website stat
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Pesona Coban Siuk, Air Terjun Eksotis Tersembunyi di Malang

Coban Siuk Malang

Berada di lokasi terpencil dengan kejernihan air dan alamnya, coban Siuk Malang menjadi primadona air terjun dengan segala cerita mitosnya.

Alamat : Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,00.

Berbicara tentang objek wisata air terjun yang ada di Malang, rasanya tidak akan ada habisnya. Hampir di setiap sudut kota kamu akan menemukan objek wisata alam yang satu ini.

Banyaknya sungai-sungai serta pegunungan yang ada membuat kota yang satu ini memiliki beberapa objek wisata air yang bersumber dari kenampakan alam tersebut.

Waktu sehari, atau bahkan seminggu pun rasanya tidak akan cukup untuk menjelajahi deretan destinasi wisata air terjun yang ada di Malang ini.

Ada lebih dari 10 wisata air terjun yang ada di kota wisata ini, yang tersebar ke dalam beberapa wilayah di Malang, baik wilayah kabupaten maupun kota.

Selain beberapa wisata air terjun fenomenal seperti Coban Pelangi, Coban Cinde, hingga Coban Jahe, ternyata masih ada banyak lagi lho wisata air terjun eksotis yang wajib kamu kunjungi.

Kali ini Langkah Setapak akan mengajak kamu mengintip salah satu wana wisata air terjun tersembunyi yang ada di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Desa Taji tepatnya.

Ya, berada di lokasi yang cukup terpencil membuat tempat wisata yang kerap disebut dengan Coban Siuk ini tampak tak begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasinya tak jauh dari jalur menuju Coban Jahe. Pada pertigaan, jika belok kiri akan menuju Coban Jahe, namun jika kamu ambil jalur lurus maka akan sampai ke Coban Siuk yang eksotis ini.

Nama Coban Siuk pun ternyata juga menyimpan legenda tersendiri. Dari kata ‘coban’ yang berarti air terjun, serta Siuk yang konon berasal dari nama seorang perempuan leluhur.

Seorang leluhur tersebut bernama Mbok Siyok, yang konon merupakan pengelola serta penjaga kawasan hutan dan sekitar kawasan Coban Siuk. Atas dasar itulah hingga kini jadilah Coban Siuk sebagai nama dari air terjun tersebut.

Untuk memasuki kawasan wisata yang eksotis ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sejumlah 5 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?

Lantas, bagaimana keindahan serta fasilitas yang ada di Coban Siuk ini? Yuk, simak dalam pembahasan berikutnya!

Daya Tarik Air Terjun Coban Siuk Malang

Meskipun tak banyak yang tau, namun tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan yang begitu memikat bak lukisan.

Pertama kamu akan dimanjakan oleh pemandangan serba hijau di sepanjang jalan menuju lokasi wisata Coban Siuk, ditambah lagi udara yang sejuk dan menenangkan.

Wisata Menarik Lainnya :  Telaga Biru Cicerem – Paling Eksotis, Wajib Anda Kunjungi!

Di sepanjang perjalanan kamu akan disambut oleh tebing-tebing yang berdiri kokoh di sisi kiri jalan, sementara jurang-jurang curam yang dipenuhi deretan pepohonan hijau membentang di sisi kanan jalan.

Dengan keindahan view yang ditawarkan tersebut, rasanya jalan tanjakan serta turunan yang cukup tajam tidak akan begitu saja menciutkan nyali para wisatawan yang melewatinya.

Coban Siuk Jabung
Coban Siuk Jabung

Tak puas sampai di situ, nampaknya Coban Siuk masih ingin memperlihatkan pesonanya melalui pemandangan sekitar kawasan air terjun yang begitu memikat bak lukisan.

Saat sampai di pintu masuk Coban Siuk, keindahannya akan semakin terpancar dengan taman-taman indah yang tersebar di sepanjang kawasan air terjun.

Hampir di setiap sudut kawasan kamu akan menyaksikan taman-taman yang disusun dengan formasi sedemikian indah hingga menghasilkan pemandangan yang sangat mempesona.

Di sisi kanan dan kiri jalan setapak menuju Coban Siuk juga dipenuhi dengan taman-taman indah serta pepohonan dengan formasi yang begitu rapi, hingga mampu memikat siapa saja yang melihatnya.

Bukan hanya itu, panorama sekitar Coban Siuk akan terlihat semakin sempurna dengan sungai-sungai kecil yang mengalir di atas bebatuan terjal yang menghiasi setiap sudut sungai.

Sampai di wahana air terjunnya, Coban Siuk akan semakin menghipnotis para wisatawan dengan air terjun yang jatuh dari ketinggian lebih dari 80 meter.

Dengan melewati tebing yang memiliki permukaan terjal dan tidak merata, membuat air terjun yang jatuh terlihat lebih berirama serta berkelok mengikuti permukaan tebing.

Sungai yang terbentuk di bawahnya juga tidak terlalu dalam, sehingga kerap dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain air serta mencari kesegaran.

Air yang mengalir juga sangat jernih dan dingin, sehingga dijamin akan membuat betah siapa saja yang bermain di sekitarnya.

Fasilitas di Coban Siuk Malang

Selain memiliki keindahan yang begitu memikat, ternyata wana wisata yang satu ini juga memiliki beberapa fasilitas yang akan menambah kenyamananmu berlibur di sana.

Apa saja fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana? Yuk, simak satu persatu!

1. Dua Air Terjun Eksotis

Air Terjun Coban Siuk Jabung
Air Terjun Coban Siuk Jabung

Selain air terjun Coban Siuk yang sangat indah, ternyata ada 1 lagi air terjun di sekitar Coban Siuk yang bisa kamu nikmati keindahannya, yakni Coban Sisir.

Saat melewati pintu masuk, kamu akan mendapati sebuah air terjun kecil yang mengalir dari ketinggian tak lebih dari 10 meter, itulah yang kerap disebut-sebut sebagai Coban Sisir.

Kamu bisa bermain air di 2 air terjun yang eksotis ini sekaligus. Karena keindahan serta kejernihan airnya yang sudah tak bisa diragukan lagi.

2. Area Piknik

Dengan lahan yang cukup luas serta dikelilingi oleh sungai-sungai serta taman-taman yang tertata indah, maka tempat wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik.

Tak jarang para wisatawan yang datang membawa serta tenda serta perlengkapan lain untuk berpiknik dan bersantai ria bersama keluarga.

Wisata Menarik Lainnya :  33 Tempat Wisata Semarang Menarik 2022

Sembari menikmati pemandangan alam memikat yang ditawarkan Coban Siuk, serta jajaran pegunungan dan perbukitan yang mengelilingi indah kawasan tersebut.

3. Gazebo

Ketika merasa lelah berjalan, kamu bisa beristirahat sejenak atau sekedar duduk santai di gazebo-gazebo yang tersebar di beberapa sudut kawasan.

Kamu bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan indah serta bersantap ria bersama keluarga tercinta, maka akan lebih nyaman jika kamu membawa beberapa camilan untuk menemani aktivitasmubdi sana.

4. Kedai Makanan

Di area pintu masuk, terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai menu makanan khas Malang yang lezat tentunya, disertai harga yang cukup bersahabat pula.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makanan dari rumah. Kamu juga bisa memesan beberapa makanan itu untuk bekal kamu selama beraktivitas di Coban Siuk Malang.

5. Toilet Umum

Seperti tempat wisata pada umumnya, wana wisata air terjun yang satu ini juga memiliki toilet umum yang bersih dan sangat layak untuk digunakan para wisatawan.

6. Area Parkir

Area parkir di tempat wisata Coban Siuk ini terbagi menjadi 2, Pada parkiran pertama dikhususkan untuk kendaraan roda 4. Lantaran kendaraan roda 4 tidak bisa melanjutkan perjalanan melewati jalan-jalan yang sempit berikutnya.

Selanjutnya berjarak sekitar 500 meter dari area parkir 1, adalah tempat parkir khusus kendaraan roda 2. Lantaran jalan-jalan setelah area parkir 1 ini memang sempit dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 saja.

Untuk biaya parkir juga sangat terjangkau, hanya 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 5 ribu rupiah saja untuk kendaraan roda 4.

Tips dan Saran Berkunjung ke Coban Siuk Malang

Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, agaknya kamu tidak perlu untuk bersusah payah menyiapkan segala perlengkapan.

Pasalnya, dari area parkir kendaraan roda 2 menuju lokasi air terjun berjarak cukup dekat, jalur-jalur tracking yang harus kamu lewati juga kondisinya baik serta tidak terlalu jauh.

Namun jika kamu menggunakan kendaraan roda 4, siap-siap berpetualang ya! Karena jarak dari area parkir 1 menuju lokasi air terjun ini cukup lumayan lho!

Kamu harus mempersiapkan tenaga serta segala perlengkapan untuk tracking yang diperlukan. Termasuk juga bekal makanan serta minuman yang cukup untuk menemani perjalananmu di sana.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, maka datanglah pada saat cuaca cerah, lantaran pada saat musim hujan jalan-jalan di sekitar kawasan akan sangat licin dan tentu akan menyulitkan perjalananmu.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa baju ganti serta baju hangat. Karena saat menyaksikan keindahan air terjun serta sungai-sungai yang mengalir di bawahnya, dijamin kamu pasti ingin bermain air di dalamnya.

Demikian beberapa informasi tentang Coban Siuk Malang yang wajib kamu coba. Yuk, segera isi liburanmu dengan bermain di kawasan Coban Siuk yang berada di Kecamatan Jabung ini!

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *