8 Wisata di Bangkalan Madura Dengan Panorama Cantik yang Wajib Dikunjungi

wisata di Bangkalan

Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura. Kabupaten ini seringkali disebut sebagai Surabaya Utara karena lokasinya yang bersebelahan dengan Surabaya.

Bangkalan ini masih termasuk Provinsi Jawa Timur. Selain Malang yang terkenal akan kawasan pariwisatanya, wisata di Bangkalan juga menjadi salah satu kawasan wisata Madura yang tidak boleh wisatawan lewatkan.

Apalagi, sejak diresmikannya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura, akses perjalanan ke Bangkalan menjadi semakin mudah.

Pilihan Wisata di Bangkalan

Ada beberapa destinasi wisata di Bangkalan populer yang wajib wisatawan kunjungi. Berikut ini daftar tempat beserta daya tariknya.

1. Bukit Jaddih

Snapinsta.app 410496647 735594215100525 2443829961562325689 n 1080
Foto via Instagram.com/Bangkalan.ku

Bukit Jaddih merupakan salah satu wisata di Bangkalan yang cukup populer . Tempat ini dijadikan sebagai pertambangan kapur. Tanahnya digali hingga menciptakan pesona luar biasa yang akan memanjakan wisatawan.

Selain itu, Bukit Jaddih juga memiliki danau buatan dengan airnya yang berwarna hijau. Pemandangan danau eksotis dengan hamparan putih batu kapur tentunya menciptakan jepretan foto yang keren.

Wisatawan juga bisa berkeliling danau tersebut menggunakan sebuah rakit. Danau tersebut memiliki ketinggian 70 cm sehingga aman bagi wisatawan untuk menjelajahinya. Menariknya lagi, Bukit Jaddih juga punya fasilitas kolam renang khas perbukitan kapur dengan suhu airnya yang hangat.

Wisatawan bisa mengunjunginya di Desa Jakan, Kelurahan Parseh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Buka mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Untuk harga tiketnya sendiri sebesar Rp5.000 per orang. Wisatawan juga akan dikenakan tarif tambahan untuk parkir kendaraan yang ditaksir mulai dari Rp5.000. Sementara itu, untuk menaiki rakit, akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang.

2. Pantai Gebang

Bagi wisatawan yang mencari destinasi wisata hiburan menarik namun memiliki tarif yang murah meriah, bisa menjadikan Pantai Gebang sebagai tujuan. Pantai ini menawarkan suasana alam yang begitu menawan dengan beragam wahana serta fasilitas yang lengkap.

Beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan pada wisata di Bangkalan berupa pantai ini seperti berburu spot instagramable, menikmati sunset, memancing, camping ground, BBQ-an, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari toilet, gazebo, musala, warung makan, dan sebagainya.

Pantai Gebang ini berlokasi di Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan pun yang diinginkan karena buka setiap hari selama 24 jam. Untuk tiket masuknya hanya Rp3.000 per orang.

3. Bukit Arosbaya

Snapinsta.app 73025645 497284894254786 3429931386422330887 n 1080
Foto via Googlemaps/backpackerjakarta

Bukit Arosbaya juga menjadi salah satu wisata di Bangkalan yang tidak kalah populer. Mungkin sebagian wisatawan pernah melihat keindahan akan Antelope Canyon yang ada di Arizona, AS. Antelope Canyon sendiri merupakan sebuah ngarai yang punya tebing eksotis berwarna cokelat dengan lorong yang terbentuk karena erosi.

Di Bangkalan sendiri terdapat objek wisata yang mirip seperti Antelope Canyon Arizona. Bukit ini dulunya dijadikan sebagai lahan tambang kapur. Jika bekas pertambangan pada umumnya berwarna putih, Bukit Arosbaya ini justru berwarna cokelat keemasan. Selain itu, bukit ini juga dinilai sejuk karena ditumbuhi pepohonan rindang dan tumbuhan paku.

Bebatuan yang ada di sana juga menciptakan relief yang cantik bekas pahatan pertambangan. Tidak heran, banyak wisatawan yang menjadikan tempat tersebut sebagai spot foto cantik. Untuk masuk ke Bukit Arosbaya ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang.

Lokasinya berada di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

4. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah merupakan salah satu destinasi wisata di Bangkalan terbaru yang tidak boleh wisatawan lewatkan. Wisata ini mengusung konsep keindahan wisata alam yang akan memanjakan para wisatawan.

Berada di atas perbukitan, membuat wisatawan dapat menyaksikan landscape hijau yang begitu cantik. Di sana juga disediakan gardu pandang yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk berburu foto. Bahkan ada juga spot foto lainnya seperti ikon love, gapura, ayunan, hingga lampion cantik.

Wisatawan juga bisa menemukan aneka tempat makan yang menyediakan hidangan lezat. Untuk masuk ke Bukit Lampion Beramah, wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp3.000 saja.

Lokasinya berada di Tengginah, Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69173. Buka mulai dari pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 16:30 WIB.

5. Pelabuhan Kamal

Sebelum adanya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura, Pelabuhan Kamal menjadi pusat transportasi yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Meskipun sudah tidak difungsikan lagi, Pelabuhan Kamal juga cukup menarik perhatian wisatawan karena punya pesona yang menawan untuk wisata di Bangkalan.

Banyak wisatawan datang ke sana untuk berburu spot foto dengan latar deretan perahu. Ada pula yang berkeliling dengan perahu.

Lokasinya berada di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan pun sesuai dengan yang diinginkan.

6. Mercusuar Sembilangan

Snapinsta.app 82171342 1071339323200938 3602979195712111467 n 1080
Foto via instagram.com/maduraholic

Mercusuar Sembilangan menjadi salah satu tempat ikonik yang menyuguhkan pemandangan menawan dari atas ketinggian. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan pantai dari wisata di Bangkalan ini.

Mercusuar dengan ketinggian 78 meter serta didominasi warna putih ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda. Mercusuar ini dibangun pada dibangun pada 1879 M, tepatnya pada pemerintahan Z.M. Willem III.

Wisatawan bisa datang ke sana di waktu sore hari lantaran bisa menikmati keindahan sunsetnya dari sana. Atau wisatawan juga bisa datang pada waktu malam hari jika ingin melihat kerlipan lampu yang cantik di sepanjang pantai.

Lokasinya berada di Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161. Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke mercusuar tersebut, wisatawan hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan mulai dari Rp3.000.

7. Sumber Pocong

Sumber Pocong menjadi salah satu objek wisata di Bangkalan yang cukup unik dan wajib wisatawan sambangi. Sumber Pocong merupakan sumber mata air yang banyak digandrungi oleh para wisatawan.
Hal itu lantaran airnya yang jernih sehingga terkesan menyegarkan. Bahkan, suhunya pun cukup dingin yang tentunya akan menyejukkan para wisatawan.

Selain berenang, di Sumber Pocong juga wisatawan bisa berburu spot foto kece di setiap sudutnya. Dengan pesona alamnya yang cantik, wisatawan bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Sumber Pocong ini berlokasi di Karang Anyar, Pocong, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69165. Karena belum resmi dijadikan sebagai tempat wisata, untuk masuk ke sana wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis.

8. Gunung Geger

Meskipun banyak orang menyebutnya sebagai Gunung Geger, wisata di Bangkalan tersebut sebenarnya hanyalah sebuah bukit hijau yang asri dan menyejukkan. Wisatawan bisa menikmati pesona keindahan hutan jati, mahogani, akasia, lembah palenggiyan, danau, dan deretan sawah yang indah.

Menurut sejarahnya, bukit ini menjadi asal muasal kehidupan di Madura. Wisatawan bisa mampir ke sana untuk menikmati pesona alam hingga edukasi sejarah yang tentunya menarik.

Wisatawan juga bisa melakukan camping ground di sana. Untuk tiket masuknya sendiri ditaksir sebesar Rp3.000.

Lokasinya berada di Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Madura. Buka selama 24 jam, sehingga wisatawan bisa datang ke sana kapan pun yang diinginkan.

Itulah rekomendasi wisata di Bangkalan yang bisa wisatawan kunjungi. Datang ke sana bersama keluarga tentunya akan lebih menyenangkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments