Maimun Palace Kota Medan , Saksi Bisu Kerajaan Deli

Maimun Palace Kota Medan

Sumatera Utara menjadi salah satu kawasan yang banyak diincar oleh para wisatawan salah satunya Kota Medan. Beberapa wisata yang cukup menarik perhatian di Medan yaitu Tjong A Fie Mansion, Graha Bunda Maria Annai Velangkanni dan juga Istana Maimun.

Maimun Palace atau Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon Kota Medan, Sumatra Utara. Istana ini terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun

Merupakan destinasi wisata terdekat Medan yang cukup populer bahkan menjadi salah satu pusat tujuan wisatawan dari berbagai daerah yang mampir ke Kota Medan. Tidak heran ketika akhir pekan maupun hari libur nasional tempat ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan.

Daya Tarik Maimun Palace

Maimun Palace ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Kota Medan. Berhubungan dengan sejarah tentunya tidak lepas dari benda-benda peninggalan sejarahnya.

Di sana, wisatawan akan disuguhkan berbagai macam koleksi benda bersejarah yang akan menambah edukasi. Namun selain benda sejarah, juga kita akan menemukan berbagai hal menarik. Berikut ini beberapa daya pikat yang bisa kita temukan di Maimun Palace.

Meriam Puntung

Salah satu benda peninggalan yang ada di istana Maimun ini merupakan Meriam Puntung. Asal usul dari keberadaan Meriam Puntung ini sampai saat ini masih menjadi misteri. Masyarakat Medan mempercayai Meriam Puntung ini sebagai benda sakti yang dipergunakan untuk senjata perang.

IMG20190203101223
Foto via Googlemaps/Ardya Ardya

Bentuk Meriam Puntung ini layaknya seperti meriam pada umumnya. Hanya saja, Meriam Puntung ini dibalut oleh pita berwarna jingga. Selain itu, di bawah meriamnya pun sengaja diletakan sterefoam yang berfungsi agar meriam tetap terjaga.

Arsitektur Bangunan

Istana Maimun ini memiliki desain arsitektur yang terbilang menarik. Gaya arsitektur dibuat oleh salah seorang perancang dari Belanda yang bernama TH van Erf dengan gaya perpaduan budaya India, Melayu, Spanyol, Persia, dan juga Eropa.

Maimun Palace ini didominasi dengan dinding berwarna kuning yang memiliki simbol kemegahan bagi Melayu. Selain itu, kita juga akan menemukan tiga kubah yang menjadi lambang Persia.

Lalu untuk nilai budaya India nya bisa kita lihat pada gerbang yang tepat berada di depan pagar. Gerbang tersebut memiliki tiang menyerupai masjid. Sementara untuk nilai Eropanya terletak pada ukiran singa.

Kental Nuansa Islam

Karena dari jaman Kerajaan Deli saja, Media didominasi oleh masyarakat beragama Islam. Maka dari itu, nuansa islam begitu menonjol. Atap dari Maimun Palace ini berbentuk menyerupai perahu terbalik seperti di Timur Tengah. Wisatawan juga akan menemukan beberapa kaligrafi yang cukup menarik dijadikan latar foto.

2022 12 08 1
Foto via Googlemaps/TIO PRATAMA

Bicara mengenai latar foto, wisatawan akan menemukan berbagai macam sudut instagramble yang pastinya cukup menarik perhatian jika dibagikan di laman instagram. Bahkan, wisatawan juga bisa menyewa pakaian khas raja dan ratu dan duduk di kursi kerajaan.

Dekat dengan Maimun Palace, wisatawan akan menemukan berbagai macam tempat makan yang menyediakan aneka menu khas Medan. Kita bisa memesan mie gomak, lontong medan, lemang, kari bihun, dan masih banyak lagi. Harganya pun terbilang sangat murah yakni dibanderol mulai dari Rp 8.000.

Harga Tiket Masuk Maimun Palace

Harga tiket masuk Maimun Palace ini ditaksir dengan harga Rp 10.000 per orang. Wisatawan juga akan dikenakan tarif mulai dari Rp 2.000 untuk tarif parkir kendaraan. Harga tiketnya terbilang murah sehingga wisatawan yang datang ke sana bisa mencapai 1.000 orang di hari libur.

Lokasi dan Jam Buka Maimun Palace

Wisatawan yang ingin berlibur ke Maimun Palace bisa langsung mengunjunginya di Jalan Brigjend Katamso No.66, A U R, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151. Karena lokasinya tepat berada di pusat Kota Medan, menemukan Maimun Palace ini terbilang sangat mudah. Google Maps.

Maimun Palace ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08:00 WIB – 17:00 WIB. Dengan durasinya yang panjang ini wisatawan bisa leluasa liburan ke Maimun Palace.

Akomodasi

Wisatawan bisa melakukan penginapan di salah satu hotel terdekat dari Maimun Palace yaitu E Hotel Medan yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.3C, Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20159.

Jaraknya hanya sekitar 5 menit perjalanan dari Maimun Palace. Mengenai tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 381.000 per malam sesuai dengan fasilitas penginapan yang kita inginkan.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments