website stat
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Pesona Coban Jahe – Air Terjun Indah Berbalut Sejarah di Malang

Coban Jahe Malang

Jika membahas tentang destinasi wisata yang ada di Malang, rasanya tidak akan ada habisnya. Baik wisata yang berkonsep alami maupun modern.

Malang memang memiliki banyak sekali objek wisata yang tersebar di beberapa daerah. Lantaran kota wisata yang satu ini memiliki udara yang sejuk serta potensi alam yang memikat.

Selain Batu dan Pujon yang terkenal akan potensi alamnya yang luar biasa, Tumpang dan sekitarnya juga termasuk ke dalam salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut.

Deretan tempat wisata di sekitar Kecamatan Tumpang nyatanya telah berhasil membuat banyak orang terkesima. Tak terkecuali pada wisata air terjunnya.

Selain Coban Rondo, Coban Pelangi Tumpang, serta beberapa coban fenomenal lain yang telah Setapak Langkah bahas sebelumnya, ternyata masih banyak lagi lho wisata air terjun eksotis di Malang yang wajib kamu kunjungi!

Salah satu wisata air terjun yang juga kerap menjadi pilihan para wisatawan adalah Coban Jahe, kali ini berada di Dusun Krajan Kecamatan Jabung yang bersebelahan dengan Tumpang.

Alamat : ds, Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur 65155.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 12.000,00.

Selain air terjunnya yang eksotis, Coban Jahe ini ternyata juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.

Sebelum membahasnya lebih jauh, tak ada salahnya jika kamu juga mengetahui asal-usul dan sejarah berdirinya air terjun yang eksotis ini.

Air terjun ini sumber airnya berasal dari Kali Jahe, yang pada zaman penjajahan Belanda kala itu sempat digunakan sebagai medan pertempuran antara pasukan TNl melawan penjajah Belanda.

Di Kali Jahe inilah terjadi pertempuran yang sengit antara seorang ksatria bernama Ali Murtopo bersama para prajurit TNI melawan penjajah Belanda kala itu.

Pertempuran yang berlangsung sengit itu akhirnya menewaskan sekitar 50 prajurit TNI, yang dalam bahasa Jawa disebut dengan ‘pejah’ atau mati.

Dari situlah awal penamaan Kali Jahe yang diambil dari kata ‘pejahe’ yang berarti kematian. Seiring berjalannya waktu nama ‘pejahe’ disingkat menjadi ‘jahe’, hingga jadilah kini Coban Jahe yang bersumber dari Kali Jahe.

Wisata Menarik Lainnya :  Pantai Ngliyep Malang, Cocok Untuk Bersantai dan Ngliyep

Para pahlawan yang telah gugur pun akhirnya dimakamkan di sekitar kawasan Kali Jahe yang hingga saat ini dikenal dengan Taman Makam Pahlawan.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Coban Jahe

Jika di beberapa wana wisata air terjun biasanya minim akan fasilitas, namun tidak di Coban Jahe ini.

Coban yang mulai dibuka untuk umum pada 2014 ini memiliki fasilitas yang cukup beragam, mulai dari fasilitas umum hingga spot foto yang ciamik.

Untuk lebih detailnya, yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Air Terjun yang Eksotis

Air terjun Coban Jahe ini tentu menjadi fasilitas primadona yang kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bersantai sejenak menikmati kesegaran airnya.

Air terjun eksotis tersebut memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan debit air yang cukup besar, airnya begitu jernih serta arusnya pun cukup deras.

Untuk menuju lokasi air terjun yang indah ini, kamu tak perlu berlama-lama berjalan kaki lho! Pasalnya, lokasi air terjun ini berada cukup dekat dari pintu masuk.

Kamu hanya perlu berjalan kaki beberapa meter saja. Tidak seperti kebanyakan air terjun pada umumnya yang harus melakukan tracking berjam-jam untuk sampai di lokasinya.

Harga tiketnya pun juga tergolong murah, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar 12 ribu rupiah per orang, serta biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?

Tak heran jika wana wisata yang satu ini kerap didatangi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Terutama pada saat liburan atau akhir pekan.

2. Kampung Pohon

Saat memasuki tempat wisata ini, kamu akan disambut hangat oleh Kampung Pohon, yakni bangunan-bangunan dari kayu yang menyerupai rumah-rumah pohon.

Tempat ini cukup luas dan bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga, atau bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk acara-acara pertemuan.

3. Playground

Jika membawa anak kecil, kamu wajib mendatangi taman bermain anak yang berada di salah satu sudut kawasan Coban Jahe ini.

Areanya cukup luas, aneka wahana permainan juga ada di sana mulai dari ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, terowongan, serta beberapa wahana seru lainnya.

4. Gazebo

Gazebo Coban Jahe Malang
Gazebo Coban Jahe Malang

Ketika merasa lelah, kamu bisa duduk-duduk santai di beberapa gazebo yang ada di sekitar kawasan air terjun.

Kamu bisa melepas lelah sejenak sambil menikmati udara yang sejuk, serta pemandangan indah di sekitar kawasan air terjun Coban Jahe.

5. Kedai Makanan

Jika perutmu mulai keroncongan, kamu bisa mencoba aneka menu makanan lezat yang tersedia di beberapa kedai di kawasan wisata.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Kampung Wisata Bogor Paling Asyik untuk Liburan

Ada Waroeng Gunung, Waroeng Alas, dan yang lebih unik lagi ialah semacam kafe apung yang berada tepat di atas sungai yang mengalir dari air terjun.

Di kafe apung itu kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dengan bersantap sambil menikmati segarnya air sungai yang mengalir tepat di telapak kakimu.

Terdapat beberapa pasang meja dan kursi kayu yang sengaja dipasang di atas permukaan sungai, untuk membuat suasana bersantap menjadi lebih seru dan berbeda.

6. Toilet Umum

Tempat wisata yang berjarak 25 km dari pusat kota Malang ini juga menyediakan beberapa toilet yang cukup bersih dan nyaman untuk digunakan para pengunjung.

7. Mushola

Tak ketinggalan, tempat ibadah atau mushola juga tersedia lengkap dengan segala perlengkapan untuk melaksanakan shalat.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menghabiskan waktumu seharian pun di tempat wisata ini, karena kamu tetap bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

8. Tempat Parkir

Karena tempat wisata ini berada di kawasan perbukitan, maka lahan yang luas pun juga tentu tersedia untuk tempat parkir kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Tips dan Saran Berkunjung di Wisata Air Terjun Coban Jahe

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang unik ini, kamu bisa datang di hari apa pun pada jam operasional 8 pagi hingga 4 sore.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, datanglah pada saat cuaca cerah agar kamu bisa menikmati suasana indah di sana dengan maksimal.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti serta baju hangat karena cuaca di kawasan air terjun cukup dingin, terlebih ketika menjelang sore hari.

Untuk rute menuju kawasan wisata ini sendiri juga cukup mudah, karena lokasinya berada searah dengan jalur pendakian gunung Bromo. Kamu juga bisa mencarinya di google map.

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan, tetaplah menjaga sikap dan sopan santun ketika berada di sana. Mengingat tempat wisata Coban Jahe ini dekat dengan makam para pahlawan yang telah gugur di Kali Jahe.

Demikian beberapa informasi tentang eksotisme Coban Jahe yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan. Tetap jaga kondisi kesehatan dan selamat berlibur!

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *