Museum Seni Rupa dan Keramik, Menikmati Keindahan Lukisan Serta Kerajinan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Bagi wisatawan yang menyukai seni terutama di bidang lukis, wajib banget mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik ini. Di sana kita bisa menyaksikan langsung perkembangan seni dari masa ke masa.

Jakarta dikenal sebagai kota paling padat dengan kemacetannya yang begitu luar biasa. Namun perlu kita tau, di Jakarta kita bisa menemukan berbagai tempat rekreasi yang menyenangkan. Mungkin wisatawan yang berlibur ke Jakarta selalu saja mampir ke tempat-tempat seperti Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, hingga Dunia Fantasi.

Sebenarnya di Jakarta juga ada tempat wisata yang memiliki konsep rekreasi sekaligus edukasi. Salah satunya yaitu berbagai museum yang ada di Jakarta. Kota metropolitan ini menyimpan segudang keunikan yang bisa kita saksikan dalam sebuah museum.

Beberapa museum yang kita tau yaitu Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, hingga Museum Perangko Indonesia.

Ada salah satu museum lain yang belakangan ini marak dibicarakan oleh para wisatawan. Namanya Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini selalu saja dipadati para wisatawan. Entah pada weekday maupun weekend.

Ulasan Koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik

Nama Museum Seni Rupa dan Keramik sempat populer pada awal tahun 2018. Pada saat itu, Museum Seni Rupa dan Keramik dijadikan sebagai destinasi wisata favorit oleh para wisatawan.

Karena adanya pandemi, Museum Seni Rupa dan Keramik sempat ditutup sementara. Namun belakangan ini Museum Seni Rupa dan Keramik kembali dijadikan wisata andalan bagi wisatawan yang melakukan liburan ke Jakarta.

2022 08 17 4
Foto via Googlemaps/Shinta Wulandari

Museum Seni Rupa dan Keramik ini merupakan museum seni paling lengkap. Di sana kita akan menemukan beberapa karya para seniman dari tahun 1800-an. Bahkan di sana juga terdapat salah satu koleksi lukisan Raden Saleh yang dibuat pada periode tahun 1880-1890. Ada juga karya lainnya yang bisa kita temukan di Museum Seni Rupa dan Keramik ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Predator Fun Park - Harga Tiket Masuk, Wahana, dan Fasilitas 2022

Untuk area seni lukis ini terbagi menjadi beberapa ruangan diantaranya ruang masa Hindia jelita, ruang persagi, ruang masa pendudukan Jepang, ruang pendirian sanggar, ruang sekitar kelahiran akademis realisme, dan ruang seni rupa baru Indonesia.

Ada beragam jenis lukisan mulai dari pemandangan alam, objek manusia, wayang, hewan, abstrak, dan masih banyak lagi.

Selain lukisan, ada sekitar 5.000 jenis karya seni rupa yang bisa kita temukan seperti patung tradisional, totem kayu, sketsa, grafis, maupun batik. Karya tersebut tentu saja memiliki nilai kebudayaannya tersendiri seperti salah satu patung tradisional yang berasal dari Bali.

Tidak hanya itu saja, museum ini juga menyuguhkan berbagai koleksi keramik yang bisa kita temukan mulai dari asbak, pot bunga, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Koleksi tersebut berasal dari beberapa negara seperti Tiongkok, Thailand, Vietnam, Jepang, Eropa, dan masih banyak lagi.

Tidak jauh dari sana juga kita bisa menemukan salah satu perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku seni dan juga sastra yang akan menambah edukasi para pengunjung. Perpustakaan ini di desain dengan sangat nyaman sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama di sana tanpa ada rasa bosan.

2022 08 26 1
Foto via Googlemaps/Satria Ari Sasmita

Kita juga bisa mampir ke area kantin nya yang menyediakan berbagai hidangan seperti siomay, baso, soto, dan lainnya. Area kantin yang cukup luas dan lengkap membuat wisatawan leluasa untuk menikmati hidangan di sana. Atau wisatawan juga bisa mampir ke area pusat oleh-oleh yang menyediakan berbagai souvenir menarik. Untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 10.000.

Harga Tiket Museum Seni Rupa dan Keramik

Untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Museum Seni Rupa dan Keramik ini, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Bahkan terdapat tiket parkir kendaraan bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadinya.

Museum Seni Rupa dan Keramik juga dibekali dengan berbagai fasilitas menunjang yang akan menambah kenyamanan bagi para pengunjung seperti gazebo, taman, toilet, musala, dan masih banyak lagi.

Wisata Menarik Lainnya :  Serunya Menikmati Wisata Kuliner Jenang Kudus dan Berkunjung ke Museumnya

Lokasi dan Jam Buka Museum Seni Rupa dan Keramik

Wisatawan yang menyukai kegiatan seni terutama yang berhubungan dengan keramik, bisa mengunjunginya di Jalan Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari Kota Tua Jakarta. Map klik disini.

Mungkin wisatawan tidak asing lagi dengan Wisata Kota Tua. Museum Seni Rupa dan Keramik ini berada di kawasan Wisata Kota Tua sehingga untuk menemukannya terbilang sangat mudah.

Museum Seni Rupa dan Keramik beroperasi mulai pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB setiap hari Selasa hingga Minggu. Dengan waktu operasional tersebut, membuat museum ini selalu dipadati para wisatawan meskipun pada waktu museum belum dibuka.

Akomodasi

Di sekitar sana, wisatawan bisa menemukan salah satu penginapan bernama Zuri Express Mangga Dua yang berlokasi di Jalan Mangga Dua Dalam No.55-56, RT.6/RW.7, Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan bisa menempuhnya dengan berjalan kaki maupun menaiki kendaraan umum yang bisa ditempuh dengan waktu 2 hingga 5 menit perjalanan. Tarif penginapannya sendiri ditaksir mulai dari Rp 790.000 per malam dengan kamar yang bisa ditempati oleh 2 hingga 4 orang.

Wisatawan yang berencana melakukan liburan di Ibukota, wajib banget mampir ke Museum Seni Rupa dan Keramik ini. Dengan datang ke sana, kita akan menyaksikan keindahan dari setiap lukisan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Kota Lama Semarang juga sering disebut Outstadt atau Little Netherland oleh para wisatawan asing....

Masjid Agung Kauman Semarang, Masjid Tertua Dengan Arsitek Belanda

Liburan ke Semarang rasanya tidak akan cukup jika dihabiskan hanya dengan satu hari. Banyaknya...

Vihara Mahavira Graha Semarang, Singgahi Situs Religi Unik

Semarang kini menjadi salah satu kawasan paling diminati oleh para wisatawan yang tengah melakukan...