big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

4 Danau di Berau Paling Cantik Dengan Kebiruan Air Jernih

Danau di Berau

Berau merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimatan Timur yang belakangan ini mulai ramai menjadi perbincangan di kalangan para wisatawan. Berau sendiri terkenal akan eksotisme wisata alam bawah lautnya yang berhasil menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.

Deretan keindahan Danau di Berau menjadikan daya tarik tersendiri untuk wisata alam Indonesia yang telah ada. Kelestarian alam yang memukau dengan kemurnian air danau menjadikan destinasi wisata yang sangat menjajikan.

Beberapa gugusan pulau di Berau seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua, dan lainnya sangat populer karena selalu dijadikan tempat liburan impian. Selain itu pantai dan juga danau yang ada di Berau juga terkenal akan pesonanya yang cantik.

Pilihan Danau di Berau Cantik

Danau yang ada di Berau, umunya masih alami dengan airnya yang jernih dan dikelilingi pepohonan rindang. Tidak hanya Danau Labuan Cermin, berikut ini beberapa danau di Berau yang patut dijadikan tujuan berlibur.

1. Danau Nyadeng

408216069 322956893855123 2799309575453186448 n
Foto via Instagram.com/obsrvsi

Danau Nyadeng merupakan salah satu danau di Berau yang punya mata air berwarna biru. Lokasinya terletak di tengah hutan yang ada di kawasan Desa Kampung Merabu.

Untuk sampai di Danau Nyadeng, wisatawan perlu menyusuri Sungai Lesan dengan waktu 30 menit menggunakan perahu. Sesampainya di pintu masuk bertuliskan “Selamat Datang di Danau Nyadeng”, wisatawan juga perlu melakukan trekking lebih dulu sekitar 20 menit perjalanan.

Meskipun terbilang melelahkan, ketika sampai di lokasi Danau Nyadeng tentunya akan terbayarkan dengan keindahannya. Wisatawan akan disuguhkan oleh suasana asri dengan danau berwarna kebiruan serta bebatuan kapur. Di waktu tertentu juga wisatawan dapat menemukan satwa berupa kera atau berbagai jenis burung.

Danau Nyadeng ini memiliki kedalaman sekitar 60 meter dan masih mempertahankan keasrian alamnya. Namun di sana juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, spot foto, rumah pohon, dermaga, gazebo, rumah makan, hingga tempat berkemah. Bicara mengenai berkemah, area berkemah Danau Nyadeng ini seringkali dipadati oleh para wisatawan yang hendak melakukan liburan di Negeri di Atas Awan di Gunung Karst, Puncak Ketepu.

Danau Nyadeng ini berada di Kampung Merabu, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk jam operasionalnya tentu saja selama 24 jam.

2. Danau Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Danau Telaga Biru Tulung Ni'Lenggo
Foto via Instagram.com/kabar.kaltim

Selain Danau Nyadeng, Berau juga menyimpan destinasi wisata danau cantik lainnya berupa Danau Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo. Dari namanya saja wisatawan sudah tau bahwa danau di Berau ini memiliki warna air yang biru yang begitu eksotis.

Meskipun dikelilingi oleh pepohonan rindang dan berada di tengah hutan, danau ini bisa diakses menggunakan jalur darat. Untuk perjalananya pun tidak sesulit Danau Nyadeng.

Danau Talaga Biru Tulung Ni’Lenggo ini memiliki kedalaman 3 hingga 13 meter. Bagi wisatawan yang ingin menikmati kesegarannya, bisa melakukan snorkeling di sana. Pihak pengelola akan menyediakan perlengkapan snorkeling lengkap dengan pemandunya.

Dengan begitu, wisatawan bisa melihat keindahan bawah danau dan menikmati kesegarannya sambil berburu spot foto. Wisatawan juga bisa melakukan susur menggunakan sampan.

Fasilitas yang disediakan Danau Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo ini juga cukup lengkap mulai dari snorkeling, spot foto, toilet, warung makan, gazebo, ruang ganti, dan sebagainya.

Untuk harga tiket masuk danau ini sebesar Rp5.000. Wisatawan yang ingin menyewa perlengkapan snorkeling, menaiki perahu, atau flying fox akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp20.000. Lokasinya berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Google Maps

3. Danau Kakaban

36148351 411470599350448 3090217858391605248 n
Foto via Instagram.com/infiatravel

Danau Kakaban ini lokasinya terpisah dari pulau utama Kalimantan yakni berada di Pulau Derawan. Danau Kakaban ini terbilang sangat unik lantaran menjadi tempat habitatnya ubur-ubur. Yang menariknya lagi, Danau Kakaban merupakan campuran air hujan, laut, dan air tanah.

Selain punya pesona yang begitu cantik, danau di Berau ini menawarkan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Wisatawan bisa berenang hingga snorkeling di sana bersama ubur-ubur. Untuk melakukan snorkeling di Danau Kakaban ini, wisatawan dilarang menggunakan sunscreen, sepatu katak, serta menyentuh ubur-ubur.

Meskipun ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban ini tidak menyengat, dengan tidak menaati peraturan tersebut wisatawan akan mengancam populasi ubur-ubur. Aktivitas menarik lainnya yang bisa wisatawan coba di Danau Kakaban ini yaitu berjemur, menjelajahi pulau, bermain di pesisir pantai pasir putih, dan lainnya. Ketika berkeliling pulau, wisatawan akan menemukan berbagai jenis pohon lengkap dengan deskripsi di depannya. Sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif wisata edukasi.

Mengunjungi Danau Kakaban ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Ada pun harga sewa perahu untuk menuju ke sana ditaksir mulai dari Rp50.000. Danau Kakaban ini berada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau.

4. Danau Labuan Cermin

220532613 833629887289062 8881635998185190312 n
Foto via Instagram.com/pesonaindahborneo

Untuk danau yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Namanya Danau Labuan Cermin yang populer memiliki mata air yang berwarna biru dan begitu jernih. Wisatawan akan dimanjakan oleh nuansa eksotisme danau di Berau dengan nuansa asri di sekitarnya.

Danau Labuan Cermin ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter yang memiliki dua rasa air berbeda. Pada permukaan danau, air terasa asin. Sementara di dasar danau airnya terasa tawar. Di Danau Labuan Cermin ini wisatawan bisa berenang, menyelam, serta snorkeling. Dengan airnya yang jernih, wisatawan bisa melihat berbagai macam biota air yang ada di dalamnya.

Masuk ke Danau Labuan Cermin ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau. Google Maps

Itulah rekomendasi danau di Berau cantik yang bisa ditemukan. Wisatawan bisa mampir ke sana dan mengabadikan momennya di danau tersebut.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments