big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Nyi Ageng Rakit, Tempat Bersantai dan Hangout Terbaru Di Klaten

Taman Nyi Ageng Rakit

Bingung mau liburan ke mana tapi budget menipis? Tenang, wisata Klaten punya satu tempat hangout seru dan pastinya murah meriah.

Nama tempat tersebut tidak lain dan bukan adalah Taman Nyi Ageng Rakit. Lokasinya tak begitu jauh dari Wisata Rowo Jombor yang terkenal itu.

Alamat : Jalan Rowo Jombor, Gedangan, Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi Google Maps
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 05.00 – 22.00 WIB

Aktivitas di Taman Nyi Ageng Rakit

Taman Nyi Ageng Rakit tengah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Klaten. Wisata yang sedang populer ini kerap kali dijadikan tempat hangout oleh anak muda. Selain karena pemandangan alamnya yang mempesona, pengunjung tidak dibebankan tiket masuk sama sekali.

Wisata satu ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala budget. Hampir setiap hari kawasan tersebut selalu ramai kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Entah itu dari warga lokal atau luar Klaten. Apalagi kalau sudah memasuki hari libur. Pasti jumlahnya meningkat dua kali lipat dari hari biasa.

Taman ini belum lama ada karena pembangunannya baru saja selesai pada tahun 2021 lalu. Dan baru diresmikan dan dibuka untuk umum sekitar bulan Januari 2022. Pengelolaannya sendiri berada di bawah naungan Pemda Klaten. Banyak hal menarik yang akan kamu temukan di sana. Salah satunya mendapati ragam aktivitas berikut ini.

Menyaksikan Keindahan Sunset dari Kejauhan

1689674484994
Sumber : Googlemap/amelia nensi

Taman Nyi Ageng Rakit berdiri di atas lahan seluas 198 hektare. Sangking luasnya menjadikan kawasan tersebut sangat pas untuk lokasi melihat sunset. Menurut penuturan wisatawan yang pernah berkunjung, katanya pesona sunset di sana tidak kalah dengan wisata Pantai Bali. Malahan ada yang berpendapat jauh lebih indah dan menawan.

Momen terbenamnya matahari dari ufuk barat selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Melihat semburat kilauan cahaya keemasan menghiasi langit kebiruan sungguh bisa memanjakan mata. Tak pelak wisatawan berlomba-lomba mengabadikan momen langka tersebut menggunakan kamera.

Tempat favorit wisatawan untuk melihat sunset biasanya ada di sekitar tepi danau Rawa Jombor. Pantulan cahaya sang mentari begitu jelas terlihat melalui permukaan air rawa. Hingga memunculkan bayang-bayang siluet menakjubkan. Ditambah lagi dengan suasana sejuk serta embusan angin sepoi-sepoi yang kian menambah kenikmatannya.

Berswa Foto

IMG 20230718 172054
Sumber : Googlemap/Art Estetika

Banyak wisatawan yang datang ke Taman Nyi Ageng Rakit hanya untuk sekedar foto selfie. Mengingat kawasan tersebut terdapat beragam spot unik dan instagrammeble. Sayang buka sudah datang jauh-jauh tapi terlewatkan begitu saja? Setidaknya dengan mengambil beberapa gambar ada sesuatu yang bisa dibuat kenang-kenangan.

Spot terbaik di taman ini ada patung dua orang manusia berjenis kelamin laki-laki dan perempuan tengah menari bersama. Bahkan spot tersebut menjadi landmark utama dari Taman Nyi Ageng Rakit. Posisinya yang langsung menghadap ke arah danau terlihat begitu indah berpadu dengan hamparan langit biru.

Selain patung ada spot amfiteater yang biasa digunakan untuk panggung pertunjukan seni dan budaya. Jika sedang tidak ada acara biasanya wisatawan menjadikan spot tersebut sebagai tempat foto selfie. Dijamin hasil fotonya tidak akan mengecewakan karena ada latar belakang area perbukitan hijau mengelilingi danau Rowo Jombor.

Tidak jauh dari panggung ada satu lagi spot bertuliskan “Taman Nyi Ageng Rakit” berukuran besar dengan warna merah menyala. Spot tersebut berada di atas anak tangga yang biasa dijadikan bangku penonton. Tak jarang wisatawan sering duduk santai di sana atau berswa foto kala tidak ada pertunjukan apapun.

Berkeliling Taman Dengan Naik Skuter Mini

IMG 20230718 172043
Sumber : Googlemap/nurul khasanah_sana2

Satu lagi aktivitas seru di Taman Nyi Ageng Rakit adalah berkeliling area taman menggunakan skuter mini. Kamu pun tak perlu capek-capek berjalan kaki mengitari taman yang sangat luas itu. Cukup naik di atas skuter dan tinggal nikmati keindahan alam sekitar.

Lintasan yang kamu lewati pun juga sudah tergolong cukup nyaman. Hampir secara keseluruhan permukaan tanah di taman tersebut tertutupi oleh lantai kaveling. Kamu pun bisa mengelilingi area taman tanpa perlu takut terkena cipratan lumpur.

Namun untuk mencoba skuter mini itu tidak gratis. Kamu harus membayar biaya sewa kisaran Rp15.000 hingga Rp40.000. Harganya bisa berubah-ubah tergantung durasi yang kamu pilih. Ada yang 15 sampai dengan 40 menit.

Mencoba Wahana Permainan

1689674565819
Sumber : Googlemap/Raden Abimanyu

Taman Nyi Ageng Rakit kalau pagi memang tampak biasa saja. Tetapi saat malam hari benar-benar terlihat memukau. Ada gemerlap lampu kelap-kelip menghiasi setiap sudut taman. Bahkan suasana sekitar semakin semarak dengan kehadiran pasar malam.

Terlebih lagi di pasar malam itu menyuguhkan banyak sekali wahana permainan seru. Misalnya seperti odong-odong, kereta mini, mobil mini, motor mini, dan masih banyak lagi. Kehadiran wahana permainan itu pasti membuat anak-anak merasa senang dan betah berlama-lama.

Bersantai Bersama Teman atau Keluarga

1689674451946
Sumber : Googlemap/zodix oteza

Selain sebagai kawasan foto selfie, Taman Nyi Ageng Rakit juga cocok untuk tempat bersantai. Di sekitar area taman terdapat gazebo dan bangku taman dari beton yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat duduk. Jumlahnya cukup banyak jadi tidak usah khawatir tidak kebagian.

Bersantai seorang diri memang bisa membuat pikiran tentang. Akan tetapi jauh lebih seru jika ada seseorang yang menemani. Maka dari itu sebisa mungkin ajaklah teman atau keluarga agar kamu tidak sendirian. Mengobrol dan saling bertukar cerita bersama seseorang tentunya lebih menyenangkan ketimbang duduk seorang diri, bukan?.

Fasilitas Umum

Agar pengunjung taman merasa nyaman, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum. Pertama ada tempat parkir khusus kendaraan pribadi roda dua dan empat. Tarifnya cukup terjangkau dengan hanya membayar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Kedua, tersedia toilet bersih lengkap dengan fasilitas di dalamnya. Toilet di taman ini ada dua. Satu khusus pengunjung laki-laki dan lainnya untuk perempuan. Kualitas airnya tak perlu kamu ragukan lagi. Sangat jernih dan tidak berbau sama sekali.

Terakhir ada fasilitas mushola yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Jika sudah masuk waktu shalat kamu bisa beribadah di sana. Tempatnya cukup luas hingga bisa digunakan untuk shalat berjamaah.

Tips Berkunjung

Jika kamu ingin mengunjungi Taman Nyi Ageng Rakit carilah hari yang mana cuacanya sedang mendukung. Jangan datang pas musim penghujan karena biasanya jalan raya menuju ke sana sedikit macet. Belum lagi kamu harus berjibaku dengan tanah becek dan berlumpur.

Jadi sebelum berangkat pastikan melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain untuk memastikan apakah hari itu akan hujan atau tidak? Jika memang sedang cerah kamu bisa langsung berangkat ke tempat wisatanya.

Kalau mau suasana yang sepi sebaiknya kamu datang pas hari kerja. Kondisi pada hari itu lumayan tenang dan sepi. Berbeda dengan weekend atau tanggal merah yang sudah pasti ramai. Selama liburan di Taman Nyi Ageng Rakit usahakan tidak meninggalkan sampah berserakan. Sebagai pengunjung taman sudah sepatutnya kamu ikut menjaga kebersihannya. Semoga informasi yang tak seberapa ini bisa membuat kamu kenal lebih dekat dengan pariwisata Klaten.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments