Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

8 Pantai Terbaik di Ko Phi Phi Thailand

Pantai Terbaik di Ko Phi Phi Thailand

Ko Phi Phi dianggap sebagai salah satu pulau paling indah nan alami di Thailand. Ada pegunungan batu kapur dengan tebing, gua, dan pantai berpasir putih panjang.

Meskipun sering dikira sebagai satu pulau saja, nyatanya Ko Phi Phi sebenarnya adalah kepulauan kecil. Ko Phi Phi Don adalah pulau terbesar dalam kelompok ini dan merupakan satu-satunya pulau yang berpenduduk di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ko Phi Phi Leh yakni pulau yang lebih kecil mulai terkenal pada saat dijadikan lokasi syuting untuk film “The Beach”. Tayang perdana pada tahun 2000 dan dibintangi oleh Leonardo di Caprio.

Pemerintah setempat lebih terfokus pada pengembangan Desa Ton Sai di pulau Ko Phi Phi Don. Desa ini berada di isthmus berpasir rendah yang bergabung dengan dua taji berbukit.

Di sana juga hampir tidak ada kendaraan bermotor. Jadi transportasi di darat hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Untungnya, di Ton Sai sebagian besar tempat berada dalam jarak tempuh sepuluh menit saja.

Untuk transportasi utama di semua pantai, pengunjung bisa menggunakan longtail boat.

1. Teluk Tonsai (Tonsai Bay) Ko Phi Phi Island

Tonsai Bay Ko Phi Phi Island
foto: instagram.com/yvi_smdth_/

Tonsai Bay adalah pusat kedatangan dan keberangkatan utama untuk para pengunjung di destinasi wisata Koh Phi Phi. Kapal feri datang dan pergi silih berganti membawa penumpang dan barang.

Desa Tonsai, desa utama di Phi Phi Don juga berlokasi di sini. Meski pemandangan dan panoramanya cukup megah, ternyata air di Tonsai Bay cenderung tercemar karena ada banyak lalu lintas perahu yang terus-menerus keluar masuk dari teluk.

Namun, perlu diingat jika suasana di kawasan wisata Tonsai Bay juga sangat menyenangkan.

2. Teluk Phak Nam (Phak Nam Bay)

Phak Nam Bay Phi Phi Island
foto: instagram.com/viajeconnosco/

Phak Nam Bay adalah pantai cantik yang terletak di sebelah timur Ko Phi Phi Don.

Berbentuk teluk kecil dan lokasinya cukup terpencil. Meski begitu, ternyata tempat ini adalah rumah bagi para nelayan kecil. Tak heran jika berkunjung ke sana, maka kamu akan bertemu dengan banyak nelayan yang sedang beraktifitas.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Wisata Telaga Sarangan Magetan Cocok untuk Liburanmu

Jika ingin berkunjung ke lokasi ini, traveller cukup berjalan kaki saja. Namun jalan yang dilalui cukup panjang dan terjal karena berada di perbukitan. Nah kalau mau lebih praktis bisa gunakan perahu yang lalu lalang di sana.

3. Pantai Laem Tong (Laem Tong Beach)

Laem Tong Beach Phi Phi Island
Laem Tong Beach Phi Phi Island

Terletak di ujung utara Phi Phi Don, Pantai Laem Tong merupakan pantai yang indah, tenang, dan tersembunyi karena hanya dapat dicapai dengan perahu.

Dibutuhkan sekitar 45 menit dengan longtail boat dari Desa Tonsai untuk sampai ke sini.

Tak jauh dari Laem Tong Beach, kamu bisa melihat dan mengunjungi beberapa pulau seperti Pulau Bambu, Pulau Nyamuk, dan Pulau Hin Klang.

Kalau kamu suka sekali menikmati keindahan alam bawah laut, maka pantai-pantai di pulau itu sangat cocok untuk dikunjungi. Semua pesisir pantai di pulau tersebut merupakan destinasi snorkeling terbaik di Thailand Selatan.

4. Pantai Monyet (Monkey Beach)

Monkey Beach Phi Phi Island
foto: instagram.com/theproislands/

Dinamakan dengan Monkey Beach karena di sana memang banyak koloni Monyet. Bahkan mereka tak ragu mendekati para pengunjung untuk sekedar mencari makanan.

Lokasi Monkey Beach ini ada di sebelah barat Teluk Loh Dalam. Merupakan wilayah teluk Ao Ling yang cukup tersembunyi.

Jika datang ke sini pada saat air pasang, pengunjung tidak akan menemukan banyak pesisir pantai yang indah. Namun, jika datang ke lokasi wisata ini pada saat tak pasang, kamu bisa melihat hamparan pasir yang megah.

Nah kamu bisa mampir ke pantai Monkey Beach dengan cara menyewa kano. Pilihan transportasi lain agar sampai ke lokasi adalah menyewa longtail boat dari Loh Dalum.

5. Pantai Panjang (Long Beach)

Long Beach Phi Phi Island
foto: instagram.com/wearmycloth/

Sekitar lima menit dari desa Tonsai ada satu pantai dengan panorama yang cantik. Long beach namanya. Terletak di dekat pulau Ko Phi Phi Leh, pengunjung dapat sampai ke wisata ini dengan menggunakan boat.

Jika tak menggunakan boat, pilihan lain adalah dengan berjalan kaki dari desa Tonsai. Namun perjalananmu bakal menguras tenaga. Sebab, kamu akan berjalan di atas bebatuan dan jalur hutan meski rutenya cukup pendek.

Berbicara soal penginapan, di Pantai Panjang (Loang Beach) ini ada banyak akomodasi. Terutama yang berasal dari Bungalow, meski beberapa sudah menjadi milik resort mewah.

Wisata Menarik Lainnya :  Pantai Nembrala, Pantai Terpencil tapi Mempesona di Nusa Tenggara Timur

6. Pulau Bambu (Bamboo Island)

Bamboo Island Phi Phi Island
foto: instagram.com/brabb/

Pulau Bambu (Bamboo Island atau Ko Pai ) adalah pulau kecil yang datar yang terletak sekitar 5 km (3 mil) dari ujung utara Pulau Phi Phi Don.

Dari pantai Ton Sai dibutuhkan sekitar 45 hingga 60 menit untuk sampai ke sini dengan longtail boat, tergantung pada kondisi laut.

Di sisi utara dan timur pulau ini adalah pantai berpasir yang indah. Sebuah bar kecil menyajikan minuman dan makanan ringan yang dapat menggoyang lidah dengan panorama luar biasa.

7. Teluk Loh Dalum (Loh Dalum Bay)

Loh Dalum Bay Phi Phi Island
foto: instagram.com/ruhlsoftheroad/

Terletak di sisi lain Pulau Ko Phi Phi Don dari Desa Tonsai, Teluk Loh Dalum adalah salah satu pantai terindah di Ko Phi Phi. Meskipun pada saat-saat tertentu banyak sekali wisatawan yang datang ke sini.

Teluk ini hampir seluruhnya tertutup oleh tebing batu kapur dan menawarkan perairan zamrud yang jernih serta pantai berpasir putih.

Bar pantai menampilkan pertunjukan api yang spektakuler di malam hari dan pesta berlangsung dengan baik hingga dini hari.

Sementara itu, jika air pasang, maka kegiatan yang bisa dilakukan adalah berenang.

8. Teluk Maya (Maya Bay)

Maya Bay Phi Phi Island
foto: instagram.com/travellervibes.lust/

Salah satu pantai terindah di Ko Phi Phi Thailand, Maya Bay adalah teluk dangkal yang dikelilingi oleh cincin bukit batu kapur curam di Koh Phi Phi Leh. Teluk ini memiliki kehidupan laut yang luar biasa dan merupakan tempat favorit bagi para snorkeling.

Maya Bay menjadi terkenal di dunia setelah film tahun 2000-an “The Beach” difilmkan di sini dan saat ini banyak wisatawan datang ke Koh Phi Phi hanya untuk melihat pantai ini. Meskipun sangat indah tempat ini tidak terlalu terpencil.

Pada hari tertentu, kapan saja akan ada lebih dari 30 speedboat dan longtail boat di pantai. Ada pula kapal feri besar yang membawa ratusan alat snorkeling dan wisatawan. Cobalah untuk mengunjungi lebih awal di pagi hari atau setelah pukul 17:00 untuk menghindari keramaian.

Demikian informasi pantai Ko Phi Phi yang indah dari Thailand. Anda mungkin juga perlu mengujungi pesona pantai Bali dari Indonesia yang juga memiliki keindahan yang luar biasa.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *