De Tjangkul, Wahana dan Aktivitasnya Yang Kekinian

De Tjangkul Batu

Bagi wisatawan Jawa Timur, Kota Batu merupakan tempat paling cocok untuk dijadikan sebagai lokasi liburan keluarga seperti halnya Jatim Park. Namun ketika mampir ke Kota Batu ini kita juga akan menemukan wisata lainnya yang tentunya sangat menarik.

Seperti halnya salah satu wisata bernama De Tjangkul. De Tjangkul ini baru saja diresmikan pada akhir tahun 2018. Mungkin wisatawan mengira, karena merupakan wisata baru, jadi kurang popular di Batu.

Tapi perlu kita tau bahwa saat tahun pertamanya saja, wisata ini sudah dipadati oleh para wisatawan. Entah wisatawan yang berasal dari Malang maupun lainnya.

Kepopuleran De Tjangkul berhasil menarik perhatian para wisatawan. Bahkan hingga saat ini, De Tjangkul selalu saja menjadi wisata andalan ketika berlibur ke Malang khususnya Kota Batu.

Ulasan Wisata De Tjangkul

Belakangan ini, wisata hunting foto menjadi marak dibicarakan oleh para wisatawan. Di setiap daerah tentu saja terdapat setidaknya satu lokasi wisata hunting foto. Sama seperti wisata ini juga mengusung konsep sudut yang menawan untuk diabadikan.

2022 09 09
Foto via Google maps/Sri Wahyunu

Di ambil dari nama De Tjangkul ini karena terinsipirasi dari salah satu alat pertanian yaitu cangkul. Masuk ke lokasi wisata sendiri wisatawan akan disuguhkan oleh suasana persawahan yang begitu menawan dan meneduhkan.

Hamparan hijau menyambut setiap pengunjung dengan ceria. Bahkan, tanpa sudut unik yang ada di De Tjangkul pun lokasinya sangat cocok untuk mengabadikan momen. Apalagi dengan latar belakang Gunung Arjuna berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Ada beberapa ornamen yang menyerupai seperti Negeri Kincir Angin bahkan beberapa wisatawan menyebut De Tjangkul ini sebagai Nederlands Mini. Wisatawan bisa memposisikan diri berpose dengan kincir angin khas Belanda, Rumah Belanda terbalik, karpet terbang, lumbung padi, dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga bisa menyewa baju ala noni Belanda. Ada berbagai warna dan ukuran yang bisa kita coba. Tidak hanya itu, ada pula baju petani, kimono, dan kebaya. Untuk sewa kostum tersebut, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 untuk sejam pemakaian.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Air Terjun Coban Pelangi dan Info Harga Tiket [Update 2022]

Bahkan ada juga penyewaan alat-alat foto. Jadi bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas seperti foto pre-wedding bisa banget datang kesini.

Wahan De Tjangkul

Ada beberapa wahana seru yang bisa wisatawan coba. Wahana tersebut berupa balon terbang, sepeda udara, becak udara, dan lainnya. Tempat ini juga memiliki fasilitas kolam renang dengan beragam ukuran.

2019 10 16
Foto via Googlemaps/HypeNOW

Kolam tersebut juga dilengkapi dengan aneka wahana airnya yang tak kalah menarik. Selain itu, di sana juga ada fasilitas playground. Di playground tersebut, si kecil bisa mencoba aktivitas outbound yang asyik.

Setelah merasa cukup berkeliling, wisatawan juga perlu mampir ke salah satu rumah makannya untuk sekedar mengisi perut dan menikmati pemandangan alam.

Rumah makan tersebut menyediakan berbagai hidangan lezat seperti ceker setan, sate gebug, tahu lontong, dan masih banyak lagi. Untuk setiap menu yang ada di sana ditaksir dengan harga Rp 3.000 – Rp 25.000.

Tiket Masuk De Tjangkul

Ketika di pintu masuk De Tjangkul, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan juga tiket parkir sebesar Rp 5.000 setiap kendaraan.

Lalu untuk berburu spot foto, mencoba wahana, maupun berenang, wisatawan akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000.

Lokasi De Tjangkul

Wisatawan bisa datang langsung ke Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Map klik disini.

Lokasi De Tjangkul berdekatan dengan Museum Angkut. Wisatawan yang berangkat dari pusat Kota Malang akan menghabiskan waktu sekitar 40 menit perjalanan.

Wisatawan bisa mengajak keluarga liburan ke De Tjangkul yang beroperasi mulai pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Pada akhir pekan, wisatawan perlu datang lebih awal sebelum loket karcis dipadati oleh orang-orang.

Akomodasi

Berdekatan dengan De Tjangkul, wisatawan bisa bermalam di salah satu hotel terbaik di kawasan tersebut. Namanya Zam-Zam Hotel & Convention. Hotel ini berlokasi di Jalan Abdul Gani Atas RT.04/RW.10, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur.

Hotel tersebut memiliki tarif penginapan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis penginapan dan fasilitas yang akan kita dapatkan.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Destinasi Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia yang Sayang Dilewatkan

Wisatawan dari yang ingin melakukan liburan di kota Batu, khususnya wisatawan yang ada dj sekitar Malang wajib banget mampir ke De Tjangkul untuk menikmati berbagai kegiatan seru yang ada di sana.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.