Punden Clelek dan Sumber Clelek Magetan, Pilihan Terbaik untuk Liburan Hemat

Punden Clelek dan Sumber Clelek Magetan

Punden Clelek dan Sumber Clelek adalah opsi yang sangat bagus untuk wisata di Magetan. Apalagi jika kamu ingin liburan hemat maka tempat wisata ini bisa menjadi Solusi terbaik. Dengan liburan ke tempat ini kamu tak perlu mengkhawatirkan anggaran.

Menariknya lagi meski liburan hemat namun tempat wisata ini tak akan mengecewakan. Ada banyak hal dan kegiatan menarik yang tentunya bisa kamu coba, apa saja? Simak informasi lebih lengkapnya dengan menyimak pembahasan ini hingga selesai!

Berkenalan dengan Punden Clelek dan Sumber Clelek

2020 01 31
Googlemaps

Tempat wisata ini dapat ditemukan di Magetan dan dikenal dengan sebutan Punden Clelek. Punden Clelek sendiri terdiri dari tiga artefak cagar budaya yang terletak di bawah naungan pohon besar, di sebelah Sumber Clelek. Melihatnya langsung tentu sangat menarik.

Walaupun arca di dalamnya sudah mengalami kerusakan akibat usia, namun karakteristik Ganesha masih dapat dikenali dengan jelas. Ganesha adalah dewa berkepala gajah dengan dua telapak kaki bertemu di tengahnya, mewakili simbol ilmu pengetahuan, pembasmi kejahatan, dan dewa perang dalam kepercayaan Hindu.

 Arca ini, meskipun tidak terlalu besar, masih dapat dikenali dengan baik, dan tak ada salahnya untuk mengabadikannya dengan kamera ponsel.

Daya Tarik Wisata Punden Clelek dan Sumber Clelek

Banyak pesona yang dapat dinikmati saat mengunjungi Punden dan Sumber Clelek di Kabupaten Magetan. Daya tarik utamanya terletak pada pengalaman melihat langsung arca Ganesha. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui lebih banyak informasi selengkapnya:

1. Mengeksplorasi Punden Clelek

Saat mengunjungi destinasi ini kamu akan menemui Punden Clelek, yaitu tiga artefak cagar budaya berupa satu arca dan dua replika rumah. Arcanya dikenal sebagai representasi tokoh bernama Ganesha, meskipun bentuknya tidak lengkap, namun tetap memiliki daya tarik yang menarik untuk dipandang.

Kamu dapat menyaksikan arca Ganesha ini yang telah berusia sejak zaman kerajaan dahulu, menjadi saksi sejarah yang berlangsung hingga saat ini di Kabupaten Magetan. Tidak mengherankan jika penting untuk mengabadikan bentuk arca ini, meskipun kondisinya tidak lengkap seperti dahulu.

2. Mengagumi Keindahan Telaga Sumber Clelek

IMG20230426100559
Googlemaps

Usai mengamati Punden Clelek, pengalaman wisata akan terasa lebih lengkap dengan menikmati pesona Telaga Sumber Clelek. Letaknya sangat dekat sehingga dapat dijangkau dengan berjalan kaki tanpa perlu menggunakan kendaraan tambahan. Sumber Clelek, yang merupakan sebuah danau kecil, telah hadir sejak zaman dahulu.

Tempat ini seringkali menjadi destinasi wisata di Magetan, seringkali dijelajahi oleh masyarakat setempat, terutama generasi muda yang senang berkumpul di sana. Airnya tetap mengalir sepanjang tahun, dimanfaatkan oleh warga setempat untuk keperluan irigasi dan lainnya.

3. Menikmati Kuliner Lokal di Warung Sekitar

Kamu juga bisa menikmati hidangan lezat yang disajikan di sekitar area ini, sehingga tak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus, terutama jika tidak membawa bekal makanan atau minuman. Cukup mudah untuk mencoba berbagai hidangan lezat yang tersedia di sekitar, yang sebagian besar dimiliki oleh warga setempat.

4. Bersantai Menikmati Pemandangan di Gazebo

Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Para pengunjung dapat menggunakan gazebo yang telah disediakan untuk bersantai. Gazebo ini dapat dimanfaatkan untuk menikmati hidangan atau minuman yang dibawa dari rumah.

Tak ada salahnya juga untuk berbincang-bincang di sini karena udara sejuk dan suasana yang rindang, berkat banyaknya pepohonan besar di sekitar area wisata. Fasilitas lainnya juga tersedia mulai dari area parkir hingga toilet umum untuk keperluan buang air besar atau kecil.

Harga Tiket Masuk Punden Clelek dan Sumber Clelek

Untuk menikmati pesona Punden dan Sumber Clelek di Kabupaten Magetan, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000 per pengunjung. Tak heran hingga saat ini tetap menjadi pilihan utama bagi pencinta wisata sejarah.

Dengan biaya yang terjangkau, kamu dapat merasakan kepuasan menikmati keindahan arcanya. Suasana di sekitarnya begitu sejuk berkat keberadaan banyak pepohonan besar. Pengunjung juga diberi kebebasan untuk mengabadikan momen dengan mengambil gambar di area ini, menambah keseruan liburan.

Lokasi Punden Clelek dan Sumber Clelek

Wisata ini ada di Desa Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Tempat ini telah menjadi cukup terkenal di kalangan penduduk setempat, sehingga lokasinya mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

Lokasi ini sering menjadi tujuan untuk menikmati keindahan kebudayaan dan sejarah Kabupaten Magetan, menjadi alasan yang baik untuk tidak ragu mengunjunginya bersama teman dan keluarga. Berbagai arca menarik dapat ditemui oleh para pengunjung di sana.

Kamu dapat dengan mudah menemukan alamatnya, karena akses jalan yang baik memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Untuk memastikan rute perjalanan kamu juga bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini. Informasi rinci dan rute menuju destinasi akan langsung tersedia.

Tips Liburan ke Punden Clelek dan Sumber Clelek

  • Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan dalam keadaan baik.
  • Sediakan makanan dan minuman dari rumah.
  • Hindari membuat coretan pada patung-patung di lokasi tersebut.
  • Buang sampah pada tempat yang disediakan.
  • Jauhi tindakan yang bisa merusak lingkungan.

Itulah informasi seputar wisata Punden Clelek dan Sumber Clelek di Magetan. Lokasi ini dapat dikunjungi setiap hari, terbuka untuk masyarakat lokal dan pengunjung dari luar kota.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments