Taman Wisata Godong Ijo – Aneka Satwa Raksasa Sembari Edukasi Flora di Depok

taman wisata godong ijo

Tidak jauh dari Kota Bogor tepatnya di Depok, wisatawan akan menemukan banyak tempat wisata serta tempat kulineran yang diincar oleh wisatawan dari Ibukota. Meskipun berada kawasan perkotaan, Depok ini dikenal dengan suasananya yang sejuk.

Apalagi di sana wisatawan bisa menemukan salah satu wisata bernama Godong Ijo. Wisatawan Depok sering menyebutnya sebagai hutan di tengah kota. Pada tahun 2021, tempat sempat viral di media sosial dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Taman Wisata Godong Ijo ini merupakan wisata ramah lingkungan di mana kita akan belajar mengenai aneka tumbuhan serta bagaimana cara merawat tumbuhan tersebut dengan sangat baik. Bahkan ada juga edukasi mengenai pencemaran lingkungan yang akan membahayakan ekosistem alam.

Wisatawan pecinta alam maupun wisatawan yang ingin mengajak si kecil untuk mencintai alam sejak dini menjadikan tempat ini paling cocok untuk dikunjungi.

Daya Tarik Godong Ijo

2021 06 15
Foto via Googlemaps/Sandra Maria

Hutan di tengah kota ini cukup mencolok, dengan bangunan yang dirindangi oleh pepohonan. Di sana wisatawan akan menemukan berbagai tanaman dari berbagai jenis mulai dari tanaman pangan, tanaman rempah, tanaman obat, tanaman buah, tanaman sayur, tanaman industry hingga tanaman langka.

Masuk ke kawasan tanaman pangan, wisatawan bisa melihat ketela pohon, kentang, jagung, sukun, dan masih banyak lagi. Lalu bersebelahan dengan tanaman rempah, wisatawan akan melihat beberapa tanaman rempah seperti kunyit, jahe, sereh, dan lainnya.

Lalu untuk area tanaman buah kita akan menemukan jeruk, jambu, dan juga buah naga. Sementara di area tanaman sayuran ada sawi, cabai, bayam, dan sebagainya.

Dengan datang ke Taman Wisata Godong Ijo ini wisatawan bisa melihat berbagai jenis tanaman dan di sana juga wisatawan akan mendapatkan berbagai edukasi tanaman mulai dari penanaman, perawatan, hingga pemetikan. Wisatawan bisa mengikuti kegiatan bercocok tanam untuk langsung mengikuti kegiatan tersebut secara langsung.

Bahkan, menariknya tanaman-tanaman yang ada ini bisa kita bawa pulang. Harga setiap jenis tanaman berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan juga jenis tanaman yang kita inginkan. Biasanya setiap tanaman yang ada di sana dibanderol mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 60.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Ingin Berpetualang dengan Kuda? Mega Star Batu Solusinya!

Selain mengetahui lebih jauh seputar tanaman, Taman Wisata juga memiliki beberapa koleksi satwa yang dikenal sebagai satwa raksasa. Di sana kita akan menemukan kura-kura raksasa yang memiliki panjang hingga 2 meter dengan berat 350 kg. Koleksi kura-kura tersebut berusia berkisar 21 tahun.

Tidak hanya kura-kura saja, Taman Wisata Godong Ijo juga memiliki koleksi Iguana yang memiliki panjang hingga 1,8 meter. Lalu ada juga arapaima gigas yang dinilai cukup buas dan ganas. Dan yang terkahir yaitu seekor ular raksasa dengan panjang mencapai 8 meter.

Koleksi hewan berukuran raksasa ini cukup menarik perhatian para wisatawan. Bahkan ketika melakukan kegiatan memancing, wisatawan juga akan menemukan beberapa ikan dengan ukuran cukup besar.

2020 12 04
Foto via Googlemaps/rixkia nur fauziana

Taman Wisata Godong Ijo juga dilengkapi dengan fasilitas playground yang bisa dikunjungi si kecil untuk bermain. Ada berbagai wahana anak yang bisa kita temukan di sana seperti jungkat-jungkit, perosotan, tangga, dan lainnya. Bahkan si kecil juga bisa mengikuti kegiatan outbound yang cukup menyenangkan.

Fasilitas lainnya yang akan kita temukan di Godong Ijo yaitu sebuah resto yang menyediakan berbagai hidangan seperti ikan bakar, pecak gurame, ayam bakar, nasi goreng, dan masih banyak lagi. aneka hidangan tersebut ditaksir dengan harga Rp 7.000 hingga Rp 35.000.

Harga Tiket Masuk Godong Ijo

Untuk masuk ke kawasan Godong Ijo dan menikmati fasilitas yang ada di sana, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 30.000 per orang. Ada juga tarif tambahan berupa fasilitas edukasi flora dan fauna yang ditaksir mulai dari Rp 50.000.

Lokasi dan Jam Buka Godong Ijo

Wisatawan yang ingin berlibur ke Taman Wisata Godong Ijo dan menyaksikan berbagai satwa raksasa tersebut bisa datang ke Jalan Cinangka Raya No, KM 10, No.60, Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 161517. Map klik disini.

Wisatawan bisa memilih melalui beberapa rute sesuai dengan jenis perjalanan yang diinginkan. Untuk wisatawan yang ingin menaiki KRL bisa naik dari Stasiun Bogor menuju ke Stasiun Depok Baru dan meneruskan perjalanan menaiki angkutan umum menuju Jalan Cianangka Raya.

Wisata Menarik Lainnya :  Mencoba Berbagai Wahana Seru di Malang Smart Arena

Sementara bagi wisatawan yang ingin menaiki kendaraan pribadi bisa melalui Jalan Tol Jagorawi menuju pintu keluar Ciputat atau melalui Jalan Raya Parung ke Jalan Terusan Depok – Bogor yang keduanya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 15 menit perjalanan.

Mengenai durasi waktu operasional Taman Wisata Godong Ijo ini, wisatawan bisa mampir ke sana mulai dari pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Akomodasi

Wisatawan yang datang dari luar kota bisa mencari beberapa tempat penginapan terdekat dari Taman Wisata Godong Ijo. Salah satunya yang bisa kita temukan di sana yaitu Griya Serua Indah Hotel & Convention yang terletak di Jalan Kav. DPR, RT.002/RW.001, Serua, Kecamatan Bojong, Kota Depok, Jawa Barat 15414.

Jarak tempuh menuju Griya Serua Indah Hotel & Convention ini sekitar 7 menit perjalanan. Dan tarif penginapan di hotel ini berkisar mulai dari Rp 320.000 hingga Rp 612.000 per malam.

Wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Depok, wajib banget mampir lebih dulu ke Taman Wisata Godong Ijo ini.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...