TRMS Serulingmas Banjarnegara, Wisata Terbaru Dengan Suguhan Aneka Jenis Binatang Langka

TRMS Serulingmas Banjarnegara

Kamu sedang liburan ke Banjarnegara? Ketika berada di sana jangan lupa mampir ke TRMS Serulingmas. Sebuah tempat wisata bertemakan kebun binatang interaktif dengan suguhan beraneka jenis bintang langka. Namun sebelumnya kamu wajib tahu dulu mengenai daya tarik, harga tiket, jam buka, dan fasilitas apa saja yang ada di sana.

Daya Tarik TRMS Serulingmas

TRMS Serulingmas atau biasa disebut Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas adalah tempat wisata pilihan terbaik yang ada di Banjarnegara. Wisata ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan diresmikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Didukung pula oleh Yayasan Serulingmas (Seruan Eling Banyumas).

Pada tahun 2018 lalu, manajemen TRMS resmi berbentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Alhasil, hal ini menyebabkan adanya perubahan nama menjadi Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo. Keberadaan wisata ini sendiri bertujuan untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Banjarnegara.

Di sini pengunjung bisa melihat berbagai macam jenis binatang. Mulai dari unggas, mamalia, hingga reptil. Menurut situs resminya, jumlah koleksinya sekitar 40 spesies dengan total 195 ekor. Selain binatang, ada juga beragam hal unik lainnya sebagai berikut.

Feeding Gajah dan Rusa

2023 12 24 1
Sumber : Google Map/Zaenal Arifin

Hal menarik pertama dari TRMS Serulingmas adalah adanya layanan feeding gajah dan rusa. Dimana pengunjung bisa memberi makan kedua jenis binatang itu secara langsung. Tentunya pakan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Pengunjung wajib mengambilnya di tempat khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

20181211 121152
Sumber : Google Map/Yatno Lights

Nantinya setiap pengunjung akan dibekali satu keranjang penuh berisi sayuran. Setelah mendapatkannya kamu bisa memberi makan gajah atau rusa secara langsung. Tetapi ini tidak gratis. Pengunjung masih harus membayar biaya tambahan. Untuk feeding gajah harganya Rp50.000 dan feeding rusa Rp10.000.

Ketika berinteraksi dengan Gajah atau Rusa jangan hanya memberi makan saja. Kalau bisa abadikan setiap momen bersama kedua binatang itu dalam jepretan kamera. Kamu tak usah khawatir, baik rusa maupun gajah di sini tergolong jinak. Jadi masih aman buat diajak foto bareng.

Kereta Wisata

Kawasan TRMS Serulingmas ini tergolong luas. Menyusuri satu kandang ke kandang lainnya pasti sangat melelahkan jika ditempuh dengan jalan kaki. Apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya. Tubuh akan cepat berkeringat dan tenggorokan terasa kering. Demi membuat pengunjung merasa nyaman pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas kereta wisata.

Pengunjung bisa berkeliling area wisata sepuasnya menggunakan kereta wisata. Kamu pun tak perlu capek lagi jalan kaki. Tinggal duduk santai saja di dalam kereta sambil melihat-lihat tingkah lucu binatang dari balik kaca. Pengalaman ini sangat seru karena bisa menjelajahi area kebun binatang menggunakan kendaraan layaknya di Taman Safari Prigen.

Tak perlu takut tak kebagian tempat duduk. Jumlah kursinya tergolong cukup dan muat untuk menampung beberapa penumpang. Akan tetapi sebelum naik kamu wajib membayar tiket terlebih dahulu. Masing-masing penumpang hanya perlu merogoh kocek seharga Rp10.000.

Wahana Menantang

Tidak sekedar menampilkan binatang saja. Pihak pengelola TRMS Serulingmas tak lupa menyediakan fasilitas wahana permainan menantang. Terdapat dua jenis wahana yang bisa kamu coba. Diantaranya ada sepeda melayang dan flying fox. Beranikan diri mencoba kedua wahana tersebut untuk melihat seberapa besar nyali yang kamu punya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menaiki sepeda melayang dan flying fox. Hanya pengunjung yang memiliki berat badan <50 kg saja yang diperbolehkan. Kedua wahana ini juga dikenakan biaya tambahan. Harga tiketnya tidaklah terlalu mahal dan masih ramah di kantong. Baik sepeda melayang dan flying fox sama-sama dikenakan tarif Rp10.000

Sewaktu menaiki sepeda melayang atau flying fox, kamu seolah-olah seperti terbang bagaikan seekor burung. Melayang bebas di angkasa luas menyusuri hamparan langit kebiruan. Jika burung mengepakkan sayap, kamu akan melewati lintasan tali yang dikaitkan dari satu pohon ke ujung pohon lainnya.

Wahana Permainan Seru

IMG 20211017 104501
Sumber : Google Map/Nur Aini Istiqomah

Semisal si kecil takut mencoba wahana sepeda melayang dan flying fox. Alternatifnya bisa naik wahana mini helikopter, komedi putar kapal, dan kereta listrik. Ketiganya merupakan wahana favorit yang ada di TRMS Serulingmas. Pihak pengelola sengaja menghadirkannya demi membuat anak-anak merasa betah dan nyaman selama liburan.

Sama seperti wahana lainnya. Kereta listrik, komedi putar kapal, dan mini helikopter juga ada biaya tambahannya. Ketiganya sama-sama dikenakan tarif Rp10.000 per orang. Kalau mau yang tidak berbayar bisa mengajak si kecil bermain di arena playground. Di sana justru wahana permainannya sangat lengkap dan beraneka ragam.

Koleksi Bintang Berbagai Spesies

2023 12 24
Sumber : Google Map/Zaenal Arifin

Daya tarik yang satu ini adalah yang mencuri perhatian dan menjadi alasan utama mengapa wisatawan rela datang jauh-jauh ke TRMS Serulingmas. Apalagi kalau bukan karena jumlah koleksi binatangnya yang beraneka ragam. Wisata ini sengaja dibuat sebagai hunian dari berbagai macam spesies binatang dari seluruh dunia.

Aneka spesies bisa kamu temui. Untuk mamalia ada orang utan, rusa, siamang, landak, onta, musang, monyet, berang-berang, beruang madu, harimau, Owa Jawa, dan gajah. Sedangkan reptil ada buaya, biawak, kura-kura, ular, dan iguana. Dan terakhir unggas ada merak, elang, nuri bayan, tekukur, kakaktua, belibis, kalkun, julang, ayam kate, dan burung unta.

Pengunjung bisa melihat semua binatang dari jarak dekat yang dipisahkan oleh pagar pembatas. Kegunaannya sebagai pelindung guna menghindari hal-hal tak dinginkan. Dikarenakan bisa saja mereka lepas kendali dan membahayakan nyawa pengunjung. Jadi untuk lebih amannya, semua binatang diletakkan pada sebuah kandang khusus.

Kolam Renang

IMG 20220618 110751
Sumber : Google Map/Melodyana Boice

TRMS Serulingmas juga menghadirkan wahana kolam renang untuk semua kalangan. Ada berbagai macam jenis kolam yang bisa dipilih oleh pengunjung. Dari kolam khusus anak-anak hingga orang dewasa. Setiap kolam memiliki tingkat kedalaman air berbeda-beda. Mulai dari yang paling dangkal hingga terdalam ada di sini.

Air di kolam wisata ini jernih dan terasa dingin kala menyentuh kulit. Pas cuaca lagi panas-panasnya pasti sangat pas berenang di sana. Rasa gerah dalam tubuh akan langsung hilang berganti dengan kesegaran yang luar biasa nikmatnya. Tenang, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk. Pengunjung bisa berenang secara gratis.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke TRMS Serulingmas antara weekday dan weekend berbeda. Dari hari Senin sampai dengan Jumat tarifnya Rp20.000. Sementara hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional harganya sedikit lebih mahal, yaitu Rp25.000. Biaya tersebut belum termasuk wahana dan biaya parkir.

Jam Buka

Pengunjung bisa datang ke TRMS Serulingmas setiap hari. Jam operasionalnya di hari Senin sampai Sabtu dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Khusus hari Minggu buka lebih awal pada jam 7 pagi dan tutup jam 4 sore.

Fasilitas Umum

Tersedia banyak fasilitas umum untuk para pengunjung TRMS Serulingmas. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

  • Toilet
  • Area parkir
  • Mushola
  • Zona bersantai
  • Panggung hiburan
  • Gazebo
  • Spot foto

Tips Berkunjung

Apabila kamu ingin liburan ke TRMS Serulingmas sebaiknya pilih pas weekday saja. Biasanya kondisi di sana tidak begitu ramai ketimbang weekend. Kamu jadi bisa mengeksplorasi area wisata sepuasnya sekaligus bersantai menikmati pemandangan sekitar. Sebelum berangkat pastikan melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu.

Untuk menuju ke lokasi wisatanya lebih cepat menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik angkutan umum lumayan lama dan mencarinya pun juga agak susah. Jadi guna mempersingkat waktu keberangkatan pilihlah kendaraan pribadi saja. Bisa pakai sepeda motor atau mobil.

Itulah beberapa informasi penting mengenai wisata TRMS Serulingmas. Segera buat rencana liburan ke sana sebelum harga tiketnya naik. Dikarenakan sewaktu-waktu pihak pengelola bisa menaikkan harganya.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments