Rowo Jombor Klaten, Wisata Kuliner Terbaru yang Mengusung Konsep Warung Apung

Rowo Jombor Klaten

Klaten punya wisata kuliner seru yang pastinya berbeda dari tempat makan manapun. Namanya adalah Rowo Jombor Klaten. Disini kamu bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah dengan nuansa berbeda. Jika biasanya warung makan lokasinya ada di daratan. Lain halnya dengan Rowo Jombor yang mana letaknya mengapung di atas air.

Alamat : Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000.
Jam buka : 24 Jam.

Sejarah Rowo Jombor Klaten

Nama Rowo Jombor sendiri berasal dari dua kata, yaitu Rowo dan Jombor. Rowo artinya daerah yang selalu terkena genangan air. Sementara Jombor adalah nama salah satu desa yang ada di Kabupaten Klaten. Dari situlah warung apung terkenal dari Klaten ini diberi nama Rowo Jombor.

Lokasi desa dari warung apung ini dulunya memang bernama Jombor. Namun sekarang sudah berubah nama menjadi Desa Rakitan. Meski tak lagi sama, tetapi keindahan Rowo Jombor masih tetap sama dan tak pernah berubah walau zaman telah berganti.

Buat kamu yang pernah mendengar sejarah Rowo Jombor pasti tahu. Sebuah tempat yang terlihat agak cekung dan lokasinya tepat berada di dataran rendah dengan deretan gunung mengelilinginya. Begitu masuk musim hujan atau kemarau pasti kawasan tersebut selalu dipenuhi oleh genangan air.

Tak main-main, genangan air di Rowo Jombor tergolong cukup tinggi saat musim penghujan. Hal ini disebabkan oleh luapan Sungai Kali Ujung dan Sungai Dengkeng yang alirannya selalu mengarah ke kawasan itu. Air yang datang membuat rawa di sana kian meluas. Alhasil, rumah penduduk sekitar mau tidak mau terkena dampak banjir.

Aktivitas Seru di Rowo Jombor

Rowo Jombor tidak melulu tentang wisata kuliner saja. Ada banyak kegiatan disana yang akan membuat liburan kamu jadi lebih seru dan pastinya tak akan terlupakan seumur hidup. Daripada penasaran, berikut rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di wisata ini.

Jalan-jalan di Sekitar Rowo Jombor

2022 05 04
Sumber : Googlemap/dhistya heidining

Aktivitas pertama ini terbilang seru dan pastinya kamu akan suka. Jalan-jalan di sekitar Rowo Jombor sambil memandangi keindahan alamnya bersama teman atau keluarga adalah kenikmatan yang tiada tara. Sepanjang mata memandang kamu akan disuguhkan model jalan yang unik dan kekinian.

Namun, sebelum jalan-jalan pastikan kamu sudah memiliki tenaga cukup. Lantaran jarak yang harus kamu tempuh lumayan jauh, yaitu sekitar 7,5 km. Memang cukup melelahkan, tetapi semua itu akan terbayar lunas dengan ditemani pemandangan alam yang mempesona. Ditambah lagi udara sekitar yang tidak ada polusi sama sekali dan terasa sejuk.

Kalau tak sanggup lagi berjalan kaki, alternatifnya kamu bisa naik kereta kelinci. Kendaraan lucu nan menggemaskan itu siap mengantar para pengunjung berkeliling area Rawa Jombor. Sayangnya itu tidak gratis, pengunjung akan dikenakan tarif Rp5.000 per orang untuk sekali keliling.

Melihat Sunset dari Ufuk Barat

2022 05 13
Sumber : Googlemap/Muhammad Ridwan Marsudi

Selain berkeliling area Rawa Jombor, disini kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset saat sore hari. Momen satu ini paling sering ditunggu oleh wisatawan. Panorama yang akan kamu lihat begitu mempesona karena dari arah barat sang mentari mulai menampakkan cahaya keemasannya secara sempurna.

Jangan lupa mengabadikan momen sunset ini menggunakan kamera ponsel. Pemandangan ini sangat cocok dijadikan background foto. Setidaknya dengan mengambil beberapa foto kamu ada sesuatu yang bisa dijadikan kenang-kenangan saat mengunjungi Rawa Jombor.

Untuk tempat paling pas mendapatkan angle foto terbaik adalah di atas perahu. Kamu bisa berpose membelakangi matahari terbit atau berdiri sambil melihat ke arahnya secara langsung. Pada intinya tunjukkan pose terbaikmu agar hasil fotonya nanti tampak lebih bagus saat dipajang di media sosial.

Naik Perahu

2021 06 06
Sumber : Googlemap/YUANTO PRAYUDI

Pengalaman terbaik saat liburan di Rawa Jombor adalah dengan naik perahunya. Pengunjung akan diajak berkeliling area waduk secara berkelompok. Perahu yang digunakan mempunyai ukuran lumayan besar sehingga mampu menampung banyak orang sekaligus.

Kamu bisa mencoba aktivitas seru ini dengan hanya merogoh kocek Rp5000 per orang. Tarif tersebut sudah termasuk murah dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Pengunjung bisa sepuasnya mengitari area waduk sambil sesekali merasakan kesejukan angin yang berembus.

Teruntuk orang dewasa yang membawa anak kecil jangan sampai lengah. Selalu awasi dan perhatikan tingkah lakunya agar tak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Sayangnya aktivitas naik perahu ini tidak bisa kamu lakukan setiap saat. Hanya pas cuaca cerah pada jam 9 pagi hingga 9 malam.

Menyantap Makanan di Warung Apung

Tak jarang wisatawan rela datang jauh-jauh ke Rawa Jombor hanya untuk merasakan nikmatnya makan di warung apung. Aktivitas ini yang paling disukai pengunjung. Serta menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Menurut penuturan beberapa orang, ada sensasi tak biasa begitu menyantap makanan di atas warung apung.

Bentuk warungnya sendiri sangat unik. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangunnya tergolong sederhana. Pemilik hanya memanfaatkan bambu, drum, kayu, papan, dan seng. Untuk menuju ke warungnya pun tidak ditempuh dengan jalan kaki. Melainkan petugas menggunakan rakit yang ditarik dari tepian waduk menuju warung apung.

Soal harga makanan disini tak perlu khawatir. Masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah olahan ikan air tawar seperti lele, gurami, bawal, dan masih banyak lagi. Akan tetapi yang menjadi favorit pengunjung adalah ikan bakarnya.

Fasilitas Umum

Penyediaan fasilitas umum di Rawa Jombor sudah sangat memadai. Apalagi semenjak pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan wisata ini. Kini fasilitasnya semakin baik saja dan membuat pengunjung merasa nyaman saat menggunakannya. Beberapa fasilitas umumnya yang tersedia sebagai berikut.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Spot foto
  • Wahana permainan
  • Warung makan

Tips Berkunjung

Agar perjalanan kamu berjalan lancar, sebaiknya datanglah pada saat kondisi badanmu sedang fit. Jangan paksakan diri semisal dalam keadaan kurang sehat. Alhasil, kamu nanti tidak bisa menikmati waktu liburan dengan nyaman.

Dan yang paling penting jangan liburan pas cuaca mendung. Kondisi area Rawa Jombor agak berbahaya karena genangan airnya bisa jadi semakin tinggi. Akan lebih baik kamu datang saat cuaca sedang cerah saja waktu pagi atau sore hari.

Satu hal wajib yang tidak boleh ketinggalan adalah membawa kamera. Kalau menggunakan kamera ponsel pastikan baterainya sudah terisi penuh sebelum berangkat. Agar nantinya kamu tidak ketinggalan momen keren seperti sunset.

Lalu saat di tempat wisata selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Serta jaga fasilitas umum yang ada dan jangan sampai kamu merusaknya. Patuhi aturan yang diberlakukan petugas dan jangan bertindak gegabah di luar instruksi.

Cukup sekian penjelasan tentang wisata kuliner warung apung Rawa Jombor Klaten. Kapan lagi kamu bisa mendapatkan fasilitas selengkap itu di tempat wisata dengan tiket masuk yang terjangkau? Sebelum harganya naik, segera buat rencana liburan ke sana waktu akhir pekan nanti.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments