Puspa Jagad, Objek Wisata Kampung Impian Paling Populer di Blitar

Puspa Jagad Blitar

Seperti halnya Kota Malang yang terkenal dengan Kampung Jodipan dan Kampung Arema. Ternyata wisata Blitar juga punya satu kampung wisata yang tak kalah menarik buat kamu kunjungi.

Namanya tidak lain dan bukan adalah Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad. Wisata ini terbilang sudah cukup lama karena diresmikan sekitar tahun 2006.

Alamat : Jalan Nanas Semen, Tegalrejo, Semen, Gandusari, Blitar, Jawa Timur 66187.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000 – Rp10.000.
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas Seru di Wisata Puspa Jagad

Buat kamu yang belum tahu, ternyata Kota Blitar mempunyai satu kampung wisata bernama Puspa Jagad. Awal berdirinya tergolong cukup nekat. Sekumpulan warga dari komunitas Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) menggalang iuran untuk mendirikan kampung wisata ini. Bahkan ada yang sampai menggadaikan BPKB motor.

Tujuan kelompok Pokdarwis ingin membuat sebuah kampung wisata karena ingin memajukan sosial, ekonomi, dan budaya lokal. Di mana keberadaannya perlahan musnah akibat perkembangan arus globalisasi yang tak terbendung.

Sempat mengalami banyak hambatan pada masa-masa awal. Namun, seiring berjalannya waktu wisata ini mulai berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat. Dan kini Puspa Jagad menjadi salah satu wisata andalan di Blitar.

Wisata ini juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Semenjak saat itu namanya kian populer di seantero Jawa Timur. Setiap akhir pekan antara Sabtu dan Minggu kawasan ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Sayangnya Puspa Jagad tidak melayani kunjungan perorangan. Melainkan hanya kunjungan kelompok dalam jumlah yang cukup besar. Jadi kalau kamu mau liburan ke tempat ini pastikan datang secara berkelompok.

Keunggulan dari kampung wisata ini adalah kondisi alamnya yang masih asri. Saat kamu menginjakkan kaki di sana akan terlihat tanah lapang luas berhiaskan rerumputan serta pepohonan hijau nan rindang. Dijamin kamu akan menyukainya karena pihak pengelola telah menyiapkan beragam aktivitas seru sebagai berikut.

Berkemah

2021 10 04
Sumber : Googlemap/Toko Ria Abadi

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad termasuk tempat yang cocok untuk kegiatan berkemah. Udara sejuk serta alam yang hijau akan membuat siapapun merasa betah tinggal di sini dalam waktu cukup lama.

Apalagi bumi perkemahannya memiliki ukuran yang lumayan luas. Jadi bisa menampung puluhan hingga ratusan orang sekaligus. Akan tetapi untuk memastikan ketersediaan tempat sebaiknya kamu lakukan reservasi terlebih dahulu.

Biasanya pengunjung yang ingin berkemah di sini kebanyakan berasal dari anak-anak sekolah. Mulai dari murid SD, SMP, hingga SMA. Terkadang ada juga kalangan mahasiswa atau dari instansi perusahaan tertentu.

Wisatawan yang berkemah biasa datang pada Hari Jumat sampai Minggu. Pada hari itu bumi perkemahan akan ramai dan penuh sesak dengan orang-orang yang melakukan banyak aktivitas. Seperti mendirikan tenda, menyalakan api unggun, bernyanyi, atau bersenda gurau.

Wisata Edukasi

IMG20210917131843
Sumber : Googlemap/Setyo Ritno

Selain berkemah, kamu juga bisa belajar banyak hal di Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad. Pihak pengelola menawarkan sejumlah wisata edukasi yang berhubungan dengan bidang pertanian dan peternakan sebagai berikut.

  • Ternak Kelinci
  • Ternak Kambing
  • Ternak Sapi Perah
  • Pengolahan Biogas
  • Anggrek Alam
  • Gula Jawa
  • Nanas Banasari

Di sana kamu akan melihat secara langsung hewan-hewan ternak dan perkebunan milik warga setempat. Petugas akan mengajak kamu berkeliling sambil sesekali dijelaskan bagaimana cara beternak dan berkebun yang benar.

Perhatikan secara saksama dan kalau bisa kamu catat di atas selembar kertas. Jangan sampai ketinggalan satu informasi penting apapun. Karena mungkin saja ilmu yang disampaikan petugas bisa sangat bermanfaat di masa mendatang.

Outbound

20161217 102903
Sumber : Googlemap/Setyo Ritno

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad juga punya kegiatan outbound yang seru dan menantang. Salah satunya ada flying fox yang mengajak pengunjung meluncur di udara dengan melewati seutas tali. Tentunya kegiatan yang sangat menyenangkan karena sambil meluncur pengunjung bisa melihat pemandangan kampung dari ketinggian.

Lalu yang tak kalah seru ada kegiatan fun game. Pengunjung akan mengikuti semacam perlombaan yang akan melatih kepandaian, kecepatan, ketangkasan, ketelitian, kepemimpinan, dan kerja sama. Biasanya kegiatan ini dilakukan secara beregu atau perorangan.

Terakhir ada kegiatan halang rintang. Dimana kamu harus berlomba dengan pengunjung lain melewati berbagai macam rintangan untuk mencapai garis finish. Di sini kecepatan dan ketangkasan kamu benar-benar diuji.

Kalau mau outbound yang lebih ekstrem bisa ikut kegiatan susur sungai. Pengunjung akan berjalan di dalam air mengikuti arus sungai yang alirannya cukup deras. Mau tidak mau kamu harus basah-basahan dan mandi air sungai selama perjalanan.

Jam Buka

Pihak pengelola Puspa Jagad selalu menerima kunjungan wisatawan hampir setiap hari. Tentunya dengan jam operasional yang telah diberlakukan oleh petugas. Wisata ini buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore.

Kamu bisa datang kapanpun itu tanpa harus menentukan jadwal khusus. Dikarenakan saat tanggal merah wisata ini tetap buka seperti hari-hari biasa.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad antara hari biasa dan akhir pekan berbeda. Pada hari kerja kamu cukup membayar Rp5.000 per orang. Sementara kalau akhir pekan sedikit lebih mahal, yaitu Rp10.000.

Fasilitas Umum

Terkait fasilitas umum di Puspa Jagad tidak perlu kamu ragukan lagi. Area parkir di sini cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan pada musim liburan. Kamu pun tak usah takut seandainya tidak kebagian tempat parkir.

Soal fasilitas toiletnya pun sangat memadai. Pihak pengelola sudah menyediakan tempat terpisah antara toilet laki-laki dan perempuan. Kondisinya termasuk bersih dan terawat.

Dan jika kamu lapar bisa membeli makanan di minimarket atau warung makan terdekat. Ada juga minuman berbagai varian rasa yang bisa kamu coba. Soal harganya masih cukup terjangkau untuk kalangan pelajar atau mahasiswa.

Tips Berkunjung

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum mengunjungi Puspa Jagad adalah waktu kedatangan. Kalau mau suasana sepi dan tidak terlalu banyak orang lebih baik kamu berkunjung pas hari kerja. Dikarenakan weekend pasti jumlah wisatawan yang datang akan membludak.

Selanjutnya pastikan semua persiapan sudah sepenuhnya rampung. Seperti memastikan kondisi badan, barang bawaan, kendaraan, dan jumlah peserta yang akan ikut wisata. Begitu tidak ada masalah kamu bisa langsung berangkat mengikuti rute yang sudah ada.

Selama perjalanan kamu harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan sampai menggunakan kecepatan di luar batas atau menerobos lampu merah. Bisa-bisa nanti kamu kena tilang dan tidak jadi liburan.

Begitu pun saat sudah berada di tempat wisata. Selalu ikuti arahan petugas dan jangan merusak fasilitas apapun yang ada di sana. Jaga area wisata tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. Demikian ulasan singkat mengenai Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad di Blitar. Untuk harga tiket masuknya bisa berubah sewaktu-waktu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments