaligus.

Ayah bunda tak usah takut baju si kecil jadi kotor. Pihak pengelola sudah menyediakan kamar bilas yang bisa digunakan untuk membersihkan badan. Jadi biarkan anak-anak bermain dan bersenang-senang sepuasnya.

Naik Perahu Kano

IMG 20230709 153147
Sumber : Instagram/umbulpelemwaterpark

Setelah puas berenang seharian lanjutkan aktivitas dengan bersantai di atas perahu kano. Kamu bisa berkeliling area danau sambil menikmati keindahan alam Umbul Pelem yang mempesona. Jangan lupa mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera ponsel kamu.

Fasilitas Umum

Demi kenyamanan pengunjung selama liburan di Umbul Pelem pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum. Pertama-tama ada area parkir yang cukup luas hingga mampu menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Jadi kamu tak perlu takut lagi tidak kebagian tempat parkir.

Berikutnya ada mushola untuk tempat beribadah. Setiba waktu shalat pengunjung tak perlu lagi jauh-jauh mencari masjid di luar area wisata. Ada pula toilet bersih dengan segala fasilitas di dalamnya.

Sebagai tambahan pihak pengelola juga menyediakan kamar ganti dan kamar bilas khusus pengunjung yang baru selesai dari aktivitas berenang. Bagi yang ingin bersantai saja bisa duduk-duduk santai di gazebo atau tempat duduk sekitar kolam.

Kalau sudah merasa lapar cobalah menyantap makanan yang ada di kantin Umbul Pelem. Harganya sangat murah untuk ukuran masyarakat kalangan menengah ke bawah. Apalagi rasanya juga enak dan tak kalah dengan restoran bintang lima.

Tips Berkunjung Umbul Pelem Waterpark

Berikut beberapa tips penting agar liburan kamu ke Umbul Pelem berjalan lancar dan tidak menemui hambatan apapun.

  1. Usahakan datang dengan kondisi badan yang fit dan bugar. Semisal sedang tidak sehat lebih baik tunda dulu.
  2. Persiapkan barang bawaan yang memang kamu butuhkan. Seperti obat-obatan, baju ganti, uang tunai, perlengkapan mandi, sandal, dan beberapa camilan untuk dinikmati selama perjalanan.
  3. Selanjutnya mengecek kondisi kendaraan yang kamu bawa. Pastikan bahan bakarnya sudah terisi penuh dan tidak ada masalah pada ban atau mesinnya.
  4. Sebaiknya datang secara beramai-ramai dengan mengajak teman, sahabat, keluarga, atau rekan kerja.
  5. Waktu paling pas mengunjungi Umbul Pelem adalah pas hari kerja. Biasanya jumlah kunjungan wisatawan tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa berenang sepuasnya seperti ada di kolam renang pribadi.
  6. Selama disana selalu patuhi aturan yang berlaku dan jangan melakukan tindakan berbahaya.

Bukankah Umbul Pelem merupakan tempat yang menarik? Apakah kamu punya ketertarikan liburan ke sana waktu akhir pekan nanti? Mumpung harga tiketnya belum naik segera buat rencana dari sekarang. Semoga berjalan lancar dan sampai dengan selamat.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments