Resep Es Timun Serut, Simpel dan Cocok untuk Menu Buka Puasa

Es Timun Serut

Es Timun Serut adalah minuman es tradisional Indonesia yang terbuat dari timun yang diiris tipis dan dicampur dengan gula, air, es serut, dan sirup yang biasanya memiliki rasa manis dan segar. Istilah “Serut” dalam bahasa Indonesia berarti mengiris atau menghancurkan dengan cara dipotong-potong atau diparut menjadi bagian-bagian kecil.

Setelah menjalani aktivitas berpuasa selama sehari penuh, tentu yang banyak menjadi dambaan setiap orang adalah berbuka puasa dengan menu yang sehat dan menyegarkan.

Berbicara tentang menu yang menyegarkan namun juga menyehatkan, Setapak Langkah punya rekomendasi menu takjil yang dijamin akan membuat kamu ketagihan!

Ya, salah satu menu takjil pelepas dahaga yang wajib Teman Setapak coba adalah Es Timun Serut. Pernahkah kamu mendengar ataupun mencicipi es yang berbahan dasar mentimun itu?

Es Timun Serut atau yang kerap disebut dengan ie boh timon merupakan kuliner minuman asal Aceh yang terbuat dari timun yang diserut kemudian ditambah dengan perasan air jeruk nipis ataupun lemon.

Di Indonesia, minuman yang satu ini telah banyak dikonsumsi dan hampir semua kalangan menyukainya, baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rasanya yang segar ditambah bahan pembuatannya yang simpel dan mudah didapat membuat es asal Aceh ini banyak menjadi pilihan masyarakat untuk berbuka puasa.

Untuk mendapatkan sensasi segar es timun serut, agaknya kamu tak perlu jauh-jauh datang ke Aceh ya! Karena Teman Setapak akan memberikan kamu resep es timun serut yang nikmat dan mudah dibuat. Simak baik-baik berikut ini!

Bahan Es Timun Serut

  • Mentimun
  • Jeruk nipis/lemon
  • Gula pasir
  • Air

Cara Membuat Es Timun Serut

  1. Iris atau serut kecil-kecil mentimun
  2. Rebus air bersama gula secukupnya
  3. Siapkan wadah/mangkuk
  4. Bubuhkan irisan mentimun serta air gula yang telah direbus ke dalam wadah
  5. Tambahkan perasan air jeruk secukupnya
  6. Tambahkan es batu sesuai selera
  7. Es Timun Serut siap dihidangkan!

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selain cara membuatnya yang tidak butuh waktu lama, bahan-bahannya pun tidak akan sukar untuk kamu dapatkan, di pasar ataupun pedagang sayur keliling juga pasti tersedia.

Jika ingin lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan biji selasih di antara es serut tersebut. Hanya butuh beberapa menit saja untuk membuat es yang super segar ini.

Tapi jangan salah, meskipun cara membuatnya cukup mudah dan tak membutuhkan biaya yang banyak, tapi rasanya dijamin akan seketika membuat rasa dahagamu sirna.

Apalagi kandungan vitamin dalam mentimun yang bisa menjaga tubuh kamu dari dehidrasi, menurunkan tekanan darah, serta dapat mengatasi kulit kamu yang kering.

Sensasi dingin dari timun ketika kamu gigit juga akan semakin menambah segar cita rasa es serut tersebut, ditambah lagi kombinasi rasa sedikit asam dari perasan jeruk di dalamnya yang akan kian menambah segar es serut asal Aceh itu.

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments