Taman Tebing Koja, Wisata Alam Cocok Banget Bagi Para Pecinta Fotografi di Tangerang

Taman Tebing Koja

Tebing Koja berlokasi tepat di desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten yang mana merupakan destinasi wisata alam yang populer didatangin oleh wisatawan dari domestik atau mancanegara. Tebing ini dikenal dengan istilah “Kandang Gozillla” yang sungguh sangat memikat hati para pengunjung.

Awalnya merupakan tambang pasir yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya, sampai akhirnya berubah menjadi lanskap yang menakjubkan. Tebing batu kapur ini sangat menjulang tinggi dengan varian bentuk yang lumayan unik. Terlebih lagi dipadukan dengan adanya kolam air alami yang terbentuk di celah bukit akan terkesan eksotis dan perlu dijamah.

Daya Tarik Tebing Koja

Daya tarik utama yang sangat memukau salah satu formati batuannya yang berasa ketika berada disana seolah sedang berpetualang, sehingga dinamakan “Kandang Godzilla” berasal dari imajinasi liar para pengunjung ketika melihat formati batuan itu. Dimana, tempat para monster berkumpu. Pengujung disuguhin oleh pemandangan alam menakjubkan dan berbagai aktivitas seperti olahraga outdoor.

Pemandangan Alam Menakjubkan

Tebing Koja, salah satunya destinasi alam di Tangerang
Google/@Ryan Mayer

Tebing Koja menawarkan pemandangan alam yang unik dan menjadi salah satu destinasi wisata alam dan fotografi yang terkesan sangat menakjubkan. Terdapat kolam air alami yang menambah pesona keindahan tempat ini. Terutama itu akan sangat tampak pada saat sunset atau sunshine, sehingga gak salah nih kalau buka dari jam 05.00 pagi.

Cahaya matahari disana seolah memantuk di permukaan air dan menerpa Tebing Koja dengan menciptakan gradiasi warna yang membuat hati berdecak kagum, lalu bilang “WOW”. Vegetasi sangat hijau dan terkesan sangat asri antara kontras warna putih tebing dan hijaunya dedauan, bisa untuk cuci mata dari hiruk pikuk kota. Tak salah banyak yang abadikan momen tersebut termasuk fotografer.

Melakukan Aktivitas Outdoor

Tebing Koja, salah satunya destinasi alam di Tangerang
Google/@Vha Huruf Athof

Pengunjung bisa melakukan aktivitas trekking di sekitar area Tebing Koja dengan cara menyusuri jalur diantara tebing batu, sehingga memberikan kesan petualangan yang memicu adrenalin. Sembari, menikmati pemandangan alam yang indah disana. Hal ini bisa jadi bukti nyata kalau area tambang yang ditinggalkan justru menjadi destinasi wisata alam favorit para pengunjung dan menjadi surga.

  • Trekking

Pengunjung dapat nih menikmati indahnya Tebing Koja degan cara melakukan trekking atau menjelajahi alam sekitar. Jalur yang ditempuh ini biasanya harus menyusuri area tebing kapur menjulang tinggi. Kendati demikian, eksplorasi formati bebatuan sepertinya jadi aktivitas seru bisa dilakukan untuk liburan atau mengisi waktu luang.

  • Fotografi

Sungguh surga banget bagi para fotografer terdapat banyak foto spektakuler yang bisa diabadikan. Pencahayaan yang terbaik dan paling epic sih biasanya waktu sunshine atau sunset terkesan romantis untuk diabadikan.

  • Berkemah

Menginap di Tebig Koja jadi alternatif bagi siapapun yang mengusir penat. Bayangkan saja menikmati indahnya bintang malam dengan dikelilingi formati batuan Godzilla. Bukannya, itu bisa jadi pengalaman unik.

  • Naik Perahu

Beberapa kolam air yan gada diantara tebing batuan ini terdapat kolam air. Para pengunjung bisa kok menyewa perahu kecil untuk berkeliling dengan menikmati ketenangan air, sembari mengapung di kolam air yang jernih.

  • Birdwatching

Kawasan Tebing Koja satu ini menjadi habitat bagi beberapa spesies burung. Para pengunjung biasanya menyukai aksi birdwatching. Tak jarang, ada yang menghabiskan waktu untuk melihat si burung unjuk kebolehan. pengalaman satu ini bisa menjadi edukasi untuk para pencinta alam.

  • Kegiatan Edukatif

Tebing Koja bisa kok jadi kegiatan edukatif seperti studi geologi atau biologi. Formati batuan yang sungguh unik dan ekosistem yang menarik dapat menjadi bahan pelajarna bagi wisatawan. terlebih, lagi kalau ada para tour guide yang siap membantu.

Suasana Pedesaan yang Asri

Tebing Koja, salah satunya destinasi alam di Tangerang
Google/@Ryan Mayer

Tak ingin untuk berlama – lama di ibukota yang penat dan banyak polusi udara. Destinasi wisata alam satu ini memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk di kunjungin.

Pemandangan hijau luas membentang akan dilihat oleh para pengunjung setibanya di Tebing Koja. ladang pertanian, pohon yang rindang, dan rumput yang tumbuh subur seolah menciptakan suasana pedesaan yang permai dan menyegarkan mata. Vegetasi yang seolah memberikan kontras inda di tebing kabur yang sangat menjulang tinggi.

Tak perlu takut akan polusi, udara disekitar sana sangat bersih dan segar untuk dihirup kapanpun. Sehingga, sangat cocok banget buat tempat relaksasi dan terlebih disana jauh dari kebisingan atau kemacetan. serta adanya, suara alam yang menyegarkan pikiran seperti desiran angin, kicauan burung merdu, dan gemericik air di kolam alami. sangat cocok banget sebagai tempat mediasi.

Desa Cikuya di sekitar Tebing Koja ini sangat mempertahankan kehidupan pedesaan yang terkesan sederhana. para penduduk begitu ramah dan menjalani kehidupan sebagai petani, peternak. Terlihat ramah, para warga disana saling berinteraksi dan bisa membantu para pengunjung. Beruntungnya, kalau mengunjungi waktu musim tanam karena bisa dapat pemandangan hijau atau tanamanan berbunga.

Jalan kecil yang menghubungkan berbagai bagian desa di sekitar Tebing Koja biasanya berupa jalanan tanah atau bebatuan yang terkesan sangat alami. Dan, tampak terkesan memberikan pengalaman otentik kehidupan pedesaan yang alami dan masih mengusung konsep tradisional. Flora dan fauna disana banyak dihuni oleh hewan lokal, tapi memiliki vegetasi beragam dan menambah kekayaan alam,

Spot Foto Instagrammable

Tebing Koja, salah satunya destinasi alam di Tangerang
Google/@PhotoInpan Project

Tebing Koja memiliki beragam spot foto instagrammable, salah satunya seperti formati bebatuan yang sering disebut “Kandang Godzilla” dengan latar belakang unik dan menghasilkan foto mengesankan. Berfoto di tepian kolam atau diatas perahu kecil yang disewakan di kolam air alami juga bisa jadi salah satu alternatif untuk hasilkan fotogenik.

Ingin sesuatu yang berbeda, berfoto di jembatna kayu sederhana hubungkan antara berbagai bagian tebing dan berjalan diatasnya bisa menciptkan foto yang keren. Mendaki ke puncak tebing dan melihat seluruh lanskap dari ketinggian akan memberikan perspektif bebreda dengan keindahan alam. Terdapat berbagai batu dengan bentuk unik, salah satunya kepala binatang atau formasi aneh lainnya.

Lorong sempit batu kapur menciptakan suasana dramatis. Berjalan di lorong ini seolah memberikan kesan seperti berada di universe berbeda, foto yang dihasilkan juga sangat memikat. Atau bisa juga menggunakan kolam air untuk foto refleksi yang bagus, seolah hal ini menciptakan efek simetri yang artistik dan memukau. Ditambah, adanya vegetasi hijau jadi membuat spot foto makin menarik.

Fasilitas Tebing Koja

Tebing Koja, salah satunya destinasi alam di Tangerang
Google/@Andi Ajeng

Terdapat berbagai fasilitas yang ada di Tebing Koja dan membuat para pengunjung semakin betah. Serta, rasanya pengen deh balik lagi:

  • Area Parkir yang Luas

Tersedia area parkir yang ruangannnya cukup luas untuk bisa menampung kendaraan pribadi para pengunjung seperti mobil atau sepeda motor. Fasilitas parkir ini membuat para pengunjung merasa aman saat menitipkan karena ada penjaganya.

  • Tempat Makan

Merasa lapar setelah lama berjalan di sekitar tebing kapur, bisa nih melipir ke warung atau kios yang menjual makanan atau minuman. Sehingga, rasa dehaga akan terpuaskan.Biasanya, warung disana menjajakan makanan tradisional dan camilan lokal yang khas.

  • Toilet Umum

Sudah bukan hal umum lagi kalau setiap tempat pasti ada toilet bagi para pengunjung. Fasilitas satu ini berlokasi strategis dan mudah dijangkau dari berbagai spot Tebing Koja. masalah kebersihan akan terus dijaga, sehingga jarang ada bau tidak sedap.

  • Gazebo

Lelah beraktivitas di Tebing Koja, sebaiknya bersantai di gazebo atau tempat duduk yang telah tersebar di berbagai area. Gazebo ini sangat teduh dan bisa melihat pemandangan yang menarik.

  • Tour Guide

Pengunjung yang ingin mencari tahu informasi mengenai kapan berdirinya, sejarah pembangunannya, kenaap didirikannya Tebing Koja. Maka, bisa menggunakan jasa tour guide untuk memandu dan menjelaskannya, termasuk adanya cerita menarik dibalik pembuatannya.

  • Menyewa Perahu

Tempat sewa perahu biasanya ada di kolam air alami. Para pengunjung dapat menyewa perahu untuk mengelilingi sekitaran kolam. menjadi aktivitas unik untuk dilakukan.

  • Tempah Sampah

Jangan sampai membuang sampah sembarangan di area tempat wisata. Jagalah kebersihan dengan membuang sampah di berbagai tempat sampah di sekitaran Tebing Koja.

  • Mushola

Para pengunjung Muslim yang ingin melakukan ibadah. Disini, terdapat mushola yang bisa digunakan.

Tips Berkunjung ke Tebing Koja

Mengunjungi Tebing Koja menjadi pengalaman unik dan sangat menyenangkan. Agar kunjungan bisa optimal. Maka, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1.Tentukan Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk datangi Tebing Koja biasanya pada pagi atau sore hari untuk menghindari adanya terik matahari yang menyengat tubuh. Pencahayaan juga sangat bagus bagi para fotografe atau bisa kunjungin waktu hari kerja karena kalau hari libur pasti akan penuh sesak.

2.Persiapkan Fisik yang Kuat

Ingin melakukan trekking, sebaiknya pastikan dalam kondisi yang cukup baik ketika berjalan di area bebatuan. Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk aktivitas outdoor, sehinga akan terhindar dari medan bebatuan yang kasar.

3.Bawa Perlengkapan

Sebelum mengunjungi Tebing Koja, sebaiknya persiapkan dulu saja air minum agar terhindar dari dehidrasi. Gunakan topi dan tabir surya (Hand Body) agar tidak terkena paparan matahari secara langsung. Abadikan momen dengan menggunakan kamera atau smartphone.

4.Jagalah Keselamatan

Selalu mengikuti jalur yang telah disediakan untuk menghindari area yang berbahaya. Kalau ingin mendaki, pastikan saja melakukan dengan cara hati – hati agar tidak berisiko terkena cedera.

5.Jangan Rusak Fasilitas Tempat

Jagalah tempat yang telah diberikan untuk tidak membuat sampah sembarangan. Serta, menghindari atau mengambil apapun dari alam seperti batu atau tanaman yang ada disana.

6. Siapkan Uang Tunai

Tidak butuh Cashless, Tebing Koja lebih menyukai pembayaran secara tunai untuk bayar parkir, dan kebutuhan akomodasi lain yang memerlukan biaya. Terutama, untuk makan di warung yang telah disediakan.

7. Rencanakan Waktu Berkunjung

Sebaiknya,jangan merencanakan waktu berkunjung secara mendadak. Untuk bisa menikmati spot foto menariik biasanya kunjungi saat cuaca tidak mendung dan jelajahi tempat dalam waktu 2 – 3 jam untuk merasakan sensasi berada disana.

Tebing Koja seolah memiliki daya tarik magis untuk bisa menikmati indahnya formati bebatuan. Sangat cocok untuk para fotografer yang ingin menambah portofolio akan pesona dan keelokan tempat ini.

Keindahan alam, udara segar, dan ketenangan seolah jadi kompleks betapa indahnya pesonanya,sehingga bisa banget mengusir rasa penat di hati setelah seharian berkerja.

Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments