Air Terjun Gumandar, Wisata Alam Tersembunyi Pasuruan Paling Hits Di Tahun 2024

Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar yang berlokasi di Pasuruan tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya wisata Pasuruan ini menyuguhkan pemandangan alam bak surga dunia. Terlebih lagi karena jauh dari pemukiman membuatnya jarang terjamah tangan manusia. Maka jangan heran jika suasana sunyi menjadi teman setia kamu selamadi sana.

Alamat : Jalan Raya Ledug, Ledug, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp15.000
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Sekilas Tentang Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar adalah salah satu wisata alam di Pasuruan yang kerap kali menjadi destinasi wisata favorit anak muda. Saat weekend jumlah kunjungan wisatawan meningkat dua kali lipat. Sementara jika hari biasa tidak terlalu banyak dan bisa dihitung dengan jari.

Terletak di sekitar lereng Gunung Arjuno membuat wisata ini mempunyai pesona alam yang begitu memukau. Dari kejauhan kamu akan disuguhkan pepohonan hijau berpadu keindahan langit biru bersama sekumpulan awan putih. Apalagi dengan udara sekitar yang terasa sejuk sehingga sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Aliran air dari air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter ini tergolong tidak terlalu deras. Pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas seru seperti bermain air atau berenang mengingat airnya berwarna jernih dan masih alami. Tenang saja, untuk kolam bagian bawahnya tidak terlalu dalam jadi masih aman.

Jika biasanya air terjun memiliki aliran sungai, tapi tidak bagi Air Terjun Gumandar. Justru air yang jatuh dari atas akan diserap oleh tanah dan berakhir dengan keluar di sekitar pemukiman penduduk. Hal semacam ini tidak bisa kamu temukan di tempat wisata manapun.

Perjalanan menuju air terjunnya tidaklah sulit. Kamu bisa naik sepeda jika ingin lebih cepat sampai. Pihak pengelola sudah menyediakan lintasan yang cukup nyaman untuk dilewati pengunjung. Tak lupa fasilitas umumnya juga sangat lengkap dan memadai.

Aktivitas Seru

Air Tentu Gumandar memang tempat terbaik buat traveling. Pemandangan alamnya yang memukau benar-benar memanjakan mata. Liburan di sini terasa sangat menyenangkan dengan suguhan beragam spot foto anti mainstream.

Selain itu tempat ini juga pas bagi yang ingin mencari ketenangan. Embusan angin sepoi-sepoi dengan suara gemericik air terjunnya mampu menghilangkan stres seketika. Tubuh kamu akan jauh lebih enteng dan pikiran jadi fresh kembali.

Tidak hanya sekedar bersantai atau berswa foto saja. Masih banyak aktivitas seru lainnya di Air Terjun Gumandar. Informasi selengkapnya akan dijelaskan pada keterangan berikut.

Tracking

1692959548818
Sumber : Google Maps/Soni Kurniawan

Para pencinta tracking wajib mencoba medan yang ada di Air Terjun Gumandar. Perjalanan menuju ke sana banyak menemui jalanan menanjak. Siapkan fisik kamu karena kegiatan tracking ini sangat menguras energi. Sebisa mungkin jangan pergi seorang diri. Ajaklah teman atau keluarga agar liburan kamu tidak membosankan.

Memang tracking itu melelahkan dan membuat tubuh merasa capek. Namun, hal itu tidak akan terasa sama sekali saat melihat pemandangan alam hijau di sekitar Air Terjun Gumandar. Dimana berupa hamparan rumput ilalang kehijauan bersanding dengan beberapa pepohonan rindang.

Apalagi kalau sudah sampai di ketinggian 1000 mdpl. Kamu bisa melihat keindahan Kabupaten Pasuruan dari ketinggian. Dan jika cuaca sedang mendukung akan terlihat view Pantai Utara yang mempesona. Semua rasa lelah yang kamu rasakan akan hilang dengan sajian beberapa view tadi.

Saat kamu tiba di ketinggian 1200 mdpl, sejauh mata memandang hanya ada view rumput ilalang saja. Ada juga penampakan bukit-bukit besar disertai suara gemericik air yang terdengar merdu. Suasananya sangat sepi serasa area tersebut milik pribadi.

Berenang

1692959647656
Sumber : Google Maps/muhammad thoufan

Ketika sampai di bagian air terjunnya, ada sebuah kolam alami berair jernih siap menyambut kamu. Ukurannya memang tidak seluas kolam renang tapi bisa digunakan berenang untuk beberapa orang. Posisinya tepat di bawah air terjun dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Di kolam alami tersebut kamu bisa mencuci muka setelah seharian penuh melakukan perjalanan yang lumayan melelahkan. Atau kalau mau berenang juga boleh asalkan kamu jangan lupa membawa baju ganti. Airnya yang jernih terasa begitu menyejukkan saat menyentuh kulit.

Tubuh yang tadinya lengket seketika langsung segar kembali setelah terkena guyuran Air Terjun Gumandar. Kamu pasti bakal ketagihan dan ingin terus berenang. Apalagi suasana di sekitarnya banyak tumbuh pepohonan dan tanaman hijau yang membuat kawasan tersebut menjadi sejuk.

Berswa Foto

IMG 20230825 173454
Sumber : Google Maps/Jimmy F. Adinatha

Selesai membersihkan diri lanjutkan aktivitas dengan berswa foto bersama teman atau keluarga. Di wisata Air Terjun Gumandar tersedia banyak spot foto yang sayang jika kamu lewatkan. Oleh karena itu siapkan kamera untuk membidik hasil foto terbaikmu.

Spot foto favorit pengunjung adalah air terjunnya. Air yang mengalir dari sebuah tebing berbatuan besar dan berakhir pada kolam di bagian bawahnya. Nuansa sekitar begitu alami dengan tanaman hijau mengelilingi areanya.

Pemandangannya kian terlihat indah saat cuaca sedang cerah. Langit kebiruan bersama segerombolan awan putih menjadikan latar belakangnya seperti lukisan yang tampak nyata. Ada pula deretan perbukitan hijau yang semakin mempertegas keindahan Air Terjun Gumandar.

Bersantai

IMG 20230825 173509
Sumber : Google Maps/Mohammad Rafiq Haririh

Semisal kamu tidak bisa berenang bisa juga hanya duduk santai di sekitar kolam Air Terjun Gumandar. Untungnya di tepi kolam ada berbatuan yang bisa kamu gunakan sebagai tempat duduk. Bersantailah sejenak sambil menikmati alam sekitar dan suara gemericik air terjun yang terdengar sangat merdu.

Saat menuju tepian kolam kamu harus berhati-hati. Permukaan tanahnya sedikit basah dan licin sehingga memudahkan siapapun terjatuh. Perhatikan langkah kakimu dan pilihlah batu yang sekiranya membuat kamu nyaman.

Fasilitas Umum

Air terjun Gumandar dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang memadai. Salah satunya ada fasilitas area parkir untuk kendaraan roda dua dan empat. Lahannya cukup luas hingga bisa menampung ratusan kendaraan dalam sehari.

Buat kamu yang suka camping sudah disediakan area camping ground. Tempatnya sangat luas dan dikelilingi pepohonan hijau. Di sini kamu bisa melihat pesona sunset dan sunrise secara lebih jelas.

Tak ketinggalan pihak pengelola juga menyediakan fasilitas toilet umum. Satu toilet khusus pria dan yang lainnya untuk perempuan. Waktu berkunjung ke sana jangan lupa membawa bekal. Dikarenakan jumlah warung makan tergolong masih sedikit.

Tips Berkunjung

Liburan ke Air Terjun Gumandar membutuhkan persiapan yang matang. Soalnya perjalanan menuju ke sana cukup jauh sekaligus menguras energi. Terapkan tips berikut ini agar semuanya berjalan lancar.

  • Pertama-tama yang harus kamu perhatikan adalah kesehatan. Pastikan datang dalam kondisi sehat dan tidak sedang menderita penyakit tertentu.
  • Dikarenakan akses jalan menuju ke sana belum seratus persen mulus, gunakan motor atau mobil yang mempunyai spesifikasi sesuai jalur yang akan kamu lalui.
  • Bawalah barang-barang penting seperti baju ganti, alat mandi, alat shalat, makanan, minuman, dan obat-obatan pribadi.
  • Jangan datang saat siang hari yang mana kondisinya dipenuhi awan berkabut.
  • Datanglah antara bulan Januari sampai April. Pada bulan-bulan itu aliran Air Terjun Gumandar mulai terlihat.
  • Saat hujan turun menjauhlah dari air terjunnya. Banjir bisa datang tiba-tiba.

Selain Air Terjun Gumandar masih banyak wisata alam lainnya yang ada di Pasuruan, Jawa Timur. Semoga informasi singkat ini bisa membantu kamu mengenal lebih dekat tentang pariwisata Pasuruan. Selamat liburan dan bersenang-senang bersama keluarga tercinta.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments