Taman Air Gunung Handeuleum, Wisata Murce di Bogor

Taman Air Gunung Handeuleum

Taman Air Gunung Handeuleum menyajikan wisata air dengan taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang indah.

Kebanyakan wisatawan datang ke Bogor untuk mampir ke kawasan Puncak Bogor. Di kawasan Puncak Bogor ini kita akan menemukan beragam destinasi yang akan membuat liburan lebih berkesan.

Beberapa tempat wisata yang kita tau diantaranya yaitu Panorama Pabangbon, Kebun Teh Cianten, Wisata Bakukung dan lainnya. Bahkan di sana juga kita bisa menemukan wisata air yang cukup hits bernama Taman Air Gunung Handeuleum yang menyuguhkan pemandangan air di berbagai spot.

Aktivitas di Taman Air Gunung Handeuleum

Ketika pertama kali masuk ke Taman Air Gunung Handeuleum ini kita akan teringat salah satu tempat wisata yang ada di Tajur Bogor yaitu Taman Wisata Matahari. Sekilas Taman Air ini mirip seperti wisata tersebut karena di area depan menampilkan pemandangan danau yang luas dengan perahu bebek yang bertengger di atasnya.

Kita bisa menaiki perahu bebek ini dengan membayar biaya sebesar Rp 25.000 untuk satu perahu bebek yang memiliki durasi waktu pemakaian 30 menit. Tetapi jika kita hanya ingin berjalan-jalan di tepian danau, kita bisa mengambil jalan yang telah dibeton di sekitaran sana.

Tidak jauh dari danau kita akan melihat sebuah kolam renang dengan airnya yang begitu jernih. Masuk ke Handeuleum Waterpark kita akan dikenakan tarif lainnya sebesar Rp 20.000 untuk satu orang tetapi untuk anak di bawah usia 3 tahun tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Di dalam sana wisatawan bisa dengan bebas menikmati kesejukan air pegunungan yang mengalir. Ada tiga kolam yang disediakan, dua untuk anak-anak yang memiliki ketinggian 50 cm dan 70 cm dan untuk kolam satu lagi itu untuk dewasa yang memiliki ketinggian 120 cm sampai 165 cm.

Sesuai dengan namanya, Taman Air Gunung Handeuleum ini tidak hanya menyajikan wisata air saja. Di sana kita bisa berkeliling di taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang indah.

Wisata Menarik Lainnya :  Pantai Batu Bengkung Malang, Info Wisata dan Harga Tiket 2022

Masuk kawasan ini, tidak akan dikenakan biaya apapun, di dalam sana selain menikmati pemandangannya yang indah, kita juga bisa mengambil beberapa foto di spot yang telah disediakan. Ada spot gardu pandang, spot rangkaian bunga, spot rumah bambu, dan masih banyak lagi.

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan outbond, di sana juga kita bisa melakukan beberapa kegiatan outbond yang menarik. Bahkan disediakan pula fasilitas menyewa mobil ATV untuk mengelilingi Wisata Taman Air Gunung Handeuleum.

152621056 235199311621208 2877491478640590499 n
Foto via Instagram.com/den_zones

Untuk tarif penyewaannya tergolong murah dari wisata-wisata lainnya. Kita hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000 untuk 20 menit pemakaian.

Masuk ke Taman Air Gunung Handeuleum ini kita juga akan dikenakan tiket masuk awal sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk tarifnya sudah termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Selain berwisata dan menghabiskan akhir pekan di wisata air, di sana juga kita bisa kulineran.

Masuk ke kantin Taman Air Gunung Handeuleum, kita akan disuguhkan oleh banyak makanan lezat. Mulai dari camilan sampai beberapa makanan Nusantara seperti ikan bakar, pepes tahu, tutug oncom bisa kita temukan dengan harga terjangkau.

Penginapan

Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang ingin melakukan penginapan, Taman Air Gunung Handeuleum ini menyediakan fasilitas penginapan. Di dalam bangunan yang memiliki dua lantai tersebut kita bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Kita bisa bermalam di sana dengan membayar tarif penginapan dengan harga Rp 350.000 per malam. Penginapan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya yang menunjang seperti perlengkapan kamar, snack and drink, dan lainnya.

Lokasi Taman Air Gunung Handeuleum

Wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Air Gunung Handeuleum ini bisa datang ke Jalan Gunung Handeuleum, Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat. Wisatawan bisa meluangkan waktunya dengan durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit perjalanan. Map klik disini.

Lokasinya cukup mudah dilalui hanya dengan datang ke Jalan Raya Dramaha lalu masuk ke Jalan Raya Cibungbulang lanjut ke Jalan Abdul Hamid dan akan menemukan plang dengan tulisan Taman Air Gunung Handeuleum.

Wisata Menarik Lainnya :  Saksi Sejarah Tentara PETA di Museum Pembela Tanah Air

Liburan ke Taman Air Gunung Handeuleum ini bisa kita lakukan di hari Senin hingga Minggu dengan waktu operasional mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Wisatawan yang menyukai berbagai kegiatan menyenangkan tentunya yang berhubungan dengan air bisa datang ke Taman Air Gunung Handeuleum ini.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.