big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Ria Suropati, Objek Wisata Terbaru di Pasuruan yang Menawarkan Wahana Seru dan Menegangkan

Taman Ria Suropati

Kalau kamu tengah mencari tempat wisata seru untuk liburan keluarga maka Taman Ria Suropati adalah pilihan yang tepat. Wisata ini tergolong masih baru karena didirikan pada tahun 2015 lalu. Di wisata Pasuruan ini kamu bisa bermain banyak wahana permainan seru sekaligus belajar tentang dunia satwa.

Alamat : Rangge Timur, Ranggeh, Kecamatan Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp15.000
Jam buka : 08.00 – 16.30 WIB

Wahana Permainan Taman Ria Suropati

Taman Ria Suropati menjadi salah satu destinasi populer terbaru yang ada di Pasuruan. Bukan hanya sebagai tempat rekreasi saja. Kawasan ini juga sebagai sarana wisata edukasi untuk anak-anak. Maka jangan heran jika nantinya kamu di sana akan menemukan banyak sekali rombongan murid sekolah.

Tidak hanya anak-anak saja yang antusias mengunjungi wisata ini. Orang dewasa pun juga tak mau ketinggalan menikmati keseruannya dengan mencoba beberapa wahana permainan. Seperti kolam renang, kolam pemancingan, perahu karet, naik kapal, dan berkeliling area mini zoo. Informasi selengkapnya akan dibahas pada sub bab berikut.

Kolam Renang

1691751840918
Sumber : Google Maps/mas joko tresno

Wahana pertama ada kolam renang dengan airnya yang super jernih. Tersedia dua jenis kolam yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung. Pertama ada kolam renang khusus anak-anak. Ketinggian airnya tidak terlalu dalam, yakni 30 cm. Jadi aman digunakan berenang oleh anak-anak.

Agar anak-anak tidak merasa bosan sudah disediakan wahana seluncur. Dengan begini anak-anak bisa berenang sekaligus bermain dalam waktu bersamaan. Pasti suasana di kolam anak tampak lebih ceria dan menyenangkan.

Selain itu ada pula kolam renang untuk orang dewasa. Sama seperti kolam renang anak, di sekitar kolam dewasa juga tersedia fasilitas wahana seluncur. Di kolam ini ketinggian airnya cukup dalam.

Mini Zoo

1691752155156
Sumber : Google Maps/Rika Rijki

Anak-anak pasti akan merasa senang karena di Taman Ria Suropati ada fasilitas mini zoo. Di wahana ini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi satwa dari seluruh dunia. Mulai dari spesies reptil, unggas, hingga mamalia. Semua hewan tersebut ditempatkan pada sebuah kandang dengan sistem penjagaan yang ketat.

Untuk hewan mamalia sendiri wisata ini memiliki deretan sejenis primata. Diantaranya ada orang utan, siamang, beruk, dan owa ongko. Sementara untuk non primata ada beruang madu, kucing bengal, dan rusa.

Lalu untuk jenis reptil ada buaya muara, buaya putih, dan ular sanca. Saat berinteraksi dengan salah satu hewan tersebut harap berhati-hati karena jenis ini sedikit berbahaya. Khususnya terhadap ular sanca yang memiliki racun mematikan.

Terakhir koleksi unggas atau burung terdiri dari beo, merak biasa, merak putih, nuri abu-abu, burung macaw, dan kakak tua raja. Secara keseluruhan semua binatang di taman ini berasal dari BKSDA Jawa Timur. Sengaja dititipkan oleh pihak terkait sejak tahun 2018 agar dirawat dan dijaga dengan baik.

Kolam Pemancingan

Buat kamu yang hobi memancing bisa nih mencoba wahana kolam pemancingan di Taman Ria Suropati. Tempatnya masih satu lokasi dengan wahana lainnya. Untuk posisinya tepat berada di bagian tengah area wisata. Kamu pun bisa dengan mudah menemukannya karena penampakan kolam renangnya yang sangat luas.

Sambil menunggu si kecil selesai berenang, para orang tua dapat menghabiskan waktu sebentar dengan memancing beberapa ikan. Biasanya kegiatan semacam ini lebih sering dilakukan oleh laki-laki. Tak jarang ada juga perempuan yang ikut serta meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Tepat di tengah-tengah kolam ada spot unik yang bisa kamu jadikan objek foto. Di sana ada sebuah kapal besar mengambang di atas kolam pemancingan. Warna kapal itu lebih didominasi warna putih pada bagian atas dan hijau tua di bagian bawah. Selain kapal ada juga spot air mancur yang terlihat begitu instagrammeble.

Kereta Mini

1691751883814
Sumber : Google Maps/alivia via

Hal menarik lainnya yang bisa kamu temukan di Taman Ria Suropati adalah menaiki wahana kereta mini. Dengan membayar tiket seharga Rp5.000 kamu akan dibawa berkeliling area taman selama 2 putaran penuh. Kereta ini sengaja disediakan oleh pihak pengelola agar pengunjung bisa menjelajahi area taman tanpa perlu repot berjalan kaki.

Selama mengelilingi area wisata kamu akan disuguhkan penampakan berapa satwa yang ada di mini zoo. Kamu bisa melihat beruang madu, kera, burung merak, ular, buaya, dan masih banyak lagi. Rasa-rasanya seperti tengah memasuki Wisata Taman Safari Prigen. Anggap saja di Taman Ria Suropati ini versi mininya.

Tidak hanya melihat sekumpulan hewan saja. Di taman itu juga ada berbagai macam tanaman eksotis yang indah. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman yang bisa berbuah. Nuansa hijau dengan udara sekitar yang sejuk membuat aktivitas berkeliling area taman terasa lebih menyenangkan.

Perahu Karet

Kalau kamu bosan mengelilingi daratan bisa mencoba menjelajahi area kolamnya dengan menaiki perahu karet. Sayangnya wahana ini tidaklah gratis. Kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang jika ingin mencobanya. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menjelajahi area kolam selama beberapa menit.

Tenang saja, jumlah perahu karetnya terbilang cukup banyak. Kamu pun tidak perlu menunggu antrean terlalu lama dan bisa langsung menaikinya saat itu juga. Menariknya perahu karet tersebut memiliki atap cukup lebar sehingga dapat melindungi kamu dari sengatan sinar matahari.

Harga Tiket Masuk

Taman Ria Suropati mengenakan harga tiket masuk yang relatif terjangkau. Satu orang pengunjung hanya perlu membayar Rp15.000 saja. Tarif tersebut berlaku untuk semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jam Operasional

Taman Ria Suropati buka dari hari Selasa sampai dengan Minggu. Untuk jam operasionalnya dari Pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Khusus Senin pihak pengelola tidak menerima kunjungan wisatawan dan tutup selama satu hari penuh.

Fasilitas Umum

Soal penyediaan fasilitas umum di Taman Ria Suropati tidak perlu kamu ragukan lagi. Pihak pengelola telah menyiapkan semuanya sebaik mungkin agar pengunjung merasa nyaman selama liburan di sana. Toiletnya benar-benar dalam keadaan bersih dan nyaman. Hampir setiap pihak pengelola selalu membersihkannya secara rutin.

Di dalam toilet juga ada kamar bilas yang bisa digunakan pengunjung untuk membersihkan diri sehabis berenang. Jumlahnya cukup banyak sehingga tidak perlu antre lama. Disediakan pula fasilitas mushola khusus pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat.

Semisal perut kamu sudah mulai keroncongan bisa mengunjungi area food court yang ada di sekitar tempat wisata. Di sana ada banyak pedagang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Tak lupa juga ada fasilitas area parkir cukup luas sehingga bisa menampung kendaraan pengunjung dalam jumlah banyak. Jenis kendaraan yang biasa terparkir di area tersebut adalah sepeda motor dan mobil.

Tips Berkunjung

Supaya liburan kamu berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun, cobalah terapkan beberapa tips berikut ini.

  • Persiapkan kondisi badan kamu dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan bergizi sebelum liburan.
  • Tentukan barang apa saja yang akan kamu bawa selama liburan nanti. Dikarenakan Taman Ria Suropati ada kolam renangnya dan kemungkinan kamu akan berenang, pastikan membawa pakaian ganti dan peralatan mandi.
  • Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi semisal kamu mengidap penyakit tertentu.
  • Cek kondisi kendaraan yang akan kamu bawa. Mulai dari bahan bakar, ban, hingga mesinnya.
  • Setelah semua persiapan selesai kamu bisa berangkat dan selama perjalanan selalu patuhi aturan rambu lalu lintas.

Demikian ulasan singkat mengenai Taman Ria Suropati di Pasuruan. Apabila kamu tertarik mengunjunginya jangan lupa ajak teman, keluarga, rekan kerja atau siapapun itu. Dikarenakan datang beramai-ramai jauh lebih seru ketimbang liburan seorang diri.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments