Museum Kesehatan Jiwa Malang, Museum Edukatif yang Bikin Merinding

Museum Kesehatan Jiwa Malang

Museum Kesehatan Jiwa ini merupakan museum pertama dan satu-satunya di Indonesia yang akan memberikan edukasi seputar merawat kesehatan jiwa dan pentingnya menjaga kewarasan.

Malang memang dikenal sebagai kota kreatif. Banyak kampung tematik yang bisa kita temukan di Malang. Setiap kampung tematik tersebut selalu saja menyuguhkan konsep yang akan membuat wisatawan terkagum-kagum. Beberapa diantaranya yaitu Kampung Jodipan, Kampung Topeng, hingga Kampung Arema.

Selain dikenal dengan kota kreatif, Malang juga dijuluki dengan kota seribu wahana. Banyak tempat rekreasi menarik di Malang khusunya di Kota Batu yang bisa wisatawan temukan.

Bahkan tidak hanya itu saja, di Malang juga kita bisa menemukan berbagai museum yang memiliki nilai edukasi unik atau berbeda dengan museum lainnya. Salah satunya Museum Kesehatan Jiwa.

Museum Kesehatan Jiwa ini diresmikan pada tanggal 23 Juni 2009 yaitu hari peringatan Rumah Sakit Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat. Keberadaan museum ini belum banyak diketahui sehingga museum seringkali dipadati hanya oleh wisatawan Malang saja.

Lokasi Museum Kesehatan Jiwa

Wisatawan yang ingin menelusuri lebih jauh seputar kesehatan jiwa bisa datang ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, Krajan Utara, Sumber Porong, Lawang, Malang, Jawa Timur. Map klik disini.

Untuk wisatawan yang memakai kendaraan pribadi bisa melalui Jalan Cokroaminoto atau Jalan A. Yani yang keduanya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit perjalanan. Sementara wisatawan yang menaiki angkutan umum bisa menaiki angkot atau bis tujuan Lawang.

Ulasan Wisata Museum Kesehatan Jiwa

Tujuan didirikannya Museum Kesehatan Jiwa yaitu sebagai alat pembelajaran secara perkembangan teknologi yang berhubungan dengan kejiwaan.

Ketika sampai di Museum Kesehatan Jiwa ini kita akan disambut oleh sebuah bangunan bergaya Belanda kuno yang identik dengan pintu dan jendela berukuran besar.

Di dalam sana terdapat berbagai koleksi benda-benda dan dokumen lawas hingga 700 koleksi. Di sana ada koleksi sepasang straight jacket, kostum yang biasa dikenakan oleh seorang pasien RSJ. Terdapat banyak tali di kostum tersebut yang bertujuan untuk membungkus pasien agar tidak mengamuk.

2020 09 03 1
Foto via Googlemaps/Dini Thea

Selain itu, di sana juga kita bisa melihat pasung kayu, sebuah alat yang biasa digunakan untuk menangani pasien di wilayah-wilayah pelosok.

Wisata Menarik Lainnya :  Jelajahi Keunikan Pantai Ngudel di Malang dan Harga Tiket 2022

Selain itu, kita akan dibuat merinding oleh salah satu alat yang bernama alat pengiris otak. Dulunya, alat ini pernah digunakan bagi pasien yang meninggal dunia kemudian otaknya dikeluarkan dan diiris menggunakan alat tersebut.

Bahkan tidak hanya itu saja, kita juga akan disuguhkan oleh alat yang tak kalah sadis yaitu alat pemotong daging dan gergaji tulang.

Pergi ke ruangan lainnya, kita akan melihat koleksi-koleksi lukisan yang dibuat oleh pasien rumah sakit jiwa. Ada lukisan alam, lukisan abstrak, lukisan manusia, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pula karya lainnya mulai dari gantungan kunci, tatakan gelas, kerajinan rajut dan lainnya.

PXL 20220310 040459347
Foto via Googlemaps/Yanuhita Anggraini

Ruangan tersebut merupakan ruang kreasi yang diperuntukan untuk rehabilitasi pasien sehingga ada berbagai kegiatan yang bisa pasien lakukan di sana.

Wisatawan juga akan melihat koleksi album foto para Menteri Kesehatan dari Jaman Bung Karno sampai saat ini. Tidak jauh dari sana, wisatawan akan menemukan sebuah perpustakaan yang menyediakan berbagai buku bacaan tentang kejiwaan.

Selain itu, Museum Kesehatan Jiwa juga menyediakan area kantin di mana wisatawan bisa mengisi perut dengan berbagai menu seperti baso Malang, soto mie, dan masih banyak lagi. Harga makanan di sana ditaksir mulai dari Rp 5.000.

Harga Tiket Museum Kesehatan Jiwa

Wisatawan yang ingin belajar merawat kesehatan jiwa bisa datang ke Museum Kesehatan Jiwa. Untuk masuk ke sana wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Hanya saja, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi wajib membayar tiket parkir sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 tiap kendaraan.

Museum Kesehatan Jiwa beroperasi mulai hari Senin hingga Jumat dengan durasi waktu operasional mulai pukul 08:00 WIB – 16:00 WIB.

Akomodasi Terdekat

Wisatawan bisa melakukan penginapan dekat Museum Kesehatan Jiwa. Ada salah satu penginapan yang bisa kita kunjungi di sana yakni BeSS Resort and Waterpark yang berlokasi di Malang Anggun Sejahtera Residence Lawang Samaan, Krajan Selatan, Sumber Porong, Kecamatab Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wisata Menarik Lainnya :  Coban Jodo, Wisata Alam di Malang buat Para Jomblo!

Jarak tempuhnya sekitar 12 menit perjalanan dari lokasi Museum Kesehatan Jiwa. Untuk tarif penginapan BeSS Resort and Waterpark ini ditaksir mulai dari Rp 388.000 hingga Rp 826.000 per malam sesuai dengan jenis paket penginapan yang kita inginkan.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke sana merupakan siswa pelajar SMA dan juga mahasiswa. Namun ada juga beberapa orang yang datang bersama keluarga mereka. Dengan datang ke sana kita akan mendapatkan berbagai edukasi yang tidak akan didapatkan di bangku sekolah.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.