Oleh-Oleh Khas Tegal, Wajib Wisatawan Bawa Pulang

Olos oleh-oleh khas tegal

Mungkin sebagian wisatawan datang ke Jawa Tengah bertujuan untuk melakukan liburan saja. Namun perlu kita tau bahwasannya Jawa Tengah tidak hanya memiliki wisata yang menarik.

Kali lini yuk mampir ke Tegal dan menilik Oleh-Oleh Khas Tegal yang perlu kita bawa pulang saat mampir di kota ini. Jadi tidak hanya oleh-oleh Semarang saja yang perlu kita tahu kan di Jawa Tengah.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tegal

Di Tegal sendiri wisatawan bisa menemukan banyak destinasi wisata seru yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Selain itu, Tegal juga terkenal akan oleh-olehnya yang selalu laris manis diburu oleh para wisatawan.

Berikut ini ada beberapa buah tangan alias oleh-oleh khas Tegal yang wajib kita bawa pulang ketika sedang berlibur di Tegal.

Kacang Bogares

2022 01 08 1
Foto via Googlemaps/Mahfud Abud

Rekomendasi oleh-oleh khas Tegal pertama yang wajib kita bawa pulanh yaitu Kacang Bogares. Kacang Bogares ini sangat familiar di Tegal. Sekilas, Kacang Bogores ini memang mirip seperti kacang-kacang lainnya. Namun yang membedakan kacang ini terletak pada teknik pembuatan serta campuran rempahnya yang khas.

Kacang Bogares ini merupakan produk UMKM yang dijadikan sebagai ikon Tegal lantaran banyaknya peminat yang ingin mencicipi Kacang Bogares ini. Pengolahan Kacang Bogares ini bukan di goreng melainkan disangrai sehingga rasanya sangat pas.

Kacang Bogares ini dibanderol dengan harga Rp 45.000 dengan berat 500 gram. Kita bisa menemukan Kacang Bogares di salah satu toko bernama Ceria Bogares Kidul yang berada di Jalan Raya Pertigaan Pertigaan, Sibedo, Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 52471. Google Maps.

Kerupuk Antor

118287593 157031526039196 8699010793185112280 n
Foto via Instagram.com/rasasaritegal

Sidoarjo memiliki kerupuk udang yang terkenal akan kelezatan serta aromanya yang menggiurkan. Tidak mau kalah, Tegal juga menyuguhkan kerupuk yang bisa kita kenal dengan nama Kerupuk Antor yang menjadi oleh-oleh khas Tegal berikutnya.

Kerupuk Antor juga seringkali disebut sebagai Kerupuk Badeg. Badeg sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti bau/kotor. Hal ini karena kerupuk putih dibumbui dengan warna kecoklatan sehingga terkesan kotor.

Kerupuk Antor ini terbuat dari singkong yang mana proses pengolahannya bukan digoreng menggunakan minyak akan tetapi menggunakan pasir atau dengan nama lain disangrai. Pasir yang digunakan dalam proses penggorengan ini tentunya disortir lebih dulu dan terjamin kebersihannya.

Kerupuk Antor dibanderol dengan mulai dari harga Rp 5.000 sesuai dengan ukuran kerupuk tersebut. Kita bisa menemukannya di salah satu kawasan Harjosari lor, Harjosari Kidul, Ujungrusi, Pagedangan, dan Penarukan yang merupakan produsen Kerupuk Antor terkenal. Google Maps.

Pilus Kletuk

Pilus Kletuk
Pilus Kletuk

Selanjutnya Pilus Kletuk juga seringkali diburu oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Tegal. Seperti yang kita tau, Pilus Kletuk menjadi camilan favorit setiap orang. Siapa pun yang berlibur ke Tegal tentu saja tidak mau melewatkan Pilus Kletuknya.

Pilus Kletuk terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, daun kocak serta beberapa bumbu khas lainnya. Yang membedakan Pilus Ketuk ini dengan lainnya yaitu rasanya yang beragam mulai dari rasa balado, asin, hingga kejunya yang khas. Harga Pilus Kletuk ini dibanderol mulai dari Rp 10.000.

Poci Tanah Liat

244499080 297258631878934 6226074211717279064 n
Foto via Instagram.com/nitipnyonya

Selain makanan berat hingga camilan, oleh-oleh khas Tegal yang bisa kita bawa pulang juga berupa Poci Tanah Liat.

Poci Tanah Liat merupakan oleh-oleh yang paling banyak diincar oleh orang-orang dan disediakan dihampir semua toko oleh-oleh yang ada di sana.

Poci sendiri merupakan barang yang biasa digunakan untuk menikmati teh. Bentuk Poci Tanah Liat khas Tegal ini cukup menarik untuk dihidangkan ketika ada tamu.

Satu set Poci Tanah Liat ditaksir mulai dari harga Rp 35.000 sesuai dengan besaran dan ukiran poci tersebut. Kita bisa menemukan di semua toko oleh-oleh yang ada di Tegal.

Manisan Khas Guci

Beberapa orang yang pernah melakukan liburan ke Tegal mungkin sedikit asing dengan nama Manisan Khas Guci. Tidak seperti buah tangan lainnya, oleh-oleh khas Tegal berupa manisan ini tidak begitu populer.

Namun, setelah mencicipi manisan ini wisatawan tentunya akan dibuat ketagihan. Manisan Khas Guci ini merupakan cerme atau buah ceremai yang kaya akan kandungan vitamin C.

Wisatawan bisa membawa pulang manisan khas Guci ini dengan harga mulai dari Rp 28.000. Manisan ini bisa kita temukan di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Tegal.

Latopia

Latopia Tegal
Latopia Tegal

Latopia atau populer dengan nama kue pia ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang begitu lezat dengan teksturnya yang lembut.

Oleh-oleh khas Tegal Kue pia ini sekilas mirip seperti bakpia yakni oleh-oleh khas Yogyakarta. Yang membedakan yaitu ukurannya yang lebih besar, padat serta rasanya lebih gurih.

Kita bisa menemukan Latopia ini di beberapa pasar modern serta tradisional yang ada di Tegal. Untuk harganya dibanderol sebesar Rp 15.000 untuk 10 buah kue pia.

Kaos Galgil

Tidak hanya Yogyakarta dan Bali saja yang memiliki produk kaosnya yang banyak dicari para wisatawan. Tegal juga memiliki produk kaos yang kita kenal dengan nama Kaos Galgil.

Kaos dengan merk Galgil ini banyak diburu oleh para wisatawan lantaran memiliki bahan yang nyaman serta motif yang menarik serta menjadikanny oleh-oleh khas Tegal.

Biasanya pada kaos tersebut terdapat tulisan nasihat, logo terkenal, hingga karikatur yang unik. Wisatawan bisa membeli Kaos Galgil ini yang ditaksir mulai dari Rp 25.000.

Tahu Aci

309884584 760657251664931 842850145291564394 n
Foto via Instagram.com/jastip_nv2

Tahu Aci merupakan makanan favorit masyarakat Tegal. Bahkan, beberapa wisatawan juga menggemari tahu ini lantaran memiliki rasa yang lezat dengan teksturnya yang kenyal.

Biasanya oleh-oleh khas Tegal ini dihidangkan dengan kuah soto maupun baso. Tahu Aci sendiri berbahan dasar dari tepung kanji, tahu kuning, potongan daun kucai, serta bumbu khas lainnya.

Biasanya jika di Tegal, Tahu Aci ini dihidangkan secara digoreng dengan tambahan cabai rawit. Sekilas Tahu Aci ini mirip seperti Tahu Pletok.

Olos

Olos oleh-oleh khas tegal
Olos oleh-oleh khas tegal

Mungkin nama camilan yang satu ini terdengar asing. Tetapi perlu wisatawan tau bahwa Olos selalu saja laris manis sebagai oleh-oleh khas Tegal.

Makanan ini diolah dengan cara digoreng. Olos terbuat dari tepung kanji dan juga terigu. Makanan ini juga diberi beragam isian mulai dari ayam, sosis, keju, sayuran, tempe, tahu, dan cabai rawit.

Bentuknya bulat dengan tekstur kenyal serta rasanya yang gurih dijamin membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan. Olos ini bisa kita temukan di beberapa kawasan salah satunya Tirto Agung Tembalang. Satu buah Olos ini dibanderol dengan harga Rp 500.

Kue Kamir

Rekomendasi oleh-oleh khas Tegal terakhir yang bisa kita temukan di Tegal yaitu Kue Kamir. Kue Kamir terbuat dari tape singkong dan tepung terigu yang kemudian dicampur dengan susu putih.

Kue Kamir ini banyak disukai oleh orang-orang karena rasanya yang pas dilidah dan tekstur kuenya yang lembut. Biasanya Kue Kamir yang baru saja diolah bisa bertahan 1 hingga 2 hari.

Kue Kamir ini dibanderol dengan harga Rp 25.000 satu box. Kita bisa menemukannya di sepanjang jalan yang ada di Tegal.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Tegal yang wajib banget kita bawa pulang ketika sedang melakukan perjalanan ke Tegal. Selain rasanya yang enak, harganya pun ramah di kantong.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments