Ingin Refreshing tapi Kantong Kering? Yuk, Coba Datang ke Wisata Murah Meriah Embung Cempaka di Pakis – Malang!

Embung Cempaka Malang

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali pilihan destinasi wisata yang ciamik dan dikagumi banyak orang.

Kondisi geografis dibarengi dengan temperatur udara yang sejuk membuat kota yang satu ini memiliki beragam objek wisata yang menarik sekaligus nyaman untuk dikunjungi. Bukan Malang namanya jika tak turut menghadirkan destinasi wisata yang ciamik namun juga menghemat duit.

Ya, selain tempat yang nyaman, salah satu pertimbangan wisatawan dalam menentukan tujuan wisatanya adalah karena faktor biaya. Buat kamu yang ingin berwisata tapi terkendala oleh dana? tak perlu khawatir! Kamu bisa datang ke salah satu tempat wisata murah meriah yang ada di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang ini.

Embung Cempaka adalah sebuah wisata kolam renang yang cukup menarik namun dengan tarif yang pasti akan bikin kamu melongo!

Bagaimana tidak? Untuk menikmati wisata Malang dengan sensasi kolam renang dengan waterboom yang asyik, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja lho!

Semua kuliner yang ada di sana juga dipatok dengan harga yang sangat terjangkau dan dijamin tidak akan membuat kantong kamu jebol.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk 2024

Wisata kolam renang Embung Cempaka buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, tanpa ada perbedaan baik saat weekday maupun weekend.

Saat awal dibuka, tempat wisata yang satu ini bahkan hanya mematok tarif 3.000 rupiah saja lho! Namun seiring berjalannya waktu, harga tiket masuk saat ini naik sedikit yakni di 5.000 rupiah saja. Tetap murah meriah, kan?

Daya Tarik Embung Cempaka

Di balik harga tiket yang sangat terjangkau, ternyata pesona Embung Cempaka ini juga tak bisa ditampik lagi.

Berada di kawasan pedesaan, membuat suasana sekitar Embung Cempaka begitu asri dan menyejukkan mata. Ditambah lagi udara yang sangat segar dan pasti bikin kamu nyaman.

Di sekitar lokasi wisata dikelilingi oleh pepohonan yang bertengger di atas tebing-tebing yang tampak begitu indah. Warna hijau pun menyeruak dan siap memikat siapa saja yang melihatnya.

Kolam-kolam yang ada di sana juga berasal dari mata air asli setempat. Sehingga bisa dipastikan airnya pun sangat segar dan membikin kamu rileks.

Sebelum sampai ke area kolam renang, kamu akan melewati jalan setapak yang cukup panjang dan menurun, tapi jangan khawatir karena jalan itu sudah dilengkapi dengan anak tangga, jadi kamu akan lebih mudah melewatinya.

Dari jalan menurun itulah rupanya kamu akan menyaksikan eksotisme kolam renang Embung Cempaka dari ketinggian, ditambah lagi pemandangan indah tebing serba hijau yang akan menemani kamu menuruni sepanjang jalan setapak itu.

Pemandangan yang begitu elok dijamin akan seketika menghilangkan rasa lelahmu ketika menuruni ataupun menaiki anak tangga yang cukup panjang dan sedikit curam tersebut.

Fasilitas Embung Cempaka

Dengan harga tiket yang sangat murah meriah, Teman Setapak sudah bisa menikmati beragam fasilitas menarik yang ada di Embung Cempaka ini. Apa saja? Simak baik-baik ya!

Kolam Renang

Eksotisme Kolam Renang dari Mata Air Alami – Embung Cempaka

Tentu saja, kolam renang adalah fasilitas utama yang selalu ditunggu-tunggu para pengunjungnya. Tanpa terkecuali anak-anak maupun dewasa.

Embung Cempaka memiliki 2 kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa. Dengan luas serta kedalaman masing-masing yang berbeda.

Untuk kolam renang anak, memiliki kedalaman yang bervariasi. Di pinggiran kolam kedalamannya cukup dangkal, yakni hanya selutut orang dewasa. Sedangkan semakin ke tengah akan berbeda lagi kedalamannya.

Di sisi selatan kolam tak begitu dalam, yakni hanya sekitar 70 cm atau setinggi perut orang dewasa, sementara di sisi utara kedalamannya lebih curam lagi, yaitu mencapai 100 cm atau sedada orang dewasa.

Ada satu lagi kolam renang yang memang dikhususkan untuk dewasa, tapi tidak semua bisa ya! Karena kolam yang satu ini kedalamannya memang cukup fantastis yaitu mencapai lebih dari 2 meter.

Untuk menuju kolam yang fantastis ini, kamu perlu menuruni beberapa anak tangga, karena letaknya memang sedikit ke bawah dari area kolam renang anak.

Di kolam ini jugalah biasanya dimanfaatkan beberapa pengunjung untuk latihan renang, karena tempatnya yang cocok ditambah lagi fasilitas yang memadai.

Biasanya dari rombongan sekolah-sekolah sekitar lokasi Embung Cempaka itu sendiri. Tapi tetap dengan izin dan juga protokol-protokol yang telah disepakati bersama dengan pihak pengelola.

Di sekitaran kolam juga ada tempat penyewaan ban atau pelampung lho! Dengan tarif 5 ribu rupiah untuk pelampung berukuran kecil, dan 10 ribu rupiah saja untuk pelampung berukuran besar.

Gazebo

Sembari menunggu si kecil bermain air, kamu bisa bersantai ria di gazebo-gazebo yang ada di sekitaran kolam renang, yaitu semacam pondok-pondok yang tersusun dari material kayu dan bambu.

Ada juga tempat duduk semacam kursi memanjang yang dilengkapi dengan penutup di atasnya, biar para pengunjung tidak kepanasan ataupun kehujanan saat cuaca kurang bersahabat.

Tak cuma itu, di sela-sela gazebo kamu juga akan menemukan beberapa ayunan berkapasitas 4 orang dengan tempat duduk saling berhadapan, kamu bisa bermain di sana bersama si kecil.

O iya, biar tidak bosan, kamu juga bisa lho bersantai ria di gazebo sembari menikmati ‘gorengan anget’ ala Embung Cempaka yang selalu jadi primadona di sana, dan masih banyak lagi menu makanan lainnya.

Kamar Mandi

Setelah puas bermain air, kamu bisa membilas diri di kamar mandi yang disediakan di sekitar kolam renang. Tepatnya sedikit ke bawah yakni di sisi barat kolam renang dewasa.

Kamar bilas ini pun juga terkesan masih sangat alami, karena mengandalkan aliran mata air setempat yang masih sangat segar tanpa campuran kaporit, ditambah lagi bangunannya yang tersusun dari material kayu dan bambu, yang menambah suasana jadi makin klasik.

Musola

Tak perlu ragu untuk menghabiskan waktumu seharian di tempat wisata ini, karena tempat ibadah juga tersedia di sini. Tepatnya ada di simpang kiri loket masuk.

Warung Makan

Tidak bawa bekal? Jangan khawatir! Kamu bisa membeli aneka makanan yang tersedia di warung-warung Embung Cempaka.

Ada kurang lebih 3 kios yang berjajar di sana, yang menjual berbagai menu makanan lezat mulai dari bakso, gorengan, pop mie, jajanan ringan, serta beberapa makanan kekinian lainnya.

Mengenai harga tak perlu khawatir, karena semua kuliner yang ada di sana ditawarkan dengan harga yang murah meriah bahkan jauh dari tempat wisata lainnya.

Tempat Parkir

Tak perlu khawatir saat ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Karena meskipun jalannya agak curam, tapi tempat parkir di dalamnya sangat luas.

Bisa menampung belasan bahkan hingga puluhan kendaraan roda 2 maupun roda 4, dengan tarif 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

Tips dan Trik

Saat ingin berkunjung ke wisata Embung Cempaka, pastikan kondisi badanmu dalam keadaan prima. Karena mulai dari tempat parkir jalannya terus menurun sampai ke lokasi kolam renang.

Begitu juga kendaraanmu, pastikan dalam kondisi prima ya! Karena setelah melewati area persawahan, jalannya sedikit curam menurun hingga sampai ke lokasi parkir.

Namun terlepas dari semua itu, sepanjang perjalanan menuju lokasi Embung Cempaka sangatlah seru dan menyenangkan. Karena kamu akan melewati area persawahan warga yang terbentang luas menyejukkan mata.

Rutenya juga tidak sulit, kok. Kamu tinggal cari SPBU Sumberpasir, nah, tepat di sisi barat SPBU itu ada gang/jalan kecil yang nanti akan mengantarkanmu sampai ke lokasi wisata Embung Cempaka. Untuk lebih jelasnya, cek saja langsung di google map. Selamat berwisata!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments