setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Destinasi Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia yang Sayang Dilewatkan

Tirta Gangga - Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia

Bicara soal wisata tempat bersejarah di Indonesia, pastilah sangat banyak jumlahnya. Mengapa? Sebab, Indonesia punya perjalanan sejarah yang tidak sebentar, dimulai dari masa kejayaan kerajaan di masa lalu, sampai cerita merebut kemerdekaan. Apabila kalian ingin mengunjungi tempat-tempat berserajah yang ada di Indonesia, maka simak ulasannya berikut ini!

Daftar Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam - Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia
foto: instagram.com/eriwijaya

Berada di jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tempat wisata Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu lokasi wisata yang dibangun pada masa kerajaan Gowa-Tallo, atau tepatnya dibangun pada masa pemerintahan raya Gowa ke-9 di tahun 1667.

Objek wisata tempat bersejarah di Indonesia yang satu ini pun lokasinya berada di pinggir jalan dari bagian barat kota Makassar, dimana dulunya dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang.  Bangunan bersejarah itu akan telah menjadi saksi bagaimana kejamnya di masa pemerintahan kolonial Belanda, dari mulai menjajah sampai kehilangan kekuasaannya.

Ketika Kerajaan Gowa terpaksa mengakui kekalahan pada pihak penjajah, bendung ini kemudian diserahkan kepada VOC. Di tangan VOC, benteng ini selanjutnya berubah nama menjadi Fort Rotterdam. Benteng ini selanjutnya dimanfaatkan sebagai pusat pertahanan dan penampungan rempah – rempah yang akan dikirim ke seluruh kawasan Indonesia. Timur. Ketika kekuasaan dari pemerintah Belanda goyah, benteng ini kemudian direbut kembali oleh pasukan yang dinahkodai Sultan Hasanudin. 

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus - Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia
foto: instagram.com/wisatasemarang

Tempat wisata bersejarah menarik kedua di Indonesia adalah masjid menara Kudus yang sudah dibangun sejak 1549, dan lokasinya terletak di jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Apabila dilihat dari tampilannya,  tempat ibadah ini tampak begitu unik, karena memadukan kebudayaan Hindu-Buddha yang ada di dalam Islam, karena pada saat itu, kepercayaan Hindu-Buddha masih sangat kental di sana.

Selain itu, berkat peran dari Sunan Kudus yang merupakan salah satu anggota walisongo dalam penyebaran ajaran Islam yang ada di Jawa inilah, mesjid bisa berdiri.  Ciri khas lainnya dari masjid ini yaitu terdapat sebuah menara yang tingginya mencapai 18 meter, dimana masjid ini sudah termasuk ke dalam salah satu daftar masjid tertua di Indonesia. 

Ketika berkunjung ke masjid menara Kudus ini, kalian bisa sekalian mengunjungi makam dari Sunan Kudus yang letaknya ada di sisi barat masjid. Selain itu, kalian juga bisa ambil bagian dalam Festival Dhandhangan yang sering diselenggarakan warga sekitar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Wisata Menarik Lainnya :  Keren! Inilah 6 Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang - Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia
foto: instagram.com/wisatasemarang

Wisata tempat bersejarah di Indonesia selanjutnya yang bisa dikunjungi yaitu Kota Lama Semarang, yang berlokasi di Tanjung Emas, kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kota ini bisa menjadi salah satu pusat perdagangan yang sangat riuh di abad 19 dan 20, dan memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih saja berdiri hingga saat ini, serta mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan langsung disuguhi oleh bangunan yang bergaya arsitektur Eropa, di sekitar tahun 1700-an yang lengkap dengan atap yang unik, kaca warna-warni hingga ukuran pintu dan jendela yang besar.

Bahkan karena terlalu tua dan bersejarahnya kawasan tersebut, Kota Lama Semarang masih akan diajukan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat wisata ini tak hanya sukses menarik perhatian turis domestik, tetapi juga mancanegara. Apabila kalian ingin lebih menambah wawasan, tidak ada salahnya mengunjungi Kota Lama Semarang.

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang berada di Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Aceh, dan menjadi salah satu bangunan bersejarah dan ikonik di provinsi Aceh. Tidak hanya terlihat memukau dari arsitekturnya, objek wisata ini juga menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia.

Masjid Baiturrahman digagas pada masa Kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda, dan sempat menjadi markas dan benteng utama pertahanan masyarakat Aceh ketika merebut kemerdekaan. Bangunan masjid ini juga berhasil menyelamatkan banyak orang pada saat peristiwa Tsunami menerjang Aceh di tahun 2004 silam.

Daftar Wisata Tempat Bersejarah Di Indonesia yang Berbau Istana

Berikut beberapa tempat wisata bersejarah di Indonesia yang merupakan bekas peninggalan kerajaan:

Tirta Gangga

Tirta Gangga
foto: instagram.com/tirtaganggaa

Tirta Gangga merupakan salah satu wisata tempat bersejarah di Indonesia yang merupakan bekas istana kerajaan Karangasem yang berlokasi di jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Tirta Gangga berada sangat dekat dari gunung Agung, dan terkenal sebagai istana air yang sangat indah. Tempat ini memiliki luas yang mencapai 1 hektar, dan dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem.

Tirta Gangga sempat nyaris hancur akibat letusan gunung Agung pada tahun 1963, tetapi setelah bencana tersebut, pemerintah setempat mencoba memulihkan dan membangun kembali tempat itu agar bisa dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata. Tak hanya memiliki daya tarik sejarah yang bagus, tempat wisata ini juga dikenal berada di lokasi yang sangat kaya akan teras sawahnya yang asri.

Wisata Menarik Lainnya :  20 Wisata Alam Sleman Keren di Era New Normal

Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta
foto: instagram.com/tarisaju_

Taman Sari merupakan tempat wisata bersejarah lainnya yang juga wajib untuk dikunjungi pada saat datang ke Yogyakarta. Tempat ini berada di lokasi Jalan Tamanan, Patehan, Yogyakarta. Tempat wisata bersejarah ini membutuhkan waktu selama 9 tahun dalam masa pembangunannya, dan digagas untuk kali pertama pada masa Sultan Hamengku Buwono I, sebagai taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Taman Sari memiliki luas yang mencapai 10 hektar, dan terbagi menjadi beberapa bagian tempat, mulai dari kolam pemandian, jembatan gantung hingga kanal air. Adapun yang bertanggung jawab terhadap desain dari bangunan ini adalah seorang arsitek asal Portugis yang dijuluki Demang Tegis. 

Taman Sari diketahui juga telah melewati berbagai peristiwa sejarah, mulai dari masa penjajahan Belanda dan Jepang, hingga Indonesia merdeka, dan akhirnya selamat dari gempuran Inggris pada tahun 1812 juga gempa bumi dahsyat di tahun 1876.

Istana Maimun

Istana Maimun Medan
foto: instagram.com/ryanpramana

Istana Maimun juga bagian dari tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia, dan terletak di jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Istana yang menjadi tempat wisata bersejarah di Indonesia ini diketahui menjadi bekas peninggalan Kesultanan Deli, yang dibangun sejak 26 Agustus 1888 dan baru selesai pada 18 Mei 1891, sampai saat ini masih tetap berdiri kokoh dan megah.

Bangunan bersejarah ini juga sangat identik dengan warna kuning keemasan cerah, dan menjadi salah satu hasil karya dari arsitek asal Italia yang bernama Theo Van Erp. Melalui ide cemerlangnya, Theo sukses menggabungkan dua konsep arsitektur dengan nuansa tradisional yang bergaya melayu, timur tengah dan Eropa ketika Istana Maimun dibangun. 

Selain itu, konsep arsitektur yang unik ini, juga telah dilengkapi oleh furnitur-furnitur yang juga tak kalah mewahnya. Tak heran, jika Istana Maimun menjadi salah satu ikon wisata bersejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Demikianlah beberapa wisata tempat bersejarah di Indonesia yang bisa dikunjungi pada saat kalian berkeliling ke Indonesia, dan pastinya akan sayang untuk dilewatkan.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks