big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Bukit Jaddhih, Wisata yang Melegenda di Madura

Wisata Bukit Jaddhih

Destinasi pariwisata Madura saat ini yang tak tertandingi keindahan senjanya adalah Wisata Bukit Jaddhih Madura atau Bukit Jaddhih Bangkalan yang berlokasi di Bukit Kapur Bangkalan. Pesonanya begitu memikat hati para wisatawan sejak pertama kali muncul di platform-platform media sosial.

Alamat: Jakan, Parseh, Kec Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur
Lokasi: Google Maps
HTM: Rp 5.000,00
Jam Buka: 07.00-16.00, Setiap hari

Salah satu destinasi wisata yang melegenda di Madura adalah Bukit Jaddhih Bangkalan, pasti sudah tidak asing bagi kamu, bukan? Tak mengherankan memang, karena tempat ini telah menjadi fenomena viral di dunia media sosial.

Bangkalan, satu dari empat kabupaten di Madura, selain Sampang, Pamekasan, dan Sumenep, menawarkan banyak lokasi penambangan yang menunjukkan kekayaan alamnya, terutama berlimpahnya batu kapur sebagai anugerah Tuhan. Adapun dari sekian banyak lokasi tambang batu kapur di Bangkalan, tak terduga bahwa kawasan ini menyimpan potensi wisata yang mengagumkan.

Terbentuklah pola-pola unik yang dihasilkan dari proses penambangan sejak zaman dahulu. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap tentang keajaiban Bukit Jaddhih Madura atau Bukit Kapur Bangkalan, ayo langsung simak informasinya di bawah ini!

Sejarah Bukit Jaddhih Madura

292469942 1132573810939628 8659709440196189399 n
Instagram.com/Indonesia_traveler

Sebagaimana dijelaskan pada awal, Bukit Jaddhih sesungguhnya merupakan kawasan pertambangan batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Oleh karena itu, bagi para pengunjung, diharapkan agar berhati-hati mengingat berlangsungnya aktivitas pertambangan dengan adanya alat-alat berat dan truk-truk pengangkut batu kapur yang lalu lalang.

Tebing-tebing kapur di lokasi ini memiliki warna putih yang mencolok, berbeda dari Bukit Arosbaya yang berwarna coklat meskipun keduanya berada dalam wilayah kabupaten yang sama dengan jarak sekitar 29.3 Km. Keunikan lainnya terletak pada pola guratan horizontal di dinding tebing Bukit Jaddhih yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Pemandangan ini begitu eksotis, bukan?

Kegiatan pertambangan yang intensif biasanya berdampak pada ekosistem sekitar, termasuk perubahan topografi dan dampak negatif bagi lingkungan alam. Namun, tanpa disadari, kegiatan pertambangan ini juga memberikan nilai ekonomi tambahan bagi masyarakat setempat berupa pariwisata di Tebing Batu Terindah di Indonesia.

Banyak foto yang beredar di internet menampilkan keindahan Bukit Jaddhih dengan danau yang mengelilingi oleh pesona bukit kapur putih. Pemandangan ini menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik minat para wisatawan.

Danau ini sebenarnya terbentuk dari bekas cekungan atau lubang galian batu kapur yang seiring waktu terisi oleh air hujan, menciptakan genangan air yang luas dengan kedalaman sekitar 2 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, warna air di danau tersebut berwarna kebiruan yang mungkin dipengaruhi oleh tingginya kadar kapur di daerah tersebut.

Melihat semakin ramainya kunjungan ke Bukit Jaddhih, masyarakat sekitar mengambil inisiatif kreatif dengan menyediakan wahana tambahan berupa berkeliling danau menggunakan perahu rakit dari bambu. Berkeliling kawasan danau sambil menikmati suasana di Bukit Jaddhih pasti akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda di Madura. Sungguh seru, bukan?

Daya Tarik Bukit Jaddhih Madura

Mendengar namanya mungkin beberapa orang berpikir jika tempat wisata ini hanya sekedar bukit biasa. Padahal bukit Jaddhih ini memiliki banyak daya tarik yang membuatnya sangat spesial. Beberapa daya tarik tersebut diantaranya:

Tempat Foto Menakjubkan

315564065 3441780702816797 5141576735460785923 n
instagram.com/maduraholic

Puaskan rasa penasaranmu dengan mengelilingi seluruh kawasan tambang batu kapur di Bangkalan ini dan abadikan setiap momen dengan foto-foto yang tak terlupakan. Pola-pola guratan bekas galian batu kapur pada tebing-tebingnya begitu menawan dalam bentuk foto, tak heran banyak wisatawan datang ke Bukit Jaddhih hanya untuk berfoto atau berselfie ria.

Bagi para pasangan muda, tempat ini juga cocok untuk dimasukkan dalam daftar lokasi photoshoot pra-wedding. Bukit Jaddhih terkenal sebagai tempat romantis di Madura untuk foto pra-wedding. Jika ingin menikmati panorama lanskap Bukit Jaddhih dari ketinggian, kembali ke lokasi parkir dan arahkan kendaraanmu menuju puncak Bukit Jaddhih.

Dari atas puncak, nikmati pemandangan rumput hijau di antara gundukan batu kapur putih, serta view Bukit Jaddhih dari ketinggian yang akan memberikan kesan tak terlupakan untuk liburan kali ini. Dan dari sini, kamu bisa menyaksikan panorama alam sekitar tanpa ada yang menghalangi, terbayang betapa indahnya, bukan?

Mempunyai Toko Suvenir yang Unik

Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh menarik, kunjungi toko suvenir bernama Goa Pote. Toko unik ini menyajikan beragam produk cendera mata, mulai dari makanan hingga baju. Keunikan tokonya terletak pada desainnya yang menyerupai ceruk gua kecil sehingga terlihat sangat menarik. Nikmati waktu santai sambil menikmati makanan khas Jawa Timur yang dijual di area toko ini.

Menikmati Aktivitas Renang di Tengah Bukit Kapur

Bagaimana perasaanmu jika bisa merasakan sensasi berenang di antara keindahan bukit kapur putih? Di Bukit Jaddhih, sensasi menarik ini bisa kamu rasakan. Di sana terdapat kolam besar yang memungkinkan pengunjung untuk berenang di dalamnya. Airnya yang berwarna kebiruan memberikan kesegaran tersendiri di tengah lingkungan batu kapur yang indah.

Meskipun tidak memiliki Waterboom seperti tempat lain, pengalaman berenang di sini tetap memuaskan. Kolamnya luas dan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Bukit-bukit kapur mengelilingi kolam, menciptakan suasana yang unik. Di salah satu ujung kolam, ada panggung tempat seringkali diadakan pertunjukan musik.

Petualangan Berperahu di Danau

18878890 1515011898530064 705091148758122496 n
Instagram.com/bukitjadddih.bagkalan

Jangan salah, wisata di Bukit Jaddhih tidak hanya sebatas mendaki bukit kapur. Pengalamanmu semakin berkesan dengan mengeksplorasi danau bernama Danau Biru ini menggunakan perahu rakit. Sejumlah rakit siap mengantar pengunjung untuk menjelajahi keindahan danau ini.

Setiap rakit dapat menampung 6-7 orang. Sambil menyusuri danau, kamu dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari bekas lokasi penyimpanan senjata ini. Danau ini masih alami dan luas, memungkinkanmu untuk menjelajahinya dengan leluasa. Jika ingin berhenti dan berfoto di tempat yang menarik, kamu bisa meminta bantuan panduan dari para pengelola rakit.

Menikmati Keajaiban Dinding Bukit Berhias Pahatan

Wisata ini sebenarnya terletak di kawasan pertambangan, maka jangan terkejut ketika melihat gua-gua tersembunyi di beberapa sudut dinding bukit. Bahkan, ada pahatan-pahatan menakjubkan yang memberikan kesan unik ketika diamati.

Pahatan dan gua-gua tersebut muncul sebagai hasil dari aktivitas pertambangan yang telah berlangsung sejak lama. Namun, jangan salah, spot ini juga menyediakan latar belakang menarik untuk berswafoto dan membuat reels keren di media sosial.

Mengangumi Keindahan Anak Tangga Berundak di Bukit Jaddhih

Aktivitas pertambangan di kawasan Bukit Jaddhih juga meninggalkan jejak berupa beberapa anak tangga berundak. Tangga-tangga ini menjadi spot foto kekinian yang menarik untuk diabadikan dan dibagikan di sosial media. Dilengkapi dengan teralis besi sebagai pegangan dan pengaman, pengunjung yang datang bisa merasa aman saat turun ke bagian bawah.

Dinding bukit yang dihiasi pahatan menakjubkan serta anak tangga berundak ini menjadi bagian dari keunikan Bukit Jaddhih yang patut dijelajahi dan dinikmati oleh para pengunjung.

Lokasi dan Petunjuk Jalan Menuju Bukit Jaddhih Madura

Bukit Jaddhih Madura adalah destinasi indah yang terletak di kawasan desa Jakan, Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Destinasi ini sering disebut juga sebagai Bukit Jaddhih Bangkalan. Kabupaten ini menjadi gerbang utama jalur darat di Madura, karena akses jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau Madura dan Jawa berada di sini.

Hal ini membuat perjalanan keluar masuk ke pulau Madura menjadi lebih mudah, termasuk untuk mengunjungi wisata Bukit Jaddhih Madura. Destinasi ini menjadi lebih mudah dijangkau, baik menggunakan sepeda motor atau mobil. Lokasinya sangat dekat dengan jembatan Suramadu, hanya sekitar 20 menit perjalanan saja.

Setelah melewati jembatan Suramadu, arahkan kendaraanmu ke Jl. Raya Labang. Kemudian lanjutkan perjalanan sekitar 5 km dan belok ke kiri menuju Jl. Raya Jaddhih sebelum pasar Jaddhih. Setelah itu, ambil arah ke kanan menuju Jl. Goa Pote, dan wisata Bukit Jaddhih Bangkalan sudah ada di depan mata.

Meskipun lokasinya mudah ditemukan, tetap perlu hati-hati dan waspada di jalan. Jalan menuju destinasi ini memang masih membutuhkan perbaikan dan jalurnya cukup sempit. Namun, petualanganmu menuju ke Bukit Jaddhih Madura akan memberikan pengalaman tak terlupakan yang sebanding dengan keindahannya.

Jam Buka dan Tarif Masuk di Bukit Jaddhih Madura

Bagi yang berencana mengunjungi wisata Bukit Jaddhih, disarankan untuk datang agak pagi agar bisa menikmati waktu hunting foto dan suasana dengan lebih puas. Tempat ini buka mulai jam 7 pagi hingga 4 sore. Selain berfoto, ada banyak kegiatan menarik lain yang bisa dinikmati, seperti menyusuri keindahan danau dengan naik perahu atau bermain air di kolam renang yang jernih.

Meski menawarkan banyak pengalaman menarik, harga tiket masuk ke Bukit Jaddhih Madura sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 saja. Kamu juga perlu membayar biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu bawa.

Jika tertarik untuk naik perahu mengelilingi danau atau bermain di wahana kolam renang, ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Namun, dengan segala fasilitas dan keseruan yang ditawarkan, tarif tambahan tersebut layak untuk diambil.

Destinasi Menarik Dekat Bukit Jaddhih Madura

Selain Bukit Jaddhih yang menawarkan pesona luar biasa, masih terdapat beberapa lokasi menarik di sekitarnya yang patut dikunjungi, seperti:

1. Goa Jepang

Goa Jepang terdiri dari dua goa dengan mulut yang besar, meskipun bagian dalamnya tidak terlalu dalam. Lokasinya dekat dengan pintu masuk Bukit Jaddhih, sehingga kamu dapat mengunjunginya terlebih dahulu sebagai pemanasan sebelum berlibur di kawasan ini.

2. Goa Tambang

Goa Tambang adalah tebing lokasi tambang yang bagian bawahnya digali untuk keperluan pertambangan. Hal menarik dari tempat ini adalah kamu dapat melihat keluar dari dalam lubang-lubang sehingga terasa seperti jendela alam.

Lokasi Goa Tambang berada sekitar 500 meter dari pintu masuk Bukit Jaddhih, arah barat. Meskipun lokasinya agak jauh, tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga memberikan pengalaman yang lebih intim.

3. Kolam Aeng Goweh Pote

Inilah sebuah kolam pemandian alami yang tersembunyi di tengah bukit kapur, memberikan kesan sungguh unik karena dikelilingi oleh tebing batu kapur yang tinggi menjulang. “Aeng Goweh Pote” dalam bahasa Madura berarti “Air Goa Putih,” menggambarkan keindahan air di tempat ini.

Awalnya, kolam ini hanya merupakan bekas lubang galian tambang kapur yang tidak sengaja mengeluarkan mata air secara alami. Melihat potensi tempat ini, Pemerintah Provinsi mulai melakukan pembangunan dan mengubahnya menjadi kolam pemandian umum yang mulai beroperasi sejak 2014.

Keunikan inilah yang membuat Aeng Goweh Pote di Madura berbeda dari kolam renang biasa. Para wisatawan dapat merasakan sensasi berenang atau bermain air seolah berada di tengah padang pasir. Unik, bukan? Apakah kamu tertarik untuk merasakannya? Kamu bisa mencobanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000/orang.

Bagi keluarga yang ingin berkunjung, tak perlu khawatir karena si kecil dapat bermain air dengan aman menggunakan ban yang bisa disewa dengan biaya sekitar Rp. 10.000/ban. Selain itu, tiga prosotan juga telah disediakan sebagai tambahan wahana permainan bagi putra-putri kamu.

Destinasi menarik di sekitar Bukit Jaddhih ini menambah daya tarik dan memberikan kesan petualangan yang lebih lengkap untuk liburanmu

Dengan segala potensi yang dimiliki oleh kawasan wisata Bukit Kapur Jaddhih Madura, tak heran tempat ini begitu populer, terutama di dunia maya. Setiap minggunya, banyak wisatawan dari berbagai daerah datang untuk merasakan liburan terbaik di Madura.

Tips Liburan ke Bukit Jaddhih Madura

Wisata di Madura ini benar-benar mencuri perhatian dengan pemandangan yang eksotis. Namun, sebelum berangkat, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar liburanmu lebih seru dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Manfaatkan Aplikasi Navigasi di HP Smartphone

Untuk membantu menemukan rute menuju Bukit Jaddhih, gunakan aplikasi maps pada HP smartphone sebagai tambahan acuan. Ini akan memudahkanmu dalam menavigasi perjalanan.

2. Siapkan Makanan dan Air Mineral yang Cukup

Di sepanjang jalan kecamatan hingga lokasi, tidak ada mini market yang bisa ditemukan. Pastikan kamu sudah mempersiapkan segala keperluan logistik makanan dan air mineral dengan baik, mengingat tidak ada fasilitas warung di lokasi Bukit Jaddhih.

3. Waspadai Kondisi Jalan

Setelah melewati Pasar Jaddhih, jalur jalan sudah tidak beraspal. Musim penghujan dapat menyebabkan jalanan menjadi licin dan becek. Perhatikan kondisi jalan agar tetap aman selama perjalanan.

4. Hadapi Situasi Pungli dengan Bijak

Menuju lokasi Bukit Jaddhih, ada kemungkinan adanya pungutan liar terhadap kendaraan para wisatawan. Jangan panik, cukup berikan sumbangan seikhlasnya untuk menghadapi situasi ini dengan bijaksana.

5. Bawalah Topi

Karena lokasinya di tambang kapur, suhu di Bukit Jaddhih bisa sangat panas. Jangan lupa membawa topi atau pelindung kepala lainnya, serta gunakan kacamata dan sunblock untuk melindungi kulit dari terik matahari.

6. Pakai Masker untuk Mengatasi Debu

Kawasan bukit ini cenderung berdebu, jadi pastikan untuk menggunakan masker guna melindungi diri dari debu yang berterbangan.

7. Berhati-hati di Puncak Bukit

Jika berada di puncak Bukit Jaddhih, hindari berdiri terlalu dekat dengan bibir tebing. Potensi bahaya longsor besar, jadi perhatikan keselamatanmu dengan baik.

8. Waspadai Kejahatan di Lokasi Sepi

Dengarkan kabar burung tentang keamanan di Bukit Jaddhih atau destinasi wisata di Bangkalan Madura. Beberapa jalur mungkin rawan kejahatan, seperti pembegalan. Disarankan untuk meninggalkan lokasi sebelum sore hari.

9. Perhatikan Waktu saat Melintasi Jembatan Suramadu

Jika kamu menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya melewati Jembatan Suramadu sebelum pukul 11.00 malam. Pertimbangkan banyaknya aksi pembegalan di kawasan kota Madura.

Demikianlah pembahasan mengenai Bukit Jaddhih Madura atau Bukit Kapur Bangkalan, destinasi wisata yang melegenda di Madura. Semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat diterima dengan baik dan menjadi referensi tambahan bagi kamu dan para pembaca lainnya dalam menjelajahi berbagai objek wisata di Indonesia.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments