Bukit Sidoguro, Objek Wisata Baru Paling Recomended di Klaten

Bukit Sidoguro Klaten

Klaten yang terkenal akan keindahan alamnya baru saja menghadirkan wisata baru. Namanya tidak lain dan bukan adalah Bukit Sidoguro. Dulunya kawasan wisata Klaten ini berupa bukit cadas tak berpenghuni yang terbengkalai. Namun sejak tahun 2019 pemerintah setempat mengubahnya menjadi objek wisata modern dan kekinian.

Alamat : Sendang Ngeblak, Ngeblak, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah.
Map : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000 – Rp7.500.
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB.

Daya Tarik Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro yang diresmikan pada tanggal 29 Desember 2019 lalu membawa dampak positif bagi pariwisata Klaten. Pasalnya semenjak pemerintah menggelontorkan dana Rp2,8 milyar untuk pembangunan wisata tersebut, jumlah kunjungan terus meningkat. Apalagi kalau sudah memasuki waktu liburan seperti tanggal merah dan libur sekolah.

Banyak wisatawan yang menyukai wisata baru ini karena disana ada wahana spot unik dan instagrammeble. Selain itu ada juga pemandangan alam berupa area perbukitan hijau yang akan menemani kegiatan bersantai kamu. Keindahannya akan semakin terpancar jika dilihat dari gardu pandang. Supaya kamu mengenal lebih dekat silakan simak ulasan berikut ini.

Fenomena Sunset dan Sunrise

Liburan ke Bukit Sidoguro sangat direkomendasikan buat kamu yang suka hunting foto. Lantaran disana banyak sekali hal menarik yang siap menyambut kedatanganmu. Salah satunya ada pemandangan sunset dan sunrise yang memukau. Fenomena satu ini paling sering dinantikan pengunjung saat menjelang pagi atau sore hari.

Waktu pagi kamu akan melihat kilatan sinar kuning keemasan menghiasi langit biru. Gerakannya yang perlahan-lahan naik ke atas langit begitu mempesona kepada setiap mata yang memandang. Kegelapan malam seketika sirna tergantikan cahaya matahari dari arah timur.

Tak jauh berbeda dengan fenomena sunrise, sunset di sore hari juga terlihat begitu menawan. Matahari yang bersiap pergi perlahan-lahan menenggelamkan dirinya bersama pancaran sinar kuning keemasan. Langit yang tadinya biru tiba-tiba berubah warna menjadi gelap gulita.

Kalau bisa kamu jangan hanya memandangi keindahannya saja. Ambillah beberapa foto untuk mengisi laman media sosial kamu. Sayang bukan sudah datang jauh-jauh tetapi tidak ada sesuatu yang bisa dikenang? Beruntung jam bukanya lama, jadi kamu bisa tenang menunggu momen langka semacam ini.

Spot Foto Unik dan Instagrammeble

IMG 20230703 172541
Sumber : Googlemap/Farida Nur Baiti

Sebenarnya bukan keindahan alamnya yang memikat wisatawan untuk datang ke Bukit Sidoguro. Melainkan sejumlah spot foto unik dan Instagrammeble yang ada disana. Seperti yang kamu ketahui, orang-orang zaman sekarang sangat senang dengan aktivitas berswa foto. Kalau belum foto-foto serasa ada yang kurang.

Maka dari itu guna memenuhi hasrat selfie para pengunjung, pihak pengelola sengaja menyediakan beberapa spot foto di setiap titik. Setidaknya dengan kehadiran fasilitas tersebut dapat memberikan ruang kepada pengunjung untuk menyalurkan hobi fotografinya.

Spot foto di Bukit Sidoguro semuanya terlihat unik. Akan tetapi yang sering menjadi incaran pengunjung adalah supertree grove. Pohon besar dengan tanaman rambat melilit batangnya dan ornamen lingkaran berbentuk bunga mekar menghiasi bagian atasnya. Bisa dibilang spot ini mirip seperti supertree yang ada di Gardens By Bay Singapura.

Selain supertree, ada juga spot foto sepasang sayap merah. Pengunjung yang berfoto disini seolah-olah memiliki sayap sungguhan. Lainnya lagi ada gardu pandang bertingkat berwarna putih. Melalui spot ini kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam hijau beserta keindahan langit biru berhiaskan awan putih.

Keindahan Alam Klaten dari Ketinggian

IMG 20230703 172524
Sumber : Googlemap/Farida Nur Baiti

Bukit Sidoguro juga menawarkan keindahan alam Klaten dari ketinggian. Hampir keseluruhan wilayahnya bisa kamu lihat dari wisata ini. Mulai dari kawasan perbukitan, pegunungan, hingga wisata Rowo Jombor yang terkenal itu. Sudah bisa dipastikan kamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Tempat paling pas untuk memandangi keindahan alamnya tentu saja di gardu pandang. Ukuran bangunannya yang tinggi memungkinkan kamu bisa melihat kemegahan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Terlebih lagi kedua gunung itu sangat cocok dijadikan latar belakang foto.

Sayangnya semua keindahan alam itu hanya bisa dilihat saat cuaca sedang cerah. Kalau langit tengah mendung sedikit samar-samar atau bahkan tidak tampak sama sekali. Jadi kalau mau menikmati keindahan alamnya pastikan kamu datang pas matahari sedang bersinar cerah.

Kumpulan Satwa

1688379606624
Sumber : Googlemap/septiyanto kewell

Bukit Sidoguro tidak hanya menyuguhkan spot selfie dan pemandangan alam saja. Pihak pengelola juga menambahkan beberapa satwa. Salah satunya ada kawanan burung dara yang bisa kamu temui di sekian taman parkir. Seringkali unggas-unggas lucu itu berkumpul disana.

Kumpulan burung dara biasanya selalu terbang kesana kemari menghampiri para pengunjung. Ini menjadi hiburan tersendiri hingga beberapa orang merasa takjub dibuatnya. Seolah-olah pengunjung seperti tengah berada di taman-taman Eropa. Tidak usah khawatir burung dara Bukit Sidoguro tergolong jinak dan bersahabat.

Fasilitas Umum

Wisatawan merasa nyaman liburan di Bukit Sidoguro karena penyediaan fasilitas umumnya memadai. Mulai dari area parkir kendaraan yang tergolong luas. Sehingga mampu menampung kendaraan roda dua dan empat sekalipun. Tapi itu tidak gratis, setiap pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir.

Ada pula fasilitas toilet umum bersih dan terawat. Lengkap dengan air dingin berhawa sejuk yang bisa kamu gunakan untuk membasuh badan. Toiletnya ada dua tempat, yaitu satu khusus laki-laki dan yang lain khusus perempuan.

Bagi pengunjung muslim sudah disediakan mushola. Di sana kamu bisa beribadah dengan tenang tanpa gangguan apapun. Entah itu suara bising, gelak tawa anak-anak, atau keramaian pengunjung lain. Ruangannya juga tergolong nyaman dengan suasana sekitar yang begitu sunyi dan sepi.

Begitu masuk jam makan siang kamu bisa datang ke warung makan di sekitar Bukit Sidoguro. Di sana ada beberapa penjual makanan yang menjajakan menu enak-enak dan menggugah selera. Harganya juga tidak terlalu mahal dan lumayan terjangkau untuk masyarakat kelas menengah.

Selesai menyantap makanan cobalah bersantai sejenak. Untungnya pihak pengelola menyediakan gazebo. Jadi pengunjung bisa duduk-duduk santai sambil selonjoran kaki. Tenang saja jumlah gazebo di wisata ini cukup banyak. Kamu pun tak usah khawatir semisal tidak kebagian tempat duduk.

Tips Berkunjung

Bukit Sidoguro termasuk wisata baru di Klaten yang kini tengah digandrungi anak-anak muda. Agar wisata ini tetap awet dan bertahan lama maka kamu harus ikut menjaga dan merawatnya. Caranya dengan tidak mencoret-coret fasilitas umum yang ada atau membuang sampah sembarangan.

Sebagai seorang wisatawan sudah menjadi kewajiban kamu menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban tempat wisata. Jangan hanya berpangku tangan kepada pihak yang mengelola saja. Antara petugas dan masyarakat harus saling bekerja sama mengembangkan Bukit Sidoguro menjadi lebih baik lagi.

Setelah mengenal Bukit Sidoguro apakah kamu tertarik mengunjunginya? Jika iya, segera buat rencana liburan bersama keluarga sebelum harga tiketnya naik. Mumpung masih murah kamu bisa liburan sepuasnya meskipun dengan budget minim. Jangan lupa juga membagikan momen liburanmu di media sosial agar semakin banyak orang yang tahu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments